Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 25 Agustus 2014, 04:59 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Sore hari itu, mendung menggelayut di langit utara Yogyakarta. Belaian angin perlahan-lahan menggiringnya ke selatan. Sedikit demi sedikit, rona biru pun lenyap.

 

Ah... sirna sudah peluang menyaksikan cerahnya langit senja di penghujung satu Syawal 1435 Hijriyah (28/7/2014). #sedih

 

Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Nggak hujan tapi kok ya mendung...

 

Nun jauh di bawah langit, aku bersama Mbah Gundul memacu kereta angin kami menembus lenggangnya Jl. Raya Jogja – Solo ke timur menuju Prambanan. Semula sih hanya sekadar silaturahim. Lantas berakhir dengan ajakan menikmati senja sembari bersepeda. Mumpung jalanan di hari pertama lebaran masih sepi.

 

Tak butuh waktu lama untuk akhirnya tiba di Kecamatan Prambanan. Kami pun menyebrang rel kereta api ke arah selatan. Disusul dengan melahap medan tanjakan di Perbukitan Pereng menuju resor Abhayagiri Sumberwatu Heritage.   

 

 

Mentari senja semakin merapat ke ufuk barat saat kami tiba di puncak tanjakan. Rute tersingkat dipilih, yakni jalan semen menanjak yang berada tak jauh dari Abhayagiri Sumberwatu Heritage serta SDN Sumberwatu.

 

Bersepeda menikmati senja di Spot Riyadi di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Baru segini doang kok dirimu sudah nuntun Mbah?

 

Berdasarkan pengalaman menjamah wilayah ini bertahun-tahun lamanya, aku ingat ada suatu tempat di pinggir jalan desa yang menyajikan pemandangan indah dari atas bukit. Hanya butuh sekitar 5 menit bersepeda dari tempat kami berada. Rutenya ya tinggal ikuti jalan desa saja ke arah timur.

 

Setibanya di sana, seorang bapak dan seorang ibu juga tengah menikmati pemandangan senja. Dengan ramah mereka mempersilakan kami turut serta. Sang bapak memperkenalkan diri sebagai Pak Riyadi. Sedangkan sang ibu adalah istrinya. Rumah mereka tepat berada di seberang jalan.

 

Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Menikmati senja dari atas bukit dan di pinggir jalan.

 

“Di tempat ini kita bisa lihat sunrise sekaligus sunset Mas. Kalau subuh-subuh sering ada turis asing yang kemari nunggu sunrise. Mereka diantar mobil dari hotel dan mobilnya diparkir di pekarangan rumah saya.”, ujar Pak Riyadi sambil menunjuk pekarangan rumahnya yang cukup luas.

 

Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
"Sunsetnya ada di sana Mas", kata Pak Riyadi sambil menunjuk arah barat.

 

Langit senja Yogyakarta yang mendung di Bukit Gayamharjo, Prambanan
AGH! Sayang sekali langitnya mendung...
Coba Pembaca lihat warna sawah yang keemasan itu. Subhanallah. Cantik sekali kan?

 

Golden time di Spot Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Tapi, dua menit setelahnya, cahaya keemasan itu lenyap. Sawahnya jadi hijau lagi.
Fotografi memang benar-benar bergantung pada lokasi dan waktu.

 

Sempat terpikir, enak sekali punya rumah seperti Pak Riyadi ini. Tiap hari bisa menyaksikan pemandangan indah mentari terbit sekaligus terbenam tanpa perlu jauh-jauh beranjak dari rumah. Iya sih, lokasinya terpencil di atas bukit. Tapi mungkin saja ada orang yang rela bayar mahal demi menikmati keindahan alam ini setiap harinya. 

 

Rumah sederhana Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Rumah sederhana Pak Riyadi dengan halaman luar dan pemandangan cantik.

 

“Tanah di ujung sana sudah dibeli hotel X Mas (nama disamarkan ). Luasnya 10.000 meter persegi. Abhayagiri ya juga punya semacam gardu pandang di bukit sana.”, ujar Pak Riyadi sambil menunjuk wilayah perbukitan yang masih tertutup hutan.

 

Pemandangan indah dari halaman rumah Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Bila kawasan ini dikomersialkan, mungkin tak akan lagi bisa kita lihat pemandangan semacam ini.

 

Waduh! Ternyata usaha hotel sudah merambah ke perbukitan Prambanan! Tempat-tempat terpencil semacam ini perlahan-lahan berpindah kepemilikan. Berubah jadi lokasi usaha yang menjual pemandangan. Bisa-bisa, kelak di masa datang tak ada lagi ruang yang tersisa untuk bisa menikmati keindahan karya Tuhan dengan cuma-cuma.

 

Anak-anak desa Sambirejo menikmati Senja dari Bukit Gayamharjo, Prambanan
Remaja-remaja tanggung ini pun mungkin akan kesulitan menikmati indahnya ciptaan Tuhan dengan cuma-cuma.

 

“Hari gini tempat mana sih Wis yang nggak dibeli orang berduit?”, tanya Mbah Gundul sambil berlalu

 

Pak Riyadi dan Senja di Bukit Gayamharjo, Prambanan
Semoga saat mentari terbit di esok hari, tidak akan ada yang berubah dari tempat ini.
Masa depan semoga akan lebih cerah...

 

Begitulah. Seiring dengan mentari yang mulai terbenam, kami pun pamit pada Pak Riyadi. Obrolan ngalor-ngidul di sore hari itu (mulai dari sepinya Jogja di lebaran hari pertama hingga keberadaan Candi Miri di ujung bukit) menutup kisahku di hari raya idul fitri tahun 2014.

 

Pembaca apa tahu di tempat-tempat terpencil lain yang menyajikan pemandangan indah seperti ini terancam dirambah untuk dikomersilkan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • KRISHNA
    avatar 6375
    KRISHNA #Senin, 25 Ags 2014, 09:08 WIB
    Ah keren sekali pemandangannya. Wah harus cepat-cepat kesini nih sebelum berubah jadi tempat komersil
    Iya Om, di Jogja ini dimana-mana rawan muncul hotel klo lokasinya udah mepet pemandangan eksotis
  • DITTER
    avatar 6379
    DITTER #Senin, 25 Ags 2014, 15:26 WIB
    Subhanallaah.... foto sawah dengan cahaya keemasannya itu keren banget mas kalau dibikin wallpaper komputer.... Cakep banget! :O

    Begitulah, sulur-sulur gurita kapitalisme semakin membelit daerah-daerah perawan di Indonesia....
    Orang Indonesia kok sukanya memperawani ya? #eh...
  • PUNGKY SUDRAJAT
    avatar 6380
    PUNGKY SUDRAJAT #Senin, 25 Ags 2014, 17:27 WIB
    Mendung memang tak selalu kelabu ya mas... kadang bisa membuat suatu momen semakin dramatis... :)
    Ho oh Bro, asal jangan tiap hari mendung aja, pinginnya sih gitu :p
  • RDSAPUTRO
    avatar 6382
    RDSAPUTRO #Senin, 25 Ags 2014, 22:20 WIB
    mungkin jawaban dari pernyataan "Tanah di ujung sana sudah dibeli hotel X Mas (nama
    disamarkan :p). Luasnya 10.000 meter persegi. Abhayagiri ya juga punya semacam
    gardu pandang di bukit sana" itu pernah tak kunjungi mas, coba diintip :p
    http://rdsaputro.blogspot.com/2014/05/mengintip-terbitnya-mentari-dibukit.html
    Woooo... dirimu wis tau mrono toh? Oke suk kapan2 tak jajale, mumpung rung mbayar, hahaha :D
  • FENNY
    avatar 6384
    FENNY #Selasa, 26 Ags 2014, 09:22 WIB
    baru tau kalo di bukit tugel ternyata banyak spot buat liat sunrise, dulu tak kira cuma di
    deket candi miri aja
    Yang ini kalau mau ke Candi Miri pasti ngelewatin mbak Fen
  • IDAH
    avatar 6385
    IDAH #Selasa, 26 Ags 2014, 09:50 WIB
    Yang punya tanah juga seringnya tergiur dengan iming2 uang banyak, sih. :)
    karena memenuhi kebutuhan hidup di lokasi terpencil lebih susah daripada di kota mungkin
  • WENING
    avatar 6386
    WENING #Selasa, 26 Ags 2014, 17:32 WIB
    Iiihhh... keren bangeeet! Liat disana kayaknya angeet gimana gitu :)
    yang kuning-kuning kok malah kerasanya hangat ya mbak? hahaha :D
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 6387
    ANDIKA HERMAWAN #Rabu, 27 Ags 2014, 09:09 WIB
    ya ampun, tak kira cuma di daerah kota aja yang sekarang makin komersil karena
    pembangungan hotel yang massive, sampai daerah "pelosok" pun juga bakal dikomersilin
    oleh orang-orang berduit :(
    Pokoknya Bro, semakin banyak orang dateng ke sana, harus siap-siap menerima kenyataan itu tempat bakal dikomersilkan...
  • MATIUS TEGUH NUGROHO
    avatar 6388
    MATIUS TEGUH NUGROHO #Rabu, 27 Ags 2014, 09:49 WIB
    Walaupun mendung, tapi fotonya tetep kece kok, bro. Warna keemasan itu mengguyur
    bentangan sawah di bawahnya :)
    Makasih Bro, tapi masih resah hati ini karena waktu itu mendung, hahaha
  • BOCAH PETUALANG
    avatar 6391
    BOCAH PETUALANG #Rabu, 27 Ags 2014, 14:56 WIB
    Foto terakhir itu mantap banget.
    Kalau sempat nanti tak kasih tutorial gimana caranya supaya itu foto paling bawah terlihat mantap.
  • CAHYO
    avatar 6393
    CAHYO #Rabu, 27 Ags 2014, 18:55 WIB
    Klo ada ksempatan coba pake nikkor 28-105mm mas.... kyke tmbah indwah tu :)
    Lha kok 28-105? Nggak 12-24 aja? :p
  • WISANGGENI
    avatar 6394
    WISANGGENI #Rabu, 27 Ags 2014, 20:07 WIB
    cakep pemandangannya keren. terima kasih sharing-nya
    sama-sama :)
  • ADIE RIYANTO
    avatar 6395
    ADIE RIYANTO #Kamis, 28 Ags 2014, 13:16 WIB
    Subhanallah, ini sawahnya emejing bingits. Keren ya lo bisa blusuk-blusuk ke tempat2 kayak gini. :(
    Hanya di Jogja Bro yang ada tempat semacam ini dan nggak jauh dari pusat kota :D #promosih
  • ANGKI
    avatar 6399
    ANGKI #Jum'at, 29 Ags 2014, 14:10 WIB
    Wahh ini spot daerah timur ya mas mantep euyy saya kalod aerah sono" jarang
    menjamah mas ^-^ keren dah mas Wijna emang mantap ^-^ sellau salut sama ceritanya
    yg ngalir dan bikin motivasi tumbuh kembang ^-^.9 buat bisa ke tempat itu juga mantap
    ams ^-^hehe bakal cari nie spot ^-^
    Semoga malah nggak jadi tambah terkenal aja ni tempat, hehehe
  • ANDANA PARINGGA
    avatar 6403
    ANDANA PARINGGA #Minggu, 31 Ags 2014, 22:46 WIB
    Tempat sederhana yang menawarkan pemandangan luar biasa...semoga dinas terkait tidak dengan mudah memberikan izin pembangunan yang hanya berorientasi bisnis dan uang...
    Nah, semoga pejabat desa setempat juga tidak serta-merta mudah meloloskan ijin.
  • JAUHARI
    avatar 6420
    JAUHARI #Rabu, 3 Sep 2014, 18:28 WIB
    Rumah dengan view sunset/sunrise sperti ini ... adalah mimpi saya
    aaminn ....
    Tapi rumah Pak Riyadi ini jangan dirimu beli ya Om, hehehe.
  • RDSAPUTRO
    avatar 6425
    RDSAPUTRO #Kamis, 4 Sep 2014, 13:04 WIB
    gek cepet mas, aku mruput bulan Mei we dalane wes dadi, saiki paling yo wes luwih apik. sebenere bukit
    Nganjir apik nggo ndelok spot sunrise hehe
    Bukit Nganjir koordinat e ndi e Bro?
  • AQIED
    avatar 6431
    AQIED #Jum'at, 5 Sep 2014, 10:58 WIB
    wow keren bangeeeet. harus banget kayanya kesini ya. jalannya lumayan juga ya kudu hati2 kalo pulang kemaleman ya.
    ah iya gak bisa nyante nemu tempet bagus dikit dikomersil.
    Ya pas kedengeran adzan maghrib mestinya dirimu udah cabut dari sini supaya suasana jalannya belum gelap banget.
  • CAHYO
    avatar 6440
    CAHYO #Minggu, 7 Sep 2014, 19:07 WIB
    12-24? wooo ki ngajak po nawani? ngajak miskin ki yo... :P
    Sopo kondo mesti tuku? Kan okeh penyewaan lensa Pakdhe... :p
  • YASUSPADE
    avatar 6472
    YASUSPADE #Senin, 15 Sep 2014, 23:43 WIB
    hwaaaiki... pancal ah... soale curug lg do asat banyune :p
    Ho oh je curug-curug do asat, lha njuk piye...
  • N. FIRMANSYAH
    avatar 6484
    N. FIRMANSYAH #Sabtu, 20 Sep 2014, 16:22 WIB
    Langit mendungnya malah bikin gambarnya jadi lebih sempurna, Kang!
    Saya malah lebih suka kalau langitnya cerah... :(
  • SURYO
    avatar 6527
    SURYO #Minggu, 5 Okt 2014, 13:08 WIB
    sunrise di sini juga bagus. kalau sunset soalnya di sebelah barat agak ketutupan pohon2 di kebon itu...
    Kalau pohonnya malah ditebangi nanti malah jadi nggak terkesan alami.
  • YOCTA
    avatar 7306
    YOCTA #Minggu, 15 Mar 2015, 12:05 WIB
    baru ngerti keren juga kayak e. wajib ke situ sebelum besi dan beton tumbuh di sana
    Ke sananya diem-diem aja makanya, jangan sampai ketahuan orang-orang bermodal yang hobinya bikin properti di lokasi2 terpencil :p
  • ASKEL
    avatar 8751
    ASKEL #Minggu, 29 Nov 2015, 19:53 WIB
    sayang resolusi gambarnya kecil. cantik sangat pemandangannya. jadi inget masa smp dahulu :-) makasih
    SMP dahulu di Prambanan juga?