Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 8 Juli 2015, 07:15 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Agenda berikutnya setelah sowan ke makam Eyang Wandi di hari Minggu pagi (16/11/2014) itu adalah blusukan di seputar Godean. Ow yeah! Eh, sebenernya sih blusukan sambil nyari sarapan, hehehe . Tapi sebelum aku bergerak nyari sarapan, lebih baik aku tuntaskan dulu mencari embung di dekat sana yang lumayan gede pas dilihat di Wikimapia. Hmmm...

 

peta menuju Embung Donomulyo Asri di Godean, Sleman, Yogyakarta
Blusukan karena penasaran sama Wikimapia.

 

Kalau di Wikimapia embung sasaranku ini namanya Gancahan Dam alias Embung Gancahan. Itu karena si embung terletak di Dusun Gancahan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Setelah disinggahi (aneh juga kata “disinggahi”) ternyata embung ini punya nama "resmi" Embung Donomulyo Asri. Asal katanya dari kata Dono yaitu suka beramal (bukan anggota Warkop DKI) dan Mulyo yang berarti mulia. Jadi kesimpulannya, embung ini suka beramal mulia...? Eh...

 

Nggak usah lah arti nama embung ini dipikir panjang, sebab untuk kemari pun nggak butuh perjalanan panjang. Cukup dengan 30 menit bersepeda santai dari Kota Jogja dengan medan yang landai. Kalau naik kendaraan bermotor sih mungkin bisa lebih cepat (kalau Jl. Godean nggak macet ).

 

foto panorama suasana pagi di Embung Donomulyo Asri di Godean, Sleman, Yogyakarta
Kecil banget ya? Klik aja untuk memperbesar fotonya.

 

Rutenya, dari Tugu Jogja ikuti Jl. Godean hingga sampai di lampu lalu lintas km 7. Setelah itu ambil jalan ke selatan dengan menyebrang rel kereta api dua kali ke arah Stasiun Patukan. Dari Stasiun Patukan masih tetap ngikuti jalan raya tujuan Pasar Bibis. Sampai di dekat Pasar Bibis, ambil jalan ke kiri dan nanti bakal masuk wilayah Dusun Gancahan. Selepas itu kalau bingung tanya warga setempat aja. Paling ya percakapannya bakal seperti gini:

 

(aslinya bahasa Jawa tapi dibahasa Indonesiakan biar Pembaca dong)

 

“Permisi Pak, mau tanya.”

“Iya Mas?”

“Katanya di dusun Gancahan ini ada embung ya Pak?”

“Embung apa ya Mas?”

“Eh... ya kayak semacam kolam, telaga gitu Pak.”

Batinku, kok si Bapak nggak ngerti tapi Wikimapia ngerti ya?

 

“Oh, pemancingan itu ya Mas?”

“Eh iya Pak, biasa jadi tempat mancing.”, jawabku sekenanya

“Masnya ikutin jalan aspal ini aja. Belok kanan. Nanti bakal ada jalan turunan terus ya pemancingannya deket situ. Eh, masnya ini mancing dari mana saja?”

Batinku, mungkin besok-besok aku mesti alih profesi jadi pemancing bukan tukang blusukan... 

 

Pagi Hari di Embung Donomulyo Asri, Gancahan, Godean, Sleman, Yogyakarta
Nitip sepeda ya Mar!

 

Ya begitu deh. Singkat cerita sampailah aku di embung Donomulyo Asri tepat jam 08.10 WIB dan disambut oleh Semar tanpa dikawani oleh Bagong, Petruk, dan Gareng. Pagi-pagi gini, tiga member Punakawan lainnya pada ke mana ya? 

 

Selepas menitipkan sepeda sama Semar, mulailah aku mengelilingi Embung Donomulyo Asri. Embungnya memang lumayan besar. Malah lebih besar dari embung yang ada di Nglanggeran sana. Airnya relatif bersih dan jernih. Di sekeliling embung ada banyak berugak yang jelas asyik dimanfaatkan untuk leyeh-leyeh. Sayang beberapa kondisinya kurang terawat. Mungkin karena pengelolaannya hanya ala kadarnya ya?

 

Gubuk tempat pacaran mesum dan bersantai di Embung Donomulyo Asri, Godean, Sleman, Yogyakarta
Semoga nggak banyak nyamuknya.

 

Embung Donomulyo Asri ini dikelilingi pemukiman warga. Lebih tepatnya pemukiman warga RW 7 Dusun Gancahan. Jadi, nggak sulit untuk numpang ke kamar kecil bilamana pengunjung mendadak dapat “panggilan alam”, hehehe .

 

Di pagi hari itu juga aku ketemu sama bocah-bocah yang lagi asyik bermain di perairan embung yang dangkal. Mereka sedang main nyerok ikan-ikan kecil. Wah, mbok dipancing aja Le. Biar dapet ikan yang agak besaran. Biar bisa digoreng Ibu di rumah dan dimakan sama nasi anget plus sambel terasi. Eh... kenapa mendadak aku jadi ngiler begini ya...  

 

Anak-anak bermain riang gembira di Embung Donomulyo Asri, Gancahan, Godean, Sleman, Yogyakarta
Kalau dapatnya satu gelas gitu digoreng pasti enak. Nyam...

 

Oh iya, waktu itu aku nggak melihat ada warung di sekitar situ. Ada sih penampakan tenda mirip angkringan di dekat lapangan parkir. Tapi ya masak sih nggak ada warung yang sekadar menjual cemilan di pemukiman seperti gini?

 

Kalau pun kemari pas lagi kere, tenang saja, bunda alam (mother nature ) sudah menyiapkan cemilan sehat secara cuma-cuma yakni buah talok (Muntingia calabura L.). Pembaca sudah pernah makan buah talok belum ya?

 

Merasakan buah talok dijual di sekitar Embung Gancahan, Donomulyo Asri, Godean, Sleman, Yogyakarta
Sudah pernah ada yang merasakan buah talok?

 

Berhubung perut sudah mulai berorkestra, sekitar jam 08.37 WIB aku pun meninggalkan lokasi buat nyari warung soto terdekat yang harganya murah, hahaha . Eh Alhamdulillah ketemu lho! Satu porsi soto sapi dibanderol Rp5.000. Hohoho! I love Jogja lah pokokmen! Pembaca juga kan?

 

Nah, sebagai penutup. Misalnya Pembaca lagi di Jogja dan butuh tempat untuk melepas penat atau ngabuburit, bolehlah kiranya singgah di embung Donomulyo Asri ini. Tapi ingat Pembaca, JANGAN NYAMPAH dan JANGAN BERBUAT MESUM! Oke? Sip!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PUTRI NORMALITA
    avatar 7933
    PUTRI NORMALITA #Jum'at, 10 Jul 2015, 12:33 WIB
    Jogja lagi, jogja lagi... minta banget ditinggalin setahun!
    Setahun? 10 tahun lah Put :D
  • SALAMINZAGHI
    avatar 7936
    SALAMINZAGHI #Minggu, 12 Jul 2015, 06:18 WIB
    buah talok itu, buaj cerry ya? bener gak sih :|
    Talok itu buah kersen Bro
  • FAHMI
    avatar 7937
    FAHMI #Minggu, 12 Jul 2015, 12:40 WIB
    Embungnya kecil banget~ Talok kalau di blitar orang nyebutnya karsen atau seri. Dulu sih
    sering naik ke pohonnya buat cari buah itu waktu masih SD :D
    Sekarang udah gede pun masih boleh kok naik-naik ke pohon Talok :D
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 7938
    BERBAGIFUN.COM #Minggu, 12 Jul 2015, 14:30 WIB
    Kayaknya banyak banget embung di
    sekitaran jogja yaaa
    Jogja senengnya bikin embung Bro. Nggak tahu deh klo di Purworejo :D
  • ANNOSMILE
    avatar 7945
    ANNOSMILE #Selasa, 14 Jul 2015, 12:33 WIB
    lama ga nyicip kersen..populasi pohonnya semakin menipis :|
    Susah nggak sih ya ditanamnya?
  • NDOP
    avatar 8035
    NDOP #Sabtu, 1 Ags 2015, 00:37 WIB
    Huahahaha.. taloke abang2 nyenengne kui. Mesti rasane legi kui. Nganjuk yo enek embung estumulyo sing koyok ndik Eropa kae. Next posting nanti aku mau membahas tentang mily way ah!
    Ng Estumulyo yo ono talok e ra Ndop? Nek ora ono, tanduri talok Ndop, hahaha :D
  • BERJELAJAH
    avatar 8550
    BERJELAJAH #Jum'at, 30 Okt 2015, 14:56 WIB
    Tak kira tadi Donomulyo di Malang :D Mantep banget bang artikel yang satu ini
    Nama Donomulyo itu ada di mana-mana ya, hehehe.
  • RAGNAROK INDONESIA
    avatar 8728
    RAGNAROK INDONESIA #Jum'at, 27 Nov 2015, 11:17 WIB
    kalau di tempat ku itu aku bilang buah cherry jowo mbak. hahaha bukan buah talok :v
    lha talok kie boso Jowo lho padahal
  • INGGIT E
    avatar 9156
    INGGIT E #Rabu, 27 Jan 2016, 14:53 WIB
    Mas, embung itu artinya apa sih? Kok banyak
    embung di jogja..
  • ANNISA RATU
    avatar 9163
    ANNISA RATU #Kamis, 28 Jan 2016, 08:09 WIB
    enak banget jalan2 terusss. itu buah seri bukan sih? tapi merah banget ya warnanya,
    biasanya mah warna merah agak pink gitu.
  • MAS PRI
    avatar 9603
    MAS PRI #Kamis, 21 Apr 2016, 20:00 WIB
    Mksh mas udh mau ngunggah embung donomulyo asri kebetulan saya tinggak di sebelah kanan embung , saya sendiri seneng foto2 di embung kalau pas pulang ke jogja . Mksh