Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 13 September 2015, 07:49 WIB

Dari sejumlah tempat favoritku bersantap nasi merah, baru Lesehan Pari Gogo, Semanu, Gunungkidul ini yang menurutku kelezatannya top of the best!

 

Buat Pembaca yang ragu-ragu nyasar atau mungkin mau pesen dulu untuk sekian porsi, bisa menghubungi nomor handphone 0817 944 3081. Tapi, andaikata nyasar ya kebangetan banget! Lha wong letak rumah makan Lesehan Pari Gogo ini persis di pinggir aspal jalan raya Wonosari – Semanu kok. Yang sering main ke Pantai Sadeng atau wira-wiri Jogja – Pracimantoro pasti tahu. Lha mesti lewat.

 

Tampak luar rumah makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu, Gunungkidul dekat Jembatan Kali Jirak
Pelan-pelan! Nanti bangunan ini kelewatan dari pandangan.

 

Dari Kota Jogja ke sini itu jaraknya sekitar 40-an km dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Tenang saja, asal nggak musim liburan dan nggak ada truk mogok di tanjakan Pathuk, arus lalu lintas ke mari ini dijamin lancar jaya.

 

Sekadar info, letak rumah makan ini dempetan sama Jembatan Kali Jirak yang punya mitos mistis terkait pasangan yang baru nikah! Eh, ada apa memangnya sama pasangan yang baru nikah? Buat Pembaca yang penasaran, langsung aja deh ya baca-baca blog-nya Bro Herry. Ini sekarang kan kita lagi ngobrolin makanan, bukan dhemit, hahaha .

 

Nasi Merah dan Pari Gogo...

Nasi merah asalnya dari beras merah. Sama seperti nasi putih yang asalnya dari beras putih, hahaha . Padinya ya sama-sama bernama latin Oryza sativa. Ya sama seperti manusia kan Homo sapiens. Tapi antara orang Indonesia dengan orang Eropa kan cetakannya lain, ya beras merah sama beras putih ya kayak gitu itu lah ibaratnya.

 

Katanya internet sih nasi merah bagus untuk kesehatan karena mengandung zat antosianin yang punya sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Walaupun ini makanan sehat, tapi kok nggak begitu populer ya? Yah, sebenarnya mungkin karena hukum permintaan-penawaran aja sih. Nasi merah kan cenderung keras (pera), berserat, serta aroma dan rasanya nggak seharum nasi putih. Jadi, orang nggak banyak suka. Jadinya, ya langka deh. Karena itu harganya mahal deh. Gitu lho.

 

Oh iya, tahu arti nama Rumah Makan Pari Gogo? Pari itu bahasa Jawanya padi. Sedangkan Gogo itu teknik bertanam padi tanpa digenangi air. Eh, sudah pada tahu toh kalau padi di sawah itu tumbuhnya mesti digenangi air dan bisa dipanen di umur 90-an hari?

 

Rumah Makan Pari Gogo buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai nasi merahnya habis. Kalau mau aman, silakan berkunjung pagi hari pas hari kerja. Kalau siang di hari libur ya... tahu sendiri lah gimana situasinya, hehehe .

 

Suasana di dalam rumah makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Kalau mau pesan-pesan atau bayar-bayar di sini tempatnya.

 

Aneka macam jajanan daerah yang dijual di rumah makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Kalau mau milih-milih camilan di sini letaknya.

 

Buat pengunjung yang baru pertama kali mampir ke mari nggak perlu bingung seandainya di meja hanya tersedia daftar minuman. Bilang saja ke mbak-mbak yang jaga, “mbak, makan buat {sekian} orang”. Nanti ya si mbaknya bakal menata meja atau lesehan sedemikian rupa seperti foto di bawah ini. Menggiurkan toh?

 

Ragam menu makanan beserta harganya yang disajikan di Rumah Makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Kebetulan aku berbaik hati menjabarkan nama-namanya untuk Pembaca sekalian.

 

Es Jeruk nikmat dan segar andalan Rumah Makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Minumnya es jeruk. Sueger dab!

 

Nah, buat yang doyan sambal, silakan pesan sambal bawang yang pedasnya joss tenan! Eh, tapi jangan sampai terlena sama pedesnya lho ya! Bisa-bisa porsi santapan-santapan di bawah ini beranak-pinak tanpa disadari, hahaha . Tahu-tahu dompet jebol deh. (Di sini ATM jauh lho! )

 

Nasi Merah per porsi Rp5.000
Daging Empal per piring Rp40.000
Babat + Iso (Usus) per piring Rp25.000
Sayur per porsi Bebas Merdeka!
Trancam per piring Rp3.000
Wader per piring Rp15.000
Belalang Goreng per bungkus Rp20.000
Sambal per cobek Rp5.000
Nasi Rames per porsi Rp18.000
Soda Gembira per gelas Rp8.000
Es Teh dan Es Jeruk per gelas Rp3.000

 

Triknya kalau mau makan ngirit di sini gampang. Bilang saja ke mbak-mbaknya, “mbak, nasi merah rames, lauknya {ini} {itu}”. Gampang toh? Hehehe. Kalau makan nasi merah pakai sayur thok ya murah. Apalagi kalau cuma makan nasi merah sama garam, ya lebih murah lagi! Tapi ya... rekoso tenan uripmu cah...

 

Harga sepiring Nasi Merah beserta lauk empal daging yang empuk dan gurih di Rumah Makan Lesehan Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Tips bersantap di sini cuma satu: JANGAN KALAP! Hahaha.

 

Seperti yang aku sebut di judul artikel ini. Makan di Pari Gogo ini memang ndemenakke. Itu bahasa Jawa yang kalau diartikan kira-kira artinya menyenangkan, hohoho.

 

Entah karena nasi merahnya yang rasanya lain dari yang lain.
Entah karena sambelnya yang nendang.
Entah karena sayur daun singkongnya yang segar.
Entah karena wadernya yang kriuk-kriuk.
Entah karena daging empalnya yang empuk dan gurih.


Entah karena yang nulis ini memang lagi kelaparan, hahaha .

 

Jangan salah lho! Rasa yang ndeso-licious ini bahkan sampai bikin orang-orang dari ibu kota ketagihan bersantap di sini. Eh, tapi dengan ini, apa ya mereka itu berkenan pindah ke Jogja ya? Ke Gunungkidul lagi. Ke Semanu pula. Ya nggak pelosok-pelosok banget sih. Internet ya ada walau di beberapa tempat sinyalnya cuma sebatas EDGE dan perputaran uang di sini nggak sederas di kota besar...

 

Suasana bersantap di meja makan ala Rumah Makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul
Bersantap di meja oke.

 

Bersantap nasi merah dengan lesehan ala kampung di Rumah Makan Nasi Merah Pari Gogo di Semanu Gunungkidul dekat jembatan Kali Jirak
Lesehan pun juga oke.

 

Haisy! Ya sudah lah! Yang penasaran sama nasi merahnya silakan datang ke Warung Pari Gogo dan rasakan nikmatnya jadi penduduk Gunungkidul! Siapa bilang makanan Gunungkidul cuma gaplek sama belalang doang.

 

Nasi Merah Pari Gogo Semanu Gunungkidul
Ada yang kurang lauk? Atau mungkin mau dibawa pulang buat oleh-oleh?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • HARTONO
    avatar 8243
    HARTONO #Senin, 14 Sep 2015, 10:14 WIB
    waduh jadi teringat waktu lebaran Juli 2015 kemarin sy dan keluarga mampir ke RM ini sebelum menghadiri acara trah di desa Koripan Kel. Sumber Giri Kec. Ponjong, GK. RM langganan dalam arti kalau pas ke Ponjong selalu menyempatkan diri mampir ke Rumah Makan. Daging ayam goreng juga enak empuk dan oseng tempe top.
    Kapan-kapan pas ada acara trah sambil makan2 di sini Pak :D
  • ALIFSA W KADARSIH
    avatar 8245
    ALIFSA W KADARSIH #Senin, 14 Sep 2015, 15:04 WIB
    Duuh jadi krucuk2 nih mas ngebacanya.. apalagi lihat gambar nasi merah bertabur wader yg
    kriuk2 itu...
    Hehehe, kalian klo main ke Gunung Kidul cobain mampir sini :D
  • IBNU CHO
    avatar 8251
    IBNU CHO #Senin, 14 Sep 2015, 22:35 WIB
    Haduh nyam nyam, , , pokoknya kalo postingannya soal makanan bawaanya lapar.heee.
    Moga ntar pas ke jogja bisa singgah. . .
    Semoga suatu saat sempat mampir sini yah :D
  • ANGKI
    avatar 8252
    ANGKI #Selasa, 15 Sep 2015, 05:45 WIB
    sungguh tak kuasa aku mas hehehe
    Enak toh Ngki? :D
  • ANNOSMILE
    avatar 8253
    ANNOSMILE #Selasa, 15 Sep 2015, 07:57 WIB
    harga lauknya ga bersahabat..hehehe
    klo nasinya enak sih..
    lagi pengen nyari yg rasanya mirip tapi harganya lebih murah :p
    Makan nasi merah lauk garam aja No :D
  • YESSI
    avatar 8254
    YESSI #Selasa, 15 Sep 2015, 09:53 WIB
    rekomended di coba ini.. baik untuk yang diet.. :) kanan jalan atau kiri jalan ya?
    kanan atau kiri ya Yes? bingung.
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 8255
    BERBAGIFUN.COM #Selasa, 15 Sep 2015, 10:01 WIB
    jadi ingat temenku yang tiap hari makan nasi merah gegara lagi diet. heuheuheu
    Pantes aku kurus, doyannya makan nasi merah >.<
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8257
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 15 Sep 2015, 12:18 WIB
    memang jarang yah suka makan nasi merah ...
    tapi di rumah makan ini ... mengolahnya beda ya .... lhat fotonya aja sudah ngecesss...
    plus sambal .... jadi nambah mulu .... memang bisa bikin jebol dompet ... he he
    Nasi merah lauk ndeso ini Kang. Sudah jelas enak lah dan itu yang rawan bikin dompet jebol, hehehe.
  • ANGGI AGISTIA
    avatar 8258
    ANGGI AGISTIA #Selasa, 15 Sep 2015, 15:57 WIB
    Waaah enak kayaknya mas makanannya :9
    Jadi inget pas kuliah belain tiap hari makan beras merah menjelang wisudaan biar agak
    kurusan haha.
    Tapi itu belalang gimana rasanya yak? hiiii serem sendiri bayanginnya aja.
    Wow! Baru tahu ada ritual calon wisudawati yang makan nasi merah. Biasanya yang aku tahu malah mandi lulur, hahaha. :D

    Belalang itu enak lho. Rasanya kayak udang.
  • MOMTRAVELER
    avatar 8260
    MOMTRAVELER #Rabu, 16 Sep 2015, 08:21 WIB
    Belalang goreng kaya apa si mas rasanya..aku
    penasaran tapi kok ga kolu makanya heheheh...
    Makan belalangnya sambil merem aja Mak. Rasanya mirip udang kok. Yakin deh.
  • FAHMI (CATPERKU.COM)
    avatar 8262
    FAHMI (CATPERKU.COM) #Rabu, 16 Sep 2015, 11:02 WIB
    Walah. gak janji gak kalap deh kalau udah disana, koyoke enak banget!!
    Lha emang enak kok Mi.
  • ADIE RIYANTO
    avatar 8264
    ADIE RIYANTO #Rabu, 16 Sep 2015, 17:54 WIB
    Jiakakakak, emang ada gitu ya yang pesen nasi merah sama garam diguyur kuah. Rekoso tenan hahaha. Jadi inget zaman kuliah :(
    Tapi emang enak kok Die. Tinggal dikasih garam biar gurih sedikit terus nasi merahnya bisa dimakan buat cemilan deh.
  • INGGIT
    avatar 8267
    INGGIT #Kamis, 17 Sep 2015, 07:28 WIB
    Lihat nasi merahnya jadi laper lagi, padahal baru aja sarapan. :D
    Recommended banget Mas! Harganya juga cukup terjangkau.
    Makanan yang jarang banget dijumpai di kota ini.
  • IDEM
    avatar 8271
    IDEM #Kamis, 17 Sep 2015, 14:45 WIB
    kalau dari arah Wonosari kanan jalan, ambil lurus arah Semanu kurang lebih 3,5 km-an ...
    betulll..
  • @BANGSAID
    avatar 8272
    @BANGSAID #Kamis, 17 Sep 2015, 22:38 WIB
    Hihihi, aku sekali-kalinya ke Gunungkidul makan belalang goreng itu sama minum Wedang Secang. Bolehlah besok kalo ke sana lagi mampir ke warung ini.
    Hihihi, ditunggu kunjungan wisata kuliner berikutnya di Gunungkidul. :D
  • ARIP
    avatar 8276
    ARIP #Sabtu, 19 Sep 2015, 10:57 WIB
    Di sini mah nasi merah ya buat pakan ternak. Tapi suka juga dikonsumsi manusia sih.
    Iya, nasi merah umumnya dipakai buat makan ternak sih. Jadi, manusianya merasakan gimana ternak makan, hahaha. :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 8283
    FANNY FRISTHIKA NILA #Minggu, 20 Sep 2015, 15:01 WIB
    Aku laperrr liat wadernyaa.. ^o^... Sambelnya beneran pedes nih? Mantep banget lah pastinya ya....
    Wah, sambelnya pedes banget lah mbak. :D
  • GUSTYANITA PRATIWI
    avatar 8301
    GUSTYANITA PRATIWI #Rabu, 23 Sep 2015, 18:30 WIB
    Massssss, enakk banget ini.
    Nyam nyam nyam.
  • MIFTAH FARID
    avatar 8404
    MIFTAH FARID #Jum'at, 9 Okt 2015, 13:51 WIB
    Ga suka belalangnya, mending wadernya deh :D
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    Kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin..
    Langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.com
    Terimakasih.. :)
    Wedalah... malah promosi...
  • SOHBET
    avatar 8422
    SOHBET #Senin, 12 Okt 2015, 06:41 WIB
    very blog thanks admin
    okey
  • NBSUSANTO
    avatar 8540
    NBSUSANTO #Kamis, 29 Okt 2015, 11:32 WIB
    cen enak mas.. aku dokoh pas maem ning kono.. jinise kesel lan luwe :v
    Sayange adoh yo Bro...