Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 28 April 2016, 08:28 WIB

Aku itu termasuk orang yang kurang menikmati masa-masa sekolah. Alhasil, kampus adalah satu-satunya tempatku belajar yang menyimpan segudang kenangan indah.

 

Boleh dikata, semasa aku kuliah dulu, kampus ibarat rumah kedua. Rasa-rasanya, nggak mampir kampus selama beberapa hari itu seperti ada sesuatu yang kurang.... #lebay#banget

 

Dua Kampus yang Menyimpan Kenangan

Semasa aku masih aktif sebagai mahasiswa prodi matematika FMIPA UGM angkatan 2004 (mendadak berasa tua ), ada dua kampus yang menjadi tempatku berkuliah. Kedua kampus ini terpisah jarak kurang-lebih sekitar satu kilometer. Untungnya masih terletak di pinggir jalan raya yang sama.

 

Kami, mahasiswa FMIPA UGM, menyematkan panggilan mesra untuk kedua kampus ini dengan julukan MU (dibaca em-yu) dan MILAN (bacanya tetap mi-lan ). Entah siapa yang pertama kali memberi sebutan ini dan kenapa pula namanya mirip dengan nama klub sepak bola di Eropa sana ya?

 

Peta Denah Kampus Fakultas MIPA UGM di tahun 2016
Paling sebel kalau jadwal kelas berikutnya beda kampus. Jalan kaki butuh waktu sekitar 15 menit!
Eh, dulu aku ngampus naik bus. Belum ada sepeda dan nggak bisa naik sepeda motor!

 

Sebagaimana lazimnya budaya Jawa, ternyata pemberian nama ini nggak sembarangan! Ada makna yang tersirat bila kita mau mengurai kepanjangan dari dua nama tersebut.

 

Mungkin Pembaca sendiri sudah bisa menebak. Nama MU tidak lain adalah singkatan dari MIPA Utara. Sedangkan nama MILAN tidak lain adalah MIPA Selatan.

 

Namanya juga orang Jogja. Penyebutan utara – barat – selatan – timur pada suatu bangunan adalah sesuatu hal yang umum dipraktekkan hingga detik ini.

 

Paham toh?

 

Hobi Motret yang Berawal dari Basecamp

Kedua kampus ini, MU dan MILAN, sama-sama tempat bercokolnya jutaan kenangan manis semasa muda. Akan tetapi, buatku MU adalah kampus yang paling terkenang menyenangkan.

 

Kuat dugaan, penyebab utama kampus MU lebih menyenangkan adalah karena di sana terdapat suatu tempat yang kerap disandikan oleh mahasiswa program studi matematika dengan nama basecamp.

 

Apa basecamp itu?

 

Ooo jelas!

 

Basecamp adalah nama lain dari sekretariat Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA UGM!

 

Tampak luar ruang sekretariat Himatika UGM di kampus FMIPA Utara di tahun 2005
Basecamp pas kondisinya sedang sepi.
Dipotret bulan September 2005.

 

Selasar sekretariat Himatika UGM di kampus FMIPA Utara di masa lalu
Letak basecamp berdekatan dengan ruang kuliah prefiks C.
Sering ada yang nongkrong di basecamp sembari nunggu kuliah di ruang C.
Dipotret pada September 2005.

 

HIDUP Himatika UGM! #mendadak.berasa.muda

 

Basecamp berwujud ruangan yang mirip kamar kamar kos-kosan mahasiswa Jogja pada umumnya. Luasnya mungkin hanya sekitar 3.5 x 3.5 meter dengan lantai yang beralaskan karpet. Selain lemari yang penuh dengan kertas, buku, dan trofi, di dalam basecamp juga terdapat satu perangkat komputer tua yang dihibahkan fakultas.

 

Basecamp terbuka bagi setiap mahasiswa matematika UGM. Nggak peduli apakah dia pengurus Himatika UGM ataukah hanya penggembira (bukan figuran lho ya! ). Basecamp adalah tempat kami bercengkrama, lintas angkatan, lintas gender, lintas agama, dan lintas-lintas lainnya.

 

Aktivitas mahasiswa di dalam ruang sekretariat Himatika UGM di kampus FMIPA Utara zaman dulu
Aktivitas yang umum dijumpai di dalam basecamp selain rapat dan mengerjakan tugas.
Dipotret pada Oktober 2005.

 

Di basecamp inilah aku menikmati masa-masa kuliah yang menyenangkan. Selain hobi nongkrong di basecamp, aku lambat laun mulai punya hobi baru, yaitu memotret teman-teman kuliah.

 

Awalnya ya masih pakai kamera saku. Barulah di tahun 2007 aku beralih pakai DSLR. Dari yang semula hanya senang memotret teman-teman kuliah, aku pun jadi senang memotret lingkungan kampus. Alhamdulillah, sampai sekarang hasil foto ber-giga-gigabytes semasa aku kuliah itu masih ter-backup aman.

 

Boleh dibilang kalau pas sekolah dulu aku benar-benar merasa kalau aku benci sekolah. Tapi, pas kuliah ini aku merasa kalau aku betul-betul suka kuliah. Benar-benar merasa kalau 9 semester itu terasa begitu singkat. Sesingkat kejapan mata. #mendadak.mellow

 

Kisah Kampus Selepas Lulus

Beberapa tahun setelah aku lulus. Kalau nggak salah sekitar tahun 2010 atau 2011. Aku mendapati kabar bahwa gedung di MU tempat basecamp berada hendak dirobohkan untuk dibangun gedung baru. Di beberapa sudut bangunan terlihat tulisan “bangunan ini dilelang”.

 

Suasana Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2005
Suasana kampus utara (MU) FMIPA UGM di masa lampau. Dipotret pada September 2005.
Basecamp dan ruang kuliah prefiks C menempati bangunan di kiri atas.
Bangunan dua lantai di sisi kiri itu adalah gedung SIC (Student Internet Center), semacam warnet-nya mahasiswa.

 

Basecamp sendiri kemudian dipindah lokasi ke MILAN. Dekat parkiran dalam sepeda motor. Sepertinya, luas basecamp “darurat” ini lebih kecil dari basecamp sewaktu masih di MU dulu. Tapi ya masih mending lah Himatika UGM tetap diberi basecamp pengganti.

 

Pemandangan Kampus FMIPA Selatan UGM di tahun 2007
Suasana kampus selatan (MILAN) FMIPA UGM di masa lampau. Dipotret pada September 2007.
Lokasi kampus MILAN ini dekat sama swalayan Mirota Kampus. Tapi aku lebih sering belanja di swalayan koperasi mahasiswa UGM. Padahal ya nggak punya kartu anggota, hahaha.

 

Menurutku, pindahnya basecamp ke MILAN ini juga ada sisi positifnya. Oleh karena sebagian besar kegiatan perkuliahan program studi matematika terfokus di MILAN, alhasil kepindahan basecamp ini sangat memudahkan teman-teman mahasiswa untuk meramaikan basecamp. Dekat dengan kantin juga. Makin klop lah.

 

Aku sendiri semenjak lulus kuliah berangsur-angsur jadi makin jarang mampir kampus. Terlebih setelah basecamp pindah ke MILAN. Rasanya malas kalau harus masuk MILAN. Bayangannya serasa mau kuliah lagi, hahaha.

 

Lahan Kosong bekas Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2013
Bangunan tempat basecamp tinggal kenangan. Dipotret pada Juni 2013.

 

Kemudian, rencana penggusuran pun akhirnya benar-benar terjadi. Bangunan yang menjadi basecamp sekaligus ruang kuliah berprefiks C rata dengan tanah. Hilang sudah bangunan yang menjadi sarang kenangan semasa aku masih mahasiswa dulu.

 

Pikirku, setelah bangunannya dirobohkan akan segera dibangun gedung yang menjadi penggantinya. Tapi, sampai pertengahan 2013, gedung yang baru belum juga dibangun. Bekas bangunan lama kini berwujud tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan liar diselingi pohon pepaya.

 

Jikalau mahasiswa matematika angkatan 2013 ke atas nggak hobi mengulik arsip foto-foto lama seputar kampus MU, bisa jadi mereka nggak akan pernah tahu bahwa di sana dulu pernah berdiri bangunan yang menaungi basecamp.

 

Gedung baru perkuliahan mahasiswa S2 di Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Gedung baru yang fungsi utamanya untuk perkuliahan jenjang S2.

 

Kantin mahasiswa di kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2007 sebelum diresmikan
Dahulu kala lokasi gedung S2 ini adalah kantin MU. Tempat makan murah ala mahasiswa.
Nasi pecel yang dijual di sini enak! Kalau nggak salah seporsinya masih Rp6.000.
Dipotret pada Februari 2007, beberapa hari sebelum diresmikan.

 

Sebetulnya, Fakultas MIPA punya rencana membangun 2 gedung perkuliahan baru di kampus MU. Mungkin karena keterbatasan anggaran, makanya difokuskan untuk membangun satu gedung terlebih dahulu. Eh, apa mungkin juga karena belum ada kontraktor yang berminat ya?

 

Gedung perkuliahan baru yang pertama kali dibangun di kampus MU ini berdiri di lahan bekas kantin MIPA dan gedung kuliah berprefiks G. Kalau nggak salah, sekitar tahun 2014 gedung baru ini sudah berdiri dan difungsikan sebagai gedung perkuliahan.

 

Sementara itu, gedung yang rencananya dibangun di lahan bekas basecamp, masih juga belum dibangun. Entah kapan bakal terlaksana....

 

Menyusup ke Gedung Baru Kampus Utara FMIPA UGM

Waktu pun terus bergulir. Hingga akhirnya tibalah pada bulan April 2016. Tepatnya, pada hari Minggu tanggal 17 April 2016.

 

Pada siang hari itu, aku sedang dalam perjalanan pulang dari Sarang Penyamun. Rutenya menyusuri Selokan Mataram ke arah barat. Niatnya sih waktu itu lewat depan RS Dr. Sardjito.

 

Saat mendekati bundaran pascasarjana, aku terpana oleh pesatnya pembangunan di Fakultas Biologi. Terutama karena jalan setapak yang dulu sering aku lalui saat baru tiba atau hendak naik ke bus jalur 2 dan 4 kini lenyap ditelan pembangunan gedung baru. Hilang lagi satu tempat kenangan semasa kuliah dahulu.

 

Jalan belakang di Fakultas Biologi UGM tempat naik dan turun bus di tahun 2006
Dulu, kalau naik bus dari dekat rumah dan turun di kampus MU ya di sini tempatnya.
Nyegat bus buat pulang ke rumah ya juga dari sini ini.
Dipotret pada November 2006.

 

Jalan belakang di Fakultas Biologi UGM tempat naik dan turun bus di tahun 2016
April 2016 ini jalan ini ditutup karena ada pembangunan gedung Fakultas Biologi.

 

Saat itulah mendadak terbesit pikiran, “Gimana ya kabar kampus MU sekarang?”

 

Alhasil, aku arahkan sepeda masuk ke kampus MU. Lewat jalan belakang yang dekat jalan masuk ke Fakultas Teknik.

 

Kalau diingat-ingat, semenjak tahun 2014, aku belum pernah lagi mampir ke kampus MU. Padahal, melintasi jalan raya depan kampusnya sih hampir setiap hari.

 

Dulu-dulu, aku ya kalau mampir ke kampus MU ya pas hari libur. Supaya nggak kepergok sama bapak dan ibu dosen, hihihi . Nanti mereka heran lagi. Kok, mantan mahasiswa mereka yang satu ini sampai sekarang masih melajang keluyuran di kampus dan juga masih “gitu-gitu” saja? Gyahahaha.

 

Gedung Administrasi dan Dosen di Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2007
Pokoknya kalau lewat depan gedung ini mesti diam-diam supaya aksiku nggak terendus sama bapak dan ibu dosen.
Dipotret pada Juli 2007.

 

Memasuki kawasan kampus MU, aku perhatikan bangunan-bangunan yang ada terlihat masih sama seperti saat aku terakhir berkunjung kemari. Gedung Jurusan Fisika masih sama. Gedung administrasi akademik masih sama. Gedung Jurusan Kimia masih sama. Gedung dosen Jurusan Matematika masih sama. Gedung SIC (Student Internet Center) masih ada (meskipun hari Minggu tutup ).

 

Suasana salat Jumat di Masjid Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2005
Masjid MU yang masih belum banyak berubah.

 

Masjid Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016 yang belum berubah
Padahal di zaman dulu saja pas salat Jum'at penuh banget! Sekarang mungkin lebih penuh lagi ya?
Dipotret pada Oktober 2005.

 

Yang bikin aku pangling ya gedung baru di bekas basecamp yang berdiri megah seperti foto di bawah ini.

 

Gedung kuliah baru di kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Bekas basecamp kok jadi gedung keren kayak gini? #pangling

 

Weh! Kapan dibangunnya ini? Kok cepat sekali jadinya?

 

Gaya arsitektur khas gedung-gedung kampus UGM di tahun 2016
Bentuk arsitekturnya mirip seperti gedung-gedung kuliah yang ada di sekitar gedung rektorat.

 

Tampak samping gedung kuliah baru di Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Penempatan panel kaca mungkin untuk memperkuat insentitas sinar matahari yang menerangi gedung.
Tapi ya tauk deh. Aku kan anak matematika, bukan anak teknik.

 

Setelah memastikan kondisi sekitar aman dari pengawasan bapak-bapak SKK (Satuan Keamanan Kampus), aku mulai blusukan di gedung baru. Semoga saja nggak ada yang memergoki aksiku ini. Seandainya aku mengaku sebagai alumni apa ada yang percaya ya?

 

Lorong penghubung ruang kuliah di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Lorong ruang kuliah ini entah kenapa bikin aku teringat sama lorong rumah sakit.
Penamaan ruang kuliah di gedung baru ini (kalau nggak salah) mengacu pada format SX-0Y.
Dengan X = lantai dan Y = nomor urut. Contohnya, S1-01, S1-02, S1-03, dst.
Sepertinya ini mereplika penamaan ruang kuliah di kampus MILAN.

 

Dinding ventilasi tempat selfie di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Aku suka dengan desain ventilasi gedung baru ini. Pencahayaan alaminya melimpah dan tidak sumuk.
Eh, kalau dipikir-pikir kok ya Instagramable juga ya? Sayang, aku kurang suka selfie.

 

Gedung baru ini terdiri dari 5 lantai dengan gaya arsitektur yang sama dengan gedung-gedung baru di lingkup kampus UGM. Sebagai penghubung antar lantai disediakan tangga dan juga lift. Sayang akses masuk ke lobi tempat lift berada saat itu ditutup.

 

Suasana lobi gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Sayang tutupan. Padahal pingin mainan lift-nya. #eh

 

Sisi luar lobi gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Ada dua pilar besar ini kesannya kok jadi mirip area lobi hotel ya?

 

Akses jalan privat ke lobi gedung kuliah baru di Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Akses jalan ke lobi yang hanya muat untuk satu kendaraan roda empat.

 

Suasana parkir sepeda motor mahasiswa dan karyawan di kampus utara FMIPA UGM di zaman dulu
Di zaman dulu, akses jalan ini adalah parkiran motor mahasiswa yang selalu penuh saat musim ujian dan KRS.
Dipotret pada September 2007.

 

Sewaktu itu aku hanya sempat menjelajah lantai basement, lantai satu, dan lantai dua. Selain karena khawatir nanti sepedaku raib digondol maling (waktu itu lupa nggak bawa rantai sepeda ), sebagai orang matematika aku menganut paham “induksi matematika” yang menyatakan bahwa,

 

Jika kondisi di lantai satu seperti itu dan diasumsikan kondisi lantai ke-n juga seperti itu, maka aku percaya dengan bukti bahwa kondisi di lantai ke-n+1, n+2, dst juga sama seperti itu.

 

Jelas, yang di atas itu adalah versi ngawur dari konsep induksi matematika yang dulu mati-matian aku pelajari di mata kuliah wajib bernama PLMH (Pengantar Logika Matematika dan Himpunan) yang diampu Pak Budi Surodjo a.k.a Pak Burdjo.

 

Pertama kali ngambil dapat D. Pas diulang baru dapat A. Dendam terbalaskan! Hahaha.

 

Suasana di dalam ruang kuliah modern di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Ruang kuliah modern yang dari pengamatanku memuat 80 kursi.

 

Suasana ruang kuliah lawas di Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2006
Ruang kuliah prefiks C di zaman dulu yang masih menggunakan kursi-kursi lawas.
Oh iya, selain jadi tempat kuliah, mahasiswa juga bisa meminjam ruang ini untuk menggelar acara.
Dipotret pada Oktober 2006.

 

Secara keseluruhan aku terkesima dengan gedung baru di Fakultas MIPA ini. Semoga dengan ini teman-teman mahasiswa dan bapak-ibu dosen lebih nyaman dalam kegiatan belajar-mengajar. Semoga juga basecamp Himatika UGM dipindah ke sini.

 

Eh, apa kelak semua perkuliahan prodi matematika yang diselenggarakan di kampus MILAN bakal dipindah ke gedung baru ini ya? Dari dulu sudah beredar kabar bahwa kampus MILAN mau diambil alih pengelolaannya oleh Jurusan Ilmu Komputer.

 

Meskipun aku rasa, gedung ini belum digunakan dalam waktu dekat karena masih dalam tahapan finishing. Mungkin ya baru dioperasikan penuh di tahun ajaran baru Agustus 2016 nanti.

 

Akses jalan kendaraan roda dua ke parkiran basement di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Hooo? Ada akses jalan ke basement!
Dilihat dari bentuknya yang sempit dan menikung sepertinya hanya cocok untuk dilalui kendaraan roda dua.

 

Suasana dan daya tampung parkiran basement di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Area parkir basement yang menurutku bisa menampung 100 - 200 kendaraan roda dua.
Padahal, beberapa tahun silam UGM pernah mencanangkan gerakan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor.

 

Di dekat gedung baru ini aku lihat ada tanah lapang yang dahulu bekas ruang kuliah prefiks B dan juga bangunan administrasi program studi Elektronika dan Instrumentasi (Elins). Kalau dari bau-baunya, di lokasi ini juga bakal dibangun gedung baru, mengingat daya tampung mahasiswa UGM  selalu bertambah dari tahun ke tahun.

 

Lahan kosong yang akan dibangun di dekat di gedung baru Kampus FMIPA Utara UGM di tahun 2016
Sepertinya kalau ada dana bakal dibangun gedung lagi. Mungkin pengganti gedung kuliah prefiks B?
Atau bisa jadi gedung kuliah prodi Elins? Let's see....

 

Ya begitulah. Mari kita lihat seperti apa kampus MU 2-3 tahun ke depan. Apakah bakal ada gedung baru yang muncul? Ataukah ada gedung lama yang dirobohkan?

 

Bagiku yang selepas lulus kuliah masih bermukim di Jogja (plus hobinya motret-motret), aku merasa adalah salah satu tugasku untuk menjadi saksi mata pesatnya perkembangan kampus dan menyajikannya pada siapa pun yang pernah terlibat dengan aktivitas kampus.

 

Yang punya blog semasa masih jadi mahasiswa sepuluh tahun yang lampau
Yang punya blog semasa masih aktif terdaftar dengan NIM PA/10252 di tahun 2006.
Aaaak! Sudah sepuluh tahun aja!!!?

 

Pembaca yang dulu kuliah, kapan terakhir kali berkunjung ke kampus?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NBSUSANTO
    avatar 9619
    NBSUSANTO #Kamis, 28 Apr 2016, 11:42 WIB
    wah apik mas kampuse! sekarang memang ugm berubah jadi bangunan modern ya.
    denger-denger jurusanku yo meh dibangun, isunya dari dulu menggusur ruang KM-BSO
    untuk ditingkat dan dipindah di lantai atas, lha kok sampe aku lulus belum ada realisasi.
    eh terakhir denger baru beberapa hari lalu malah ada ruang seminar yang kebakaran.

    btw, itu komputer jadul pentium berapa mas? harddisk dan ram berapa? jadi inget dulu
    taun segitu melihara pentium 4 hdd 20GB dan ram 128 MB, jauh di bawah android jaman
    sekarang.. :D
  • INSANWISATA
    avatar 9621
    INSANWISATA #Kamis, 28 Apr 2016, 13:49 WIB
    Tetangga kampuuuus hihihi..
    Terakhir main ke MIPA pertengahan tahun lalu, nemuin dosen pembimbing lapangan KKN :D
  • KURMA LULU
    avatar 9622
    KURMA LULU #Kamis, 28 Apr 2016, 20:28 WIB
    aku rung tau merono mas, tapi masih ada cita-cita kesana. doaen mas
  • EKA SANTOSO
    avatar 9627
    EKA SANTOSO #Jum'at, 29 Apr 2016, 21:41 WIB
    Always love to read your article maw. Japri nomor
    kontak ya.
  • BUDI ANDUK
    avatar 9628
    BUDI ANDUK #Jum'at, 29 Apr 2016, 21:48 WIB
    Eh kamfreeettt.. Lu angkatan 2004, jangan
    dimuda2in jd 2006. Diatas ane SAKSInya.. Pak
    BOS Eka Santoso (yg menghamili temen kita
    stephanie-fitrah.red)
  • EMMA
    avatar 9629
    EMMA #Jum'at, 29 Apr 2016, 22:18 WIB
    Ruang hima yang pernah kebanjiran :p
    Tapi kuwi kantinne Mu emang nyenengin,
    mahasiswa sama dosen bisa duduk bareng,
    seumur2 yo gur kuwi kantin paling nyaman semilir
    angin, plus hargane, sayange gur bertahan berapa
    tahun :(
  • INDOBOTOL
    avatar 9634
    INDOBOTOL #Sabtu, 30 Apr 2016, 15:04 WIB
    jangankan yang udh lama, saya baru lulus aja udh ada bangunan baru di kampus hehe
  • ELISA
    avatar 9640
    ELISA #Minggu, 1 Mei 2016, 16:58 WIB
    Wah tetanggaku nih...mmg rumah kedua alias
    kampus jd manglingi skrg...sy dl jg sering naik turun
    bus disitu...sering makan di kantin mipa yg td sblm
    pindah ke belakang...jd kangen jogja
  • INDRA
    avatar 9642
    INDRA #Senin, 2 Mei 2016, 14:22 WIB
    mas nya ternyata lulusan matematika to? kirain computer science, hahaha
  • ANNOSMILE
    avatar 9643
    ANNOSMILE #Senin, 2 Mei 2016, 18:10 WIB
    bila ngomongi kampus mipa ketinget sama kantin dan numpang praktikum kimia xixixi...
    saat ini sering lewat Mipa sih..lewat di jalan kaliurangnya aja :p
  • ARDIAN KUSUMA
    avatar 9645
    ARDIAN KUSUMA #Selasa, 3 Mei 2016, 06:10 WIB
    Wah kemaren ditemukan mayat malahan neng FMIPA
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 9646
    SAMSUL ARIFIN #Selasa, 3 Mei 2016, 07:35 WIB
    Di mata ada kotoran mata. Di gigi kuning banyak
    kumannya.

    Bajigur, baca tulisan ini berasa baru keluar dari gua!
    Baru tahu kalau basecamp udah jadi gedung mirip
    hotel! Baru tahu kalau pakai konsep basement juga
    gedungnya! Baru tahu kalau si penulis masih aktif
    ngeblog dan melajang! eh
  • RUDI
    avatar 9648
    RUDI #Selasa, 3 Mei 2016, 12:33 WIB
    weh..ada foto saya sama mas Samer jaman kapan itu hehe
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 9651
    BERSAPEDAHAN #Rabu, 4 Mei 2016, 11:45 WIB
    wah kampus ini sekarang jadi tambah populer ya ... ada kasus yang di toilet.
    Kampusnya megah dan besar jadi mungkin tidak terdengar ya ..
    btw mas mawi ini mantan aktifis kampus toh ... jadi inget masa2 kuliah ... saya sih
    kebanyakan tidur kayaknya ... maklum lagi mengejar mimpi :D
  • DWI SUSANTI
    avatar 9666
    DWI SUSANTI #Senin, 9 Mei 2016, 18:58 WIB
    mas mawi pinter menjaga dokumentasi banget, wuih poto sejak 2005 saja masih? punyaku
    entah kemana...
    sayangnya dulu nggak kepikiran poto poto begitu ya di kampus? haha telatt
  • JNC
    avatar 9678
    JNC #Rabu, 11 Mei 2016, 16:55 WIB
    Weh mas! Makasih udah nampilin foto sekre hima
    yang lama. Sekre hima yang skrg di Milan, kecil,
    bangeeet. Rencana mau pindah di gedung yg mirip
    hotel itu, tapi di basement hehe
  • BETRI WENDRA
    avatar 9682
    BETRI WENDRA #Kamis, 12 Mei 2016, 17:55 WIB
    Keren bro,,,, jadi kangen kampus....
  • RUSLIM A GANI
    avatar 9684
    RUSLIM A GANI #Jum'at, 13 Mei 2016, 16:18 WIB
    Dan bangunan yang barupun telah diresmikan rabu, 11 mei 2016 kemaarin.
  • ANDY 02 CHEMISTRY
    avatar 9688
    ANDY 02 CHEMISTRY #Sabtu, 14 Mei 2016, 13:39 WIB
    Ya ampuun...10 tahun yg lalu gak ksna..eh udah
    brrubah banget ya kampus ku...
    Semoga tetep jaya deh FMIPA UGM

    Captain
    Juara Chemistry CUP 2006
  • BRIAN
    avatar 9689
    BRIAN #Sabtu, 14 Mei 2016, 19:28 WIB
    Hai bro.. i know you.. ane statistik 2004. Just want to
    say thanks to the pict in your blog.. Pls keep update
    it ya bro..
  • NIEKO PATERA A
    avatar 9690
    NIEKO PATERA A #Sabtu, 14 Mei 2016, 19:44 WIB
    Mantabz Broo.... 😊
    Btw spot angker nya ga ada nih?
    Or spot spot pacaran gitu?!!.. Wkwkwk....

    Kampus jadi bagus, semoga warganya orang bisa
    "njaga"... Semoga pemikiran dan prestasinya juga
    makin sip..

    Lanjutkan Om...

    Salam,
    Nieko Patera - Stat04
  • PEKIK NURWANTORO
    avatar 9692
    PEKIK NURWANTORO #Sabtu, 14 Mei 2016, 21:07 WIB
    Dokumentasi serta alur ceritanya luar biasa, runut dan komplit. Salam dan terimakasih
  • DYAH PUSPITASARI
    avatar 9695
    DYAH PUSPITASARI #Minggu, 15 Mei 2016, 08:49 WIB
    Kangen kantin mipa MU,, yg ramai pas jam mkan siang,,,
    n sic tempat nongkrong sambil nunggu jam masuk
    kuliah,,, laboratoriun mipa pindah kmn yaaa,,, apa dibikin
    ruang special,,, saya anak kimia 07...
  • APHIP_UHUY
    avatar 9699
    APHIP_UHUY #Senin, 16 Mei 2016, 13:58 WIB
    ha wis berubah akeh, jinguk.. mugo2 tetep rame.. tetep iso dolan kampus tekan bengi :v
  • WORO UTAMI
    avatar 10682
    WORO UTAMI #Sabtu, 4 Mar 2017, 15:27 WIB
    Wah ternyta dulu begitu ya wajah mipa..