Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 25 Februari 2015, 08:10 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Pembaca hobi bersepeda di Jogja? Kalau selama ini Pembaca seringnya bersepeda arah ke Pakem, Prambanan, atau ke Parangtritis, lupakan semua itu! Karena Jogja masih punya tujuan bersepeda yang nggak kalah menarik dan sama-sama diawali huruf P. Apalagi kalau bukan Pajangan!

 

Sekadar untuk perkenalan. Pajangan itu nama suatu kecamatan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Letaknya ada di sisi barat laut daya dari Kota Jogja. Ada yang bilang, asal-usul nama Pajangan tidak lepas dari pengaruh kerajaan Pajang di wilayah tersebut.

 

5 Alasan Beralih Bersepeda ke Pajangan
Kecamatan Pajangan dan posisinya dari kota Jogja.

 

Oke! Kalau Pembaca masih mikir-mikir apa sih menariknya bersepeda ke Pajangan, mungkin lima hal berikut bisa menggoda Pembaca untuk menghabiskan akhir pekan dengan bersepeda ke sana. Ini dia!

 

1. Tidak Mainstream

Ini alasan pertama karena memang Pajangan kurang begitu dikenal orang. Coba saja tanya warga Jogja. Mesti ada saja yang nggak tahu tentang Pajangan. Atau nggak, mereka tahu Pajangan itu masuk wilayah Bantul tapi nggak tahu ada apa di sana.

 

Semisal ada dialog seperti di bawah ini.

 

“Mau bersepeda ke mana kamu?”

“Ke Pakem.”

“Oooh ke warung ijo itu toh?” atau “Oooh ke rumah sakit jiwa itu toh?”

 

“Mau bersepeda ke mana kamu?”

“Ke Prambanan.”

“Oooh mau lihat candi toh?”

 

“Mau bersepeda ke mana kamu?”

“Ke Parangtritis.”

“Oooh mau ke pantai toh?”

 

Terus jadi gini.

 

“Mau bersepeda ke mana kamu?”

“Ke Pajangan.”

“Eh, di mana itu?” atau “Oooh, mau nyari hiasan rumah ya?” #gubrak

 

2. Jaraknya Relatif Dekat dan Medannya Bersahabat

Pembaca baru mulai belajar bersepeda jauh? Cobain deh ke Pajangan. Jarak dari Kota Jogja ke obyek-obyek menarik di sekitar Pajangan “hanya” sekitar 20-an km kok. Medannya juga relatif landai. Apalagi di Pajangan kan masih banyak sawah. Kan enak bersepeda kanan-kirinya sawah. Hmmm...

 

3. Banyak Obyek Wisata Alam

Pajangan juga punya potensi alam yang menarik lho! Di sana ada dua air terjun (curug) yaitu Curug Pulosari di Desa Wisata Krebet dan Curug Banyunibo di Dusun Kabrokan Kulon.

 

Eits! Nggak hanya itu saja! Pajangan juga punya sendang yang oke banget buat lho melepas penat. Namanya Sendang Ngembel yang berlokasi di Dusun Beji Wetan.

 

keindahan curug Jurang Pulosari di desa wisata Krebet, Pajangan, Bantul yang belum terkenal
Curug Jurang Pulosari di Desa Wisata Krebet.

 

Bersepeda bareng SPSS ke Curug Banyunibo, Sendangsari, Pajangan, Bantul
Curug Banyunibo di Dusun Kabrokan Kulon.

 

SPSS ke Sendang Ngembel Pajangan Bantul
Sendang Ngembel di Dusun Beji Wetan.

 

Oh iya, foto-foto curug dan sendang di Pajangan yang muncul di artikel blog Maw Mblusuk? ini termasuk foto lama lho. Yaitu pas obyek-obyek tersebut belum tenar. Soalnya, kalau ada obyek menarik yang belum tenar terus masuk ke blog ini... biasanya sih bakal jadi rame... biasanya lho...

 

4. Banyak Obyek Wisata Sejarah

Pas Pembaca masih duduk di bangku sekolah pernah belajar dong sejarah Pangeran Diponegoro. Salah satu lokasi persembunyian beliau yang nggak pernah absen disebut di buku-buku pelajaran adalah Goa Selarong. Nah, Goa Selarong ini lokasinya ya di Pajangan. Cobalah Pembaca kemari dan rasakan kira-kira suasana saat Pangeran Diponegoro berjuang dahulu.

 

Goa Selarong di Guwosari, Pajangan, Bantul
Goa Kakung bagian dari kompleks Goa Selarong.

 

Salah satu obyek bersejarah lain yang mungkin nggak dari semua kita mengenalnya adalah Dusun Mangir. Dahulu kala, di masa awal Kesultanan Mataram Islam, Dusun Mangir di bawah pimpinan Ki Ageng Mangir nggak mau tunduk sama kesultanan. Di lokasi ini kita bisa melihat peninggalan-peninggalan Dusun Mangir yang mana adalah sisa-sisa pemukiman Hindu di Yogyakarta.

 


Salah satu bangunan bercorak Hindu di Dusun Mangir.

 

5. Jangan Lupa Bersantap di Legokan Ngancar

Pajangan juga punya kuliner yang istimewa sekali yaitu yang disajikan di RM Legokan Ngancar. Lokasinya deket banget sama Dusun Mangir. Sajian mangut ikan gabusnya istimewa! Tapi, buatku yang lebih istimewa lagi adalah sambal terongnya! Hahaha. Oh iya, jangan khawatir, harganya juga istimewa murahnya kok!

 

Sajian Air Tawar ala RM Legokan Ngancar
Mangut gabus istimewa khas RM Legokan Ngancar.

 

Jadi gimana? Pembaca sudah tertarik bersepeda ke Pajangan di akhir pekan ini?

 

Yuk, kita gali potensi di sekitar tempat tinggal kita dan mempromosikannya ke banyak orang!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • IDAH CERIS
    avatar 7195
    IDAH CERIS #Rabu, 25 Feb 2015, 11:00 WIB
    Ini jadinya dapat bonus yang plus-plus banget. Menyehatkann jiwa raga yo, Mas. Kapan2
    nyong pinginlah njajal sepedaan nang Jogjes. Air terjunya ora nguatii apike.
    Tumben dirimu komen di sini? Jadi yang pertamax pula? Wakakakak :D

    Yo dirimu berlatihlah yang keras dahulu di Banjarnegara, biar besok kalau nyepedaan di Jogja staminanya sudah kuat, hohoho.
  • NBSUSANTO
    avatar 7196
    NBSUSANTO #Rabu, 25 Feb 2015, 12:36 WIB
    baru ahad kemaren nyepeda ke pajangan.. deket
    sih dari srandakan.. sayangnya salah setting.. niat
    awalnya cuma ke kawasan legokan ngancar
    (sayangnya kalo pagi banget belum buka) dan
    kawasan mangir sehingga pake sepeda seadanya..
    kalo dari selatan tanjakannya lumayan mas.. butuh
    sepeda yg lebih proper.. hehehe
    btw, belum kesampaian ke ngembel.. kemaren pas
    ada event disana.. terlalu rame ujungnya males
    mampir.. hehehe
    Lha bukannya dari Srandakan cuma tinggal ngikutin jalan raya? Mosok nanjak sih Kang?

    Lho ada acara apa di Ngembel Kang?
  • FENNY
    avatar 7198
    FENNY #Rabu, 25 Feb 2015, 20:39 WIB
    bukannya barat daya ya mas?
    untung ada gambar petanya,

    pas baca barat laut bayanganku lsg ke daerah utara Godean, sambil mikir berkali2 kok
    bisa ada daerah bantul yg nyempil disana, hahapisss
    waaaaa.... salah tuliiisss >.<

    makasih mbak fenny! >.<
    Dalam pikiranku itu arah ke Parangtritis makanya barat laut, hahaha :D
  • GOIQ
    avatar 7199
    GOIQ #Rabu, 25 Feb 2015, 22:04 WIB
    pengen deh sepedaan kalo pemandangannya kece gini. Biasanya cuma sepedaan di gym
    yang ngga bisa jalan kemana-mana walaupun tetap pegal dan sehat :)))
    Bedanya nyepeda di daerah sama di kota ya? :D
  • WARM
    avatar 7200
    WARM #Kamis, 26 Feb 2015, 09:44 WIB
    waduh! ada menu ikan gabus, ini sepertinya wajib dikunjungi ini! ngiler
    lha kapan Om mau ke mari?
  • DEPZ
    avatar 7205
    DEPZ #Kamis, 26 Feb 2015, 13:33 WIB
    wahh keren bener ini...
    beberapa kali ke jogja kok br tau yg ini smua ya.
    masukin list ahhh kalo nxt time k jogja lg :D
    Dirimu kurang blusukan menjelajah Jogja :D
  • ELISA
    avatar 7209
    ELISA #Jum'at, 27 Feb 2015, 12:28 WIB
    daerah tetanggaku ini...mmg apik...tp kalau nyepeda ntar dl deh...ndak ada temennya nih...:(
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7213
    BERSAPEDAHAN #Jum'at, 27 Feb 2015, 16:57 WIB
    di jogja enak sekali ya ..... banyak sekali pilihan tempat2 yang menarik ...
    mau wisata sejarah .... banyak bangeett
    wisata alam ... akeh pisan ... he he ... gunung, pantai, curug, lembah ...
    pajangan .... saya baru tahu ada nama ini ....
  • DITTER
    avatar 7216
    DITTER #Sabtu, 28 Feb 2015, 16:09 WIB
    Dulu aku suka nyepeda, tapi cuma dari kos ke tempat kerja aja... :))

    Kalo bersepeda ke Pajangan, mungkin berangkatnya enak, ya, soalnya turunan. Tapi pulangnya ngos-ngosan... :D
  • CN
    avatar 7221
    CN #Minggu, 1 Mar 2015, 15:04 WIB
    Waaah serunya!!
    belom lama ini ke curug pulosari. Tapi rame buangeeet! haha
    ada referensi tempat lain ga mas di jogja dan sekitarnya?
    Pengennya yang belom banyak dikunjungi tapi extraordinary. :D
  • NDOP
    avatar 7240
    NDOP #Rabu, 4 Mar 2015, 22:31 WIB
    Aku ning jogja mengko enek persewaan sepeda gak? Khan enak nek iso ngontel bareng kak..
    Aku nduwe sepeda okeh kok Bro, santai wae
  • HERMAWAN
    avatar 7249
    HERMAWAN #Kamis, 5 Mar 2015, 19:15 WIB
    thanks mas sudah ikut mepromosikan Pajangan.. hehe sebenernya masih ada spot lain
    seperti Daam Gejlik Ngantru utara kantor kecamatan peninggalan belanda. Kemudian
    ada Daam Widodo yang sering buat mancing dan "benji jumping" alia terjun bebas
    sebelah selatan curug banyunibo. Ada spot baru lagi yang asik buat ambyur ambyuran di
    Kedung Pengilon sebelah utara Jurang Pulosari, itu perbatasan dengan kasihan.
    Kemudian yang hampir mepet dengan sedayu ada Yang namanya Goa Angin Angin
    dengan view pemandangan lembah sleman. Kalau kuliner jangan lupakan juga ada
    Ingkung Kuali di kalakijo :D thanks ya
    mampir di blog kami Wisatapajangan.com
  • NBSUSANTO
    avatar 7261
    NBSUSANTO #Senin, 9 Mar 2015, 10:26 WIB
    kalo ke di kawasan pajangan lumayan mas tanjakannya kalo dari selatan.. yang dari
    jalan pandak-sedayu itu naik lewat deket ngembel jelas terjal.. di jalan tembus baratnya
    juga lumayan terjal.. yang agak enak lewat baratnya lagi.. jalan kecil..
    di ngembel kemaren kalo nggak salah ada jalan sehat gitu mas.. cuma lewat di jalan
    deketnya itu udah rame, yasudah turun saja.. hehehe
    Seterjal-terjalnya Pajangan menurut aku sih lebih terjal Pathuk, hehehe
  • KUNTO
    avatar 7286
    KUNTO #Jum'at, 13 Mar 2015, 14:31 WIB
    Setuju mas...Pajangan asyik, kalo buat saya asyiknya lagi gak jauh dari rumah....Dan
    bener banget statement-nya, sendang ngembel sekarang jadi terkenal loh, sudah bersih
    n tertata rapi (semoga gak jadi tempat mojok pacaran). Jangan lupa mampir di warung
    bubur bu yati di bibis (ada baliho gede bikinan temen2 sepeda), kalau mau beli madu di
    sebelah timur bubur (di dalam komplek perumahan) ada pabrik packing madu.Trus kalau
    mau minum legen (bahan baku gula jawa), banyak tersebar di sekitar jurang pulosari tuh.
  • DIAS CAEZ
    avatar 7295
    DIAS CAEZ #Sabtu, 14 Mar 2015, 09:23 WIB
    Keren2 pemandangannya, subhanallah :D jadi kepengen mampir ni
    Ayolah kapan2 nyepeda
  • CINDY DIAZ
    avatar 7310
    CINDY DIAZ #Senin, 16 Mar 2015, 10:11 WIB
    Ak pengen kesannaaa ihh,, ayo kesana sama de timin,,,
    Lha dirimu masih di Jogja toh mbak? Ayo ngepit lagi! :D
  • RITA
    avatar 7363
    RITA #Rabu, 25 Mar 2015, 17:15 WIB
    Lha beneer bgt mas, tempat2 yg uda masuk blog ini terus jd hitzzzz bgt. Hehe. Aku suka
    bgt sama blog ini, jd referensi tempat yg bagus buat dikunjungi sama temen2 dan belum
    banyak dikenal. Terus blusuk ya biar bisa menemukan tempat yg bagus2 lg terutama di
    Bantul dan Jogja. Terimakasih :)
    Hehehe, makasih ya Rita sudah sering mblusuk baca2 artikel di blog ini! Seneng deh. :D