Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 29 Januari 2015, 08:16 WIB

Setiap orang yang melintasi Jalan Raya Siluk – Panggang dan masuk wilayah Desa Girikusumo pasti bakal melihat ada semacam bangunan kastil teronggok di pinggir jalan.

 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, itu sebenarnya bangunan apa. Berhubung aku juga penasaran, di hari Minggu siang (8/6/2014) pas bersepeda sendirian ke Pantai Ngunggah aku beranikan diri mampir ke sana dengan bekal ilmu supranatural yang seadanya (kayak apaan aja ).

 

Masak ya ada dhemit yang nongol di siang bolong?

 

Bangunan menyerupai Kastil Gamping yang berada di Pinggir Jalan Siluk - Panggang
Semacam bangunan unik yang bikin penasaran orang-orang yang penasaran.

 

Bangunan mirip kastil ini sih sebenernya nggak persis ada di pinggir jalan. Ada sekitar 50 meter lah dari pinggir jalan raya. Sekelilingnya adalah ladang yang kebetulan baru ditanami jagung. Karena pas waktu itu nggak ada warga yang beraktivitas di sekitar lokasi, jadinya aku nggak bisa dapet informasi lebih detil tentang bangunan ini.

 

jalan raya siluk panggang dilihat dari atas bangunan tobong gamping yang terbengkalai
Jalan raya dilihat dari atas bangunan kastil.

 

Dari sumber di internet, bangunan mirip kastil ini disebut tobong gamping alias tempat pembakaran batu gamping. Sayang, selepas pemiliknya meninggal, tobong gamping ini lantas ditelantarkan begitu saja.

 

Eh iya, untuk Pembaca yang belum tahu, batu-batu gamping (batu kapur, CaCO3) itu biasanya dibakar untuk kemudian hasilnya digunakan sebagai campuran semen, campuran pupuk, atau pemutih.

 

Kalau dilihat dari dekat, di bagian bawah “kastil” ini ada semacam lubang yang digunakan untuk mengumpulkan sisa pembakaran batu gamping. Sedangkan batu gamping yang hendak dibakar dimasukkan dari lubang di bagian atas “kastil”.

 

lorong gang masuk ke dalam bangunan tobong gamping di panggang
Lorong masuk ke dalam ruang utama kastil.

 

suasana di dalam bangunan tobong gamping di panggang berbentuk mirip kastil yang terbengkalai
Lorong masuk kedua ke dalam bangunan kastil.

 

Ada juga undak-undakan untuk bisa naik ke bagian atas. Sayangnya bagian atas “kastil” ini dipenuhi tanaman liar. Jadinya aku nggak berani melangkah lebih jauh karena takut terperosok. Kalau celaka di tempat seperti ini, siapa coba orang yang tahu. Duh!

 

tangga naik ke atap bangunan tobong gamping yang berada di pinggir jalan raya siluk panggang yogyakarta
Tangga naik ke bagian atas bangunan kastil tanpa batas pengaman.

 

atap bagian tengah bangunan tobong gamping memiliki lubang besar yang berbahaya ada orang mati jatuh
Bagian atas bangunan kastil. Di tengahnya itu sepertinya bolong tapi tertutup semak belukar.

 

Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa usaha tobong gamping banyak yang gulung tikar karena sepinya permintaan. Alhasil, besar kemungkinan kita bakal menjumpai “kastil-kastil” lain yang terlantar seperti yang ada di Desa Girikusumo ini.

 

Semoga saja bangunan terlantar ini nggak disalahgunakan. Sebab, selain kondusif sebagai tempat mesum #eh, banyak yang memanfaatkan bangunan ini sebagai tempat terakhir meregang nyawa...hiii!

 

tren foto selfie dengan latar bangunan tobong gamping berbentuk mirip kastil yang ada di girikusumo panggang
Cukup untuk dilihat saja. Sekian dan terima kasih!

 

Jadi gitu deh Pembaca. Eh, di tempat tinggal Pembaca ada usaha tobong gamping juga nggak?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 7056
    MAS FEB #Kamis, 29 Jan 2015, 10:12 WIB
    Kira-kira sebelum bangunan tersebut dibangun pake IMB gak ya mas? Hehehehe
    Kayaknya ga pake IMB deh Mas, hehehe
  • EFENERR
    avatar 7057
    EFENERR #Kamis, 29 Jan 2015, 15:05 WIB
    di tahun 90-an Gamping ini memang komoditi primadona dari Jogja. sekarang mungkin sudah bergeser karena zaman ya?
    Kata Bapakku, dulu klo memlester dinding pakai campuran serbuk gamping. Sekarang udah g jaman lg.
  • WENING
    avatar 7058
    WENING #Kamis, 29 Jan 2015, 19:34 WIB
    pas kondangan beberapa bulan yang lalu, saya lewat ini kastil. sempat pingin moto, tapi
    gak jadi soalnya takut keblusuk hahahaha
    Kok takut mbak? Kan dirimu ga sendirian pas kondangan? :D
  • IWCAKSONO
    avatar 7064
    IWCAKSONO #Jum'at, 30 Jan 2015, 08:19 WIB
    ini nih pas banget buat pacaran gelap gelapan.. ihihihi
    Gelap-gelapan sama dhemit, hehehehe
  • WARM
    avatar 7067
    WARM #Jum'at, 30 Jan 2015, 19:05 WIB
    siapa jg yg mau msum disitu mas ? Lospokus
    Siapa aja om yg butuh tempat pelampiasan nafsu darurat :p
  • INTAN RAWIT
    avatar 7070
    INTAN RAWIT #Sabtu, 31 Jan 2015, 11:42 WIB
    oooohh bangunan ini buat tobong gamping yak, q
    pernah lewat juga pas ke sri gethuk. Pengen tanya2
    sama orang sekitar tapi pas ga da orang
    Saya klo ga nyari referensi di internet ya ga tau mbak Intan
  • DITTER
    avatar 7074
    DITTER #Sabtu, 31 Jan 2015, 18:02 WIB
    Hanjiir... bunuh di tempat kayak gitu.... Jadi makin angker aja... Kalau sampai ada pasangan yg mesum di situ, berarti mereka adalah pasangan yg sudah berbuat di luar batas yaiyalah
    Lokasinya emang sepi sih, jadinya enak buat ngapa-ngapain #eh
  • NONIQ
    avatar 7077
    NONIQ #Senin, 2 Feb 2015, 00:24 WIB
    Kok bagus sihhh..... Walo angker tapi kesannya klasik banget.. ^^
    Klasik tapi klo dah di dalem kesannya horror...
  • MANG LEMBU
    avatar 7080
    MANG LEMBU #Senin, 2 Feb 2015, 16:49 WIB
    Kastil gamping sering terlihat diwilayah pegunungan kapur di pinggirankota Bandung juga
    cukup banyak yang pada akhir ini terbengkalai karena permintaan konsumen
    berkurang..jika kita bersabar menunggu tentu 100 thun lagi kastil gamping ini akan jadi
    tempat yang bersejarah
    Asal jangan dirubuhkan, ini bangunan berpotensi jadi tempat wisata yg menarik lho. Seenggaknya buat foto2 :p
  • RIZAL
    avatar 7092
    RIZAL #Rabu, 4 Feb 2015, 22:58 WIB
    wihh, ak jg pernah liat bangunan itu, sempet penasaran jg sih itu bangunan apa, hahahaha
    Itu bangunan sarang hantu Bro (biar makin penasaran)
  • RULLAH
    avatar 7094
    RULLAH #Kamis, 5 Feb 2015, 05:03 WIB
    Edyan rek iki mas :-D
    Josss
    Joss gimana maksudmu? Mau nyepeda ke sini juga?
  • VIKA
    avatar 7098
    VIKA #Kamis, 5 Feb 2015, 23:27 WIB
    Kirain benteng peninggalan Belanda.. hahhaa
    Eh tapi keren juga klo dipake buat perang2an ya?
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7108
    BERSAPEDAHAN #Minggu, 8 Feb 2015, 21:26 WIB
    kalau ga baca informasinya ... saya kira ini peninggalan menara benteng zaman belanda ...
    Dari pinggir jalan juga saya menduga ini peninggalan Belanda. Setelah didekati ternyata oh ternyata...
  • HARYADI | OMNDUUT
    avatar 7109
    HARYADI | OMNDUUT #Senin, 9 Feb 2015, 07:15 WIB
    Wah ternyata Indonesia punya kastil haha. Aku kolektor postcard bertema kastil nih. Btw,
    agak serem ya liatnya hihi
    Kastil-kastilan Om, hihihi
  • ADI
    avatar 7197
    ADI #Rabu, 25 Feb 2015, 12:55 WIB
    kalau malam pasti kliatan serem ini...
    penghuni gaibnya keluar semua, hihihi
  • DIAS CAEZ
    avatar 7297
    DIAS CAEZ #Sabtu, 14 Mar 2015, 09:26 WIB
    Wah budaya wisata indonesia sangat kerern2, bahkan saya sendiri belum pernah mengunjungi, jadi pengen bisa kesini deh
    Kesininya malem aja biar tambah seru
  • FANNY F NILA
    avatar 7402
    FANNY F NILA #Kamis, 2 Apr 2015, 12:45 WIB
    Ya ampuuuun kalo sampe ada yg kepikiran mW mesum di situ,pasti udh desperado bgt
    ga nemuin tempat Lain :D. Aku mrinding liat bangunan tua telantar gini mas.
    Klo udah "kepepet", kayaknya semua lokasi sunyi rawan jadi tempat mesum mbak. Ini mungkin mau dirawat ya rugi jadinya dibiarin aja.
  • LARAS GORAS
    avatar 7417
    LARAS GORAS #Minggu, 5 Apr 2015, 12:46 WIB
    Baru kemarin saya lewat sana, mas. Penasaran banget tapi takut mau mendekat, haha..
    Jadi penasaran saya sudah terjawab nih. Semalam dibohongin teman, katanya itu
    peninggalan jaman batu. Jian...kancaku asem :-P
    Kok takut? Kalau siang-siang kan dhemitnya pada ngumpet, hehehe.
  • TIA
    avatar 10773
    TIA #Minggu, 16 Apr 2017, 20:52 WIB
    Wah..seram jg ya. Dulu pernah lewat jln ini
    malam2 nyasar udah cukup seram krn ga
    ada cahaya. Untung ga nyadar ada
    bangunan ini. Tambah horor pasti. Wkwk
    lihat yang terbang-terbang juga nggak? wekekeke :D
  • AIMEE
    avatar 11079
    AIMEE #Kamis, 21 Sep 2017, 08:44 WIB
    Belum lama lewat sini... secara suka cari obyek foto yang agak-agak "kuno". Pulang dari Wohkudu maksa teman buat berhenti dan foto. Tapi, berhubung auranya sereem, jadi disuruh sendiri kalau mau mendekat. Akhirnya cukup dari tepi jalan saja.
    Hihihi, kalau pas siang bolong dan banyak kendaraan yang wira-wiri di jalan raya, suasana di dekat sana nggak begitu seram kok Mbak. :D
  • NAFIAH AURORA BALQIS
    avatar 11477
    NAFIAH AURORA BALQIS #Kamis, 21 Jun 2018, 20:13 WIB
    Itu di mana Kak? Maksudnya di daerah mana?
    Di ruas jalan raya Siluk - Panggang di wilayah Gunungkidul.
  • TONO HARTONO
    avatar 11772
    TONO HARTONO #Rabu, 5 Jun 2019, 13:04 WIB
    Di daerahku di gempol-cirebon
    dlu banyak berdiri bangunan mirip
    spti itu. Fungsinya utk membakar
    batu kapur utk bahan campuran
    bangunan juga. Tpi sayang, sejak
    berdiri pabrik semen, banyak
    pengusaha pembakar kapur tsb
    yg gukung tikar. Skrg di daerahku
    tdk ada satu pun kastil keramat
    yg tersisa spti yg ada di foto2
    mas bro