Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 31 Maret 2014, 10:01 WIB

Pada suatu hari di tahun yang sudah lama berlalu, aku pernah bertanya ke seekor sapi.

 

“Sapi...Sapi. Kok tempat tinggalmu cantik banget?”

 

Seperti orang gila saja aku bicara sama sapi. Hahaha.

 

Pemandangan indah saat belum ada Abhayagiri Sumberwatu Heritage
Kamu bicara sama aku?

 

Kenangan Cantik di Kandang Sapi

Jujur, tempat tinggal si sapi itu cantik banget! Eh, yang aku bilang cantik itu bukan kandang sapi yang buluk dan baunya busuk lho! Melainkan pemandangan indah yang menaungi kandang si sapi.

 

Kandang si sapi ini terletak di perbukitan Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jika cuaca sedang cerah, pemandangannya sangat cantik! Gunung Merapi, Candi Prambanan, Masjid Besar Prambanan, dan Candi Sojiwan tersaji dalam satu sapuan mata. Subhanallah!

 

Alhamdulillah, aku sudah pernah memotret cantiknya karya Tuhan itu bertahun-tahun silam. Tentu saja dari kandang sapi yang eksotis. #tutup.hidung.pas.motret

 

Pemandangan gunung Merapi, Candi Prambanan, Candi Sojiwan di masa lampau dari bukit Abhayagiri Sumberwatu Heritage saat belum ada
Ini pemandangan dari kandang si sapi.

 

 

Yang terpatok di ingatanku tentang tempat di Dusun Sumberwatu itu ya memang KANDANG SAPI! Sebab, di sana itu terdapat buuuanyak kandang sapi! Ditambah lagi aku masih ingat temanku Yacob pernah membawa (maaf) kotoran sapi dari salah satu kandang di sana untuk kegiatan outbond Himatika.

 

Nggak hanya itu saja! Selama bertahun-tahun aku sudah berkali-kali melintasi tempat ini. Entah itu pas bersepeda, pas naik motor atau pas jalan kaki dari Prambanan #kurang.kerjaan.banget. Pokoknya, buatku bau kandang sapi tempat ini sudah sangat nggak asing. Ibaratnya, pergi sambil merem saja bakal sampai kok!

 

Kotoran sapi yang banyak dijumpai di sekitar kawasan Abhayagiri Sumberwatu Heritage
Maaf, terpaksa disensor ya Cob.

 

Lokasi Abhyagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan saat masih belum dibangun
Jaman dulu masih tanah lapang, jadi bisa dipakai buat kegiatan outbond.

 

Akan tetapi... belum lama ini aku melihat kandang sapi dengan pemandangan cantik itu sudah lenyap. Tepatnya pada September 2013, saat aku sedang bersepeda sama Mbah Gundul, di lokasi kandang sapi itu sudah berdiri suatu resor megah!

 

Wew! Ternyata, ada juga ya orang berduit yang niat membeli kandang sapi? Eh, si sapi njuk pindah ke mana ya?

 

Rute Menuju Sumberwatu Heritage dari Jogja

Lokasi bekas kandang sapi itu kini menjadi resor mewah yang bernama Abhayagiri Sumberwatu Heritage. Kata Abhayagiri berasal dari bahasa Sansekerta, abhaya (tanpa bahaya) dan giri (bukit). Nama Abhayagiri juga pernah menjadi nama dari Keraton Ratu Boko.

 

Untuk mencapai tempat ini dari Kota Jogja lumayan mudah namun agak tricky. Baca baik-baik petunjuk ini sebelum Pembaca berniat ke sana.

 

  1. Dari Kota Jogja arahkan kendaraan menyusuri Jl. Raya Jogja – Solo.

  2. Setelah melewati kawasan Bogem (juru supit) nanti bakal bertemu dengan lampu lalu lintas.

  3. Berhenti di lampu lalu lintas ini! Jangan malah lurus menuju gapura perbatasan! Ingat, BERHENTI!

  4. Di lampu lalu lintas ini berbelok ke kanan, ke arah Pasar Prambanan.

  5. Stop! Jangan lurus! Belok kiri ke arah halte TransJogja.

  6. Dari halte TransJogja ikuti pinggir jalan raya menuju gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah.

  7. Di dekat gapura perbatasan itu belok ke arah kanan untuk menyebrang rel kereta api.

  8. Ikuti terus jalan aspal itu sampai ke lokasi, kira-kira ya 2 km lah, pokoknya nanti bakal nanjak aja.

 

Di atas itu rute yang biasa aku pakai kalau pas bersepeda lewat sana. Nah, kalau mau rute yang lebih aman bisa juga mengikuti petunjuk yang ini.

 

  1. Dari Kota Jogja arahkan kendaraan menyusuri Jl. Raya Jogja – Solo.

  2. Lurus terus melewati kawasan Bogem (juru supit) dan juga gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah.

  3. Nanti bakal ketemu pertigaan dengan lampu lalu lintas. Belok kiri ke arah gerbang masuk Candi Prambanan.

  4. Stop! Jangan masuk kawasan Candi Prambanan! Putar balik kendaraan dan lewat lampu lalu lintas yang tadi dilalui.

  5. Di lampu lalu lintas ini belok ke arah kanan, arah balik ke Jogja.

  6. Nanti bakal melewati Masjid Besar Prambanan (Al-Muttaqun) dan juga gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah lagi.

  7. Segera setelah gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah belok kiri.

  8. Dari sini petunjuknya sama dengan no. 7 dan 8 di panduan pertama.

 

Terakhir, seumpama membawa kendaraan besar (semacam bus) atau kalau nggak mau memutar balik kendaraan, bisa mengikuti rute ini.

 

  1. Dari Kota Jogja arahkan kendaraan menyusuri Jl. Raya Jogja – Solo.

  2. Lurus terus melewati kawasan Bogem (juru supit), gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah, sampai bertemu pertempatan yang dijaga lampu lalu lintas.

  3. Di perempatan ini ambil arah ke kanan menuju Stasiun Brambanan.

  4. Setelah menyebrang rel kereta api, ikuti saja jalan aspalnya, nanti bakal masuk desa Kebondalem Kidul dan melewati Candi Sojiwan.

  5. Ikuti terus jalan aspal desa ini sampai mentok bertemu pertigaan.

  6. Di pertigaan ini belok ke arah kiri dan nanti bakal ketemu tanjakan.

 

Pakai Angkutan Umum...

Bila Pembaca berniat menyambangi Abhayagiri Sumberwatu Heritage naik angkutan umum, maka dengan sangat menyesal aku katakan bahwa TIDAK ADA angkutan umum yang lewat sana!

Satu-satunya cara adalah dengan naik bus TransJogja jalur 1A kemudian turun di halte Prambanan (halte terakhir). Setelah itu dilanjut berjalan kaki sekitar 3 km (30 menit). Kalau tidak mau berjalan kaki bisa juga naik ojek dari halte TransJogja.

 

Menjajal Santapan Restoran Abhayagiri

Pada hari Minggu (29/12/2013), aku bersama dengan trah keluarga besarku berkesempatan untuk singgah di Resor Sumberwatu Heritage. Penasaran, ada apa saja sih di dalam resor yang kelihatan mewah ini? Apakah di dalamnya ternyata ada kandang sapi?

 

Bersantap mewah dan romantis di Abhyagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
One big happy family

 

 

Tujuan kami di hari Minggu sore itu adalah bersantap di Restoran Abhayagiri. Restoran inilah yang menjadi salah satu daya tarik Abhayagiri Sumberwatu Heritage. Apalagi kalau bukan pemandangan cantiknya. Asyik toh bersantap dengan pemandangan cantik?

 

Ada dua hal yang perlu diketahui dari Restoran Abhayagiri ini. Pertama, interiornya tak kalah cantik dengan pemandangannya. Hampir setiap sudutnya eksotis dan fotogenik. Kalau Pembaca ingin mengajak pasangan tercinta untuk bersantap malam nan romantis, Restoran Abhayagiri patut menjadi pilihan.

 

Pemandangan indah dari restoran Abhayagiri Yogyakarta
Mau santap di luar sambil menikmati pemandangan bisa? Ya, bisa!

 

Tempat foto selfie cantik di restoran Abhayagiri Yogyakarta
Mau bilang I Love You dengan latar belakang pemandangan cantik juga bisa.

 

Suasana indoor restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage Yogyakarta
Kalau di luar dingin, pindah ke dalam ruangan saja.

 

 

Kedua, ini yang paling berat... sebab harga santapannya BERAT di dompet, hahaha . Terlebih untuk orang-orang berkantong cekak macam aku ini. Seumpama nggak ditraktir, mungkin seumur hidup aku nggak akan pernah berkesempatan mengicip santapan di Restoran Abhayagiri ini.

 

Apabila Pembaca penasaran dengan harga makanan di Restoran Abhayagiri ini, silakan klik foto daftar menu di bawah ini.

 

Daftar harga makanan dan minuman di restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Ini baru harga makanan. Harga minumannya ya... sekitar 1/3 harga makanan lah. Eits! Belum termasuk pajak!

 

 

Berhubung aku termasuk orang yang pengertian #rendah.diri , meskipun ditraktir aku memesan menu yang tergolong "standar". Santapan yang menjadi pesananku di Restoran Abhayagiri adalah nasi goreng seafood seharga Rp64.000.

 

 

Seperti yang bisa Pembaca amati dari foto daftar menu di atas, nasi goreng seafood adalah menu makanan main course yang PALING MURAH di Restoran Abhayagiri. Tapi ingat lho! Harga Rp64.000 itu BELUM TERMASUK Pajak dan Pungutan sebesar 21% lho!

 

menu nasi goreng seafood ala restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Nasi goreng seafood seharga Rp77.500 (+21% pajak)

 

 

Kalau melihat foton di atas, penyajian nasi goreng seafood ala Restoran Abhayagiri ini terkesan apik namun tetap biasa saja ya? Eh, walaupun namanya nasi goreng seafood, telur ceplok tetap disajikan sebagai pelengkap lho! Bisa jadi, supaya nggak menyalahi "pakem" nasi goreng Jawa yang sudah tercatok kuat di benak orang Yogyakarta bahwa "nasi goreng Jawa ya harus pakai telur".

 

Yang membuat nasi goreng ini ada embel-embel seafood-nya adalah karena dilengkapi sate udang. Sayang, sate udangnya hanya satu tusuk #ngarep.lebih . Yang membuat agak nyeni adalah adanya "cipratan" bumbu kacang di piring saji. Selain enak disantap bersama sate, bumbu kacang ini ternyata cocok juga disantap bersama nasi goreng.  

 

 

Terus, gimana rasa dari nasi goreng seafood ini?

 

Hmmm, menurutku lho ya! Jika Pembaca sekiranya menyantap nasi goreng seafood sambil menikmati pemandangan cantik yang tersaji dari balkon Restoran Abhayagiri aku rasa harga dan rasanya cukup sepadan.

 

TAPIII, kalau Pembaca menyantapnya sambil metutup mata atau misalnya dibungkus untuk dibawa pulang, ya... menurutku sih rasa nasi gorengnya nggak begitu istimewa. Jujur, menurutku lebih enak rasa nasi goreng yang dijual di warung kaki lima.

 

menu chicken butter ala restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Chicken Butter seharga Rp83.500 (+21% pajak)

 

 

menu abhayagiri chicken steak ala restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Abhayagiri Chicken Steak
seharga Rp95.600 (+21% pajak)

 

 

Demikian pula dengan rasa santapan yang lain. Menurut lidahku yang kampungan ini semua rasanya biasa saja. Bukan rasa yang membuatku berpikir bahwa "aku sudi makan masakan ini setiap hari!"

 

Aku rasa keliru semisal Pembaca beranggapan bahwa harga makanan yang mahal itu berarti rasanya juga enak. Menurutku, harga makanan di Restoran Abhayagiri yang mahal ini salah satunya karena mereka menjual pengalaman nuansa bersantap dengan pemandangan cantik.

 

Dari penuturan pramusaji, bahan-bahan santapan restoran Abhayagiri berasal dari kebun organik yang dibudiyakan secara mandiri. Kalaupun ada yang kurang, dibeli dari Pasar Prambanan.

 

Kebun bahan-bahan masakan restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Daun-daunan dan rempah-rempahan ditanam sendiri secara organik.

 

 

Hal-Hal Lain di Sekitar Restoran Abhayagiri

Selain restoran, rumah peristirahatan, dan aula pertemuan, Sumberwatu Heritage juga menawarkan fasilitas kolam renang. Pengunjung bisa berenang seakan-akan berbatasan dengan langit dengan tentu saja latar pemandangan yang cantik.

 

cewek hijab cantik berenang di kolam renang hotel Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Mau berenang cantik di sini juga bisa. Tapi nanti jadi tontonan yang lagi makan.

 

 

Salah satu fasilitas yang sempat aku jajal adalah toiletnya, hahaha . Toiletnya sungguh syahdu dengan pencahayaan yang remang-remang romantis. Toilet ini sudah terbukti nyaman dipakai untuk ngendog sambil mencari inspirasi, hahaha. Walaupun kalau malam sih sepertinya ya agak seram juga.

 

Bersantap mewah dan romantis di Abhyagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Remang-remang gimana gitu suasananya...

 

suasana di dalam toilet Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Yogyakarta
Cocok banget buat mencari inspirasi sambil ngendog

 

mushalla yang bersih, luas, dan nyaman di restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Di luar kamar kecil ada mushalla. Karpetnya harum.

 

 

Akan tetapi, buatku pribadi, daya tarik Sumberwatu Heritage sebenarnya BUKAN restoran atau pemandangannya. Melainkan suatu peninggalan purbakala bernama Stupa Sumberwatu yang kini sudah dipugar dan menyatu di dalam kompleks resor.

 

Wow! Ada candi di dalam resor!? Menarik banget kan?

 

Stupa Sumberwatu yang ada di kawasan restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage, Prambanan, Yogyakarta
Mari kita dekati di artikel selanjutnya, hahaha.

 

 

Nah, Pembaca penasaran untuk bersantap di restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage? Atau malah penasaran mengunjungi peninggalan purbakalanya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RAPANJI
    avatar komentator ke-0
    RAPANJI #Sabtu, 6 Mei 2017, 17:45 WIB
    Terjawab sudah rasa penasaranku tentang tempat itu. Bagus pemandanganya, cocok nih buat makan berduaan.

    Tapi harga makananya mahal yo? Tapi kalau mau yang lebih murah bisa datang ke Candi Plaosan sebelah timur candi sudah tersedia rumah makan dengan pemandangan sawah & Candi Plaosan. Harga terjangkau.
    Wah, aku belum pernah makan di sana. Sudah tahu tempatnya sih pas beberapa kali lewat Jl. Jogja - Solo.
  • IBNU
    avatar komentator ke-1
    IBNU #Selasa, 10 Jan 2017, 16:22 WIB
    Gokil megang poop sapi, megang poop sapi gitu gak geli ya gan? wkwkwkwk, tapi yang

    anehnya liat makannya masih tetep tergoda, btw nice share gan.
    hehehe, udah biasa kali jadi nggak geli megang poop sapi :D
  • MARIA
    avatar komentator ke-2
    MARIA #Rabu, 10 Ags 2016, 14:27 WIB
    Belum kesampaian ke sana, soalnya fullbook terusss sich. Insya Allah tanggal 10 September 2016 dicoba lagiiii.....
    Weeeh... fullbook terus??? Laris juga ya? Semoga akhirnya bisa berkesempatan makan di sanan. :D
  • IANA SEPTA
    avatar komentator ke-3
    IANA SEPTA #Sabtu, 6 Ags 2016, 14:46 WIB
    Angan2 bgt poto2 disana..) bgus bgt
    viewnyaa..pdhl br brp bln lalu main
    keprambanan..tau infonya telaat
    hehee..nexttime hrs kesono-yaap nyari2 menu
    yg agak2 miriing ajaah..hahaa..
    hehehe, nabung dulu sebelum main ke sini yah! :D
  • IWAN KURNIANTO
    avatar komentator ke-4
    IWAN KURNIANTO #Senin, 11 Jul 2016, 11:42 WIB
    Luar biasaaaa pemandangannya. Trima kasiiih banyak informasinya mas broooow.... Kayaknya aku kudu kesana niiiih.... semoga bermanfaat bagi kita semuaaaaaa... yaa mas brooow.....
    Sama-sama. Semoga nggak kaget sama harganya ya, hahaha. :D
  • ARINE
    avatar komentator ke-5
    ARINE #Kamis, 12 Mei 2016, 08:42 WIB
    Keren bingittt makanannya, juga mantap banget harganya.
    Hahaha, harga sebanding dengan penyajian makanannya. :D
  • YANTO
    avatar komentator ke-6
    YANTO #Rabu, 27 Apr 2016, 14:48 WIB
    Kalau ada minta foto sebelum jadi resort ada nggak Mas........
    Wah, di mana yaa?
  • YANTO
    avatar komentator ke-7
    YANTO #Rabu, 27 Apr 2016, 14:43 WIB
    Iya Mas, bagus banget, apalagi kalau mau naik ke Gunung Tugel, pemandangannya bagus.
    Wah, aku belum tahu di mana itu Gunung Tugel.
  • DESSY
    avatar komentator ke-8
    DESSY #Minggu, 24 Apr 2016, 12:36 WIB
    Keren....sayang informasinya gak sekalian kasih tahu rate villa di sana piro Mas?
    Pengen nyoba nginep supaya bisa nonton tari di Jonggrang theater-nya.
    Wah, pas itu villa-nya masih dalam tahap pembangunan. Jadi belum ada rate harganya. :D
  • BENOL
    avatar komentator ke-9
    BENOL #Sabtu, 5 Mar 2016, 08:16 WIB
    Good, guys! Kapan pengalaman sampeyan yang lain muncul?
    Ditunggu saja setiap minggu. :D
  • LILIN
    avatar komentator ke-10
    LILIN #Minggu, 24 Jan 2016, 11:59 WIB
    Baru tahu dlmnya abayagiri,pdhl rmhku cuma
    daerah boko..:)
    kapan-kapan nyoba masuk. Kan masih tetangga :D
  • NOVI
    avatar komentator ke-11
    NOVI #Sabtu, 12 Des 2015, 19:24 WIB
    Ya ampun bagus banget view-nya. Tapi liat menunya kok mahal-mahal? Kira-kira masuknya mahal ndak?
    Bawa makanan dari rumah buat makan di sana boleh nggak ya?... Iseng bgt ya?
    Nggak ada biaya masuk. Harga makanan di sana memang tergolong harga makanan mewah bagi orang Jogja. Kalau bawa makanan dari rumah paling nanti ditegur, hehehe.
  • TIKHA
    avatar komentator ke-12
    TIKHA #Kamis, 19 Nov 2015, 07:50 WIB
    candinya itu letaknya ada di dalam resor ya? atau terpisah.. review tempat yang bagus.. terimaksh infonya, baru tau tempat lain yg bisa menyuguhkan view kota jogjaa selain Boko dan bukit bintang..hhe
    Stupa Sumberwatu itu letaknya di dalam area resor mbak. Jadi kalau mau ke situ ya masuk resor dulu deh.
  • VINO
    avatar komentator ke-13
    VINO #Minggu, 15 Nov 2015, 20:21 WIB
    kalau masuk ke resto nya bayar gak sih, atau langsung masuk aja dan pilih tempat duduk,
    atau kita harus pesen tempat dulu. please reply, tq
    langsung duduk aja kayak restoran biasanya
  • KYOITUNIEL
    avatar komentator ke-14
    KYOITUNIEL #Sabtu, 10 Okt 2015, 10:04 WIB
    Pertanyaan saya cuma satu... si Sapi dipindah kemana yah? Hehehe
    Disembelih paling... :(
  • DIARYSIVIKA
    avatar komentator ke-15
    DIARYSIVIKA #Rabu, 22 Jul 2015, 12:12 WIB
    Kalo sore lebih bagus buat foto-foto ya... saya kesininya pas malam hari jadi susah mau foto2nya gelap temaram
    Iya, enaknya sampai lokasi sekitar jam 5-an gitu. Ngopi-ngopi cantik dulu sebelum makan besar (klo dana mencukupi :p). Senja di sana bagus bgt.
  • SHELLA
    avatar komentator ke-16
    SHELLA #Selasa, 5 Mei 2015, 10:06 WIB
    Berenang disitu bayar berapa suh yaa ?
    wah kurang tahu bayar berapa, blum pernah nyoba
  • ANOTHERORION
    avatar komentator ke-17
    ANOTHERORION #Kamis, 26 Feb 2015, 11:02 WIB
    tempatnya keren
    Romantis buat bareng pasangan :D
  • PRIMA
    avatar komentator ke-18
    PRIMA #Selasa, 13 Jan 2015, 09:45 WIB
    Istimewa, rep dinner brarti kudu cepak 500rb iki,
    hhaaaa
    100 ribu minum doang mbak :D
  • EMMA RAHMAWATI
    avatar komentator ke-19
    EMMA RAHMAWATI #Rabu, 17 Des 2014, 08:47 WIB
    Terimakasih infonya, krn baca tulisan ini akhirnya kmrn
    saya kmrn ngunduh arisan bareng teman2 di resto
    Abhyagiri, makanannya enak dan pemandangan luar
    biasa. Harga dan fasilitas yg didapatkan sangat
    sepadan
    Ditunggu kunjungan berikutnya ya :)
  • ANYA
    avatar komentator ke-20
    ANYA #Jumat, 5 Sep 2014, 23:55 WIB
    Pengen ngerayain wedding anniversary di situ deh...
    Silakan mbak. Pemandangannya cantik. Dijamin jadi kenangan yang nggak bakal terlupakan.
  • DIAS CAEZ
    avatar komentator ke-21
    DIAS CAEZ #Selasa, 10 Jun 2014, 10:40 WIB
    waw good sekaliiiii ,, cantik bnget y pemandangan nya
    ayo mas Dias kemari bareng pacar :D
  • BIMBEL ONLINE
    avatar komentator ke-22
    BIMBEL ONLINE #Senin, 12 Mei 2014, 15:48 WIB
    keren banget pengen banGEEETTTT KSNA
    lha yo monggo
  • BIMBEL ONLINE
    avatar komentator ke-23
    BIMBEL ONLINE #Selasa, 22 Apr 2014, 09:29 WIB
    kandang sapi di sulap menjadi resor yang indah.. mantapp
    ada juga yang nekat beli itu kandang sapi
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-24
    ANNOSMILE #Jumat, 11 Apr 2014, 09:51 WIB
    yg foto terakhir itu situs sumberwatu ya?
    ho oh No itu Sumberwatu.
  • KRISHNA
    avatar komentator ke-25
    KRISHNA #Senin, 7 Apr 2014, 09:14 WIB
    Kalau lihat dari nama resto-nya, semula aku kira menyajikan makanan Indonesia, gak tahunya makanan bule ya Mas. Gimana nasi gorengnya, enak?
    Kulinernya itu perpaduan Indonesia-Bule gitu Pak. Mungkin karena juga menyasar turis asing yang kantongnya tebal, hahaha. Rasa nasi gorengnya ya... lumayan. Kalau lagi laper ya enak, kalau agak laper ya... gitu deh :p
  • HALIM SANTOSO
    avatar komentator ke-26
    HALIM SANTOSO #Sabtu, 5 Apr 2014, 08:03 WIB
    Mantap view ama resortnya hehe...
    Viewnya sepintas mirip yang di Ratu Boko. Ini sebelum kompleks Ratu Boko ya?
    Wah ini lumayan jauh dari Kompleks Ratu Boko, sekitar 6 km lah. Perbukitannya beda. Ini kalau mau ke Candi Barong pasti ngelewatin.
  • DUNIAELY
    avatar komentator ke-27
    DUNIAELY #Jumat, 4 Apr 2014, 20:05 WIB
    wah ... kebayang andai bisa berada di sana .... :)
    Kalau ke Jogja sempatkan mampir mbak :)
  • CADERABDULPACKER.COM
    avatar komentator ke-28
    CADERABDULPACKER.COM #Jumat, 4 Apr 2014, 19:53 WIB
    wahhhh jadi pengin ke tempat sapinya tuh pengin liat prambanan dan merapi dari kandang sapi hehe
    Sayang sekali kandang sapi beserta kotoran2nya sudah musnah Bro :D
  • ELISA
    avatar komentator ke-29
    ELISA #Jumat, 4 Apr 2014, 17:57 WIB
    wah..mahal skali harganya :(
    btw makasih Wij sdh mengabadikan kayak apa sih isi resor yg cm kelihatan dinding luarnya sj itu...:)
    sama-sama mbak, semoga sudah nggak penasaran lagi sama kondisi di dalamnya :D
  • MURWANI
    avatar komentator ke-30
    MURWANI #Jumat, 4 Apr 2014, 12:39 WIB
    untung ada yg peduli candinya,dulu tertutup alang-alang,moga-moga orang yang tidak menginap boleh lihat stupanya ya...!
    Nah itu, semoga tidak harus pakai ijin yang macam-macam untuk lihat stupanya.
  • ICOEL
    avatar komentator ke-31
    ICOEL #Jumat, 4 Apr 2014, 00:24 WIB
    ke blogmu ini adalah salah satu cara memanjakan mata karena sangat banyak foto-foto indah yang tersaji :D
    Hihihi, makasih Mak, kapan mampir Jogja lagi? :D
  • IVAN PRAKASA
    avatar komentator ke-32
    IVAN PRAKASA #Kamis, 3 Apr 2014, 20:08 WIB
    iyuhhh... jijik banget itu megang kotoran sapi... (~.~)
    anyway keren pemandangannya... :D
    Sayang lokasinya udah dibeli pihak resor, jadi masyarakay umum nggak sebebas dulu bisa menikmati pemandangan indah itu.
  • EFENERR
    avatar komentator ke-33
    EFENERR #Kamis, 3 Apr 2014, 07:42 WIB
    waini! jadi ada referensi tempat buat nge-date! :)
    Ibu diajak makan di sini Mas :D
  • AQIED
    avatar komentator ke-34
    AQIED #Rabu, 2 Apr 2014, 17:33 WIB
    aku pernah diceritain sih soal tempet ini. kakak aku yg di PT Taman Wisata Candi beberapa kali meeting disini. tapi aku blm punya nyali kayanya buat nyobain makanan semahal itu. wkwkwkwk
    Ya jelas PT Taman Wisata Candi kan duitnya banyak jadi bisa sering kemari. :|
  • ELFRIDA CHANIA
    avatar komentator ke-35
    ELFRIDA CHANIA #Rabu, 2 Apr 2014, 17:25 WIB
    Liburan ke sana, kayaknya seru tuh hehe :D
    seru lah, makanya mampir ke sana
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar komentator ke-36
    ANDIKA HERMAWAN #Rabu, 2 Apr 2014, 06:55 WIB
    Kalau menurutku ini resto memang lebih menjual
    suasana sih, belum kesampaian ke sini karena jiper
    sama harganya -_-
    nice info mas buat refrensi tempat romantic dinner
    :P
    asal romantic dinner-nya nggak keseringan, bisa jebol itu dompet :D
  • CUMILEBAY.COM
    avatar komentator ke-37
    CUMILEBAY.COM #Selasa, 1 Apr 2014, 11:08 WIB
    Sumpah view nya mantap banget, jadi penasaran. Tapi nasi goreng nya mahal banget ampe
    70 ribuan :-(
    maklum Bang Cumi, yang bikin mahal itu pajak sama pemandangannya, hahaha.
  • FENNY
    avatar komentator ke-38
    FENNY #Senin, 31 Mar 2014, 15:30 WIB
    oalah.. jadi tahu sejarahnya, hehe

    dulu klo lewat pas kkn suka penasaran, dalemnya kayak gmn, ternyata kayak gini.. dari
    luar aja udah keliatan kalo mahal :|
    Saya sih penasaran sama stupanya, habis nggak kelihatan klo dari luar.
  • MAS FEB
    avatar komentator ke-39
    MAS FEB #Senin, 31 Mar 2014, 10:55 WIB
    Mantaaaaaab pemandangannya..
    hehehe, makanya ada orang yang niat beli itu kandang sapi