Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 2 Juli 2013, 08:06 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

cerita bertualang ke curug nglarangan di gedangsari gunungkidul

Di cerita yang sebelum ini, aku dan Pakdhe Timin gagal menemukan Curug Nglarangan seperti foto yang dipajang di blog-nya Mas rdsaputro. Malah, kami ketemu curug lain yang aku sebut sebagai Curug Tingkat.

 

 

Hari Sabtu (25/5/2013) yang lalu. Bertepatan dengan hari raya Waisak. Saat banyak manusia berkunjung ke Candi Borobudur, kami balik lagi ke Kecamatan Gedangsari di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta untuk menyelesaikan misi yang tertunda.

 

Semoga saja kali ini ketemu curug yang dimaksud. Sebab, sebentar lagi kan musim kemarau. Pasti airnya bakal mengering. Our time is limited, hehehe.

 

pakdhe timin di depan pintu air di dekat Curug Ngalarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Hmm Pakdhe... kayaknya kita harus ambil jalan sungai yang satunya deh...

 

Kali ini kami nggak bersepeda, tapi naik motor! Hahaha. Demi menghemat stamina dan waktu. Siapa tahu bakal nyasar (lagi) dan ada adegan panjat curug (lagi). Hehehe.

 

Rute ke Curug

Rute ke curug ini bisa dilihat di artikel pendahulu ini.

 

Singkat cerita, dengan rute yang sama, sampailah kami di Desa Nglarangan, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sepeda motor kami titipkan di rumah warga setempat. Selanjutnya, kembalilah kami meniti pematang sawah dan tiba lagi di percabangan sungai berbentuk huruf T seperti foto panorama di bawah ini.

 

peta arah menuju Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Jalan yang satu itu mengarah ke mana yah? Satunya kan sudah pernah.

 

Karena cabang jalan menuju Curug Tingkat sudah pernah kami jajal, maka kami memilih untuk menyusuri sungai. Siapa tahu air sungai ini bekas air mandi bidadari. Hehehe.

 

Sepanjang perjalanan kami harus menerjang medan yang cukup seragam, yaitu sungai yang dipenuhi oleh batu-batu. Menurutku, lokasi ini cocok dijadikan sebagai lokasi pembelajaran ilmu batu-batuan purba. Bahasa kerennya, geoheritage.

 

batu-batu lahar purba di sepanjang aliran sungai Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Banyak batu-batu seperti ini artinya sudah berada di jalan yang benar. 

 

perjalanan meniti batu-batu lahar dingin purba menuju Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Wuih! Batuannya mirip seperti di bawah jembatan gemblung Berbah, Sleman.

 

Dari wujud batu-batuan yang ada, aku menduga batu-batuan di sepanjang sungai ini terbentuk dari lava. Ada batuan yang disebut lava bantal, yaitu hasil pembekuan lava secara cepat oleh air (sungai) sehingga wujudnya mirip bantal. Secara kasat mata, wujud batuan ini mirip seperti adonan tepung yang membeku. Ah, coba bisa dimakan, sebab di sekitar sungai nggak ada warung.

 

batu bulat berwarna putih mirip bantal yang ada di sekitar area Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
(kucek-kucek mata) Bakpao! Ada makanan! #halusinasi

 

jalur lahar purba di sekitar sungai dekat Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Kelihatan jelas kalau di sini bekas aliran lahar.

 

Nah, lava yang membeku inilah yang juga membentuk bagian-bagian sungai yang unik. Salah satunya adalah curug mungil yang aku sebut sebagai Curug Anak Tangga, sebab bentuknya mirip anak tangga. Tepat di dekatnya ada sebuah kolam yang sepertinya dalam. Jadi, hati-hati menapak curug ini, jangan sampai terpeleset kecebur ke kolam. 

 

air terjun anak tangga yang ada di kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta
Curug tangga yang unik karena mirip seperti anak tangga.

 

Tidak seberapa jauh melangkah dari Curug Anak Tangga, kami ketemu dengan pemandangan yang lebih istimewa lagi. Tempat mandi para bidadari! Apalagi kalau bukan Curug Ngalarangan seperti yang diceritakan oleh Mas rdsaputro di blog-nya itu.

 

pemandangan indah curug Nglarangan Gedangsari yang masih sepi dan perawan
Curug Nglarangan Gedangsari dari atas kedung. Cantiknya...

 

Dua pria sedang tidur sambil memancing di kolam yang ada di dekat air terjun
Kapan lagi bisa santai-santai di curug coba?

 

Sayangnya, di sana yang ada bukan bidadari yang sedang mandi, tapi dua bidadara yang sedang mancing di lubuk. Memangnya di sana ada ikan ya?

 

Seperti yang bisa dilihat, curug ini ada dua tingkat. Curug yang paling bawah membentuk lubuk. Sedangkan curug paling atas membentuk alur perosotan. Aku sebut perosotan karena dua kali aku kepleset dan nyaris tergelincir. Kalau niat, bisa saja aku terus-terusan tergelincir, mengikuti alur sungai, jatuh di lubuk curug yang paling bawah, ... dan akhirnya nyawa melayang kepentok batu.

 

Air terjun di tingkat kedua Curug Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul
Hati-hati! Licin! Bisa buat perosotan kalau mau uji nyali.

 

pengunjung main air berbasah-basahan di air terjun Nglarangan, Gunungkidul yang masih sepi
Ceritanya itu habis kepleset terus jadi basah deh!

 

Nah, tunggu apalagi! Kalau pembaca berniat berkunjung ke Curug Indah Gedangsari bisa sekalian mampir kemari. Mumpung belum musim kemarau dan belum ada yang narikin retribusi. Hehehe.

 

curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi
Silakan berkunjung di musim penghujan!

 

Hey kamu! Pembaca yang doyan motret, yang baca-baca artikel blog ini tapi nggak berkomentar! Hayooo, kamu pasti pingin ke sini kan? Hehehe.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANGGARA W. PRASETYA
    avatar komentator ke-0
    ANGGARA W. PRASETYA #Rabu, 11 Apr 2018, 15:24 WIB
    Waini.. Ternyata ancer-ancer terdekatnya SMPN 2 Gedangsari ya...
    Besok ke sini lah..

    Hatur nuhun infonya...
  • ABIMANYU
    avatar komentator ke-1
    ABIMANYU #Senin, 3 Okt 2016, 12:41 WIB
    Saiki mesti wes rame lek?
    wah, rung ngerti Bro, kayane jik syepi
  • AHQID TYAS PAMBUDI
    avatar komentator ke-2
    AHQID TYAS PAMBUDI #Rabu, 13 Jul 2016, 09:55 WIB
    Mas keren abis hasil jepretannya.. tapi tempatnya nggak tau, hahaha.

    Oh ya, kalau dari Green Villae Gedangsari jauh nggak ya Mas kalau jalan kaki ?
    Hihihi, iya ini tempatnya masih tersembunyi. :D

    Wah ya jauh banget! Mungkin ada sekitar 10 km lebih.
  • DILAN DESWARA
    avatar komentator ke-3
    DILAN DESWARA #Selasa, 28 Jun 2016, 19:42 WIB
    Wah adem euy ngeliatnya.
    Iya, jarang ada orang di sini. :D
  • TIKATIKUK
    avatar komentator ke-4
    TIKATIKUK #Senin, 18 Jan 2016, 13:13 WIB
    Wah jalan a leWat depan rumah saya iTu,.LEwat depan SMP 2 Gedangsari kah????
    iya mbak
  • JULI
    avatar komentator ke-5
    JULI #Rabu, 6 Jan 2016, 15:53 WIB
    Iya Mas, salah curug hahaha ternyata itu kayanya Curug Tegalrejo deh. Tapi fotonya hampir sama. Soalnya tanya sama orang-orang sana ditunjukinnya curug yang kemarin aq datengin :D
    Nggak apa-apalah yang penting masih bisa main di curugnya :)
    Weeeeh.... semoga lagi bisa benar-benar ke sini.
  • JULI
    avatar komentator ke-6
    JULI #Rabu, 6 Jan 2016, 14:03 WIB
    Mas, kemarin itu kayanya aq kesini, tapi jln ke curugnya beda ya, aq ga nyusurin sungai, aq dikasih tau warga dari gapura yg deket smk Gedangsari itu aq lurus aja, smpai ada gapura yg ada gambar putri duyung gitu belok kanan dan ada yg jaga parkir motor sih bayar 3rb, cuma bayar itu aja trus ga jauh dari situ ada gerbang kecil warna hijau tua, susurin jln setapak udah sampe diatas air terjunnya. Kalo aq tanya abang parkirnya sih dia bilang namanya curug indah, tapi kalo dari tampilan curugnya kaya yg ada di artikel mu ini. Curugnya bagus tapi sayang sampahnya lumayan banyak...
    Ada fotonya mbak. Kayaknya dirimu salah curug itu. Ke curug Nglarangan itu ya nyusuri sungai seperti foto-foto di artikel ini.
  • EKO SURADIYANTO
    avatar komentator ke-7
    EKO SURADIYANTO #Sabtu, 25 Jul 2015, 11:05 WIB
    Eloke jan..ketika kecamatan Patuk di pecah jadi 2,Sumberjo,Ngalang (tanah kelahiranku) ikut ke Kecamatan Gedangsari...melu bangga jarak jauh-tangerang



    Oh..ya kelalen...makasih infonya mas Dewo..Pakde Timin dan rd Saputro...salam kenal
    Wah, aku yo lagi ngerti mbiyan kecamatan Pathuk dipecah jadi 2. Salam adoh seko Jogja Kang :D
  • RAMA
    avatar komentator ke-8
    RAMA #Senin, 25 Mei 2015, 10:39 WIB
    ini kalo bawa kendaraan roda 4, parkir di desa nya bisa kah? terus dari parkir kendaraan ke
    susur sungai total waktu tempuh berapa lama ya? trims hehe
    bawa kendaraan roda 4 bisa. Jalan kakinya paling setengah jam.
  • DINO
    avatar komentator ke-9
    DINO #Selasa, 24 Mar 2015, 15:19 WIB
    tutup jam berapa bro
    nggak ada jam tutupnya Bro, Tapi sebaiknya jam 5 sore udah meninggalkan lokasi.
  • ANDIES
    avatar komentator ke-10
    ANDIES #Sabtu, 7 Feb 2015, 01:06 WIB
    .subhanalloh......rasanya gak lelah menyusuri hutan. Prnh nemu benda mistis blm kang???
    Benda mistis belum pernah, tapi aroma mistis beberapa Kali pernah
  • ANANK JUNIAS
    avatar komentator ke-11
    ANANK JUNIAS #Senin, 19 Jan 2015, 15:54 WIB
    Waah keren ini mz. Sepertinya deres bget pas ujan gini tp pasti keruh. Tapi perlu dicoba itu mz sambil berpetualang. Terima kasih atas infonya.
    Sama-sama, semoga pas kamu kemari nggak pakai nyasar ya! :D
  • FRANSISCA
    avatar komentator ke-12
    FRANSISCA #Sabtu, 20 Des 2014, 13:24 WIB
    Pengen banget,tpi kalo pas ujan deres tiba-tiba bahaya nggak yaaa??soalnya kan tau2 nantiada arus besar..info dong maklum cewek ni guys..
    Kalau musim hujan airnya jadi keruh kecoklatan mbak. Trus ya arusnya lumayan deres. Asalkan tidak bermain air menurut saya sih tidak begitu berbahaya.
  • WIDYA HERMA
    avatar komentator ke-13
    WIDYA HERMA #Kamis, 23 Okt 2014, 15:07 WIB
    Pemandangan curugnya indah banget :D
    Oh jelas, namanya juga di Jogja #promosi
  • INDAH JUNIYANTI
    avatar komentator ke-14
    INDAH JUNIYANTI #Sabtu, 13 Sep 2014, 11:40 WIB
    kereennn sekaliiii .. itu ada harga untuk tiket masuk dan harga untuk foto ndak yaa.. pengen banget segera kesanaaa ...
    Nggak ada tiket masuk mbak pas saya ke sana dulu.
  • TRIAST
    avatar komentator ke-15
    TRIAST #Rabu, 6 Ags 2014, 16:40 WIB
    kalo agustus gni kering engga ya?
    Kering sob.
  • TRIJONO_SANTOSO
    avatar komentator ke-16
    TRIJONO_SANTOSO #Senin, 26 Mei 2014, 21:37 WIB
    Besuk pingin kesana dgn gowes dari Jogja ...... smoga lancar aja
    Aamiin. Gimana? ketemu nggak?
  • KURA KURA BERLARI
    avatar komentator ke-17
    KURA KURA BERLARI #Selasa, 29 Apr 2014, 12:59 WIB
    waow... kereeeennnn... bsk minggu ksana
    ok sip! ditunggu lho ceritanya :D
  • IRAWAN
    avatar komentator ke-18
    IRAWAN #Senin, 28 Apr 2014, 06:45 WIB
    Rutenya hampir sama dengan luweng sampang gk
    beda mas Bro, ini arah ke Curug Indah Tegalrejo, Gedangsari. Lebih ke timur dari Luweng Sampang.
  • ANUNG
    avatar komentator ke-19
    ANUNG #Jumat, 4 Apr 2014, 11:32 WIB
    wah telat ni nemu blog ini
    jd pengen mblusuk-mblusuk hhehehehee
    Udah blusukan sampai curug Nglarangan belum nih?
  • MOHAMMAD LUTFI HIDAYAT
    avatar komentator ke-20
    MOHAMMAD LUTFI HIDAYAT #Jumat, 28 Mar 2014, 08:43 WIB
    Curug nya cantik!
    :D
    cantik dan tersembunyi
  • ICOEL
    avatar komentator ke-21
    ICOEL #Senin, 24 Mar 2014, 16:53 WIB
    Kece banget yah tempatnya
    jelas, makanya kemari dunk
  • VICKY MAHENDRA
    avatar komentator ke-22
    VICKY MAHENDRA #Sabtu, 22 Feb 2014, 06:39 WIB
    wah saya orang klaten tapi belum pernah ke curug itu yang lewat gantiwarno,,,,
    lha ayoo sekali-kali dicoba ke sana
  • DEWO
    avatar komentator ke-23
    DEWO #Senin, 27 Jan 2014, 07:58 WIB
    kangmas mbak yu kalau mau kesana jangan lupa mampir Gubuk saya cuma utara SMP, yang bingung lokasinya hubg 08567 646 354 Insyallh nanti saya pandu.
    ayo, pembaca yang mau ke sana bisa menghubungi mas Dewo lho
  • LAILI
    avatar komentator ke-24
    LAILI #Jumat, 17 Jan 2014, 10:40 WIB
    mas, kalau musim hujan gini airnya nggak jadi buthek po mas?
    kayaknya ya buthek mbak
  • NAYLA
    avatar komentator ke-25
    NAYLA #Selasa, 3 Des 2013, 20:04 WIB
    nang poto kok apik temen to pemandangane,, di upload denahe mas admin,,,hehehe
    Waduh, nek denah aq ra iso, ra pinter gambar
  • TITIS AYUNINGSIH
    avatar komentator ke-26
    TITIS AYUNINGSIH #Jumat, 1 Nov 2013, 10:57 WIB
    Terima kasih sudah berbagi informasi ^^

    Mantep Curugnya, alam memang indah.
    ayo mbak berkunjung ke sana
  • RDSAPUTRO
    avatar komentator ke-27
    RDSAPUTRO #Sabtu, 21 Sep 2013, 22:49 WIB
    baru sempat jenguk blog ini, wah sudah ketemu yaa, blusukan kan mas?tapi indaaah :)) tak
    sia sia perjuangannya :)
    meskipun harus ke sana bolak-balik, hehehe
  • DEWO
    avatar komentator ke-28
    DEWO #Sabtu, 24 Ags 2013, 17:19 WIB
    namanya juga curug mas kalo pas musim kemarau yo pasti gak asyik....dateng pas musim penghujan biar tau gimana asyiknya....untuk medan kangmas mbakyu harus persiapan fisik dlu hehe (buat yang pengen kesana gak tau rutenya...monggo sms ja ke nmr 08567 646 354)
    waah, ayo pembaca yang penasaran mau ke Curug Nglarangan bisa menghubungi Mas Dewo lhoo
  • SARY ARDHY
    avatar komentator ke-29
    SARY ARDHY #Selasa, 30 Jul 2013, 15:21 WIB
    .wah mau donk ikut berpetualang gitu..kayaknya bakalan menarik deh..sekalian cari
    pengalaman..hhhe :D kasih tau denah mau kesananya donk :)
    Waduh, denahnya gimana ya mbak? Soalnya masuk-masuk desa gitu jadi jalannya banyak.
  • NUGIE
    avatar komentator ke-30
    NUGIE #Senin, 29 Jul 2013, 22:11 WIB
    Apik, mas. Tapi kethoke rute ke situ angel yo.
    sebenarnya sih nggak susah, yang susahnya itu pas ya ketika menyusuri sungai.
  • ANDINIE FARIZKI
    avatar komentator ke-31
    ANDINIE FARIZKI #Kamis, 25 Jul 2013, 10:42 WIB
    kita lagi demen blusuk2 ubek2 jogja. kapan2 barengan kalo mau mblusuk gan..
    SALAM MBLUSUK!!
    salam mblusuk juga dari saya!
  • SISTAZ
    avatar komentator ke-32
    SISTAZ #Jumat, 12 Jul 2013, 05:42 WIB
    Waduh.. tau aja mas kalo ada yang doyan baca tapi ga pernah komen.. hehehe.. kali ini saya komen deh ni... meskipun isi komennya gak penting.. salam kenal!
    salam kenal juga! Akhirnya komen juga dirimu di sini, hahaha.
  • PAKDHETIMIN
    avatar komentator ke-33
    PAKDHETIMIN #Kamis, 4 Jul 2013, 12:03 WIB
    sumpah keren bangetsss...klo ada airnya :p
    ngajak ribut Dhe? mari ke sana
  • PARIS
    avatar komentator ke-34
    PARIS #Kamis, 4 Jul 2013, 09:15 WIB
    WARNING!!!

    Foto di blog ini menipu, jadi jangan overexpected dengan obyek sebenarnya njuk komennya dihapus :p
    njuk diparani pas musim kemarau, ra ono opo-opo gur watu thok, hahahaha
  • PONIJO
    avatar komentator ke-35
    PONIJO #Rabu, 3 Jul 2013, 13:12 WIB
    Pengen banget nih , kapan iso tekan kono yo???
    nek ono wektu selo Mas Bro, hehehe
  • CUICUI
    avatar komentator ke-36
    CUICUI #Selasa, 2 Jul 2013, 21:26 WIB
    waduh keren banget.. kebetulan besok saya mau ke jogja tuk liburan, and rencana mau ke tempat2 yg tidak begitu ramai, mengingat sekrg sedang lib anak sekolah... kalo naek angkutan umum bisa ga mas?
    Wah kalau yang ini sama sekali nggak ada akses angkutan umum mbak. Jarak dari kota kecamatan terdekat ada sekitar 5-6 km.
  • SUSANTO
    avatar komentator ke-37
    SUSANTO #Selasa, 2 Jul 2013, 18:50 WIB
    Pik nan..ki...kasih rute sing komplit...
    rute komplit e iki ng kene lhoo http://jogja.mblusuk.com/575-Malah-Ketemu-Curug-Tingkat-Nglarangan.html
  • YUTHDAW
    avatar komentator ke-38
    YUTHDAW #Selasa, 2 Jul 2013, 17:46 WIB
    Bisa dfoto lava bantal e mas...tak nggo bobo... Hahaha biasane lava bantal trbntuk ktika lava
    mafik ketemu air laut.. Klo memang itu lava bantal..bukan batuan beku yg tertransport
    sehingga bentuknya membulat.. Mungkin dlu trbntk ketika daerah ini masih laut...

    Tp yo mbuh juga si..btw apik mas blog mu..foto2 ne jg kerren2!
    sik-sik, koyone aq ra motret lava bantal e je. Dirimu cah geografi po? Hehehe, suwun wis mrene.
  • VERONICA
    avatar komentator ke-39
    VERONICA #Selasa, 2 Jul 2013, 16:42 WIB
    jadi pengen cepat balik indonesia...
    Indonesia menantimu mbak Ver.
  • EKA SEPTIANI
    avatar komentator ke-40
    EKA SEPTIANI #Selasa, 2 Jul 2013, 16:15 WIB
    kasih rute perjalanan dari jogja dong mas, biar kita kita yang pengen kesana ngak nyasar nyasar :) makasih
    oke deh, rute perjalanannya ada di artikel yang satunya: http://jogja.mblusuk.com/575-Malah-Ketemu-Curug-Tingkat-Nglarangan.html
  • MAS WAW
    avatar komentator ke-41
    MAS WAW #Selasa, 2 Jul 2013, 16:15 WIB
    apik2 mas dab eksplorasi blusukanmu :)
    nuwun Mas Waw, bar kui kabeh lokasine mendadak berubah...
  • KAK PETRUS SUHARTO
    avatar komentator ke-42
    KAK PETRUS SUHARTO #Selasa, 2 Jul 2013, 15:52 WIB
    Edi peni apik jew...! Aku dah di Jogja. Mau ke sanaga ada teman.
    Ke Jogja sendirian kah Kak? Waaa, minta ditemani kenalannya staff penginapan aja, hehehe.
  • IMROWN27
    avatar komentator ke-43
    IMROWN27 #Selasa, 2 Jul 2013, 15:17 WIB
    apik iki ,dalane lewat endi iki?
    lewate kene lho mas Bro: http://jogja.mblusuk.com/575-Malah-Ketemu-Curug-Tingkat-Nglarangan.html
  • ARMYN
    avatar komentator ke-44
    ARMYN #Selasa, 2 Jul 2013, 15:14 WIB
    Itu di bawah curugnya, kedalamannya sekitar brp meter gan ?
    wah, aq ra sempet nyegur je mbak. Pokok e jero lah, sesuai peribahasa \"air tak beriak, tanda dalam\", ahahaha
  • MUTIA KYMOOT
    avatar komentator ke-45
    MUTIA KYMOOT #Selasa, 2 Jul 2013, 15:02 WIB
    ini keren total B-), Dh ngilerrrr... pengen ikut mblusuk dehh kak :D
    Yo melu wae mbak Mut. Mung dirimu motoran dewe yoh. Aku ro konco-konco ngepit, hehehe.
  • ROZIKIN
    avatar komentator ke-46
    ROZIKIN #Selasa, 2 Jul 2013, 14:54 WIB
    kira\"htm nya brapa ya [hari besar/biasa]....
    belum ada retribusi Bang Roz