Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 31 Mei 2014, 07:53 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Ah, Jogja! Propinsi yang satu ini memang ngangenin! Selalu ada aja hal-hal unik yang menarik untuk dieksplorasi.

 

Pantes aja, mereka yang dulu pernah bermukim di Jogja selalu pingin buat kembali ke Jogja lagi dan lagi. Tapi apa daya, mereka lebih banyak tertahan oleh kucuran uang yang mengalir deras di kota-kota besar. #sedih

 

Tapi Tuhan memang adil. Desa-desa yang tersebar di pelosok Jogja memang nggak mengucurkan uang sebanyak di kota besar. Tapi, desa-desa itu punya kekayaan alam yang subhanallah... indahnya banget-banget. Sesuatu yang nggak bakal kita jumpai di kota besar mana pun di Indonesia. Ya kan?

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Oleh sebab uang nggak akan bisa membeli segalanya, satu-satunya cara menikmati pesona keindahan desa itu ya dengan berkunjung ke desa. Kalian nggak bakal hanya menemukan hamparan sawah aja melainkan obyek unik, semisal... air terjun! Coba, siapa sih yang nggak suka pacaran berbasah-basahan di air terjun?

 

Sebagai orang kurang kerjaan yang hobinya blusukan ke tempat-tempat aneh, di artikel kali ini aku mau berbagi informasi tentang desa di Jogja yang ada air terjun yang tersembunyi. Umumnya sih jauh dari pemukiman dan jalan besar. Separah-parahnya harus masuk hutan lah, hehehe. Buat kalian yang masih muda atau berjiwa muda, tentu nggak masalah dong untuk menerjang medan penuh tantangan yang kayak gini. Tul nggak?

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Empat desa berikut tersebar di empat kabupaten yang ada di Jogja, yaitu Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul. Coba ya di Kota Jogja juga ada air terjun, kan jumlahnya bisa genap lima mirip pancasila. #apasih

 

Oke deh, kita mulai ya!

 

Air Terjun Kembar di desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Pas sekolah, SMP atau SMA gitu, kan di pelajaran sejarah pernah disebutin tuh bangunan candi yang bernama Candi Prambanan. Ingat nggak? Nah, nggak begitu jauh dari Candi Prambanan (sekitar 7 km) ada desa bernama Wukirharjo. Di desa ini ada air terjun kembar yang nggak banyak orang yang ngerti. Letak air terjun ini ada di pinggir sebuah tanjakan dan harus jalan kaki masuk hutan untuk mencapainya.

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.8151653, 110.5131859
Peta di Wikimapia

 

 

Curug Banyunibo Sanggrahan di desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Pembaca kenal dengan pantai Parangtritis yang paling populer di Jogja? Nah, selain pantai Parangtritis, kabupaten Bantul juga punya air terjun yang tersembunyi. Nggak jauh dari air terjun ini ada obyek wisata hutan pinus Mangunan. Umumnya mereka yang ke hutan pinus ini nggak bakal menyangka ada air terjun dekat sana. Di Bantul sendiri ada banyak air terjun yang dinamai Banyunibo. Tapi Curug Banyunibo di desa Muntuk ini nggak semua orang Bantul tahu.

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.9090901, 110.4470158 (balai desa)
Peta di Wikimapia

 

 

Air Terjun Grojogan Sewu di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

Eits, nggak hanya di Jawa Tengah aja ada air terjun yang bernama Grojogan Sewu. Di Kulon Progo juga ada lho! Sayangnya ya itu... belum populer! Padahal desa tempat air terjun ini lumayan dekat dengan obyek wisata Gua Kiskendo. Kenapa ya? Mungkin karena letaknya di perbukitan Menoreh yang mana jalannya menanjak dan ya... dikelilingi hutan.

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.744438, 110.1478207 (pasar Jonggrangan)
Peta di Wikimapia

 

Ceritanya, dulu aku sama kawan-kawan berniat bersepeda kemari. Eh tapi karena tanjakannya beringas, malah jadi balik mundur. Akhirnya sih kesampaian juga kemari, tapi ganti strategi naik sepeda motor, hehehe. Ceritanya di sini nih.

 

 

Curug Nglarangan di desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul

Ada tiga hal yang terkenal dari Gunungkidul: pantai berpasir putih, wisata susur gua, dan belalang goreng, hahaha. Eh, tapi jangan salah, di Gunungkidul juga ada air terjun lho. Salah satunya adalah Curug Nglarangan di desa Tegalrejo. Di desa Tegalrejo sendiri ada air terjun terkenal bernama Curug Indah. Tapi, pasti orang nggak bakal nyangka selain Curug Indah juga ada Curug Nglarangan yang terpisah jarak nggak begitu jauh. 

 

4 Desa di Jogja dengan Air Terjun Tersembunyi

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.811865, 110.626273
Peta di Wikimapia

 

 

Nah, gimana? Desa-desa yang ada di Jogja ternyata keren-keren kan? Siapa bilang isinya cuma ayam sama sawah aja? Di bawah ini ringkasan medan menuju 4 air terjun itu:

 

  Curug Kembar Prambanan Curug Sanggrahan Grojogan Sewu Jatimulyo Curug Nglarangan
Jarak dari Jl. Malioboro, kota Jogja ± 22 km ± 37 km ± 42 km ± 42 km
Waktu tempuh dengan bersepeda ± 1,5 jam ± 2,5 jam ± 3,5 jam ± 2,5 jam
Medan Jalan Nanjak dikit Nanjak banget Nanjak jahanam Rata

 

Kendala yang Mesti Dihadapi

Dari uraian panjang di atas, ada beberapa kendala yang dihadapi pengunjung kalau mau berkunjung ke air terjun di atas. Diantaranya adalah:

 

Nggak Ada Angkutan Umum Lewat Sana

 

Gimana ya? Lha wong orang Indonesia kan lebih memilih naik kendaraan pribadi daripada angkutan umum? Lagipula angkutan umum biasanya beroperasi hanya di kota besar, nggak sampai masuk desa-desa kayak gini. Alhasil, lebih enak sih naik kendaraan bermotor. Sepeda motor lebih diutamakan karena nyari tempat parkirnya gampang. Kalau mau tantangan, bersepeda juga boleh, hehehe.

 

Minim Petunjuk Jalan Fisik

 

Dari jalan raya nggak ada papan petunjuk ke air terjun. Apalagi di dalam desa, jarang banget yang ada. Jadi biar nggak kesasar, kalau sudah sampai desa yang dimaksud lebih baik tanya warga sekitar. Oh iya, siap-siap kaget sama ukuran jarak warga desa. Kalau mereka bilang dekat, itu bisa berarti jauh untuk ukuran orang kota.

 

Minim Fasilitas Umum

 

Jangan harap ada WC umum di dekat lokasi air terjun. Kamar kecil yang bisa dipakai ya paling yang menyatu dengan masjid desa. Jadi kalau mau basah-basahan, ya... siap-siap aja ya, hehehe.    

 

Kalau menurutku sih, air terjun yang aku sebutin di atas itu kondisinya masih alami banget. Jadinya sepi dan cocok buat obyek fotografi alam. Desa yang menjadi lokasi juga belum dikembangkan jadi desa wisata. Ya... ada plus-minusnya juga sih sebenernya. Kalau banyak fasilitas, nanti bakal ramai banget kayak pasar. Atau minim fasilitas tapi tenang dan syahdu untuk dinikmati. Pilih yang mana?

 

 

Ya udah deh. Selamat muter-muter desa-desa di propinsi DI Yogyakarta!

 

catatan: kalau musim kemarau, empat air terjun ini airnya bakal menghilang.

 

Artikel ini diikutsertakan dalam:
Kontes Blog #3TahunWB - Warung Blogger Peduli Potensi Daerah


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DITTER
    avatar 6127
    DITTER #Sabtu, 31 Mei 2014, 14:55 WIB
    Kalau fasilitasnya lengkap, ada petunjuk jalan, dan ada kendaraan umum yg lewat, kemungkinan besar tempat itu jadi nggak sealami dan seindah sekarang, hehe.... Tapi tergantung perawatan dan pengelolaan pemerintah setempat deng, hehe....
    Kalau menurut saya sih, yang saya sebutkan itu kan berhubungan dengan kenyamanan pengunjung. Asal pengelola "tega" membuat pengunjung kurang nyaman dan pengunjung juga "siap" menerima apa adanya, menurut saya sih masih akan alami. Tapi soal membeludaknya pengunjung... euh... sepertinya perlu dicari solusinya, hahaha.
  • AQIED
    avatar 6129
    AQIED #Minggu, 1 Jun 2014, 08:52 WIB
    koq bisa nemu aja sih, mas.
    niat banget mblusuknya nih mesti.
    aku belom pernah ke satu pun dr 4 itu. kapan yaaa (
    anggap saja ini kelakuan orang yang kurang kerjaan :p
  • EM
    avatar 6130
    EM #Senin, 2 Jun 2014, 00:16 WIB
    wij...liputan grojogan sewu jatimulyo :D
    seenggaknya ga nyampe 3,5jam dari rumah, meski tetep nanjak jahanam :D
    sabar ya, nunggu videonya selesai diedit (akalu senggang :p)
  • SUSINDRA
    avatar 6132
    SUSINDRA #Senin, 2 Jun 2014, 22:13 WIB
    Waahh... ga nyangka.. ternyata ada banyak air terjun indah yang tersembunyi di Jogja.
    indahnya kalau pas musim penghujan aja mbak
  • ADIE RIYANTO
    avatar 6133
    ADIE RIYANTO #Selasa, 3 Jun 2014, 08:29 WIB
    Baru tau ada banyak air terjun cantik di Jogja. Klo ke Jogja lg mau dong diajak ke sini. Sebagai pemburu air terjun, ke Weh ama Moyo aja disamperin, masa ke Jogja lewat2 aja sih :D
    yo kemari saja, ntar ditemani biar makin nyasar masuk hutan, hahaha
  • ANGKI
    avatar 6135
    ANGKI #Rabu, 4 Jun 2014, 07:42 WIB
    mas wijna emang mantap dah selalu terdepan salam jempol pake sepuluh wisss josh mas
    moga menang nih mantep...yg di deket goa kiskendo baru tau saya waaa keren nah mas
    mantep
    ckckck... kamu lebay
  • KRESNOADI
    avatar 6136
    KRESNOADI #Rabu, 4 Jun 2014, 15:57 WIB
    Itu yang grojogan mantap tuh! huehehe. Ternyata ada sisi lain jogja juga ya. :p/
    Iya Bang, Jogja bukan hanya Malioboro, Keraton, Pantai Parangtritis, sama Candi Borobudur doang, ada air terjun juga. (makanya itu Jogja ga pernah sepi pas musim liburan... doh!)
  • ZULHAM EFENDI
    avatar 6138
    ZULHAM EFENDI #Kamis, 5 Jun 2014, 10:36 WIB
    saya suka dengan mottonya,kalau nyasar bagian dari petualangan,hanya saja kalau nyasarnya parah bisa kacau juga,tapi sungguh pemandangannya indah sekali,kalau ada di situ kayaknya susah nih buat pulang balik,hehehe
    Hehehe, selalu ada cara untuk mencari jalan pulang kok Bang. Biarkan insting yang memandu, hahaha.
  • WENING
    avatar 6139
    WENING #Kamis, 5 Jun 2014, 20:19 WIB
    grojogan sewunya kayak di filem-filem. caantiiikkk
    Itu tandanya Jogja juga cantik mbak :)
  • IKA KOENTJORO
    avatar 6140
    IKA KOENTJORO #Jum'at, 6 Jun 2014, 05:12 WIB
    Penasaran...makasih infonya. Aku yang wong jogja aseli aja nggak tahu. Kapan-kapan pengen menyusuri 1 persatu.
    Mumpung berdomisili di Jogja mbak, kapan2 disambangi yah.
  • EXAUDIO SIREGAR
    avatar 6141
    EXAUDIO SIREGAR #Jum'at, 6 Jun 2014, 09:19 WIB
    Wuiiih.. keren!!
    Jogja punya ini Bang! :D
  • RDSAPUTRO
    avatar 6147
    RDSAPUTRO #Jum'at, 6 Jun 2014, 14:57 WIB
    masih penasaran dengan wukirharjonya itu, sayange musim kotyo ngene, mesti gak ono
    banyune hehe. grojogan sewune meh nyusut yoan kui banyune, tonjo ra le nanjak mas?
    nggo motor we yo motore menggeh-menggeh haha
    Nek musim kemarau cen ra ono banyune bro. Pas musim udan wae luwih sip. Januari - April ngunu.
  • HILDA IKKA
    avatar 6148
    HILDA IKKA #Jum'at, 6 Jun 2014, 16:09 WIB
    Keren yah, sampe menang kontes. Artikelmu emang keren kok. :D
    hihihi, belum juara pertama mbak, yang menang kan mbak Agit, hehehe, makasih ya mbak :D
  • CAHYO
    avatar 6149
    CAHYO #Jum'at, 6 Jun 2014, 16:39 WIB
    Yuh... sampeyan ini senengane nekak/nyiksa kamera yak, shutter-e diwolor-olor (mugo2 ra smpe mamel wkwk). Omong2 bagi info gih... mas wisna pke 18-135mm distorsi n pinchusion-nya trasa bangetkah?
    wekekeke, lha wong lensane wae sedikit lagi remuk kok, hahaha.

    Pakai 18-135 ya distorsinya krasa banget (apalagi di 18 mm), tapi ya diatur aja motretnya biar hasilnya ga terlalu terdistorsi. Aku nggak pernah ngedit foto supaya distorsinya hilang.
  • FENNY
    avatar 6150
    FENNY #Jum'at, 6 Jun 2014, 16:44 WIB
    jadi inget foto tanjakan yg fotogenik banget, kayaknya ada dideket salah satu air terjun ini,
    wkwkwk
    ah, tanjakan jahanam memang selalu fotogenik #senyumjahat
  • ROELLAH BLOGS
    avatar 6154
    ROELLAH BLOGS #Sabtu, 7 Jun 2014, 02:39 WIB
    Dari keempat ini baru gowes ke air terjun yg pertama mas :-D
    Besok-besok mau nyusuri ruter 3 air terjun yg belum aku singgahi :-D
    Lha yang pertama jadinya ketemu nggak :D
  • APRIE
    avatar 6155
    APRIE #Sabtu, 7 Jun 2014, 03:42 WIB
    wah saya orang Jogja tapi yang beginian baru tahu...
    mumpung tinggal di Jogja, sekali-kali dicoba disinggahi Kang
  • EVRINA
    avatar 6156
    EVRINA #Sabtu, 7 Jun 2014, 15:18 WIB
    salam kenal, selamat sudah menjadi salah satu pemenng, air terjunnya indah banget, kalo ke jogja cuma sampe malioboro aja soalnya :D
    hihihi, mumpung masih muda Mak, jadi masih punya waktu dan semangat buat jalan2
  • FAJAR MAYLASARI
    avatar 6157
    FAJAR MAYLASARI #Sabtu, 7 Jun 2014, 19:26 WIB
    Ayooo maen ke grojogan sewu, di rame in yaa,, biar gak keliatan nyempil..hehe.. ayo buat yang deket2 sini maen ayo,,
    kalo musim ujan malah gak terlalu bagus,, kalo musim kemarau kayak gini malah keliatan tinggi..
    AyoMaen
    woke deeh, eh deket sana katanya masih ada air terjun lagi? bener ga sih?
  • DIAS CAEZ
    avatar 6165
    DIAS CAEZ #Selasa, 10 Jun 2014, 09:01 WIB
    hembt pengen bnget tho bisa ke jogja,, ngunjungin wisata2 kyk begini ,, wahh jadi ngiler pengen kesana :(
    yuk maen ke Jogja mas Dias :D
  • YASUSPADE
    avatar 6177
    YASUSPADE #Kamis, 12 Jun 2014, 10:34 WIB
    inspiratif sekali... koe panutanku mas... ahaha

    kulon progo ada lagi ya? sesuk jajal... (y)
    Panutan kie karo Gusti sing nduwe nyowo, ojo aku mengko nyasar :p

    Jare ng Kulon Progo ono meneh
  • PAKDHETIMIN
    avatar 6184
    PAKDHETIMIN #Minggu, 15 Jun 2014, 19:13 WIB
    alhamdulilah aku pernah kesana empat2nya...:p
    Alhamdulillah ya Dhe...
  • FACHMI
    avatar 6194
    FACHMI #Rabu, 18 Jun 2014, 16:06 WIB
    bisa dikembangkan jadi desa wisata, cari potensi lain di desa itu yg bisa dikembangkan lagi,
    Sip Bang Fachmi! Ini juga masyarakat desa sudah tergerak untuk memberdayakan kok. Semoga pengelolaannya bisa segera profesional ya.
  • ABDURRAZAQ
    avatar 6196
    ABDURRAZAQ #Rabu, 18 Jun 2014, 21:07 WIB
    Wah baru tahu saya mas. Bagus sekali pemandangannya.
    Keren kan? Siapa bilang Jogja cuma Malioboro sama Keraton doang. :D
  • LUSI
    avatar 6201
    LUSI #Minggu, 22 Jun 2014, 00:24 WIB
    Waaaah baru tau Jogja punya air terjun. Thanks banget infonya. Yang Girimulyo itu cakep
    banget fotonya.
    hihihi, kalau ke Jogja pas musim hujan bisa jalan2 sambil nyari air terjun
  • DIMAS
    avatar 6294
    DIMAS #Sabtu, 2 Ags 2014, 10:38 WIB
    infonya sangat menarik untuk wisatawan luar jogja
    klo musim lebaran barengan sama musim hujan pasti jadi rame...
  • WONG NJOGJA
    avatar 6390
    WONG NJOGJA #Rabu, 27 Ags 2014, 12:51 WIB
    Hallo admin ijin ikutan nimbrung yach...dari keempat air terjun itu yang udah pernah ane kunjungi cuma BanyuNibo yang di Dlingo ,emang bagus sayang untuk pengelolaan masih belum bagus...perlu ditingkatkan lagi.
    Iya mas Bro, soalnya kan warga desa belum memandang ini sebagai aset wisata.
  • NOVA DEVID
    avatar 6509
    NOVA DEVID #Senin, 29 Sep 2014, 13:27 WIB
    pengen melu mblusuk kang,,
    tunggu sampai musim hujan lagi ya :D
  • ABIL
    avatar 6779
    ABIL #Sabtu, 29 Nov 2014, 08:16 WIB
    kang, uda musim ujan. ayo blusukan :D
    Blusukan naik sepeda atau blusukan naik motor niy? Hehehe
  • MAHADEWI
    avatar 6809
    MAHADEWI #Selasa, 9 Des 2014, 15:00 WIB
    HARUS KE SINI NANTI KALAU KE JOGJA!

    :))
    Kapan ini ke Jogjanya :D
  • TEBE
    avatar 7096
    TEBE #Kamis, 5 Feb 2015, 18:07 WIB
    Saya penasaran sama gunung di prolog itu mas,
    daerah mana kah itu?
    Itu di wilayah Imogiri Kang
  • EKO PRASETYO
    avatar 7115
    EKO PRASETYO #Senin, 9 Feb 2015, 21:10 WIB
    peta lokasi sebaiknya lewat goeglemap yg mudah di akses...saran saja.
    Saran diterima. Kalau di google map nggak ada keterangan yang aneh-aneh macamnya di Wikimapia.
  • JALU
    avatar 7470
    JALU #Senin, 13 Apr 2015, 17:09 WIB
    asik mksih inpo nya kira kira habis budget berapa om ?
    Sewa sepeda motor di Jogja 4 hari. Per harinya sekitar Rp 50.000. Bensin kira-kira 5 liter per hari. Bisa dihitung sendiri lah :D
  • FIRDAUS ADERIZAL
    avatar 7532
    FIRDAUS ADERIZAL #Jum'at, 24 Apr 2015, 02:36 WIB
    Mas kira2 dr ke empat air terjun itu yg bisa
    buat ngecamp yg mana ya ? Mohon infonya
    mas makasih
    Waduh, kalau buat berkemah kayaknya kurang cocok deh. Soalnya nggak ada medan yang lapang gitu buat bikin tenda.
  • BUNGA GERALDINE
    avatar 7621
    BUNGA GERALDINE #Kamis, 14 Mei 2015, 23:26 WIB
    kak aku juga mau kasih rekomendasi di Gunung Kidul ada juga Curug Gedhe di desa Ngoro-oro , Pathuk, Gungung Kidul, Yogyakarta . tempatnya juga masih alami banget . Harga tiket masukparkir Rp 10.000 . Monggo dicoba :):)
    woke zip. Dulu pernah ke sana tapi pas lagi kering kerontang, hahahaha
  • TEMPAT WISATA
    avatar 8633
    TEMPAT WISATA #Kamis, 12 Nov 2015, 01:02 WIB
    Pengin banget blusukan di jogja terutama di
    pantai wonosari
    Akhir tahun jangan lupa mampir Jogja
  • ERWIN
    avatar 9124
    ERWIN #Jum'at, 22 Jan 2016, 10:47 WIB
    wah, ini dia yang aku cari. Gowes blusukan lagi men.. Thanks infonya nggih...
  • RADITYA
    avatar 9269
    RADITYA #Jum'at, 26 Feb 2016, 00:09 WIB
    saya dah pernah gan curug nglarangan masih asri gk ada tiket masuk apa lagi parkir motor dtitip kan drumah warga habis itu jalan pengen lagi kesana
  • ANNOSMILE
    avatar 9731
    ANNOSMILE #Rabu, 25 Mei 2016, 07:26 WIB
    penasaran sama curug kembar itu..
    debit airnya deras ga kalau bbrp hari ga hujan?
  • ARDI
    avatar 9795
    ARDI #Sabtu, 11 Jun 2016, 13:24 WIB
    curug Nglarangan keren banget, tapi itu dalem gk ya?
  • YUDI
    avatar 9947
    YUDI #Jum'at, 29 Jul 2016, 23:57 WIB
    Woow..Jogja keren!!
    Air terjun nya bagus2..jd penasaran
    Sy beberapa kali ke Jogja, tp blm sempat ke air terjun nya. Jogja kota yg ramah, indah, bersahabat dan selalu meninggalkan kesan. Selalu ingin kembali ke Jogja.
    Sy pecinta air terjun..berdomisili di Makassar (Sulsel) ada banyak air terjun cantik dan indah juga, beberapa yg sy datangi, seperti:
    air terjun Tamalulua di Jeneponto
    air terjun Cinta di Gowa
    air terjun Lacolla di Camba
    air terjun Lengang di Camba
    air terjun Takapala di Malino
    air terjun Patiro deceng (maddenge) di Camba yg paling keren
    air terjun Batulappa di Barru
    air terjun Parangloe di Gowa
    air terjun Tombolopao di Gowa
    air terjun Pung Bunga di Maros
    air terjun Latta di Pinrang
    air terjun kaba-kaba
    air terjun Lembang saukang di Sinjai
    Celebes canyon di Barru
    dll..msh bnyk lg
    Jika berkesempatan berkunjung ke Sulawesi Selatan dan menyukai air terjun..tempat2 tersebut rekomended selain pantai Losari dan Bantimurung..ada juga taman karst Ramang-ramang yg eksotik.
    Teman2 bisa coba browsing untuk melihat tempat2 tersebut.
    Salam kenal dan terima kasih info air terjun nya.
    Salam kenal juga Bang Yudi. Terima kasih buat informasi air terjunnya. Rasanya jadi pingin ke Sulawesi Selatan lagi ini deh :D. Dulu tahun 2011 saya pernah keluyuran juga di SulSel. Semoga saya dapat kesempatan untuk ke SulSel lagi yak. :D
  • JUAL MINYAK ZAITUN
    avatar 10397
    JUAL MINYAK ZAITUN #Selasa, 22 Nov 2016, 07:42 WIB
    Satupun belum pernah saya tempati hahaha...

    tersembunyi tho, boleh lah bulan depan di coba makasih infonya gan
    sama-sama, semoga suatu saat berkesempatan ke Jogja dan mengunjungi tempat-tempat ini :)