Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 21 Agustus 2010, 21:53 WIB

Salah satu acara rekreasi peserta Summer School CRCS, di hari Sabtu (31/7/2010) yang lalu, adalah kunjungan ke Sendangsono. Tempat ini merupakan lokasi ziarah umat Katolik yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh. Persisnya di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

CRCS summer school visit Sendangsono for lunch
Ke Sendangsono nebeng acara Summer School CRCS UGM.

 

Harga barang yang dijual di kios ziarah di Sendangsono, Kulon Progo
Banyak terdapat kios-kios yang menjual perlengkapan berziarah.

 

Untuk mencapai Sendangsono, rute yang termudah adalah dengan mengikuti Jl. Kalibawang – Muntilan. Kalau dari arah Kalibawang, papan petunjuk menuju Sendang Sono ada di pinggir jalan raya, setelah tanjakan Bendo yang terkenal jahanam itu.

 

Sendangsono ini pada mulanya adalah sendang (mata air) yang kerap digunakan oleh para biksu yang hendak berziarah ke Candi Borobudur. Nama Sendangsono sendiri secara harfiah berarti mata air (sendang) dekat pohon angsana (Sono).

 

seorang anak kecil yang tinggal di sekitar kawasan ziarah Sendang Sono mengguyur kepalanya dengan air suci yang dialirkan lewat keran-keran yang berjumlah banyak
Air dari sendang dialirkan lewat keran-keran.

 

gereja kapel di dalam kawasan Sendangsono terbuka untuk misa dan untuk penyelenggaraan sakramen pernikahan
Kapel yang ada di dalam kawasan Sendangsono.

 

peziarah umat katolik berdoa hening di depan gua maria di dalam kawasan Sendangsono
Berdoa di depan Goa Maria.

 

Walau aku seorang muslim (di KTP sih gitu ), buatku berkunjung ke Sendangsono bukan hal yang tabu. Sendangsono sendiri terbuka untuk semua pemeluk agama kok. Jadi, buat apa ragu-ragu berkunjung ke sana?

 

Memang iya sih, Sendangsono itu tempatnya umat Katolik beribadah. Tapi, tahu nggak kalau pemandangan di sana itu sedap menawan mata? Ada sungai, di atasnya ada jembatan, lalu ada tempat untuk duduk-duduk. Elok nian cah!

 

pemandangan sungai jernih dan indah yang berada di dalam kawasan ziarah sendang sono di desa Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo
Pemandangannya indah...

 

bentuk arsitektur unik di Sendangsono sehingga Romo Mangun dianugerahi Aga Khan Award pada tahun 1991
Arsitekturnya unik.

 

saung-saung kayu dengan penampilan yang eksotik sebagai tempat istirahat para peziarah Sendang Sono dan juga berfungsi sebagai tempat piknik
Bilik-bilik kayu cocok buat piknik

 

Penampilan Sendangsono yang elok nan rupawan ini adalah jasa dari pastor Y.B. Mangunwijaya alias Romo Mangun yang menata kawasan ini pada tahun 1970. Sendangsono pun pernah mendapat penghargaan di bidang arsitektur yakni Aga Khan Award pada tahun 1991. Wow!

 

Jadi heran deh, kalau tempat ziarah bisa dirancang elok seperti ini, semestinya umat Islam juga nggak boleh kalah dong!

 

suasana pemakaman katolik di kawasan sendangsono, Kalibawang, Kulon Progo
Pemakaman di Sendangsono yang jauh dari kata angker.

 

saung-saung kayu dengan penampilan yang eksotik sebagai tempat istirahat para peziarah Sendang Sono dan juga berfungsi sebagai tempat piknik
Makam Barnabas Sarikromo, katekis pertama di Kalibawang.

 

Di Sendangsono ini juga ada pemakaman. Tapi, dengan penataan yang elok seperti ini jadi nggak terkesan angker. Di sini juga tersedia banyak kamar kecil! Jadi nggak repot kalau mau ngendog.

 

Satu yang kusayangkan adalah di Sendangsono ini banyak anjing berkeliaran. Walau nggak galak, tapi bagi cukup mengganggu buat mereka yang takut anjing.

 

anjing-anjing liar berkeliaran di kawasan Sendangsono, Kalibawang
Buat yang takut sama anjing, bakal tegang setegang-tegangnya kalau ke Sendangsono.

 

Oke! Mari kita singkirkan pandangan dari anjing-anjing yang berkeliaran di sana-sini . Lihatlah pemandangannya! Cocok kan Sendangsono dijadikan sebagai tempat piknik? Bagaikan oase di tengah Perbukitan Menoreh.

 

piknik CRCS UGM Summer School di dalam kawasan Sendangsono
Makan dulu ya!

 

Jadi, kapan Pembaca piknik kemari?

 

Eh, tapi jangan lah. Nanti, seumpama jadi banyak orang yang kemari, Sendangsono jadi nggak hening lagi. Ini kan tempat untuk berziarah, untuk lebih dekat kepada Tuhan.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MARTINUS SARWANTO
    avatar komentator ke-0
    MARTINUS SARWANTO #Sabtu, 10 Sep 2016, 22:45 WIB
    ah mau ajA di bohongi orang belanda .gua bikinan .aku kan orang kalibawang mk sejarah sendangsono aku th .Sekali lg jgn mau di bohongin
    terus versi cerita Sendangsono yang nggak bohong seperti apa Mas Bro? :D
  • NINA
    avatar komentator ke-1
    NINA #Sabtu, 4 Jun 2016, 21:57 WIB
    Kalo berjilbab boleh kesini ga sih ? Naksir tempat ini
    gegara film .
    Pengen kesitu, tapi ragu . takutnya ga boleh masuk
    🙏
    boleh kok mbak, nggak ditanya kok keyakinannya apa :D
  • DOMINICUS DWI HARYANTO
    avatar komentator ke-2
    DOMINICUS DWI HARYANTO #Rabu, 12 Sep 2012, 14:06 WIB
    wow sangat keren sendang sono....jadi kagen kampoeng ki....tetep semangat yo warga sendang sono...
    semangat! :D
  • RITA
    avatar komentator ke-3
    RITA #Jumat, 12 Ags 2011, 09:52 WIB
    keren,, kaya yang sepi... sejuk

    kabita pokok'nya ,
    pengen kesana... :)
    memang sejuk dan tenang, tapi ya...banyak anjing :p
  • TINOOEL
    avatar komentator ke-4
    TINOOEL #Jumat, 3 Sep 2010, 08:18 WIB
    mas ning fotone sampeyan sing sebelah endi ?
    aku ra melu difoto jew
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-5
    ANNOSMILE #Jumat, 27 Ags 2010, 08:54 WIB
    belom pernah kesana bro..
    sekali-kali cobain kesana lah bro
  • NDARU
    avatar komentator ke-6
    NDARU #Kamis, 26 Ags 2010, 15:51 WIB
    wah, trakir saya kesana, kalinya itu butek pol je
    mungkin karena musim hujan ya Kang? Kalau jernih karena musim kemarau?
  • ZEE
    avatar komentator ke-7
    ZEE #Kamis, 26 Ags 2010, 09:50 WIB
    Tempatnya adem ya... pasti menyenangkan piknik sampai ketiduran di situ..
    Ada retribusinya?
    ndak ada retribusi untuk masuk ke Sendang Sono Bu, tapi ya untuk parkir kendaraan mesti mbayar :p
  • JEJAK ANNAS
    avatar komentator ke-8
    JEJAK ANNAS #Selasa, 24 Ags 2010, 23:39 WIB
    luar biasa, ternyata di solo sana ada area atau tempat yang masih terselamatkan dari tangan-tangan kapytilasme dan hedonis yang menuruti syahwat duniawi
    ini di Jogja Kang, di Kulon Progo, dan sepertinya tempat-tempat kayak gini mesti dilestarikan deh...
  • PEIN
    avatar komentator ke-9
    PEIN #Selasa, 24 Ags 2010, 19:48 WIB
    Hm,
    Boleh aja kok,
    Gua Maria Pohsarang disini juga banyak dikunungi orang berbagai agama,

    Saya aja sendiri udah beberapa kali ikut ziarah wali songo [tapi ga ikut doanya]
    hohoho, pluralisme dimana-mana...
  • YOES MENOEZ
    avatar komentator ke-10
    YOES MENOEZ #Senin, 23 Ags 2010, 20:53 WIB
    Oalaaah...tadinya tak kira Sendangsono yg deket Gondomanan je...dulu waktu jaman sekolah suka beli buku di Sendangsono...kira2 ada hubungannya gak ya, mengingat di situ deket Sekolah Katholik juga...terinspirasi kali ya namanya?
    Sendangsono artinya ada sendang di bawah pohon angsana, jadi kalau ada tempat yang cirinya kayak gitu ya bisa juga disebut Sendangsana :D
  • CERITAEKA
    avatar komentator ke-11
    CERITAEKA #Senin, 23 Ags 2010, 10:36 WIB
    Aku malah belum pernah ziarah kesini... :|
    ya mbok kapan kalau ke Jogja (lagi) mampir kemari mbak
  • BENYKLA
    avatar komentator ke-12
    BENYKLA #Senin, 23 Ags 2010, 06:54 WIB
    daerah samigaluh sering jd t4 kkn ugm.kalo k sini belum.pernah e k air trjun munggang lor?dan suralaya.hmm emg cihuy
    Air terjun Munggang Lor atau yang dikenal dengan Curug Samigaluh udah pernah saya bahas Kang di artikel blog di bulan Februari :) cekidot
  • CARA BELI RUMAH
    avatar komentator ke-13
    CARA BELI RUMAH #Minggu, 22 Ags 2010, 15:44 WIB
    wah enak bgt neh tempat,..
    jelas Kang :)
  • VICKY LAURENTINA
    avatar komentator ke-14
    VICKY LAURENTINA #Minggu, 22 Ags 2010, 15:11 WIB
    Wew..nampak keren, Na! Di situ tempat makan yang enak di mana?
    disana ndak ada tempat makan mbak. Makanya saya bilang \"piknik\", jadi makanannya bawa sendiri dari rumah.
  • ANA
    avatar komentator ke-15
    ANA #Minggu, 22 Ags 2010, 12:48 WIB
    cobain juga ke puncak suroloyo, hanya 10 km dr pertigaan menuju sendang sono tanjakanya juga lumayan jahanam hahahhaha
    Ke Suroloyo udah pernah tapi memang ndak saya masukkan ke blog :)
  • WINA
    avatar komentator ke-16
    WINA #Minggu, 22 Ags 2010, 11:43 WIB
    Wah jadi kangen kampung halamanku...
    Ya harap makhlum, karna hampir semua warga disana punya anjing, tp
    ramah2 kok..
    Banyak juga yg bukan orang katolik kesini, dulu waktu kecil banyak yg
    kesini buat pacaran, bahkan ada yg pakek jilbab juga.. Mungkin karna
    tempatnya emang enak banget, sepi, sejuk..

    Oya, ada jalur lain kalo gak mau lewat tanjakan jahanam bendo, gak
    jaoh dari sana di depan kantor desa Banjar Oyo ada jalan ke Sendang
    Sono juga, namanya Slanden..
    saya penasaran kalau musim ujan apa air sungainya deres yah?
  • EM
    avatar komentator ke-17
    EM #Minggu, 22 Ags 2010, 05:50 WIB
    syuting di Sendang Sono, kenapa enggak? :D

    *a.n. Warga kalibawang mengucapkan terimakasih atas dimuatnya artikel ini :D
    **ono sing kudungan ra wij, sing dolan mrono?
    mbak Yudith dari CRCS berjilbab og pas dateng kesana,
  • MAHAMBARI
    avatar komentator ke-18
    MAHAMBARI #Sabtu, 21 Ags 2010, 23:09 WIB
    waw,,,ka wijna udah kmana2 nie,,,jd pgen ikut,,
    trnyata d Kulon Progo msh bnyak tempat yg belum aku kunjungi,,,
    yang ini tempatnya emang agak tersembunyi