Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 14 Oktober 2015, 08:05 WIB

Jalan kemarau seorang (Pakdhe) Timin bermula ketika seporsi soto belum sepenuhnya turun ke dasar perut namun tawaran “Habis ini masih kuat nanjak sedikit Dhe?” mendapat jawaban singkat Manut.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Hari Minggu (7/9/2015) yang bertepatan dengan pertengahan musim kemarau di Yogyakarta adalah masa ketika semilir angin pelan-pelan mulai tergusur oleh sengatan matahari. Tak ada lagi penyemangat di tengah suasana alam yang didominasi cokelat kering-kerontang.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Sunyi. Tak ada desir yang menyibak daun kering. Apalagi suara garimpung yang beberapa bulan yang lalu masih mencairkan penderitaan di tengah jalan yang konturnya menanjak.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Nuntun wae lah. Mesakne pit-e ora kuat nanjak.”

“Perutku nggak enak.”

 

Preeet... preet... tut... dhot... #suarakentut

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Ketika seorang Pakdhe Timin terkentut-kentut di belakangku adalah saat ketika DSLR terpaksa dimain-mainkan untuk sekadar membuang waktu dan mengabadikan suasana kemarau di Yogyakarta yang agaknya fotogenik.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Sampai kapan semua ini berlangsung? Ya sampai musim hujan datang dong! Yang dengar-dengar baru mulai nanti di awal tahun baru 2016.

 

Iya. Masih lama.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Sembari menanti saat itu datang, sunyi adalah kawan terbaik menemani hidup. Tatkala rintangan datang silih-berganti. Tatkala kesabaran manusia tengah diuji. Sunyi adalah pilihan terbaik sembari tetap diiringi kerja keras. Sekeras usaha untuk menggali sumur sedalam 20 meter lebih di wilayah perbukitan yang didominasi batuan gamping.

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Perjalanan ini pun berlanjut sunyi. Terlebih, karena tak ada kejutan yang biasa dihadirkan oleh Mbah Gundul.

 

“Tobat Mbah! Tanjakann e ora entek-entek!”

“Sik Mbah! Leren sik Mbah!”

“Duh Mbah! Penak e turu, ngadem ng omah!”
 

“Nanjak! Ora sambat terus! Urip kok sambat?”

 

Jalan bencana kemarau kering seorang Pakdhe Timin di Prambanan, Yogyakarta

 

Di suatu kemarau, di daerah perbukitan, di wilayah Prambanan, di Yogyakarta.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • BAGUS GOWES
    avatar 8442
    BAGUS GOWES #Rabu, 14 Okt 2015, 12:43 WIB
    Wiih.. Pakdhe Timin masih gowes juga? Kirain udah lupa. :p
    Kalau dipaksa akhirnya dirinya bisa gowes juga. :D
  • TURTLIX
    avatar 8446
    TURTLIX #Kamis, 15 Okt 2015, 13:14 WIB
    Sukak sama sepedah nya Pakdhe... Kontras! Iya kan Pakdhe hehehe...
    Penggantinya telethong dan lencung.
  • ELISA
    avatar 8447
    ELISA #Kamis, 15 Okt 2015, 19:34 WIB
    Sejak awal baca artikel ini, sepeda Pakdhe memang menyita perhatian...:D
    Kontras sekali....
  • PAKDHETIMIN
    avatar 8448
    PAKDHETIMIN #Jum'at, 16 Okt 2015, 01:23 WIB
    Untung wajahku tidak keliatan....incognito! :D
    Apa ya malu toh kalau kelihatan? :p
  • ANNOSMILE
    avatar 8450
    ANNOSMILE #Jum'at, 16 Okt 2015, 07:57 WIB
    Spot Riyadi ternyata...lama ga ke sana... keliatan kering pake banget
    Musim kemarau...
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 8452
    BERBAGIFUN.COM #Jum'at, 16 Okt 2015, 08:52 WIB
    Lha kok mesti seko mburi leh mu foto, ora ketok rupane ngos-ngosan... heuheuheu
    Hahaha, yang penting mengabadikan ngos-ngosannya orang lain. :D
  • ANGKI
    avatar 8453
    ANGKI #Jum'at, 16 Okt 2015, 09:04 WIB
    Wah kemarau emang panjang ya Mas...moga segera hujan Mas...biar bisa nge-curug again.....
    Aaaaamiiin....
  • YUDHIS
    avatar 8457
    YUDHIS #Sabtu, 17 Okt 2015, 06:26 WIB
    Pakdhe rampage mode
    Sangar tenan pokok e Pakdhe! :D
  • AKHMAD MUHAIMIN AZZET
    avatar 8458
    AKHMAD MUHAIMIN AZZET #Sabtu, 17 Okt 2015, 12:08 WIB
    Ooo... niki ten daerah Prambanan nggih? Asyik olahraga sepedaan ten mriku :)
    Iya ini di lereng perbukitan seputaran Prambanan. :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8472
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 20 Okt 2015, 08:01 WIB
    Panas-panas .. gowes-gowes nanjak ... apalagi pakai sepeda (yang kayaknya) 7 speed.
    Makanya mesti dibantu pakai energi angin belakang .. supaya ada dorongan ke atas .. :)
    Hahaha, sayang energi angin belakangnya berefek bau busuk :D
  • ANDI NUGROHO
    avatar 8492
    ANDI NUGROHO #Kamis, 22 Okt 2015, 10:19 WIB
    Gowes terus walaupun panas and kemarau ya? Hihihihi.
    Tetap semangat mesti harus panas-panasan, hahaha. :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 8494
    FANNY FRISTHIKA NILA #Kamis, 22 Okt 2015, 10:24 WIB
    Mas e, kamu bener-bener terlatih ya staminanya :p..
    Sumpah liat foto-fotonya aja aku lemes duluan udah bayangin panasnya matahari Jogja :D
    Mungkin karena sudah sering nyepeda jadinya terbiasa mbak, hehehe.
  • FAHMI(CATPERKU.COM)
    avatar 8496
    FAHMI(CATPERKU.COM) #Kamis, 22 Okt 2015, 13:19 WIB
    Jalurnya keliatan asik ya? Tapi puanaaasnya itu loh -,-
    Hahahaha, iya memang panas banget.
  • AKARUI CHA
    avatar 8530
    AKARUI CHA #Selasa, 27 Okt 2015, 19:12 WIB
    Photogenic banget! Langitnya biru muda. Di sekitarnya didominasi warna kering. Tapi nggak kebayang panasnya. Ebetewe Pakdhe mau ke mana, nanjak terus ga sampe-sampe?
    Ke tempat rahasia, hahaha. :D
  • RIZQI
    avatar 8575
    RIZQI #Selasa, 3 Nov 2015, 00:19 WIB
    Wah, puanase pol nemen itu Mas! Hahaha.
    Hahaha, betul! :D
  • ARDIAN KUSUMA
    avatar 8594
    ARDIAN KUSUMA #Kamis, 5 Nov 2015, 13:07 WIB
    Wah...... panissss....
    Jelas hot! Kalau sekarang sih udah adem, hehehe :p