Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 30 April 2015, 15:04 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Hari raya Nyepi adalah hari besar bagi umat Hindu. Kalau di Bali, di hari itu suasananya bakal sepi banget karena warga Bali yang didominasi umat Hindu melaksanakan Catur Brata di kediamannya masing-masing. Sedangkan di Jawa, berhubung hari Nyepi 1937 Saka yang kebetulan jatuh di Sabtu (21/3/2015) itu adalah tanggal merah alias hari libur nasional, maka bisa dipastikan bakal banyak keramaian di lokasi-lokasi wisata.

 

Semua tempat wisata di Jogja kayaknya bakal rame banget. Yang jelas sudah rame dari pagi ya Gua Pindul. Obyek wisata tersohor di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta yang populer dengan aktivitas cave tubing-nya itu lho!   

 

Seumur-umur, ini baru pertama kalinya aku ke sini sejak popularitas Gua Pindul meroket bertahun-tahun yang lalu. Kalau bukan karena nganterin “orang penting” yang penasaran, kurang kerjaan banget aku sudi kemari beradu tempat bareng pengunjung yang membeludak bak kloter jamaah haji.

 

Kondisi Gua Pindul di tahun 2015 yang penuh sesak dengan wisatawan

 

Wisatawan berlatih sebelum memasuki Gua Pindul di Bejiharjo Gunungkidul karena takut kecelakaan mati tenggelam

 

Wisatawan jengkel dengan Gua Pindul yang sesak penuh di tahun 2015 dan memutuskan untuk pulang

 

Tarif jasa sewa ban, pelampung, senter, dan jasa pemandu Gua Pindul di tahun 2015

 

Pemandu alay yang sedang baper tidak mood bekerja di Gua Pindul mendapatkan sanksi pemecatan

 

Eh, mungkin karena nganterin “orang penting” itu jadinya ketiban nasib mujur. Acara  cave tubing nggak pakai lama. Baik itu pas ngantrinya maupun pas tubing-nya. Alhamdulillah banget ya?

 

Kayaknya ini efek popularitas artis Nganjuk alias Sang Vectoria Jenaka alias Muhammad Ali Mudzofar alias Dzofar alias Ndop. Eh, mungkin juga karena ditemani dua hulubalang Komunitas Blogger Jogja, Tomi Purba dan Arief Ramadhan. Kapan lagi coba bisa traveling bareng orang-orang penting?

 

Menemani tamu asal jakarta mengunjungi kawasan wisata Gua Pindul di tahun 2015

 

Catatan tentang Gua Pindul:

  1. Usahakan berangkat pagi. Sekitar pukul 5 – 6 pagi lah kalau dari Kota Jogja.
  2. Kalau mau sepi jangan pas hari libur #ya.iyalah. Katanya Tomi, Selasa atau Rabu biasanya sepi.
  3. Semenjak dari kota Wonosari ke arah Desa Bejiharjo bakal banyak orang yang nawarin jasa antar ke Gua Pindul. Untuk menolak mereka bisa dengan ngomong “Mau ke pasar Semin” atau “Ajeng sowan teng Mbah Marto. Kula putune.”.
  4. Sekadar info, orang-orang yang nawarin jasa antar itu diupah Rp5.000 per orang.
  5. Retribusi parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Tarif cave tubing Rp35.000/orang.

 

Besok-besok lagi ke sana kalau pas sepi. Penasaran aja, ini tempat pernah sepi seperti Bali pas lagi Nyepi nggak ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 7557
    MAS FEB #Kamis, 30 Apr 2015, 19:20 WIB
    Jadi kayak pasar apung di Kalimantan ya mas.
    Ramenya kok kayak gitu... Ckckckck...
    kayak dawet ya? hahaha :D
  • ALAN
    avatar 7558
    ALAN #Kamis, 30 Apr 2015, 23:04 WIB
    inget dulu pas lagi sepi2nya. kita masuk cuma berdua, nunggu ada rombingan lagi biar pas
    lima atau lebih ga ada yg dateng lagi :D
    wah, pas lagi sepi itu tahun berapa e Bro?
  • FAHMI
    avatar 7560
    FAHMI #Jum'at, 1 Mei 2015, 18:20 WIB
    Njirr~~ ruamenyaaa XD Aku pengen ke goa pindul padahal~ Kalau hari biasa pasti sepi
    yah? :D
    Kalau nyari sepi katanya hari Rabu atau Kamis gitu
  • IWCAKSONO
    avatar 7562
    IWCAKSONO #Sabtu, 2 Mei 2015, 01:13 WIB
    weleh, rame tenan ik, tumplek blek....

    lha endi foto foto liyane mas? hohoho
    Lihat langsung di galeri Picasa aja Brooo
  • ANGKI
    avatar 7563
    ANGKI #Sabtu, 2 Mei 2015, 16:15 WIB
    wah ada mas tomi purba juga... waaahh tetep ya mas padat merayap hehehe tenarnya
    emang matap blogger" jogja emang yahuddd
    Karena nganter tamu2 penting makanya dibela-belain kemari hehehe
  • IDAH
    avatar 7564
    IDAH #Minggu, 3 Mei 2015, 09:21 WIB
    Ngga harus kenalan sama Mbah Marto dulu, yaa.
    Ngajarin bohong kamu ah! :D
    Kalau nggak kenal ya di sana kenalan dulu. Nambah sedulur Dah, hahaha
  • ANNOSMILE
    avatar 7565
    ANNOSMILE #Minggu, 3 Mei 2015, 09:44 WIB
    ngeri kayak cendooool...
    Sayang nggak bisa diminum XD
  • BLOGGER INDONESIA
    avatar 7567
    BLOGGER INDONESIA #Minggu, 3 Mei 2015, 15:44 WIB
    Goa Pindul ini dalam beberapa hari jadi pembicaraan di media sosial mas, terkait foto
    wisatawan yang terlalu banyak sampai uyel-uyelan ada yang bilang orang kita
    (Indonesia) tahunya tempat wisata ya cuma itu-itu saja, ngga mau mengeksplore sendiri
    yang baru-baru, hehehehe
    Kalau menurut saya sih, pertama orang kita itu latah alias cenderung ikut2an. Kedua, orang kita belum banyak tahu lokasi wisata lain.
  • BEBY
    avatar 7572
    BEBY #Senin, 4 Mei 2015, 19:11 WIB
    Buseeeeet.. Banyak amat ituh orangnyah -_-
    Pas lebaran ramenya kayak apa ya? hahaha
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7573
    BERSAPEDAHAN #Senin, 4 Mei 2015, 21:50 WIB
    busyeeetttt .... tumplek blek ....
    baru kali ini lihat foto cave tubing gua pindul sekeren ini ... he he he ...
    Wah, kalau warga satu kecamatan tumplek breg di sana bakal keren lagi ya Kang?
  • MISS RISNA
    avatar 7576
    MISS RISNA #Selasa, 5 Mei 2015, 11:01 WIB
    wow...untung dulu pernah menikmatinya waktu sepi bersama kelelawar. apakah kabar
    kelelawar disana mas?
    ehm...kira2 ini ada rencana untuk dibatasi pengunjungnya kayak kalisuci gak ?
    kelelawarnya nggak begitu banyak mbak, mungikin klo siang mereka ngumpet di lubang2 yang lebih dalam. Kayaknya zih pengunjungnya bakal dibatasi karena udah overlimit banget kan ini?
  • EFENERR
    avatar 7579
    EFENERR #Rabu, 6 Mei 2015, 07:40 WIB
    permasalahan yang timbul adalah reaksi oksigen dan karbon dioksida pengunjung akan merusak struktur batuan di dalam gua. :)
    kalau saya khawatirnya malah air sungai yang tercemar oleh keberadaan pengunjung yang membeludak. Kondisi bebatuan yang ada di dasar gua pindul kan bisa rusak juga tanpa disadari.
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 7586
    FANNY FRISTHIKA NILA #Rabu, 6 Mei 2015, 21:32 WIB
    astaghfirullah..... :D Itu org semua?? p Haduuh, pas aku kesana 2 thn lalu, itu jg rame
    mas.. tp kita bilang ke guidenya, kita buru2, jd bisa dibikin lbh cepet masuk ga... dan
    trnyata bisaaa ^o^.. pake tips tambahan sih :D.. Tapi setelah nyoba dan trnyata ga ada
    tantangan samasekali, aku jd emoh mw kesitu lg -__-
    Hahaha, emang ternyata setelah masuk ke dalam ya... "gitu-gitu" aja. Tapi kok ya banyak yang tertarik ya sampai tempatnya jadi kayak pasar gitu :D
  • DHANANG SUKMANA ADI
    avatar 7597
    DHANANG SUKMANA ADI #Sabtu, 9 Mei 2015, 21:16 WIB
    Goa pindul tampak seperti dawet mas, dulu saya kesini masih cukup lumayan sepi..mas
    tanya dong, btw itu kok warnanya bisa tajem tajem di edit pake apa ? :) apa asli lensanya?
    Saya juga baru sekali ini tahu gimana ramenya Gua Pindul pas liburan, hahaha. Ini saya edit pakai Lightroom, saturasi warnanya saya naikin. Lensanya masih asli Nikon 18-135 walau sudah hampir rusak, hahaha :D
  • NDOP
    avatar 7609
    NDOP #Selasa, 12 Mei 2015, 22:43 WIB
    Beuh nek mrono maneh sekalian njajal raftinge yaaa.. Tapi bener, pas week day saja alias gak pas preian..
    Nabung sik Ndop. Larang je...
  • FACHMI
    avatar 7780
    FACHMI #Jum'at, 12 Jun 2015, 15:59 WIB
    pesan saya: traveler sejati tidak pergi ke Goa Pindul. :D
    Aku ya kalau nggak diajakin seumur-umur mungkin ya nggak akan ke Gua Pindul :D
  • YWPDX
    avatar 8131
    YWPDX #Jum'at, 21 Ags 2015, 14:42 WIB
    nyasar ke blog ini gak bisa nahan godaan baca laman yang lain lain hehe...pokoknya
    informatif banget dan super fun baca nya...Desember ini ada rencana ke Yogya, antara ke
    Gua Pindul atau ke Kalisuci...ada opini?
    Kalisuci aja, lebih sepi
  • GOA PINDUL
    avatar 9329
    GOA PINDUL #Minggu, 13 Mar 2016, 21:00 WIB
    wah tulisannya keren, matur nuwun sudah berkunjung di Dewabejo Goa pindul..:))