Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 3 November 2014, 13:00 WIB

Sehabis melihat peninggalan-peninggalan Ki Ageng Mangir, belum lengkap rasanya kalau belum ngisi "bensin" di RM Legokan Ngancar yang tersohor oleh hidangan air tawarnya itu. NYAM!

 

Rumah makan Legokan Ngancar ini letaknya di Dusun Mangir Kidul, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Nomor telepon yang bisa dihubungi ada banyak: 0812 289 422 88, 0877 387 966 24, dan 0878 384 122 98. Wew...

 

tampak luar Rumah Makan Legokan Ngancar di Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta
Penampakan luar RM Legokan Ngancar di Sendangsari, Pajangan, Bantul.

 

Sesuai namanya, RM Legokan Ngancar ini lokasinya ada di legokan (lembah) dekat tempuran Ngancar. Yang disebut tempuran Ngancar itu adalah pertemuan dua sungai yaitu Kali Bedog dan Kali Progo.

 

Lokasi mistis tempuran Kali Bedog dan Kali Progo dekat Rumah Makan Legokan Ngancar di Pajangan, Bantul, Yogyakarta
Penampakan tempuran Ngancar itu. Tahu kan mana yang Kali Bedog dan Kali Progo?

 

Di dalam budaya Jawa, tempuran itu identik dengan hal-hal mistis. Begitu juga dengan tempuran Ngancar ini, karena konon Ki Ageng Mangir sering bertapa di sini dan mendapatkan wangsit tombak Ki Baru Klinthing (yang eksistensinya masih diperdebatkan itu). Tapi, kalau siang sih tempat ini nggak ada angker-angkernya sama sekali, karena lumayan rame sama warga yang hobi mancing dan juga sama RM Legokan Ngancar ini.

 

Cukup ngalor-ngidulnya! Mari kita lihat apa yang disajikan oleh RM Legokan Ngancar ini yang bikin namanya kondang hingga ke jagat maya. Pertama-tama ini daftar menunya.

 

Daftar dan harga menu di Rumah Makan Legokan Ngancar di Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta
Unbelievable! Kalau kurang gede, klik aja fotonya.

 

Pembaca mungkin nggak percaya. Awalnya aku juga nggak percaya. Tapi beneran ini harga yang dipatok benar-benar relatif terjangkau sehingga mahasiswa pun tidak perlu menderita di tanggal tua. Sayangnya ya itu, jaraknya ada sekitar 20-an km dari domisilinya para mahasiswa, hehehe.

 

Peta lokasi Rumah makan Legokan Ngancar di Pajangan, Bantul dari Kota Jogja
Andaikata Pembaca belum paham jaraknya dari kota Jogja.

 

Berhubung lele sudah terlalu mainstream sebagai kuliner Jogja, maka dari itu kami memesan menu yang bersangkut-paut dengan ikan gabus (Channa striata) yang lebih njawani disebut sebagai ikan kuthuk. Ikan gabus ini tergolong ikan langka yang sulit dibudidayakan dan cenderung hidup bebas di alam liar.

 

Mangut ikan gabus sajian khas rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Mangut gabus mencetak skor 8/10.
Ikan gabus itu mirip ular ya?

 

Ikan gabus goreng enak dan murah di rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Gabus goreng mencetak skor 6/10.
Enak sih, tapi daging gabus kalau kering alot!

 

Selain ikan gabus tentu saja kami juga pesan menu-menu lain seperti yang terpajang pada foto-foto di bawah ini yang semua ini jelas untuk bikin Pembaca semua ngiler sampai netes-netes. #njijiki

 

Wader goreng renyah gurih di menu rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Wader goreng mencetak skor 7/10.
Lumayan lah buat ngganjel perut.

 

Sayur kangkung segar khas rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Sayur kangkung mencetak skor 7/10.
Rasanya sih biasa, tapi porsinya agak tidak biasa.

 

sambal bawang pedas enak mantap khas rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Sambal bawang mencetak skor 7/10.
PEDAS GILA!

 

Sambal terong rasa istimewa dan sangat enak di rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul
Sambal terong mencetak skor 9/10!
Demi Gusti Allah! Aku BERSEDIA cuma makan nasi pake sambel ini! ENAK!

 

Hidangan tradisional di RM Legokan Ngancar ini memang the best of the best dan jelas nggak bakal bisa ditemui mall-mall. Rasanya mantap, pelayanannya ramah, dan yang pasti porsi paketannya bisa dinego! #eh Misalnya saja tiga ekor ikan gabus di atas diolah jadi mangut (kepalanya) dan digoreng (ekornya). Lebih hemat kan daripada pesan 6 porsi ikan gabus utuh? Hehehe.

 

Saung gubuk pendopo tempat bersantap pengunjung di Rumah makan Legokan Ngancar, Pajangan, bantul, Yogyakarta
Tempat makannya di saung-saung gitu, enak buat ngumpul rame-rame.

 

Oh iya, terima kasih untuk traktirannya Paklik Turtlix. Semoga di usianya yang ke-32 tahun (kalau ngga salah inget) ini dirimu senantiasa diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Aamiin. EH iya, trims buat pinjeman lensa Nikkor 50 mm untuk motret foto-foto makanan di atas.

 

Ulang tahun ke-32 Andri Andreas Priyanto (Turtlix) programmer eLisa UGM di Rumah Makan Legokan Ngancar, Pajangan, Bantul tahun 2014
Selamat ulang tahun!

 

Jadi, tunggu apalagi Pembaca? Segera serbu RM Legokan Ngancar untuk merasakan mangut gabus yang bener-bener recommended dan very tasty! Hanya ada di Jogja lho, bukan di mall!

 

Pembaca pernah makan ikan gabus kan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • JASA LUKIS MURAL
    avatar komentator ke-0
    JASA LUKIS MURAL #Minggu, 4 Sep 2016, 14:15 WIB
    Jadi ngiler liatnya itu makanan. Semoga Om Admin rejekinya makin banyak ia..amiin.

    Perdana komentar neh di blog om admin ^_^

    Saya senang sekali bisa membaca apa yang telah anda utarakan.

    Salam kenal dan sukses selalu buat aku dan anda.
    Hihihi, salam kenal juga Om! :D
  • TOBIL
    avatar komentator ke-1
    TOBIL #Sabtu, 2 Apr 2016, 12:00 WIB
    Enak sih enak, tapi pelayanan lelet. Cocok buat yang mau ngumpet buat selingkuh...
    Weladala... kok selingkuh dibawa-bawa???
  • EDY SANTOSA
    avatar komentator ke-2
    EDY SANTOSA #Selasa, 22 Des 2015, 17:27 WIB
    Tak cari dari arah Jln. Sedayu-Gesikan, msk ke selatan sebelum Plosek Pajangan, Gak
    ketemu, Mas. Jalane mblusuk-mblusuk.
    Memang lokasinya masuk-masuk kampung Om. Coba tanya warga sekitar.
  • ARDIAN KUSUMA
    avatar komentator ke-3
    ARDIAN KUSUMA #Jumat, 6 Nov 2015, 08:21 WIB
    Aku wes ndono kutuk e lg raono...
    Kuthuk kan cen ora iso diternak Bro. Jadi ya tergantung hasil buruan.
  • FENNY
    avatar komentator ke-4
    FENNY #Sabtu, 11 Apr 2015, 11:50 WIB
    ini buka nya jamber mas?
    jam 9 pagi masih dasaran mbak
  • ULY GENDULY
    avatar komentator ke-5
    ULY GENDULY #Selasa, 7 Apr 2015, 14:01 WIB
    masakannya sih biasa ( mungkin terlalu lama menunggu hehehe )..trus yang agak kurang sreg sama pelayanannya..yang punya RM agak sombong mentang2 mulai laris..ane nunggu masakan sejam lebih..eh malah disalahkan gara2 gak pesan dulu..jangan begitu sama konsumen bung!!ane n teman2 jd males balik ke sono..
    Waduh, jangan2 pas lagi rame ya?
  • DIAS CAEZ
    avatar komentator ke-6
    DIAS CAEZ #Sabtu, 14 Mar 2015, 09:35 WIB
    Masakannya bikin ngiler y, tapi lebih enak lagi kalo kita bisa membuatnya sendiri. silahkan mencoba saya punya 10.000 resep masakan gratis untuk anda dari mulai luar negri, dari sabang sampek meroeke
    Mesti belajar dulu nih masakan Jawa
  • OOM ROES
    avatar komentator ke-7
    OOM ROES #Minggu, 8 Mar 2015, 09:07 WIB
    Wah saya kalau ke Jogya sudah lama nyari-nyari resto mangut yang siip blom ketemu. Terima kasih infonya, nanti pasti saya cari kalau ke Jogya lagi
    Ditunggu kunjungan ke Jogjanya Om! :D
  • PAKDHETIMIN
    avatar komentator ke-8
    PAKDHETIMIN #Selasa, 25 Nov 2014, 00:03 WIB
    fotoku ora ono? :(
    ojo sambat! fotoku yo ora ono!
  • LOMBOKKITA
    avatar komentator ke-9
    LOMBOKKITA #Senin, 24 Nov 2014, 07:18 WIB
    dadi kelingan mbiyen pas cilik gaweane nyebur sawah nggolek iwak khutuk karo bethik
    Njuk bar kuwi digoreng dipangan ro nasi kemepul ro sambel... nyus tenan...
  • CUMILEBAY.COM
    avatar komentator ke-10
    CUMILEBAY.COM #Sabtu, 15 Nov 2014, 12:51 WIB
    Waksss ikan waderrrrrr jadi inget di trowulan makan sambel wader dan uenak pooooolllll
    Hehehe, saya juga pertama kali makan wader enak ya di Trowulan Bang Cumi :D
  • RULLAH
    avatar komentator ke-11
    RULLAH #Selasa, 11 Nov 2014, 14:50 WIB
    Liat fotonya kok jadi laper ya mas heeee
    Memang sengaja supaya jadi laper dan ileran, hehehe
  • DYAH
    avatar komentator ke-12
    DYAH #Selasa, 11 Nov 2014, 12:16 WIB
    bkn bebek di menu mas, tp bebek kawil (kayuh).. dulu di sungai ada bebek kayuhnya..
    Holadala... mosok sih? Di sana nggak ada bangkai bebek kayuh tuh.
  • GIZI IBU HAMIL
    avatar komentator ke-13
    GIZI IBU HAMIL #Selasa, 11 Nov 2014, 12:14 WIB
    wah kayak nya enak tu :D
    Jelas enak dong lho :D
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-14
    ANNOSMILE #Minggu, 9 Nov 2014, 16:46 WIB
    suweee ora mrene..marai ngiler
    Enak tur murah meriah, pantes terkenal yo?
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar komentator ke-15
    FANNY FRISTHIKA NILA #Minggu, 9 Nov 2014, 11:41 WIB
    kalo liat dr penampakan ikan gabus sih kyknya blm prnh nyobain mas..tp ga tau jg ya..secara aku ga bisa bedain jg ikan2 yg lain p.. makanan gini nih yg aku sukaaa... ^o^ nyobain masakan setempatnya :) ngiler bgt ih liat ikan wader... sambel terong jg bikin penasaran...
    Ikan gabus bedainnya gampang kok mbak. Bentuknya panjang dan bersisik gitu persis mirip ular. Makanan ndeso pancen uenak toh mbak :D Makanya besok kantor diajak makan di sini.
  • DYAH
    avatar komentator ke-16
    DYAH #Sabtu, 8 Nov 2014, 17:46 WIB
    bebek kawilnya msh ada gk?
    Wah, di menu nggak ada bebek tuh?
  • RIZKA
    avatar komentator ke-17
    RIZKA #Sabtu, 8 Nov 2014, 16:52 WIB
    Sambel terongnya endes banget..
    Juara se-kabupaten Bantul pokokmen...
  • ARIF
    avatar komentator ke-18
    ARIF #Kamis, 6 Nov 2014, 19:46 WIB
    Aduuh itu harganya bikin gemees bgt daah !!
    Murah meriah mahasiswa pun senang :D
  • DITTER
    avatar komentator ke-19
    DITTER #Kamis, 6 Nov 2014, 19:19 WIB
    Beneran mas sambel terongnya enak? Waaaah....

    Akhir-akhir ini lagi doyan terong, khususnya terong goreng pake sambel tomat. Uh, rasanya mantap!

    Aku pribadi lebih suka ikan laut daripada ikan air tawar mas, hehe....
    Beneran sambel terongnya enak. Kalau nggak enak ngapain tak tulis? Hahaha.

    Ikan air tawar memang lebih \"bau\" dibanding ikan air laut ya?
  • IDAH
    avatar komentator ke-20
    IDAH #Rabu, 5 Nov 2014, 18:44 WIB
    Dulu pas kecil aku suka banget nyari kuthuk di kali.
    Padahal aku gak doyan. :D

    Kemecer lihat sambele. . .
    Dirimu nyari kuthuk terus diapain habis itu mbak? Dimakan orang rumah? :D
  • SALAM
    avatar komentator ke-21
    SALAM #Rabu, 5 Nov 2014, 14:54 WIB
    ngeliat menunya jadi ngilerrrr T_T
    Jangan sampai ngeces lho...
  • HILDA IKKA
    avatar komentator ke-22
    HILDA IKKA #Rabu, 5 Nov 2014, 10:46 WIB
    Sedap bingit nih kayaknya. Apalagi aku belum pernah makan ikan gabus sama sekali hiks
    T.T
    Tapi lokasinya jauh ya dari Sleman :D
    Lumayan jauh mbak. Kalau kemari rame-rame ajak temen aja mbak. Biar lebih gayeng dan ada tebengannya, hahaha.
  • ASEP HARYONO
    avatar komentator ke-23
    ASEP HARYONO #Selasa, 4 Nov 2014, 12:52 WIB
    Wah jepretan kameranya bagus bagus. Tajam warnanya. Saya suka banged. Pandai fotografi ya Hihihiehiee. Ikan Gabus kalau di Kalimantan Barat biasa disebut ikan TOMAN. Ada banyak di beberapa daerah pesisir pantai. Di Pontianak termasuk wilayah pesisir, ada banyak penjual IKAN di sini. Saya sendiri fans berat Ikan IKANAN heiheihiehiehieee
    Ya begitulah Om. Sudah lama megang kamera soalnya, hehehe. Kalau di Pontianak biasanya dimasak apa ikan Toman itu?
  • TURTLIX
    avatar komentator ke-24
    TURTLIX #Selasa, 4 Nov 2014, 10:59 WIB
    Bahasa teknis dari ikan gabus itu ikan istyrofoam/i hehehe...
    Terimakasih, semoga tahun depan bisa inraktir/i di tempat yang lebih eksotis :)
    Tempat eksotis itu di mana lagi je Paklik?
  • NBSUSANTO
    avatar komentator ke-25
    NBSUSANTO #Selasa, 4 Nov 2014, 10:27 WIB
    wahahaha aku kapan itu pagi-pagi gowes lewat legokan ngancar, warungnya belum buka.
    nasib. lanjutkan sekalian ke pajangan dan akhirnya nyarap bubur. besok jajal lagi ah
    sekalian gowes ke mangir. 8-)
    Dulu itu ya kami ke sana pas lagi dasaran. Ya sudah toh, pesen menu dulu sambil keliling-keliling dusun Mangir.
  • ANGKI
    avatar komentator ke-26
    ANGKI #Selasa, 4 Nov 2014, 08:58 WIB
    wah bener banget mas dulu ada,...semoga aja anak\" yg pada nyemplung di kali pada mahir
    renangnya mas and gak terulang lagi...
    Air tenang itu terkadang berbahaya...
  • ANGKI
    avatar komentator ke-27
    ANGKI #Selasa, 4 Nov 2014, 08:38 WIB
    wah nikmat mantap mas Wijna ngiler huhah liat sambalnya... bikin gembrobyos kayaknya
    pedesnya mas... wah ada muaranya to kali bedog ternyata ke kali progo... pdhal kali bedog
    cuma belakang rumah aja mas... Selamat Ultah Paklik turtlix
    Dulu kalau nggak salah di sekitar Gamping pernah ada musibah warga yg meninggal di Kali Bedog ya?
  • TIESA
    avatar komentator ke-28
    TIESA #Selasa, 4 Nov 2014, 08:21 WIB
    Salah banget berkunjung pagipagi, belum sarapan, langsung ngiler, sluurrrppp
    Wader-nya itu lho sama sambelnya bikin laperrrr
    Jauh tapi ya dr Jogja, tapi nek pulang ke Solo, coba tak belok kesana ah
    Lumayan jauh dari kota mbak, soalnya mungkin karena lebih dekat dengan tempat hidup si ikan-ikan air tawar ini. Di sekitar Solo mungkin juga ada tempat semacam ini di pinggir Bengawan Solo?
  • ELISA
    avatar komentator ke-29
    ELISA #Selasa, 4 Nov 2014, 06:52 WIB
    aduh enak e...
    kalau dari daerah makam sewu wijirejo itu ke arah mana ya...
    Kalau dari makam sewu Panembahan Bodho ke barat dikit kan sudah masuk Sendangsari, Pajangan. Terus ya ke selatan saja nyusuri Kali Progo sampai dusun Mangir Lor.
  • TOTOK
    avatar komentator ke-30
    TOTOK #Senin, 3 Nov 2014, 17:09 WIB
    Mangut dan sambel terongnya kelihatan maknyuusss itu pasti karena efek Lightroom! Hayo, ngaku :P
    Tidak semua hal bisa di-Lightroom-kan oM. RASANYA BETUL-BETUL SUSAH UNTUK DIMANIPULASI... percaya deh sama aku... :p
  • EM
    avatar komentator ke-31
    EM #Senin, 3 Nov 2014, 16:46 WIB
    kayaknya tempetnya bersih...trus sambel teronge inuh...efek gambar
    Lha emang terkesan tempat e kotor? Penampilan boleh menipu tapi RASA TIDAK BISA MENIPU :D
  • WAHYU
    avatar komentator ke-32
    WAHYU #Senin, 3 Nov 2014, 15:38 WIB
    aku jadi ngiler wadernya ya mas :(
    Lho? Bukan mangut gabusnya!?