Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 6 Februari 2010, 20:28 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Kuwaru, terkesan seperti bukan berasal dari perbendaharaan-kata Jawa. Ku-wa-ru, dan bukan Kwa-ru maupun Ku-a-ru. Saat Kuwaru disebut sebagai nama pantai, pikiran langsung menyasar deretan pantai-pantai di wilayah Gunungkidul atau Kulon Progo. Namun, mulut seketika melongo, tatkala tahu Pantai Kuwaru letaknya di Kabupaten Bantul dan sederet dengan Pantai Samas.

 

Ada apa di Pantai Kuwaru? Rasa penasaran itulah yang menggiring sahabat SPSS untuk bersepeda ke sana pada hari Sabtu pagi (30/1/2010). Rasa penasaran itu makin menjadi-jadi, tatkala tahu berbagai harian Kota Jogja mewartakan kemolekan Pantai Kuwaru sebelum hari keberangkatan kami.

 

Jadi sebenarnya, ada apa sih di Pantai Kuwaru?

 

Titik Awal

Kafe Pyramid di Jl. Parangtritis

Titik Tujuan

Pantai Kuwaru di Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jarak Tempuh (Waktu Tempuh)

30,3 km (3 jam)

Rute Perjalanan

Pergi: Titik Awal – Jl. Samas – [blusukan] – Pantai Kuwaru

Medan

Mayoritas perjalanan pada jalan aspal dengan kontur landai. Sesekali diselingi jalan tanah sebab banyak kawan yang menghendaki rute blusukan kampung dan sawah. Sebenarnya, jalan menuju Pantai Kuwaru dapat ditempuh melalui jalan aspal dan memakan waktu 2 jam dengan sepeda.

 

Apa yang menjadi ciri khas dari Pantai Kuwaru adalah jajaran pohon cemara udang. Adalah dinas pertanian dan kehutanan yang menanamnya di tahun 2003 sebagai pencegah abrasi. Sebab pantai ini disebut-sebut sebagai pantai dengan tingkat abrasi terparah.

 

Banyaknya pohon cemara udang membuat suasana di Pantai Kuwaru teduh. Namun sayang, di beberapa titik masih ditemukan sejumlah kondom, seperti yang dilansir oleh harian Kompas Jogja (29/1/2010).

 

Selain itu di pantai ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan. Sepertinya pantai ini meniru konsep Pantai Depok sebagai pusat kuliner laut. Kami membeli 6 kg ikan cakalang seharga Rp84.000 dan satu ikan tuna seharga Rp20.000. Ikan yang telah dibeli dapat dimasak di warung-warung makan dengan biaya Rp5.000 hingga Rp6.000 per kg.

 

Saat berkeliling seputar Pantai Kuwaru tampak beberapa fasilitas umum tengah dibangun, seperti toilet dan mushalla. Selain itu ada pula kolam renang kecil yang ditujukan bagi anak-anak. Pantai Kuwaru sedang bangkit untuk menjadi pantai pariwisata. Saat ini ada sekitar 8 warung kuliner dan 100 kios kecil. Dipastikan jumlahnya akan bertambah, seiring meningkatnya popularitas Pantai Kuwaru.

 

Jadi, kapan pembaca mau berwisata di Pantai Kuwaru?

 

Oh ya, di tengah perjalanan, kami sempat menemukan seekor kucing kecil. Duo penggemar kucing bernama serupa, Mas Dhani dan Indomielezat lah yang menemukannya. Kucing kecil itu terperangkap di bawah tumpukan batu bata di dekat sawah. Oleh karenanya, kucing kecil itu kami bawa serta ke Pantai Kuwaru. Kini, kucing itu dipelihara oleh Mas Dhani dan diberi nama Kuwaru.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ROSYD
    avatar komentator ke-0
    ROSYD #Minggu, 6 Des 2015, 06:02 WIB
    Bisa untuk camping ceria ndak min????
    kamping ceria? :D Bisa lah
  • HARU
    avatar komentator ke-1
    HARU #Sabtu, 14 Nov 2015, 16:23 WIB
    terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan
    manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini
    pariwisata
    Sama-sama, semoga kita bisa berkontribusi lebih untuk Indonesia ya :D
  • WISATAKU
    avatar komentator ke-2
    WISATAKU #Minggu, 18 Okt 2015, 12:35 WIB
    Pengalaman Wisata yang berharga nich jika bisa berkunjung ke pantai Kuwaru... Pantai Kuwaru memang keren... salam Wisata....
    Salam juga! Mari kita turut menjaga Pantai Kuwaru :D
  • ADI
    avatar komentator ke-3
    ADI #Kamis, 28 Ags 2014, 14:07 WIB
    jarak pantai baru ke kuwaru jauh gak ya?kalo jln kaki dr pntai baru ke kuwaru berapa mnt/
    jam?
    Nggak jauh kok, paling ya 2 km atau 30 menit jalan kaki?
  • KHOIRUDDIN SIREGAR
    avatar komentator ke-4
    KHOIRUDDIN SIREGAR #Sabtu, 8 Mar 2014, 13:45 WIB
    Wah, pantainya begitu indah..
    Kapan ya aku bisa ke pantai yang memesona ini?
    Abang bisa kemari kalau naik pesawat dari Medan ke Jogja, dilanjut nyewa ojek. Gampang kan Bang? :D
  • HENI
    avatar komentator ke-5
    HENI #Selasa, 12 Nov 2013, 19:32 WIB
    kuwaru setahuku lebih \"bersih\" dari Samas dan Parangkusumo./Mbolong..........ee..ada sampah karetnya juga ya?
    di mana ada banyak pengunjung ya pasti bakal banyak sampahnya ya mbak Hen...
  • NANA
    avatar komentator ke-6
    NANA #Jumat, 13 Sep 2013, 00:08 WIB
    wah pengin nyobain kesana, tp agak2 bingung jalannya hahaha
    gampangnya ke arah pantai Samas dulu aja. Kalau dari Jl. Parangtritis di km 22 belok ke kanan di pertigaan sebelum nyebrang jembatan besar kali Opak.
  • MUHAMMAD FARDIANSYAH
    avatar komentator ke-7
    MUHAMMAD FARDIANSYAH #Minggu, 2 Okt 2011, 09:28 WIB
    Salam kenal dari saya buat teman-teman SPSS, dari teman-teman SPSS saya banyak mengucapkan terima kasih karena sudah memberikan banyak inspirasi dan referendi untuk blog saya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak
    Terima kasih sudah berkunjung :D
    Jangan lupa tetap nyepeda ya! :D
  • RITA
    avatar komentator ke-8
    RITA #Selasa, 23 Ags 2011, 09:35 WIB
    subhanallah itu pantainya sangat indah...
    Betul, indah sekali mbak...
  • ASH
    avatar komentator ke-9
    ASH #Kamis, 23 Jun 2011, 13:22 WIB
    jelasin rute jalannya dunx!!! masih penasaran saya, ingin liat
    pantainya....
    dari kota Bantul lewat Jl. Samas mbak e, pantainya sederet dengan Pantai Samas
  • FARRELAN
    avatar komentator ke-10
    FARRELAN #Rabu, 16 Feb 2011, 08:50 WIB
    minta deskripsi rutenya donk...
    waduh, pokoknya dari kota Bantul ke selatan sampai ketemu pantai Samas, sete!ah itu ke barat
  • BEJOKAMPRET
    avatar komentator ke-11
    BEJOKAMPRET #Selasa, 21 Sep 2010, 19:26 WIB
    iya habis lebaran ini katanya kotor sekali makanya aku agak ragu mau kesana
    ndak hanya pantai Kuwaru, semua pantai juga jadi kotor saat lebaran >.<
    maklum jumlah pengunjung dan tenaga kebersihannya ndak sebanding
  • RUDI
    avatar komentator ke-12
    RUDI #Kamis, 16 Sep 2010, 18:01 WIB
    saya ke sana kok akses masuknya sempit ya, tur kok reget banget to
    pantainya apa gak ada petugas kebersihannya?
    Aksesnya memang sempit, dan memang disana ndak terlihat petugas/karang taruna yang aktif membersihkan sampah
  • ADIT
    avatar komentator ke-13
    ADIT #Rabu, 21 Jul 2010, 08:41 WIB
    wah kmrin minggu gwe ma temen2 club mio ke sana.pantai ny keren an wenak untuk resresing...ko ke sana jgn lupa bwa tikar +bantal di sana suasanya bwt tidur wenak bnget...bwt temen2 yang mau ke sana mohon jga kebersihany an jangan membuang sampag di mna2..okey
    betul, kayaknya enak juga tidur dibawah pohon cemara :D
  • SUTOPO
    avatar komentator ke-14
    SUTOPO #Sabtu, 3 Jul 2010, 11:29 WIB
    Tepat pada tanggal 13 juni 2010 ,Dari bringin-kab.semarang kami sekeluarga pergi ke jogja untuk mengantarkan salah satu ponakan dari lampung yang hendak sekolah di jogja,sesampai dijogja kami diberitahu bahwa ada pantai baru terkenal di jogja tempatnya rindang ,adem karena ada tanamannya dan yang jelas kami sampai jogja siang ,wah...cocok sekali dengan waktunya.ternyata memang bener enak banget....teduh...dan bisa makan ikan laut segar yang dimasak langsung dan harganya sangat murah untuk ukuran tempat wisata.maju terus pantai kuwaru bisa terkenal sampai luar jogja.
    Terima kasih sudah berkunjung ke Pantai Kuwaru. Sering-sering promosikan Pantai Kuwaru ya Kang. :D
  • KEMPUL
    avatar komentator ke-15
    KEMPUL #Kamis, 1 Jul 2010, 22:38 WIB
    pantai nya enak eh...malah ada yg tersaingi sama pantai baru pandansimo...
    mari bersaing secara sehat :)
  • DENMASPAIDJO
    avatar komentator ke-16
    DENMASPAIDJO #Rabu, 30 Jun 2010, 20:34 WIB
    hidup srandakan!!!
    kalo k srandakan,,jangan lupa mampir ke dam/bendung sapon
    jembatan barunya kali progo,,3km k utara jembatan lama
    Saya belum pernah ke Srandakan dan makin penasaran buat kesana
  • KANG PAIJO
    avatar komentator ke-17
    KANG PAIJO #Selasa, 22 Jun 2010, 22:37 WIB
    Memang Pantai Kuwaru kalau ditata dengan profesional akan dapat mengalahkan pantai yang lainnya, mohon Pemda Bantul untuk dapat mengelola agar dapat maju pesat, kan bisa nambah PAD bantul
    lha ayo mari sama-sama ramaikan pantai Kuwaru, jangan ke Parangtritis terus :)
  • WIDYA
    avatar komentator ke-18
    WIDYA #Minggu, 30 Mei 2010, 21:33 WIB
    Terima kasih ya infonya.. Insyaallah sangat membantu untuk tugas saya.. Blognya juga bagus^^
    matur nuwun juga udah berkunjung mba :)
  • JACKO
    avatar komentator ke-19
    JACKO #Selasa, 25 Mei 2010, 12:51 WIB
    jauh gak sih ma pantai samas....
    lumayan deket kok kalau dari Samas
  • RON
    avatar komentator ke-20
    RON #Senin, 24 Mei 2010, 12:37 WIB
    Pantai Kuwaru ombaknya tetap besar, jadi hati-hati saja...Enaknya di Kuwaru itu duduk santai2 dibawah cemara, sambil bercengkrama bersama teman2....bisa juga makan2 di bersama keluarga... baik beli ataupun bawa bekal dari rumah. Pantai Kuwaru dikelola warga Dusun Kuwaru, jadi tak ada orang pendatang yg menetap di sana. Tidak ada t4 \"gituan\" di Kuwaru. Ok deh nikmati semilir Pantai Kuwaru, tanpa khawatir hal-hal nigatif.
    ya, mari kita nikmati dan jaga Pantai Kuwaru agar tak terjamah tangan-tangan usil :)
  • SHENNY
    avatar komentator ke-21
    SHENNY #Rabu, 12 Mei 2010, 17:24 WIB
    wah... barusan ke pantai kuwaru k'rena pesta siaga pas dy foto dycna ombaknya gede bgd nyeriiiiiiii,,,............. dechhhhhhhhhhhhhh..............................,,,,
    ha? Pantai Kuwaru ombaknya bisa gede? serius?
  • MUJA
    avatar komentator ke-22
    MUJA #Kamis, 25 Feb 2010, 18:31 WIB
    jaln dari ke sleman mw kesana lwat mana y?
    lebih mudah ikuti jalan dari Bantul aja
  • SHARI
    avatar komentator ke-23
    SHARI #Senin, 22 Feb 2010, 19:35 WIB
    dari Bantul ke arah barat, sampai Srandakan sebelum Jembatan yang konon terpanjang di Jateng, belok kekiri, sebelum Pantai Pandansimo tepatnya di dusun Kuwaru, belok ke kiri, hingga tiba di Pantai Kuwaru. Jangan lupa bawa tikar dan bantal, tempatnya teduh dan silir, nikmat untuk tidur
    hohoho, terima kasih atas penjelasan rutenya yang detil :)
  • PRASETYO
    avatar komentator ke-24
    PRASETYO #Rabu, 17 Feb 2010, 22:55 WIB
    Ada denah lokasi? Tanggal 21 Feb, saya & rombongan ingin ke pantai kwaru.
    rutenya bisa dilihat di http://maps.google.com/maps/ms?ie=UTF8&hl=en&msa=0&msid=107854412269089127115.00047e4d75ceb6df2e7f4&ll=-7.912353,110.312691&spn=0.18567,0.308647&t=h&z=12
  • HENDRA
    avatar komentator ke-25
    HENDRA #Minggu, 14 Feb 2010, 00:58 WIB
    mas mau gabung dunk, minta info2nya yupz nuwun
    Silakan simak beritanya di wall Page SPSS di Facebook
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar komentator ke-26
    EKA SITUMORANG-SIR #Jumat, 12 Feb 2010, 16:27 WIB
    Boow secara gue gak bisa baca peta atau alamat yah... mau tau dunk.. ini deket ama sadranan ituh bukan?
    Iya mbak, deket sama pantai Srandakan, bukan sadranan he.
  • MEONG
    avatar komentator ke-27
    MEONG #Rabu, 10 Feb 2010, 18:44 WIB
    hati-hati itu kucing harus di pelihara dengan baik, jangan sembarangan ambil bukan hak-nya
    Saya yakin Mas Dhani adalah penyayang kucing yang baik :)
  • OMIYAN
    avatar komentator ke-28
    OMIYAN #Selasa, 9 Feb 2010, 14:49 WIB
    Tuh foto angel nya keren keren sih mas, mantep banget jadi iri hehehehe
    Pas lagi motret itu, tiba-tiba dari samping dateng ombak ngguyur saya. Jadilah saya basah kuyup, untung kameranya ndak.
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-29
    ANNOSMILE #Senin, 8 Feb 2010, 17:07 WIB
    wah..pantainya apik banget
    belum pernah kesana nih..
    foto2nya bagus..langitnya biruuu...
    Langit biru itu ya...
  • EM
    avatar komentator ke-30
    EM #Senin, 8 Feb 2010, 16:32 WIB
    Selama ini takpikir ming samas yg terkenal t4 'gitu-gituan' nyrempet juga ke tanggane tho? Hmm.....

    *kenapa kok denger kuwaru pikirane malah kulonpro ro GK, aneh, normalè Bantul ro GK.

    **haha, setan berjubah malaikat :p
    Kuwaru itu ada hubungannya dengan KulonProgo po?
  • ZEE
    avatar komentator ke-31
    ZEE #Senin, 8 Feb 2010, 08:17 WIB
    hahahaa... itu kucingnya hebad juga ya. ikutan jalan.
    tp saya suka lihat langitnya, awannya itu. biruuuuu.......
    Yang jadi tantangan itu adalah gimana ngajak kucing jalan jauh tanpa dia teriak-teriak ngeong :D
  • VIZON
    avatar komentator ke-32
    VIZON #Senin, 8 Feb 2010, 07:53 WIB
    Sebetulnya, hari minggu kemarin (07/02/10), saya akan ke pantai ini bersama wali murid dari sekolah anak. hanya saja, karena saya ada kegiatan lain, maka yang berangkat hanya istri dan anak-anak saya saja. Kata mereka pantai ini lumayan bagus juga, meski masih agak semrawut. Semoga suatu saat saya juga bisa mengunjunginya... :)
    Masih semrawut karena masih dalam tahap pengembangan Uda.
  • GUNAWANRUDY
    avatar komentator ke-33
    GUNAWANRUDY #Minggu, 7 Feb 2010, 11:07 WIB
    cuma kondom aja? ndak sekalian gubuk-gubuk kecil gak jelas yang disewakan 5000? (LOL)
    Tak ada gubug bergoyang seperti di Pantai Glagah :D
  • TIA
    avatar komentator ke-34
    TIA #Minggu, 7 Feb 2010, 09:08 WIB
    aku pernah ke pantai ini dua kali. waktu penelitian sma, sama waktu
    lebaran kemaren, sehabis naek sepeda sama mas wijna.
    oiya.
    terima kasih ya sudah mo nemenin jalan2, n naek sepeda.
    buwat kadonya sama oleh2nya juga.
    dan satu lagi, terima kasih sudah menghapus komentarku. hehe.
    aku selalu ingat perkataan mas wijna tentang: peoples come, peoples
    stay, and eventually the will go again. and the cycle repeats.
    terima kasih kembali sudah berkomentar