Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 2 April 2015, 07:43 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Aku ini emang bandel. Di hari Kamis pagi (19/3/2015) aku bukannya kerja, tapi malah bersepeda berdua sama Mbah Gundul.

 

Aku sengaja kabur dari kerjaan (jangan ditiru! ) karena ingin menghirup udara segar pedesaan setelah seminggu lebih ngecat kantor baru yang aromanya bikin mual. Hoek... #mual.bau.cat

 

Sebetulnya, kelakuanku ini ibarat keluar mulut singa masuk mulut buaya. Karena dari pengalaman yang sudah-sudah-sudah, pasti ada saja hal-hal yang sulit dinalar dengkul sehat pas bersepeda sama Mbah Gundul. Terutama kalau dirinya mulai bertanya.

 

Piye? Isih kuat?” (Gimana? Masih kuat?)

 

 

Bersepeda lewat jembatan gantung Bawuran di Pleret menuju obyek wisata Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Lewat jembatan gantung Bawuran, Pleret yang baru jadi setahun yang lalu.

 

Pilihan jawaban sudah jelas hanya dua: “Ya” atau “Nggak”. Oleh sebab menjawab “Nggak” sama saja dengan mencoreng harga diri dengkul, maka satu-satunya pilihan adalah menjawab “Ya”.

 

Tapi masalahnya, pertanyaan Mbah Gundul terlontar pas mendekati pertigaan Desa Wonolelo, Bantul. Di mana, cabang jalan yang satu mengarah ke Tanjakan Cinomati dan satunya lagi ke jalur roller-coaster arah Piyungan. Sudah jelas, dua-duanya bukan jalur yang ramah dengkul.

 

Nggg... jangan-jangan ini hukuman buatku karena kabur dari kerjaan... DOH!...

 

Saat aku mulai melamun betapa nikmatnya duduk kerja sambil memandang layar monitor, Alhamdulillah Gusti Allah SWT ngasih alternatif jalan keluar. Aku lihat ada papan petunjuk "menarik" di pertigaan arah ke Tanjakan Cinomati. Secepat kilat, langsung aku kasih manuver ke Mbah Gundul.

 

“Mbah! Tilikono kuwi wae!” (Mbah! Datangi itu saja!)

 

Fiuh... Alhamdulillah... aman sudah nasib dengkulku hari ini...

 

papan petunjuk arah ke Grojogan Kali Bulan Bantul di pertigaan Tanjakan Cinomati desa Wonolelo saat zaman dulu
Ada pilihan yang lebih "manusiawi" ke arah kiri dibandingkan yang di papan biru tua itu.

 

Tujuan bersepeda pun ganti menuju Grojogan Kali Bulan. Nggak ada acara nyasar-nyasar karena banyak papan biru penunjuk arah di sepanjang jalan. Medannya pun masih tanjakan-tanjakan ringan yang hanya geli-geli dengkul. #sok.kuat

 

papan arah menuju lokasi parkir kendaraan pengunjung di jalan alternatif wonolelo piyungan Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Wew... bahkan sudah ada tempat parkirnya?

 

Sekitar 10 menit dari pertigaan ke Cinomati, kami masuk wilayah Dusun Kaligatuk, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Di sini ada dua petunjuk arah. Salah satunya mengarah ke lokasi parkir. Ternyata, lokasi parkirnya itu numpang di halaman ketua RT 04 setempat yang bernama Pak Heru (dipanggil Mas juga masih pantes kok ).

 

Cabang jalan di pemukiman warga menuju Grojogan Kali Bulan Bantul
Ke kiri ke parkiran. Ke kanan ke Grojogan Kali Bulan (sepeda nggak bisa dibawa naik).
Kalau lurus terus ngikutin jalan aspal bakal ketemu medan yang menyiksa dengkul...

 

rumah ketua RT Pak Heru digunakan sebagai lokasi parkir Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Numpang parkir di halaman rumah ketua RT.

 

Kotak sumbangan donasi pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur Grojogan Kali Bulan Bantul
Jangan lupa berikan donasi untuk pembangunan Grojogan Kali Bulan!

 

Dari rumah Pak Heru kami balik lagi ke jalan raya dan nyeberang naik bukit di samping rumah warga. Medan selanjutnya adalah blusukan di dalam hutan. Ternyata, di dalam hutan pun juga sudah banyak petunjuk arah ke Grojogan Kali Bulan!

 

Canggih sekali kerjaan karang taruna setempat! Salut buat kerja keras mereka!

 

mendaki bukit di sebelah halaman rumah warga menuju Grojogan Kali Bulan Bantul
Bukit pertama yang perlu didaki di sebelah rumah warga.

 

Jalur pipa air pralon putih di dalam hutan yang mengarah ke Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Selain mengandalkan papan petunjuk arah, bisa juga ngikutin pipa air.

 

papan petunjuk arah Grojogan Kali Bulan Bantul dan Joglo yang terdapat di dalam hutan belantara
Ada joglo di tengah hutan belantara?

 

Pemandangan jalan hutan dengan Grojogan Kali Bulan Bantul sebagai latarnya
Wohooo... air terjunnya udah kelihatan!

 

Seorang pria berkepala gundul berbaju hitam merenung di area sungai Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Welha! Ini pria gundul satu ngapain jadi galau?

 

Ada dua tempat main air di Grojogan Kali Bulan. Salah satunya ada di dekat puncak air terjun. Siapa pun yang berniat ke sana wajib punya semangat tinggi. Karena ya bakal ketemu sama adegan seperti di bawah ini.

 

Papan berisikan pesan semangat di dalam hutan agar tetap kuat menuju Grojogan Kali Bulan Bantul
Hahaha, semangat! Kayak apaan aja mesti dikasih semangat.

 

Pengunjung kesulitan mendaki bukit menuju Grojogan Kali Bulan Bantul karena medannya jalan tanah licin
Wuasyem! Lewat yang kayak ginian emang mesti pakai semangat. DOH!

 

Memanjat bukit dengan bantuan tali menuju Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Aku sangat berterima kasih buat karang taruna setempat yang sudah repot-repot menyiapkan tali tampar.

 

Oh iya, di salah satu foto di atas itu kan ada petunjuk arah ke joglo. Ini lho penampakan joglonya. Tinggi juga ya?

 

Penampakan bangunan joglo tua keramat di dalam hutan dekat Grojogan Kali Bulan Bantul dilihat dari ketinggian puncak bukit
Aaak... joglo di atas bukit dikepung hutan!

 

Wujud Grojogan Kali Bulan yang mendekati puncak itu seperti foto di bawah ini. Walaupun airnya nggak begitu deras tapi yang bikin kagum adalah Grojogan Kali Bulan ini tinggi banget! Nyaris setinggi curug Sidoharjo di Samigaluh! Kayaknya ini air terjun tertinggi se-Bantul deh.

 

Pemandangan cantik derasnya air Grojogan Kali Bulan Bantul yang sangat tinggi
Welha! Galau lagi! Omong-omong ini air terjunnya tinggi banget lho!

 

Lubang gua kecil sebagai tempat bertapa dan meditasi di Grojogan Kali Bulan Bantul saat zaman dulu
Penasaran. Siapa tahu di dalam sana ada batu meteorit.

 

Berikut adalah rangkuman singkat Grojogan Kali Bulan.

 

Yang bikin spesial?

Air terjun yang tinggi banget di Bantul.

Debit airnya?

Kecil, padahal lagi musim hujan.

Bisa buat main air?

Yup!

Bisa buat berenang?

Nggak.

Fasilitas di sekitar lokasi?

Nggak ada.

Obyek foto menarik?

Nggak (karena debit airnya kecil).

Medan bersahabat?

Khusus untuk anak muda.

Dilalui angkutan umum?

Nggak. Bisa dicoba naik ojek dari Kotagede tapi bisa jadi tarifnya mahal.

 

Peta lokasi Grojogan Kali Bulan, Piyungan yang Tertinggi se-Bantul dari kota Jogja
Peta rute dari kota Jogja.

 

Nah gimana? Buat Pembaca yang mau “melarikan diri” dari kerjaan ganasnya Tanjakan Cinomati, silakan lho menyambangi Grojogan Kali Bulan. Eh, tapi jangan di musim kemarau lho ya, karena airnya jelas kering-kerontang.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 7398
    MAS FEB #Kamis, 2 Apr 2015, 07:53 WIB
    Perjalanan menuju grojogannya mantaaab beneerr.. Tapi saya masih penasaran. Itu naiknya
    kan pakai tali segala. Lha trus turunnya gimana ya? :D
    turunnya ya pakai tali :D
  • NBSUSANTO
    avatar 7399
    NBSUSANTO #Kamis, 2 Apr 2015, 10:53 WIB
    mlebune juga srimulyo piyungan to mas? malah lagi ngerti iki enek grojogan sedhuwur iki..
    tapi musim hujan sudah hampir berakhir..
    Ho oh, masih Piyungan iki. Kalau mau kemari pas lagi deres-deresnya musim hujan. Jos gandos deresnya (walau ya nggak bakal deres-deres banget sih).
  • MEINDRASET
    avatar 7403
    MEINDRASET #Kamis, 2 Apr 2015, 17:37 WIB
    wah mantep mas air terjunnya..rencana bsk sabtu mau kesitu nyepeda juga. moga2 aja
    malamnya ujan deres biar airnya tambah gembrojog..:D
    woladala... >.<
  • BEBY
    avatar 7404
    BEBY #Kamis, 2 Apr 2015, 19:18 WIB
    Wah.. Pemandangannya bagus banget, Bang.. Rasanya pengen deh seret Febri en Aqied ke sana.. Hihihi :P
    Medannya luar biasa lhooo :D
  • ANNOSMILE
    avatar 7406
    ANNOSMILE #Jum'at, 3 Apr 2015, 10:10 WIB
    besok wajib dicobaa :))
    keburu kemarau lho No
  • GUSTYANITA PRATIWI
    avatar 7407
    GUSTYANITA PRATIWI #Jum'at, 3 Apr 2015, 11:56 WIB
    Ijo ijoooo swegerrr sangaadd
    Sayang airnya kurang deres mbak
  • JAUHAROH
    avatar 7408
    JAUHAROH #Jum'at, 3 Apr 2015, 12:55 WIB
    Keren inih masih alami
    Lha wong akses ke sana juga masih menantang kok Bro :D
  • MISSRISNA
    avatar 7410
    MISSRISNA #Jum'at, 3 Apr 2015, 16:04 WIB
    jalan menuju grojogannya yang bikin penasaran plus kesemsem sama foto yang menampakan jogjo di pucuk gunung...top dech mas emang pencinta air terjun tenan ^^v
    Dirimu masih penasaran apanya mbak? Udah jelas medannya beringas kayak gitu? :D
  • ELISA
    avatar 7411
    ELISA #Jum'at, 3 Apr 2015, 16:11 WIB
    Wah grojogan maneh nang mbantul kie...
    kalian ndak mampir ke joglo itu ya...dari sana air terjunnya kelihatan ndak...
    Wah, mau mampir Joglo tapi tenaga udah nyaris habis. Kan mesti nyepeda pulang...
  • SAMIN
    avatar 7412
    SAMIN #Jum'at, 3 Apr 2015, 19:31 WIB
    lama ora tilik jalur kui ternyata saiki wes dibukak, 2 bulan yang lalu aku tersesat nggoleki
    dasar grojogan kali mbulan tapi nggak ketemu hehe
    Welhadala, mbok takon-takon wong kono ngunu lho...
  • NOVAKW
    avatar 7413
    NOVAKW #Jum'at, 3 Apr 2015, 19:58 WIB
    Weh blog e menarik banget mas, bahasane
    apik maraki penasaran. Ketoke seru mas pit
    pitan karo njenengan, mbok kapan2 aku dijak
    mas hehe.
    Lha dirimu ada nomer kontak yg bisa dihubungi ngga?
  • IWCAKSONO
    avatar 7414
    IWCAKSONO #Jum'at, 3 Apr 2015, 23:06 WIB
    Penasaran karo joglo biru nang tengah alas kui...

    kayake seru nyepeda downhill seko joglo biru kui... hihihi
    downhillnya dari puncak air terjun aja, lebih seru :D
  • FALYAZDAD
    avatar 7415
    FALYAZDAD #Minggu, 5 Apr 2015, 10:13 WIB
    unik ... jadi pengen coba hal mainstreem kayak gini
    Eh, bukannya ini nggak mainstream ya? :D
  • FEBRI DWI CAHYA
    avatar 7416
    FEBRI DWI CAHYA #Minggu, 5 Apr 2015, 10:50 WIB
    Kayaknya deket dari rumah tuh, kok aku belum tau tempat ini ya ._. kolot bannget aku mas
    maw -.-
    Lho? Rumahmu di pucuk gunung sebelah mana e Feb?
  • LIATIYAS
    avatar 7418
    LIATIYAS #Minggu, 5 Apr 2015, 14:10 WIB
    Wah sangat menginspirasi sekali.dadi pengen
    ngepit tekan kono..hehe..
    Woh! Kalau nggak kuat, ya boleh nuntun kok :D
  • VENDY
    avatar 7419
    VENDY #Minggu, 5 Apr 2015, 19:38 WIB
    mas... nak meh mlaku2 meneh ajak aku mbokan... opo meneh nak meh ngepit... sms wae
    089692218384... suwun masss.... :D
    Wokey sip!
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7424
    BERSAPEDAHAN #Senin, 6 Apr 2015, 13:40 WIB
    busyett ... jalan setapaknya kelas intermediate advance nih .... tapi curugnya kurang wah
    ya ....
    Curugnya cuma menang tinggi aja Kang :(
  • ALAN
    avatar 7434
    ALAN #Selasa, 7 Apr 2015, 10:15 WIB
    uwiihh.. ada lagi ya..
    bsk klo ke jogja lagi jajal ah :)
    Dirimu kemarin fokusnya Kulon Progo, hehehe
  • YOGSKI
    avatar 7438
    YOGSKI #Rabu, 8 Apr 2015, 07:24 WIB
    Wah ini namanya wisata uji dengkul hehehe
    Medannya lumayan, udah gitu naik sepeda pula.
    Tapi salut sama jiwa petualangnya, liat papan petunjuk langsung jalan.
  • TIRTA WAHYU
    avatar 7442
    TIRTA WAHYU #Kamis, 9 Apr 2015, 06:08 WIB
    baru tau nih.. kesana jalannya nanjak gak mas? pake sepeda?
  • MINUK
    avatar 7444
    MINUK #Kamis, 9 Apr 2015, 10:13 WIB
    aku jadi pengemar blog ini haha bhsanya lucu.
    marakke ngakak,abis tuh klo aku bosen cri t4 liburn nyari disini aja komplit..
    mathur nuwun pnjngn sampun posting sgt kreatif,inspirtf.
  • NDOP
    avatar 7464
    NDOP #Sabtu, 11 Apr 2015, 22:32 WIB
    Bhahahaha asyik iki yaaa... Tapi agak mengecewakan nek banyune cuma saitik. Rapopo ding, sing penting tetep adem dan bergabung dengan alam.
  • PAKDHETIMIN
    avatar 7501
    PAKDHETIMIN #Sabtu, 18 Apr 2015, 17:25 WIB
    awas kowe nek ora ajak2 maneh :|
    Lha dirimu aku ajak seringnya nggak bisa je...
  • NASRUDIN MUZAKKI
    avatar 7513
    NASRUDIN MUZAKKI #Senin, 20 Apr 2015, 09:03 WIB
    sayang gak bareng mas, saya sama temen2 nyepeda kesana minggunya 15 maret 2015
    start sesungguhnya dimulai saat masuk ke gapura Dusun Gabregan (Samping Jalan Raya Wonosari)
    menyusuri trek tanjakan, banyak spot sunset sunrice keren temen2 nyebutnya black hill, bukit 5 jari(kalo dari piyungan hadap timur utara puncak bucu ada bukit berbari seperti 5 jari
    sebelum sampai sumur bandung(Dusun Sumur Bandung, Kalurahan Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul)
    selain itu ada single hill(bukit jomblo) dulu sepasang karna gempabumi 27 mei 2006 yang satunya runtuh jadi sekarang jomblo
    dan finish digrojogan kalibulan..
    dapat bosun menuju pulang, trek turun & landai sampai jl imogiri timur km 12(deket rs nur hidayah) negeri bembem trimulyo jetis hehe..
    kalo nyepeda kapan kapan mampir mas
    wokey, sip kapan-kapan mampir. Emang kalo mau menjelajah kawasan Srimulyo harus siap dengkul menghadapi tanjakan. Asal jangan securam Cinomati aja, hahaha :D
  • TRJONO_SANTOSO
    avatar 7787
    TRJONO_SANTOSO #Minggu, 14 Jun 2015, 01:19 WIB
    2 x kami kesana, ha.ya saja debit air yg kura g
    .....
    memang pas musim hujan airnya juga ngga banyak. Mungkin derasnya pas sehari setelah hujan deras.
  • CANDRA DWI FEBRIANSYAH
    avatar 8719
    CANDRA DWI FEBRIANSYAH #Kamis, 26 Nov 2015, 23:10 WIB
    Emang keren ni tempet om, aku dah kesana 3
    kali, tapi sayang, pas dateng ke 3 kalinya
    malah nggak ada aernya sama sekali,
    garingring, jan kagol aku, haha, tak saranin
    buat semua, nek kesana pas musim ujan aja,
    tak jamin keren, jangan lupa bawa bekal,
    minum yg pasti,, ngosngosan, hahaa
    air terjun di Jogja kan memang jenis air terjun yang muncul aernya pas kemarau toh :D
  • DEB
    avatar 9798
    DEB #Minggu, 12 Jun 2016, 04:44 WIB
    Keren sekali ya, saya sangat tertarik ke gorogan ini. semoga bagus dan bermanfaat.