Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 1 Maret 2013, 07:37 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Gunungkidul terkenal sebagai wilayah yang “kering”. Seperti yang kita ketahui, sering sekali tersiar kabar bencana kekeringan di Gunungkidul. Terutama saat musim kemarau. Penyebabnya adalah kondisi tanah di sebagian besar wilayah Gunungkidul yang berupa tanah kapur. Jenis tanah ini sukar untuk menyimpan cadangan air tanah.

 

Sumber Mata Air Ngeleng di Giritirto, Purwosari, Gunungkidul

 

Alhasil, keberadaan sumber air di wilayah Gunungkidul menjadi suatu berkah bagi masyarakat di sekitarnya. Seperti sumber mata air Ngeleng yang kami lewati dalam perjalanan kami bersepeda menuju Laut Bekah.

 

aliran dari sumber mata air ngeleng di desa purwosari, giritirto, gunungkidul dialirkan lewat saluran semacam selokan yang terbuat dari batu karang

 

Desa Giritirto merupakan ibu kota Kecamatan Purwosari. Nama Giritirto terbentuk dari dua kata, Giri yang berarti gunung atau bukit dan tirta yang berarti sumber air. Besar kemungkinan, nama Giritirto disematkan disebabkan adanya sumber mata air Ngeleng di desa ini. Sumber mata air ini menjadi tumpuan bagi warga Dukuh Petoyan, Susukan, Nglegok, dan Tompak.

 

warga desa Giritirto mengambil air langsung dari Sumber Mata Air Ngeleng saat musim kemarau melanda gunungkidul

 

Sumber mata air Ngeleng berasal dari akar sebuah pohon yang berukuran cukup besar. Di musim kemarau, debit airnya tidak terlampau banyak. Warga sekitar membuat semacam saluran air guna mengalirkan air dari sumber air ini menuju tempat penampungan.

 

Akar pohon besar yang merupakan sumber air dari Mata Air Ngeleng yang ada di Desa Giritirto, Purwosari, Gunungkidul

 

Segarnya air mata air Ngeleng ditambah dengan rindangnya hutan yang menaunginya sangat cocok sebagai tempat melepas penat. Sayangnya, di sana nyamuknya ganas-ganas, hahaha.

 

Suasana asri di mata air Ngeleng yang bertempat di desa Giritirto, Purwosari, Gunungkidul

 

Oke! Mari bersepedanya dilanjut lagi menuju Laut Bekah!

 


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RUMPUTILALANG
    avatar 5120
    RUMPUTILALANG #Minggu, 3 Mar 2013, 22:36 WIB
    Purwosari itu berbatasan dengan Kab. Bantul gak kang? karena pas masuk gua Cerme kita masuk dari Bantul tapi kluarnya sudah masuk Gunungkidul
    yup Purwosari itu batasnya memang bantul
  • REKI
    avatar 5124
    REKI #Senin, 4 Mar 2013, 21:10 WIB
    seru yah :D
    lain kali kalau kesana bawa autan sob XD
    sekalian difogging aja biar nyamuknya pada mati, hahaha
  • BANG OI
    avatar 5129
    BANG OI #Selasa, 5 Mar 2013, 13:34 WIB
    Sumber mata airnya dari akar pohon ya.
    keren.
    iya dari akar pohon itu, hehehe
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 5132
    ANDIKA HERMAWAN #Kamis, 7 Mar 2013, 10:01 WIB
    seger tuh mas airnya :D
    tapi banyak nyamuk bro, hahaha
  • 3YUWONO
    avatar 5138
    3YUWONO #Senin, 11 Mar 2013, 07:49 WIB
    hah jd pengiin ngadem disonooo :D
    banyak nyamuk lhoo
  • ERY
    avatar 5257
    ERY #Minggu, 5 Mei 2013, 14:44 WIB
    wah nwn kang wes mampir neng smber bnyü giritirto...q wong nglegok slam knal wae...oea maen aja ke web kmi giritirto.com
    oke deh sip!
  • SUPARNO
    avatar 5327
    SUPARNO #Kamis, 6 Jun 2013, 20:16 WIB
    rumputilalang@ seebenarnya goa cerme itu masuk giritirto hanny bibirny saja yang bantul.
    dan buat admin lestarikan itu sember air ngeleng jangan sampai ada pihak yang mencari
    keuntungan pribadi merugikan semua pihah.
    Di artikel saya ke Goa Cerme, pengunjung ditarik dua pungutan masuk. Satu di wilayah Gunung Kidul, satunya lagi di wilayah Bantul. Mari kita lestarikan sumber air Ngeleng Pak Suparno.
  • SUPARNO
    avatar 5330
    SUPARNO #Jum'at, 7 Jun 2013, 13:13 WIB
    salam bwat warga grtirto, aku terlahir dan dibesarkan besar di tompak.
    maaf maw mblusuk kiraan yg tulis artikel ini orang grtirto. sy prihatin krna di deket
    sumber air ngeleng kira2 100 meter ada yg mbuat sumur yg tujuan nya diambil untuk
    pengisian tanggi2 dan di jual untuk umum keluar gr tirto. tp saya kurang tau persis
    apakah yg mengelola pribadi atau umum. sy pribadi mengucapkan terimakasih atas
    penulisan artikel tetang gr tirto.
    hehehe, tidak apa-apa. Wah, saya baru tahu kalau air-air itu juga diambil untuk dijual keluar Giritirto. Memang sepengamatan saya, ada banyak bilik-bilik yang sepertinya sumur umum begitu. Apa yang demikian ini tidak dikelola oleh PDAM ya?
  • SUKARJO
    avatar 7445
    SUKARJO #Kamis, 9 Apr 2015, 15:52 WIB
    Terima kasih atas publikasi Desa Petoyan, Giritirto Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Saya dilahirkan di dusun ini 53 tahun yang lalu. Semoga sentuhan ini bisa menggerakkan partisipasi semua pihak untuk ikut membangun utamanya pihak yang peduli dengan desa ini yang menurut saya punya potensi untuk dapat dikembangkan.
    Sama-sama Mas. Semoga Desa Petoyan beserta warganya menjadi makmur dan sejahtera ke depannya. :D
  • NGATIJO (NGLEGOK)
    avatar 8876
    NGATIJO (NGLEGOK) #Sabtu, 12 Des 2015, 11:42 WIB
    Ass. Wrwb mari kita hijrah mulai sekarang jangan ditunda-tunda. Dalam hal ini mencakup secara global kita harus waspada di zaman modern ini agar di desa kita (Giritirto) tidak terpengaruh oleh perilaku yang negatif. Aamiin....
    Aaamiiin.... :)
  • NGATIJO
    avatar 8894
    NGATIJO #Selasa, 15 Des 2015, 14:27 WIB
    Yth Bapak Camat Purwosari Giritirto ini usulan/informasi bahwa di alas NGEMPLENG DAN NGLODIWUT ada sumber air bawah tanah yang sangat besar mungkin bisa diupayakan demi kesejahteraan rakyat Giritirto.
    Semoga Bapak Camat segera bisa memberdayakan mata air bawah tanah. :)
  • AHMAD
    avatar 9249
    AHMAD #Rabu, 17 Feb 2016, 10:48 WIB
    Banyak potensi yang masih disia-siakan oleh para pemangku kebijakan. Mereka sibuk "kebirukrasian".
    Wah... miris banget... :(
  • ARIYANTO
    avatar 10922
    ARIYANTO #Kamis, 6 Jul 2017, 17:25 WIB
    Tolong dikasih rute dari perempatan bakulan
    maz,aku mau kesana........
    Wah, perempatan Bakulan itu di mana ya? Lebih gampang lewat Jalan Raya Pantai Selatan Jawa ke arah timur pasti lewat tempat ini.
  • LIANA
    avatar 11515
    LIANA #Selasa, 31 Jul 2018, 08:07 WIB
    keren dan cantik yah..
    CV TUGU TOUR
    Iyaaa. :D