Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 3 Oktober 2014, 13:14 WIB

Di Kota Jogja, jelas ada beragam tempat makan yang menyajikan seafood alias hidangan laut. Tapi buatku, hanya Rumah Makan Mai-Mai yang lolos kategori tempat makan hidangan laut dengan suasana cozy, jarak lumayan dekat, dan berharga murah ala mahasiswa Jogja.

 

Rumah Makan Mai-Mai ini beralamat di Jl. Seturan, Desa Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya persis di selatannya perempatan selokan mataram yang dijaga pohon besar. Parkirnya luas, baik untuk sepeda motor dan juga mobil.

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Gambar pinjem dari putra-hasan.blogspot.com

 

Semua kebahagiaan ini bermula dari informasi kakak kost-nya si Pink. Saat itu, kami sedang kebingungan menentukan tempat makan hidangan laut. Rumah Makan Jimbaran jelas mahal. Pantai Depok kejauhan (30 km bok!). Sedangkan warung kaki lima ya... gitu deh.

 

Oleh sebab itu, satu paket ikan bakar + pelecing + tempe + nasi satu bakul + minum yang dihargai Rp10.000 jelas-jelas adalah tawaran menarik yang sangat-tidak mungkin kami tolak untuk kantong yang pas-pasan. Benar katanya si Pink bahwa Tuhan senantiasa menyertai penghuni kos yang kelaparan. Hmmm...

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Bisa makan ikan laut Rp10.000 siapa yang tidak tertarik?

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Menu favorit kedua adalah kerang. Eh, tapi yang ini agak mahal sih.

 

Bayangkan! Di mana lagi coba ada rumah makan seafood semacam ini di Jogja? Rumah makan yang menawarkan paket hidangan seafood yang jelas-jelas-jelas sangat terjangkau oleh dompet mahasiswa.

 

Cobalah Pembaca renungkan sejenak. Mahasiswa itu paling jarang menyantap ikan karena umumnya harganya lebih mahal dibanding kombinasi serasi tahu-tempe-telor-terong (apalagi kalau pas tanggal tua ). Pilihan ikan pun paling banyak ya dari jenis air tawar semacam lele, nila, bawal, dkk. Alhasil, seafood itu termasuk makanan mewahnya mahasiswa.

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Menu dengan harga miring ala mahasiswa.

 

Akan tetapi, kebahagiaan yang aku rasakan bertahun-tahun lamanya itu perlahan mulai sirna tatkala Rumah Makan Mai-Mai bersalin nama menjadi Rumah Makan Mari-Mari. Kabar yang beredar, tempat makan ini hendak diubah menjadi waralaba (franchise). Nama Mai-Mai (berasal dari bahasa Bali, Mai = Datang) yang semula dipakai ternyata telah terdaftar sebagai merk waralaba lain.

 

Perkara tentang bersalinnya nama, mungkin bukan penyebab tempat makan ini mulai kehilangan pamor. Naiknya biaya BBM dan tarif dasar listrik turut mendongkrak harga-harga sajian Rumah Makan Mari-Mari. Porsi pun terasa kian menyusut. Ikan memang nyaris berukuran sama, namun tidak untuk porsi tempe, plecing, nasi bakul, serta es teh.

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Menu jenis paket yang selalu menarik hati karena sudah lengkap dengan nasi dan minuman.

 

Akhir kata, menjelang akhir 2013 silam, Rumah Makan Mari-Mari di Jl. Seturan tidak beroperasi alias tutup. Katanya sih mau renovasi dapur. Tapi kok ya sampai akhir tahun 2014 ini bangunannya masih terbengkalai? Doh! #sedih.banget

 

Cabang waralaba Rumah Makan Mari-Mari yang lain seperti di Jl. Pasar Kembang masih buka. Tapi buatku, hanya Rumah Makan Mari-Mari di Jl. Seturan lah yang otentik dari segi rasa, penyajian, dan suasana semenjak ia masih mengusung nama Mai-Mai.

 

Kenangan di rumah makan ikan laut bakar Mari-Mari (dahulu bernama Mai-Mai) lokasi di Jl. Seturan, Sleman, Yogyakarta
Jadi kayak rumah hantu...

 

Nggak nyangka pokoknya kalau Rumah Makan Mari-Mari di Jl. Seturan itu gulung tikar. Soalnya tiap akhir pekan mesti pengunjungnya ramai banget. Tapi yah, mau bagaimana lagi? Dengar-dengar sih karena urusan manajemen.

 

Pembaca kalau makan ikan laut di mana sih? Eh, Pembaca doyan ikan laut kan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • IDAH
    avatar 6528
    IDAH #Minggu, 5 Okt 2014, 13:28 WIB
    Selokan mataram itu ada Kedai Ngapak juga kan,
    ya?
    Sayang banget sampai gulung tiker, kalau emang
    ramai pengunjung ya.
    Wah, saya malah belum tahu kedai ngapak. Maklum, nggak suka nongkrong, hehehe. Sedih juga mbak pas tahu gulung tikar. Di mana lagi bisa makan ikan laut murah-meriah...
  • DITTER
    avatar 6531
    DITTER #Selasa, 7 Okt 2014, 08:44 WIB
    Itu yg di deket Depok Sport Center itu bukan, Mas?

    Dulu aku tahunya Mai-Mai di perempatan Seturan, timurnya UPN. Nggak tau deh sekarang masih ada atau nggak....

    Ternyata kita sama-sama penyuka hidangan laut :D
    Iya, itu yang di Seturan itu. Di utaranya Depok Sport Center. Sekarang penampakannya terbengkalai kayak foto di bawah itu.
  • ANNOSMILE
    avatar 6534
    ANNOSMILE #Selasa, 7 Okt 2014, 11:29 WIB
    kapan-kapan nyoba..apakah harganya masih sama dengan yg ini hehehe
    Udah mahal No. BBM naik.
  • HM ZWAN
    avatar 6535
    HM ZWAN #Selasa, 7 Okt 2014, 13:26 WIB
    Wew,nggak nguati banget kerangnya..enak banget kayaknya
    Emang enak Mak! Saya suka kerang! :D
  • HADIK
    avatar 6537
    HADIK #Selasa, 7 Okt 2014, 14:39 WIB
    Cara bertuturnya reporter abis. Btw, setuju kalau itu murah. Gilak. Mupeng
    Padahal aku bukan reporter lho...

    Kalau sekarang, udah nggak ada kayaknya makanan dengan harga segitu, hahaha :D
  • HILDA IKKA
    avatar 6556
    HILDA IKKA #Minggu, 12 Okt 2014, 14:16 WIB
    Walah Mas, tiwas saya sudah pengen nyicip kesana. Kan saya mau mapir ke Jogja :D
    Wekekeke, dirimu datang di tahun yang tidak tepat mbak :D
  • RULLAH
    avatar 6650
    RULLAH #Rabu, 5 Nov 2014, 15:27 WIB
    Banyak yang hilang toh di Babarsari, sekarang banyaknya disana yg jualan sepatu :-(
    Di Babarsari yang banyak sekarang apartemen...