Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 26 Mei 2010, 13:06 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Keranjingan main air. Itulah yang terjadi pada kegiatan SPSS akhir-akhir ini. Aku sih menduga, mungkin itu karena cuaca Jogja yang kian hari kian panas. Plus pengaruh candu air terjun Kebumen yang belum mereda . Alhasil, yang demikian itu lantas membuat beberapa sahabat SPSS merengek-rengek meminta rute yang memungkinkan untuk berbasah-basah ria.

 

Selepas mengunjungi Desa Srowolan di hari Sabtu (15/5/2010), kami memutar otak mencari rute yang mengarah ke tempat untuk berbasah-basah ria. Menurut informasi di peta wisata Desa Srowolan, tak jauh dari sana terdapat sungai yang bisa digunakan untuk bermain air. Oke deh, yuk meluncur ke kali.

 

Niat bermain air mendadak surut. Sebab, ternyata arus sungainya cukup deras. Tak nikmatlah bermain air di sana. Jadi, di manakah kiranya kami bisa bermain air?

 

Yang demikian ini tidak menyurutkan ambisi kami. Berbekal urat malu yang nyaris putus, kami memboyong beberapa anak-anak desa guna memandu kami menuju sungai terdekat di mana kami semua bisa bermain air.

 

bersepeda ke bendungan mistis randualas, ngaglik, sleman, yogyakarta
Berbekal urat malu yang sudah putus, kami sukses "menculik" anak kecil ini. Jangan ditiru!

 

Singkat perjalanan, sampailah kami di suatu bendungan bernama Bendungan Randualas. Secara administratif letaknya di desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

penampakan makhluk gaib di bendungan mistis randualas, ngaglik, sleman, yogyakarta
Bendungannya sih nggak begitu besar. Tapi cocoklah untuk main air.

 

anak-anak bermain bersama makhluk halus di bendungan mistis randualas, ngaglik, sleman, yogyakarta
Ini anak-anak seneng banget main air.

 

cewek berpose bugil di bendungan mistis randualas, ngaglik, sleman, yogyakarta
Kalau yang sudah gede sih lebih seneng foto-foto di air.

 

Bersama anak-anak desa, kami menikmati dinginnya air yang mengalir dari Bendungan Randulas tersebut. Menjelang siang, anak-anak desa tampak bergegas keluar dari air dan bersiap-siap pulang. Sementara kami sendiri masih menikmati suasana asri di Bendungan Randualas.

 

“Mas, ayo bali, selak dhemit e metu!”, teriak seorang anak

 

Spontan, buat kami yang paham bahasa Jawa, langsung saja mengambil langkah seribu menjauhi Bendungan Randualas. Sementara beberapa sahabat SPSS yang tak paham bahasa Jawa tampak kebingungan. Namun setelah dialih-bahasakan, barulah mereka juga mengambil langkah seribu.

 

Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, selepas pukul 12 siang, Bendungan Randualas ini jadi “ramai” tak ubahnya jalan raya. Maklum, bendungan ini berada di jalur yang menghubungkan Gunung Merapi dan Laut Selatan. Kalau perkara cerita mistis jelaslah ada banyak versi. Mulai dari orang hilang sampai meninggal. Waduh...

 

foto ramai-ramai di bendungan mistis randualas, ngaglik, sleman, yogyakarta
Kami sebelumnya tak tahu kalau bendungan ini ternyata mistis, duh!

 

Tapi menurutku ya bagus juga sih. Terlepas benar-tidaknya kisah mistisnya, Bendungan Randualas ini masih terjaga keasriannya. Apa perlu setiap bendungan bahkan sungai dibumbui kisah mistis, agar orang tak semena-mena memperlakukannya?

 

Jadi, mohon kiranya Pembaca menjawab teks pertanyaan tebal yang berwarna merah di atas itu.

Matur nuwun.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • AGUSTINUS
    avatar komentator ke-0
    AGUSTINUS #Jumat, 29 Jan 2016, 09:50 WIB
    Penduduk masih percaya mistis, anggap saja sebagai kearifan lokal. Di Gunungkidul masih banyak pohon jati usia ratusan tahun, sendang, kubur batu, menhir, arca yang diukir di tebing sungai.
    Gua kandang harimau namanya gua song biru. Gua bekas hunian manusia prasejarah. Sampai sekarang terlindungi karena dikeramatkan.
    Betul, tempat mistis biasanya masih lestari karena dikeramatkan.
  • MIFTAHUL HILDA SAPUTRA
    avatar komentator ke-1
    MIFTAHUL HILDA SAPUTRA #Minggu, 22 Mar 2015, 10:38 WIB
    itu adalah temanku namanya RAHMAT rumahnya Ngepas Donoharjo.juga tetenggaku.
    wah, kalian sekarang sudah besar-besar ya? :D
  • APRITOS
    avatar komentator ke-2
    APRITOS #Jumat, 14 Nov 2014, 11:29 WIB
    mas, itu tepate di dusun mana ya? aku kok malah pengen ngerti. Mbok saya di kasih ancer-
    ancer tempate
    Wah dusun e lali. Coba tanya warga Donoharjo, lak yo mesti ngerti.
  • KARTO DHEMIT
    avatar komentator ke-3
    KARTO DHEMIT #Kamis, 28 Feb 2013, 12:20 WIB
    insyAllah ora popo gan..aku tau mancing nang kono wengi2 santai wae gan..malahj keporo penak nek ono sing ngancani bongso lelembut soale biasane nek dikancani karo bongso lelembut arep entuk iwak okeh Gan...
    lha kuwi kan nek dirimu wis bolo ro dhemit e? awak e dhewe kie urung tau kenalan je ro dhemit kono
  • ANGGIT
    avatar komentator ke-4
    ANGGIT #Rabu, 16 Mar 2011, 21:32 WIB
    kapan2 ayo di gabung mas !!
    gabung? :p
  • YUSUF
    avatar komentator ke-5
    YUSUF #Selasa, 31 Ags 2010, 18:51 WIB
    Banyak tempat penuh mistis di dunia ini. Hampir semua agama mengakui adanya alam lain. Bahkan di hati ini juga terdapat bendungan kali ujung yang penuh dengan teka teki, ada ribuan mahluk halus yang bersemayam di dalamnya yang membisikkan ribuan keinginan, hayalan..
    iya, kalau ndak tau itu tempat mistis sih biasa aja perasannya. Tapi begitu tahu jadi ndak enak pas ke tempat itu.
  • TIWIE
    avatar komentator ke-6
    TIWIE #Jumat, 27 Ags 2010, 09:46 WIB
    yang dibonceng itu adalah tetanggakuuuuu.,,,,,
    mosok???
  • CUK
    avatar komentator ke-7
    CUK #Senin, 7 Jun 2010, 15:06 WIB
    di Donoharjo juga ada kolam yang di sekelilingnya ada arca2 klasik
    (nandi, ganesha) tepatnya di Dusun Ngepas gak jauh dari sorowulan
    Nuwun informasinya Kang
  • ZEE
    avatar komentator ke-8
    ZEE #Rabu, 2 Jun 2010, 19:18 WIB
    Ya ga perlulah, karena sama saja dengan menyebarkan kebohongan. :) Biarlah kalo memang ada cerita mistis beneran, baru sah.
    tapi...membuktikan cerita mistis itu bener gimana Bu?
  • ALICE
    avatar komentator ke-9
    ALICE #Senin, 31 Mei 2010, 13:24 WIB
    komen untuk foto sedang mengendarai sepeda: hehe ati2 deh tas ranselnya ntar nimpuk yang dibonceng^^
    tenang mba, penculiknya sudah berpengalaman kok :D
  • ZULHAQ
    avatar komentator ke-10
    ZULHAQ #Senin, 31 Mei 2010, 13:19 WIB
    banyak tempat tempat indah kek gitu atau sejenisnya yang dirusak, yang gak dirawat. kecuali ada unsur mistik (menurut mereka) itu ada.

    Ya gak perlu harus ada embel-embel mistik kali. Justru akan lebih indah kalo gak ada mistik2an, tapi bener bener dirawat dan dijaga bersama!
    nah masalah itu yang sulit, gimana menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk merawat tanpa ada ancaman atau paksaan.
  • PEIN
    avatar komentator ke-11
    PEIN #Minggu, 30 Mei 2010, 16:51 WIB
    Hm,
    Rumah Kakekku di Sleman juga kayak gitu,
    Di sebelahnya ada sungai yg kata Kakekku,

    Katanya lho, merupakan jalan kereta kudanya nyi Roro Kidul,
    Pada zaman dahulu, pas kakekku kecil, sering kali pada malam hari ada suara kereta kuda beserta loncengnya dan suara bergemuruh ramai dari sungai itu. kalo ada kaya gitu, kentongan dibunyikan dan sluruh rumah menutup jendela dan pintunya serta tak ada yg berani keluar.

    Katanya juga, kalo keluar bakalan diambil \"dayangnya\" Nyi Roro Kidul a.k.a tewas di tempat, karena pergeseran zaman, maka suara itu sekarang ga muncul lagi, dan sungainya yg dolo indah jadi tercemar,,


    Jadi...............
    Alangkah baiknya seperti itu,
    masyarakat kita lebih percaya hal2 mistis kaya begitu daripada seperti,
    ' Mohon jangan mancing di bendungan karena terdapat ikan langka' -> bisa dipastikan banyak yg mancing

    ato

    \" Dilarang memancing karena itu ikan siluman, dan kalo mancing bisa tewas, tertimpa sial, bal...bla....bla....\" -> ga ada yg berani deh....


    S E K I A N
    hahahah, jadi intinya masyarakat perlu ditakut-takuti, kalau perlu dengan ancaman hilang nyawa :D
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-12
    ANNOSMILE #Sabtu, 29 Mei 2010, 11:52 WIB
    gak sekalian mancing, wi???
    mancing apaan No? ntar dapetnya malah buntelan putih lagi...
  • YACOB-IVAN
    avatar komentator ke-13
    YACOB-IVAN #Jumat, 28 Mei 2010, 09:42 WIB
    Hoolha, ngeri juga, tapi keren bendungannya...
    Jam 12 siang katanya lebih keren lagi lho
  • DJOEDY
    avatar komentator ke-14
    DJOEDY #Kamis, 27 Mei 2010, 10:01 WIB
    paling enak cuaca panas maen air hehehe
    apalagi main airnya di bendungan mistis...
  • SHIMANOHARA
    avatar komentator ke-15
    SHIMANOHARA #Rabu, 26 Mei 2010, 19:23 WIB
    holladala... .
    kowe ra melu toh mbah tandem?
  • UUN
    avatar komentator ke-16
    UUN #Rabu, 26 Mei 2010, 13:56 WIB
    Pertamax.........

    keknya perlu dech wij. secara, rata-rata org tu baru takut dan ga brani merusak klw setiap sesuatu dihubung-hubungkan dengan mistis.

    kek yg ini ni.. http://tintin1868.multiply.com/photos/album/11
    cb. klw ga ada bumbu mistisnya, pa ga habis tu lele diambil sama pengunjung,trus dibikin pecel lele...xixixi
    sampeyan jadi bikin saya pingin ke Brebes buat makan pecel lele mba :D