Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 7 Oktober 2010, 16:31 WIB

Kejadian ini terjadi beberapa minggu sebelum masuk bulan Ramadhan. Ceritanya, ada yang masang status di Facebook. Singkat status, dirinya sedang ingin menyantap siwalan.

 

Siwalan? Apaan tuh?

 

Selidik punya selidik, ternyata siwalan itu sejenis buah. Seperti apa bentuknya, aku nggak tahu babar blas. Menurut narasumber, daging buahnya mirip kolang-kaling, tapi ukurannya lumayan besar. Lha? Nira dunk? Bukan! Siwalan itu bukan Nira.

 

Pertanyaan yang terpenting adalah, siwalan itu belinya di mana?

 

Terus terang, aku nggak pernah lihat itu buah siwalan dijual di supermarket atau pasar. Penasaran, penyelidikan tentang siwalan pun berlanjut. Narasumber yang aku tanyai memberikan jawaban yang kurang memuaskan. Mayoritas bilang kalau siwalan itu buah musiman, dan lagi sedikit yang jual. Duh!

 

Oke! Tahu kalau siwalan itu buah langka, aku makin tertantang untuk mendapatkannya! Banzai!

 

siwalan buah depok bantul parangtritis kolang-kaling kuliner pantai
Buah Siwalan utuh (kiri) dan daging buahnya (kanan).

 

Katanya Sih Ada di Pantai Depok

Nah, kebetulan, pas kunjungan ke Sendangsono bareng CRCS tempo hari, aku dapat pencerahan dari Pak Supir mobil sewaan. Katanya, di Pantai Depok, ada yang jual buah siwalan. Berkali-kali Pak Supir pas mengantar tamu ke Pantai Depok pasti mampir beli buah siwalan. Sebab, pohon siwalan itu tumbuh di daerah pantai.

 

Ini dia yang aku cari!

 

Hari Rabu, seminggu sebelum bulan Ramadhan, aku bersepeda ke Pantai Depok. Toh, jaraknya cuma 28 km. Tinggal mengikuti Jl. Parangtritis sampai ke gerbang retribusi, habis itu belok ke barat, sampai deh di parkiran Pantai Depok.

 

Celingak-celinguk...kok nggak ada yang jual siwalan ya?

 

Aku tanya Ibu penjual camilan, katanya yang jual siwalan cuma ada di hari Sabtu atau Minggu saja. O mi got! Berhubung Sabtu aku mesti SPSS, berarti aku cuma punya kesempatan hari Minggu thok. Lha iya, soalnya minggu depan sudah bulan Ramadhan, mana kuat aku bersepeda jauh. >.<

 

siwalan buah depok bantul parangtritis kolang-kaling kuliner pantai
Pohonnya tinggi banget bok!

 

Katanya Banyak Yang Jatuh

Nggak habis usaha, aku tanya Ibu itu rumahnya penjual siwalan. Soalnya, yang jual itu warga lokal. Jadilah aku blusukan di kampung sekitar Pantai Depok. Di sekitar kampung itu ternyata banyak tumbuh pohon siwalan.

 

Dari penuturan seorang warga kampung, katanya penjual Siwalan itu baru metik buah siwalan sehari sebelum dijual. Soalnya gampang banget matengnya.

 

"Kalau mau Mas manjat aja, terus ambil sendiri buahnya"

 

Tawaran yang awalnya cukup menggiurkan. Tetapi begitu tahu pohonnya setinggi pohon kelapa dan batangnya mirip pohon salak. Duh...gimana ya... >.<

 

Oleh karena aku nggak ingin masa depanku suram. Jadinya, aku duduk di bawah pohon, nunggu buah siwalan jatuh. Tapi lama....nggak ada yang jatuh. Aku nggak mujur hari ini.

 

Ya udah, hari Minggu aku balik lagi ke Pantai Depok. Kali ini ketemu sama bapak penjual siwalan. Horeee! Lokasinya dekat parkir mobil.

 

lokasi tempat penjual buah siwalan di jogja ada di pantai depok bantul
Hanya beliau yang berjualan Siwalan di Pantai Depok.

 

Katanya Pak Penjual Siwalan

Buah siwalan itu dihargai Rp3.000 – Rp4.000 per butir. Aku nggak tega nawar, karena buat manjat pohon siwalan pasti butuh keahlian. Penasaran, aku minta pak penjual buat ngupas Siwalan. Ternyata...daging buahnya sedikit! Cuma ada 3-4 butir daging per buah. Rasanya mirip kolang-kaling tapi agak asam.

 

Katanya pak Penjual, daging Siwalan ini banyak dipakai buat jamu. Kalau buahnya sudah mateng, aromanya bakal menyeruak seperti buah apel. Tapi rasa daging buahnya jadi asam banget. Jadi, carilah buah siwalan muda .

 

Si bapak hanya berjualan di Pantai Depok aja. Kalau bulan puasa libur. Jadi, ini hari terakhirnya berjualan Siwalan. Lucky me!

 

Pulangnya, aku sengaja blusukan ke kampung, melewati deretan pohon siwalan. Ndilalah, hari itu nemu siwalan jatuh dari pohon.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 3354
    PEIN #Jum'at, 8 Okt 2010, 09:30 WIB
    Hm,
    Pas di Tuban saya sempatkan beli nih buah,
    harganya murah2 Rp 1.000,- seplastik panjang [udah dikupas isi sekitar 6 buah] manis2 dan banyak airnya,,

    kalo mau juga bisa beli sari siwalan yg disebut legen.........

    Foto ceweknya kok ga ada ??
    Penasaran ^^
    wah itu rahasia! :p
  • REE
    avatar 3356
    REE #Jum'at, 8 Okt 2010, 12:25 WIB
    wahhh kunjungan pertama saya ini ke blog ini =) siwalan banyak yang jual sekitar stadion mandala krida + jalan kenari deh mas...salam kenal ya hoho =)
    nah itu, katanya juga ada di Jl. Timoho, tapi ndak selalu ada yang jual katanya. Salam kenal juga.
  • MONDA
    avatar 3358
    MONDA #Sabtu, 9 Okt 2010, 16:05 WIB
    di jkt masih banyak yang jual keliling pake gerobak lho,

    btw, oot ada curug dagonya wijna di mahanagari, selamat ya udah diforward ke milis tuh
    di Jakarta seinget saya ada di pasar Mayestik Bu. Eh? Yang ngusulkan ke Mahanagari itu Ibu ya?
  • ADI DZIKRULLAH
    avatar 3359
    ADI DZIKRULLAH #Sabtu, 9 Okt 2010, 22:21 WIB
    oya...siwalan asik banget...jika kita mau mengolahnya lebih lanjut akan menjadi produk dengan harga jual yang baik pula...
    betul, tinggal siapa yang bersedia buat manjat pohonnya :D
  • DEDEKUSN
    avatar 3360
    DEDEKUSN #Minggu, 10 Okt 2010, 16:00 WIB
    Salam kenal, Siwalan... saya ga pernah tau tuh.. terima kasih informasinya... dilihat dari fotonya sepertinya enak..
    dicobain dulu Kang :D
  • UUN
    avatar 3362
    UUN #Senin, 11 Okt 2010, 09:19 WIB
    oooh.. goro-goro siwalan toh??? aku..tauuu..aku tauuu siapa gerangan cewe itu...hahaha
    gosiiiiip!!!...
  • EFAHMI
    avatar 3363
    EFAHMI #Senin, 11 Okt 2010, 15:07 WIB
    siwalan enak diolah jadi minuman es sore2. semacam kolang kaling tapi
    lebih seger kalo masih fresh, masih ada airnya di dalam. di surabaya
    juga ada sih, tapi lumayan susah ditemui.
    Katanya banyak dijual di Madura, pokoknya daerah dekat pantai biasanya lebih banyak yang jual.
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 3364
    VICKY LAURENTINA #Senin, 11 Okt 2010, 17:14 WIB
    Pacar saya kok ndak pernah ya blusukan buat nyariin saya buah?

    *lha wong saya sendiri ndak doyan buah*
    tapi mbak dokter pastilah punya permintaan lain semacam laptop :D
  • FIAH ZHAPHIRA
    avatar 3380
    FIAH ZHAPHIRA #Minggu, 17 Okt 2010, 15:14 WIB
    di kampungku buuuaaanyyyaakkk...!!!mau???
    lha kampungmu ada dimana e?
  • ARIS LANDAK MEKAH
    avatar 3391
    ARIS LANDAK MEKAH #Selasa, 19 Okt 2010, 14:53 WIB
    gilaa...mahal kali siwalan segitu harganya,berkunjung ke daerah saya di Tuban,banyak sepanjang jalan yang jual siwalan.siwalan juga buah dari p0h0n Nira br0ther,ada yang perlu di ralat dikit tuh..
    hoolha...jadi Siwalan itu Nira? weee...
  • INDO ARTIKEL
    avatar 3421
    INDO ARTIKEL #Selasa, 26 Okt 2010, 12:53 WIB
    Baru tahu kalo buah siwalan ternyata bisa dimakan
    lha emang bisa
  • NUEL
    avatar 3430
    NUEL #Sabtu, 30 Okt 2010, 12:02 WIB
    baru pernah denger nama buah kaya gitu mas
    Kayaknya Siwalan itu nama Jawa. Nama Indonesianya lontar apa ya?
  • TYAS
    avatar 4753
    TYAS #Minggu, 5 Ags 2012, 16:20 WIB
    yahh padahal pingin buad takjil dari buah siwalan,, masa dii supermarket ga ada to?
    buah beginian mana masuk supermarket?
  • HARYANTO
    avatar 7076
    HARYANTO #Minggu, 1 Feb 2015, 00:41 WIB
    Buah siwalan banyak di Pantai depok. SaYa
    juga warga Depok sering jualan Siwalan. Jika
    ada yang mau pesan bisa hubungi
    085701177813
    Wah sip mantap! Kalau butuh buah siwalan tinggal nelpon aja. Matur nuwun.
  • FATHOR AMU
    avatar 10157
    FATHOR AMU #Rabu, 28 Sep 2016, 13:57 WIB
    kalau mau ke madura lebih banyak, didaerah kabupaten pamekasan bagian utara dan
    semenep, bisa sepuasnya
    Wekekeke, next time ke Madura berburu siwalan deh :D
  • ISMAIL MARZUKI
    avatar 11711
    ISMAIL MARZUKI #Sabtu, 16 Mar 2019, 22:24 WIB
    Buah siwalan alamat saya di Bandar Lampung.
    Wah, kurang tahu saya kalau penjual buah siwalan di Bandar Lampung.