Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 25 Mei 2014, 22:48 WIB

Kadang kala, hidup ini mirip persimpangan jalan. Kita disodorkan berbagai macam pilihan hidup dan hanya satu yang bisa terlaksana. Alhasil, kita pun menyusun rencana. Ada satu pilihan yang lebih diutamakan. Tapi ingat, Gusti Allah SWT yang menentukan. Ada kalanya Ia menggiring kita menjauh dari rencana dan menempatkan kita kembali ke persimpangan.  

 

Oleh sebab itu, tatkala rencana A belum dibuat, rencana B urung terlaksana, dan rencana C terpaksa ditunda, maka dipilihlah rencana D agar kegiatan bersepeda pada hari Minggu (16/3/2014) tetap berjalan koyok seperti biasanya. Sesuai judul artikel ini, rencana D tak lain adalah memburu buah (D)urian seperti yang diusulkan oleh Mbah Gun(D)ul.

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Sinopsis yang terjadi di awal kisah ini. Kejayaan PEKOK Ranger sudah lama berlalu...
Foto dan teks oleh Mbah Gundul.

 

Empat lelaki yang lain (Paklik Turtlix, Pakdhe Timin, Rizky, dan Aku) manut saja pada rencana Mbah Gundul ini. Keputusan pun diketok palu. Di Perempatan Kenteng, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo kami mengambil arah utara menuju Kecamatan Kalibawang. Menurut penerawangan Mbah Gundul, Kalibawang adalah lokasi ideal untuk berburu durian.

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.753974, 110.211786
Peta di Wikimapia

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Kecamatan Kalibawang di Kabupaten Kulon Progo sudah digadang-gadang menjadi kawasan agrowisata.

 

Bukan Mbah Gundul namanya kalau tidak membuat rute biasa menjadi terasa luar biasa. Suhu udara yang panas menjelang hujan ditambah medan jalan yang naik-turun sepanjang 10-an kilometer membuat “bensin” soto sapi yang bermukim di perut kian terkuras habis.

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Jangan tertipu dengan foto. Walaupun terlihat lurus tapi sebenarnya ya... Ah, sudahlah...

 

Untung banyak pemberhentian di pinggir jalan. Antara lain kios buah-buahan segar milik warga setempat. Satu kilogram buah naga merah (Hylocereus costaricensis) yang segar nan manis dapat ditebus seharga Rp20.000. Tidak beda jauh dengan harga di supermarket. Yah, inilah kekurangan kami sebagai pria dibandingkan dengan wanita yang lebih sensitif dalam urusan tawar-menawar.

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Bagi pembaca yang tertarik membeli, mohon diusahakan untuk ditawar.
Jangan tiru kami yang layaknya lelaki banyak duit, hahaha.

 

Tak hanya buah naga merah, durian pun juga dijajakan di sepanjang jalan. Mbah Gundul tak bergeming. Ia hanya mendamba buah durian yang matang menggantung di pohon. Ibarat gadis ranum yang belum pernah tersentuh oleh rayuan pria. Sungguh kiranya, di manakah gerangan rumah gadis yang memiliki pohon durian seperti yang didamba Mbah Gundul?

 

Bukan Mbah Gundul namanya kalau tak bisa menemukan jarum di tumpukan jerami. Dari penerawangannya, rumah gadis yang dituju ada di Desa Banjaroya. Ah, lagi-lagi Mbah Gundul memberi kejutan. Desa Banjaroya itu jaraknya... lumayan jauh. Nyaris dekat dengan Bendungan Karang Talun dan mepet Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Semakin mendekat ke negeri antah berantah. Semakin jauh juga dari rumah. Duh...

 

Setelah memisahkan diri dari jalan raya dan nyasar masuk perkampungan, akhirnya sampai juga di rumah yang dimaksud. Sayang seribu sayang, di sana tak ada satu pun pohon durian dengan buah menggantung di cabang dahan. Adapun sang empunya rumah juga tak berada di tempat. Ah, apakah ini artinya pintu kesempatan sudah tertutup rapat bagi Mbah Gundul? Akankah bisa ia meminang sang gadis ranum itu?

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Bagaikan tamu tak diundang. Sabar ya Mbah...

 

Janganlah berputus asa! Gusti Allah SWT selalu menyertai mereka yang bersungguh-sungguh! Kami pun digiring-Nya kembali ke persimpangan jalan. Lebih tepatnya, persimpangan jalan menuju Jembatan Gantung Duwet yang menghubungkan provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Siapa tahu, sang gadis pujaan hati tengah menanti di negeri seberang. Ya kan?

 

Peta Lokasi

Garis Lintang, Garis Bujur: -7.695251, 110.267485
Peta di Wikimapia

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Jembatan Duwet yang mengubungkan Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo dan Kecamatan Ngluwar, Magelang.
Jembatan antik ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

 

Betul saja, selepas menyerang ke propinsi tetangga, para penjual durian rapi berjejer menjajakan raja segala buah itu. Di tempat inilah Mbah Gundul beserta Paklik Turtlix dan Pakdhe Timin menuntaskan hasrat mereka. Tiga durian seharga total Rp70.000 ludes mereka santap. Hanya mereka bertiga yang menikmati. Aku tak begitu suka, sedangkan Rizky baru sekali ini menyantapnya.

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Benar-benar seniman serba bisa. Duren pun dia terawang!

 

Rencana wisata kuliner budah durian menoreh manis dan murah di desa Banjaroya, Kulon Progo dan dekat Jembatan Duwet di desa Bligo, Ngluwar, Magelang
Mbah Gundul memang tidak pernah salah memilih gadis. Eh?

 

Rencana D pun tuntas terlaksana. Si manis dari Menoreh tak absen kami nikmati tahun ini. Penutupnya, bersepeda pulang menyusuri Selokan Mataram. Sempat terhenti sejenak oleh hujan yang mendadak turun.

 

Terkadang, kita memang perlu berhenti sejenak untuk memilih cabang jalan yang akan kita tempuh. Ingat, apa yang kita alami saat ini adalah konsekuensi dari cabang jalan yang kita pilih. Semoga saja, kelak cabang jalan ini akan tersambung pada rencana C yang hari ini terpaksa tertunda. #menghela.napas

 

Eh, Pembaca tahu kan aku ini ngoceh apa?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TOTOK
    avatar 6105
    TOTOK #Senin, 26 Mei 2014, 13:24 WIB
    Wah, nulisnya campur curcol nih. Hehe:P. Durian 3 buah seharga 70 rb itungannya murah ya Mas?
    ho oh emang lebih murah daripada di Supermarket
  • ADIE RIYANTO
    avatar 6106
    ADIE RIYANTO #Senin, 26 Mei 2014, 14:57 WIB
    Sepertinya menyenangkan ya bisa jalan-jalan naik sepeda di desa-desa sekitar Jogja. Aku pengen banget ke daerah Gunungkidul belum kesampaian nih :(
    kalau ke Gunung Kidul jangan naik sepeda! bahaya! Motoran saja!
  • SUKASUKAKEII
    avatar 6109
    SUKASUKAKEII #Selasa, 27 Mei 2014, 04:43 WIB
    DURIANNYA MONTOK BANGEEETTTTT ,
    ahahahaa ini ceritanya balada mencari duren yak,,, tpi nggak percuma ya blusukan sejauh
    itu kl akhirnya dapat durian y oke bngt
    hehehe, mencari duren yang matang di pohon pas musim duren dan belum diperawani, eh belum dipetik itu memang langka, hahaha
  • WENING
    avatar 6112
    WENING #Selasa, 27 Mei 2014, 16:02 WIB
    Saya kalo dari Wonosobo ke Jogja pasti "blusukan" lewat Kulonprogo.. dan jembatan ituuuu
    tentunya, lalu tepat sebelahnya, durian yang sedang duduk manis, hmmm... :D
    wekkekeke, pernah mampir juga mbak?
  • ANGKI
    avatar 6113
    ANGKI #Selasa, 27 Mei 2014, 18:00 WIB
    waaaaa duren wkwkw...wah mas wijna tak suka dduren ternyta gadis ranumnya hehehe
    peace mantep mas wijna slalu ad pesan ilmu guyonan dan foto yang istimewa mas wijna
    punya :) original by mas wijna
    lebay dirimu Ngki
  • DITTER
    avatar 6120
    DITTER #Kamis, 29 Mei 2014, 09:02 WIB
    Bah, aku nggak suka duren :D

    Gokil, jauh banget nyepedanya, Mas.... Menurut standarku sih, hehe....
    Sabar yo Bro. Duren boleh ga suka, tapi apa salahnya punya kebun duren? Kan lumayan penghasilannya klo pas musim duren. Tul nggak? :D
  • N. FIRMANSYAH
    avatar 6121
    N. FIRMANSYAH #Kamis, 29 Mei 2014, 09:06 WIB
    Tau gak sih, saya dulunya nggak suka banget durian karena baunya yang nyengat kayak parfum mantan. Tapi setelah dipaksa nyobain sama si kampret, jadi ketagihan :D
    Untungnya gadis saya ga suka duren, jadinya saya ga ketagihan, hahaha
  • ARIP
    avatar 6122
    ARIP #Kamis, 29 Mei 2014, 12:01 WIB
    Sampai segitunya. Kayaknya punya detektor durian berkualitas nih.
    khusus Mbah Gundul, dia sepertinya memang punya bakat detektor duren
  • EVI SRI REZEKI
    avatar 6123
    EVI SRI REZEKI #Kamis, 29 Mei 2014, 18:36 WIB
    Mau dureeeennn... udah lama nggak makan duren. Dan foto durennya begitu menggoda menelan ludah
    kalau buat saya harus bersabar menahan baunya...
  • FEBRI DWI CAHYA
    avatar 6126
    FEBRI DWI CAHYA #Jum'at, 30 Mei 2014, 20:46 WIB
    gilak semangatnya merealisasikan rencana D. keren abis bang, durennya montok pula,
    ranumnya gadisnya :p
    Demi gadis terakhir, eh duren terakhir di musim duren :p
  • ANNOSMILE
    avatar 6131
    ANNOSMILE #Senin, 2 Jun 2014, 09:23 WIB
    wah aku juga pernah mampir di warung duren ituu :D
    so pasti lah buat penggemar duren pasti pernah kemari
  • ARIS
    avatar 6134
    ARIS #Selasa, 3 Jun 2014, 09:32 WIB
    belum pernah makan selama tinggal di Jogja.... kayae perlu dicoba ini kesana :D
    kalau pas musim duren ramai banget!
  • DIAS CAEZ
    avatar 6166
    DIAS CAEZ #Selasa, 10 Jun 2014, 09:09 WIB
    Artikel y bagus bnget, kta2 nya dirancang sesimpel mungkin tetapi pembaca sangat berminat untuk membacanyaa, hembt terimakasih sangat bermanfaat buat saya untuk mencontoh nya ,, :) :)
    hahaha, semoga bermanfaat untuk menyantap duren :D
  • TONO
    avatar 6523
    TONO #Kamis, 2 Okt 2014, 11:51 WIB
    kalau ada kegiatan sepeda lagi hari sabtu sy mau ikutan pak , bs diinfokan via sms di 08388859593 insya allah mau ikutan tks
    Kalau hari Minggu sampeyan mau ikutan nggak?