Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 14 Maret 2015, 09:04 WIB

Aku sih percaya setiap rumah selalu punya cerita. Apalagi rumah-rumah tua. Salah satunya Rumah Dinas PT Kereta Api Indonesia di seberang Stasiun Patukan (PTN).

 

Pas bersepeda pagi di hari Minggu (16/11/2014) beberapa bulan yang lalu, aku penasaran mampir ke rumah tua ini. Lokasi persisnya ada di Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Cerita Mistis dan Sejarah Rumah Dinas Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang, Yogyakarta

 

Dari kertas yang ditempel dekat pintu masuk, ternyata dulu ini rumah dinas Kepala Stasiun Patukan. Kayaknya ini rumah sudah bertahun-tahun nggak dihuni. Kondisinya sangat tidak terawat. Sayang banget. Rumah tua semacam ini kan punya nilai historis.

 

Rumah Dinas Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang yang tidak terawat

 

Aku sempat keliling-keliling sekitar rumah. Siapa tahu ketemu orang yang bisa bercerita tentang rumah ini. Tapi selama di sana sama sekali nggak ada orang selain aku.

 

Cerita Rumah Dinas angker Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang, Yogyakarta

Penampakan pocong dan sundel bolong di Rumah Dinas Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang, Yogyakarta

Foto Rumah Dinas Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang, Yogyakarta di zaman dulu

 

Pintu rumah memang terkunci. Tapi jendelanya bolong tanpa kaca. Aku sempat melongok isi rumah. Di dalam rumah ada “penunggu”-nya! Tapi bukan dari golongan yang biasa bikin bulu kuduk merinding. Nih ada fotonya di bawah ini.

 

suasana di dalam Rumah Dinas Kepala Stasiun Patukan, Ambarketawang, Yogyakarta

 

Berdasarkan hasil blusukan bareng mbah Google, akhirnya ketemu juga deh cerita rumah ini dari mantan penghuninya. Eh, penghuni beneran lho ya!

 

Hayooo...siapa yang bilang rumah dinas stasiun Patukan angker?...ha..ha...

Gak angker kok....saya adalah salah satu yang pernah menghuni di sana dari tahun 1980 sampai tahun 2000-an...dulu halamannya lebih luas dari yang sekarang (karena sekarang ada penambahan jalur kereta)..

Sekeliling rumah adalah pohon2 waru...dulu kami menanam pohon kamboja di halaman rumah kanan dan kiri..ada yg bunganya merah tua, merah putih, putih kuning.. Diantara rumah pavilion dan rumah utama ada pohon mangga tua yang besar sekali...buahnya manis segar...Belakang rumah dipenuhi pohon pisang batu..pohon johar..pohon jambu mete, sirsak, kelapa, pepaya bangkok, dan ada sumur tua di belakang sebelah kiri (jika dilihat dari depan).

Kamar2nya besar2/luas, lantainya tegel tapi mengkilap...klo musim panas rasanya sejuk, klo musim dingin rasanya hangat...pokoknya sebenernya nyaman sekali rumah itu...cuma sayang, jauh dari para tetangga....

Dulu terhitung sering tengah malem pintu kami diketok petugas PPKA atau petugas pemeriksa rel untuk minta tikar...ternyata untuk membawa jenazah yang kecelakaan tertabrak kereta atau sengaja bunuh diri..he..he..he....masih banyak cerita terkait rumah dinas itu....tapi terlalu banyak utk diceritakan dalam satu kesempatan..he..he..he..maaf, banyak omongnya, sekadar ingin berbagi....SALAM KENAL.....

 

Mbilung, 1 Maret 2011

 

Sumber: http://www.semboyan35.com/printthread.php?tid=1308

 

Menyimak ceritanya Pakdhe Mbilung di atas, sepertinya damai sekali suasana rumah dinas Kepala Stasiun Patukan di masa lampau. Mirip kebun buah malah, hahaha.

 

Pemandangan Stasiun Patukan, Ambarketawang, Gamping, Yogyakarta di masa lampau

 

Sekarang sih kondisinya sudah njomplang 200%. Beberapa anggota forum semboyan35 sempat menghembuskan isu kalau rumah dinas Kepala Stasiun Patukan ini bakal digusur jadi gudang semen. Weee...

 

Sumber: http://www.semboyan35.com/printthread.php?tid=5800

 

Kisah Horor Rumah dekat Stasiun Patukan, Gamping di Yogyakarta

 

Aku ada usul buat PT Kereta Api Indonesia. Mbok ya rumah dinas Kepala Stasiun Patukan ini direnovasi supaya layak huni. Kan bisa itu dibuat jadi semacam guesthouse. Pasti banyak wisatawan asing yang tertarik. Soalnya dekat sawah, dekat sungai, dan dekat sama stasiun. Kan sejalan juga sama niat PT Kereta Api Indonesia untuk mengembangkan pendapatan perseroan.

 

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/11/12/090621533/PT-Kereta-Api-Tertibkan-5-Ribu-Rumah-Dinas

 

foto cantik wanita berbaju merah di rumah tua angker di Ambarketawang, Gamping, Yogyakarta

 

Semoga saja foto-foto yang aku jepret ini bukan foto terakhir rumah dinas Kepala Stasiun Patukan. Kalau ini rumah udah bagus, Pembaca tertarik nginep di sana nggak?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DIAS CAEZ
    avatar 7294
    DIAS CAEZ #Sabtu, 14 Mar 2015, 09:22 WIB
    wah thanks ni atas ceritanya sangat menarik, dan tentu sangat keren, sukses terus y.
    Sama2 dengan usahanya :D
  • TOTOK
    avatar 7302
    TOTOK #Sabtu, 14 Mar 2015, 16:26 WIB
    Foto terakhir pakai AFS 35mm? Hehe :)
    Semua pakai lensa 35mm Kang
  • GALLANT
    avatar 7303
    GALLANT #Sabtu, 14 Mar 2015, 20:11 WIB
    wah sumber e teko S35 haha
    Lha pas googling nemu sumbernya itu je....
  • GUSTYANITA PRATIWI
    avatar 7308
    GUSTYANITA PRATIWI #Minggu, 15 Mar 2015, 22:58 WIB
    Cukup horror y
    Malem2 dicoba nginep di Sana, siapa tahu nemu penampakan
  • CUMILEBAY.COM
    avatar 7311
    CUMILEBAY.COM #Senin, 16 Mar 2015, 11:15 WIB
    Bentar lagi rumah ini dijadikan tempat uji nyali atau syuting mister tukul jalan2 hahaha
    Cocok on Cum!
  • IWCAKSONO
    avatar 7313
    IWCAKSONO #Senin, 16 Mar 2015, 16:30 WIB
    ceritanya ngeri ngeri sedap....
    Dirimu ini kok ngeri2 sedap terus hobinya >.<
  • FENNY
    avatar 7314
    FENNY #Senin, 16 Mar 2015, 21:53 WIB
    pas awal2 kayaknya asik, eman2 rumah bagus gak ada yg pake..

    tapi setelah baca paragraf terakhir cerita pak dhe mbilung, kayaknya rumah ini cocok utk
    dokter dengan jiwa sosial tinggi..

    abis baca deket sungai kayaknya asik lagi, tapi ya tetep aja, kalau harus lihat korban2
    kecelakan yg parah2.. rumah ini memang cocok dihuni oleh orang2 tertentu saja
    Itu resikonya jadi kepala stadium Fen. Haruz selalu siaga menerima korban kecelakaan kereta api.
  • WARM
    avatar 7316
    WARM #Selasa, 17 Mar 2015, 11:59 WIB
    njenengan ini nemu aja objek menarik sepertii ini
    dan baru tau kalo itu dulunya tempat tinggal pakdhe mbilung yg kondang itu
    Eh? Emang dulunya Pakdhe Mbilung pernah tinggal di sini ya?
  • DITTER
    avatar 7319
    DITTER #Rabu, 18 Mar 2015, 12:07 WIB
    Tetep tertarik lah mas. Apalagi kalo nginepnya ditemenin Raisa....
    Fanatik Raisa dirimu ini... -.-
  • MISS RISNA
    avatar 7338
    MISS RISNA #Sabtu, 21 Mar 2015, 20:00 WIB
    aku mau kalu udah direnov dan sering ada orang. jujur ajah agak horor krn emang orang selalu mikir rumah tua itu angker. Tapi aku pengen banget punya rumah-tumah jadul. sayang rumah-rumah jadul di jogja tuh gak terawat padahal kalu dirawat bisa punya nilai plus loh mas. Yang di komplek perumahan kampus ternama itu juga bagus. pengen punya malah .hahahahah
    Siap-siap nabung sampai ber-em-em dulu mbak Ris. Biaya beli rumah, renovasi, dan mbayar pajaknya gede loh :D
  • NDOP
    avatar 7351
    NDOP #Selasa, 24 Mar 2015, 13:09 WIB
    owalah, penunggunya kucing! Kudune mbok zoom ben cetho kak! hahaha
    Ben sing moco rodo teliti sik, hehehe.
  • WARM
    avatar 7365
    WARM #Kamis, 26 Mar 2015, 04:31 WIB
    Lha itu sumber tulisanmu, twrakhirnya ada tulisan : Mbilung.
    Sepertinya aku salah tangkap maknanya deh huahaha maap maap
    Lha emang itu Mbilung-nya ndobos.com alias Pakdhe Rudy po Om? Aq yo ora dong? Hahaha :D
  • AVANT GARDE
    avatar 7461
    AVANT GARDE #Sabtu, 11 Apr 2015, 20:41 WIB
    halo mas mawi... salam kenal yah, numpang blogwalking
    dr postingan mbak yusmei soal kalitan....
    soalnya aku juga suka cerita mistis dibalik bangunan tua
    selain cerita sejarahnya hehe
    kalo mau follow blog ini tombolnya dimana yah :)
    djangki | avant garde
  • ELISA
    avatar 7861
    ELISA #Jum'at, 26 Jun 2015, 13:49 WIB
    Sudah mampir ke rumah ini lagi blm Wij...skrg sdh direnovasi lho..dicat baru spt warna stasiun...tp entah dalamnya, wong cm lihat dr jauh... :D
    Blum je mbak. Ya kapan-kapan saya sempatkan mampir lewat sana lagi.
  • LIMLIM BADRIAH
    avatar 8950
    LIMLIM BADRIAH #Sabtu, 26 Des 2015, 15:06 WIB
    Serem ihh kaya di film horor
  • AGUNG
    avatar 9113
    AGUNG #Selasa, 19 Jan 2016, 12:45 WIB
    rumah bersejarah gini sayang banget kalo harus digusur jadi pabrik semen, setuju banget
    sama saran dibikin guesthouse..
    Setiap hari yang menginap di sana bakal sering mendengar kereta lewat :D
  • BRAMDWIC
    avatar 9262
    BRAMDWIC #Jum'at, 19 Feb 2016, 19:23 WIB
    Masa kecil saya dulu pernah tinggal di rumah
    ini kira2 tahun 1997an kalo ga salah hehehe,
    soalnya kakek saya dulu pernah jd kepala
    stasiun patukan :D