Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 19 Maret 2014, 06:02 WIB

Ada yang bilang kalau kamu bisa menemukan sesuatu yang menarik mulai jarak 5 kilometer dari tempat tinggalmu. Ah apa iya sih?

 

Hari Senin sore (14/10/2013) aku bersepeda ke arah selatan. Ruteku blusukan nggak jelas. Pokoknya 5 kilometer arah selatan. Sebisa mungkin menghindari padatnya jalan raya Jogja di sore hari.

 

Hingga pada akhirnya aku “nyasar” ke Jl. Bantul pas setelah ringroad. Tak jauh dari bangunan baru pasar Niten aku menghentikan laju sepedaku. Tepatnya di sebuah taman yang di mukanya bertuliskan “Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh” serta “Taman Bermain dan Ruang Pamer”.

 

Suatu Sore di Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Sore hari yang sepi ya?

 

Sewaktu aku singgah di sana, taman nampak sepi dari aktivitas manusia. Kontras dengan hingar-bingar kendaraan di Jl. Bantul yang berbatasan langsung dengan taman ini. Beberapa kios yang seyogyanya menjajakan panganan nampak tutup. Pun tak ada kumpulan anak yang sedang bermain di sana.

 

anak-anak sedang bermain di Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Mungkin di hari-hari lain banyak anak yang bermain di sini ya?

 

Bila diperhatikan fasilitas yang tersedia di taman ini terbilang cukup lengkap. Ada warung makanan, taman bermain, toilet, mushalla, panggung kecil, dan area parkir yang cukup luas.

 

warung-warung yang ada di Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Area parkir dan warung-warung yang sepi. Kapan ya ramainya?

 

panggung hiburan di Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Ada pentas di sini kapan saja ya?

 

Taman ini juga berbatasan langsung dengan Kali Winongo dengan sebuah jembatan kereta api membentang di atasnya. Hanya di jembatan inilah kendaraan bisa bebas berlalu-lalang tanpa takut tertabrak kereta api. Sebab, jalur kereta api ini sudah lama tak aktif dan tinggal menyisakan jembatannya saja.

 

jembatan kereta api yang ada di atas Kali Winongo di dekat Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Apa kereta api bakal lewat sini lagi ya?

 

Anggapan bahwa Jogja tak memiliki banyak ruang terbuka hijau itu tak sepenuhnya benar. Beberapa ruang terbuka hijau seperti yang ada di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul ini acap terlupakan. Pemanfaatannya pun tak optimal. Padahal taman seperti ini menelan biaya hingga ratusan juta rupiah. Menurut kabar, taman ini baru diresmikan bulan Desember tahun 2012.

 

bantuan dari bank bantul untuk Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo
Taman ini mendapat bantuan dari bank daerah ya?

 

Ah, mungkin aku datang di waktu yang kurang tepat. Sebab esok hari Selasa bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Mungkin itu yang membuat taman ini sepi. Orang-orang memilih menghabiskan sore menonton hewan-hewan kurban yang tengah menanti nasib untuk disembelih esok hari.

 

tempat lokasi pacaran sepi di Pusat Kuliner Niten Tirtonirmolo, Bantul
Kapan ya bisa motret muda-mudi yang menghabiskan senja di sini?

 

Matahari sore mulai beranjak bersembunyi di cakrawala. Aku pun bergegas mengayuh pedal sepeda kembali ke Kota Jogja. Ah, andaikan warung-warung di taman ini tidak tutup aku mungkin bisa membatalkan puasa arafahku di lokasi ini sambil menikmati hangatnya mentari senja.

 

Nah, apa Pembaca juga tahu taman atau ruang terbuka hijau di dekat tempat tinggal Pembaca yang juga sepi di sore hari?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 5884
    MAS FEB #Rabu, 19 Mar 2014, 08:03 WIB
    Pertamax...! :D
    haisy! pertamax sudah nggak disubsidi pemerintah lagi >.<
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 5885
    ANDIKA HERMAWAN #Rabu, 19 Mar 2014, 08:27 WIB
    Wah aku malah baru tau kalau di sekitar situ ada
    taman mas
    kalau nggak blusukan aku ya nggak tau bro :|
  • VIERDA
    avatar 5887
    VIERDA #Kamis, 20 Mar 2014, 03:22 WIB
    Sepertinya nasib tempat ini ga terlalu jauh beda dengan XT Square yang salah kelola....
    Saya bingung dengan XT Square, itu tempat enaknya dibuat kayak gimana ya biar rame?
  • HARIS LUQMAN HAKIM
    avatar 5888
    HARIS LUQMAN HAKIM #Kamis, 20 Mar 2014, 10:46 WIB
    di Purwodadi tempat saya sedang ada pembangunan taman, tapi saya sendir belum pernah mengunjungi karena belum jadi.
    Semoga pembangunannya cepat rampung ya, nggak mesti pindah tahun anggaran karena meleset dari target.
  • CADERABDULPACKER.COM
    avatar 5889
    CADERABDULPACKER.COM #Kamis, 20 Mar 2014, 15:20 WIB
    akhhh ngomongin jogja..saya jadi kangen suasana jogja ne...3 tahun lalu saya ke jogja...ihir
    Kalau pas di Malang ya sempatkan mampir ke Jogja barang sebentar, hahaha promosi :D
  • ALID ABDUL
    avatar 5890
    ALID ABDUL #Jum'at, 21 Mar 2014, 15:42 WIB
    Di Jombang sendiri banyak taman2 lama yang dipoles jadi keren, entah duitnya darimana haha. tapi sayang masyarakat gak bisa menjaga, sudah banyak yang rusak fasilitasnya, lampunya dll, padahal blm setahun.
    Menghabiskan anggaran akhir tahun itu, biar jatah anggaran tahun depan nggak dipotong, hahaha. Apa karena masyarakat kita belum terbiasa dengan konsep taman ya?
  • AIRYZ
    avatar 5891
    AIRYZ #Jum'at, 21 Mar 2014, 19:57 WIB
    nek sepi ngono kuwi enake kanggo pacaran.. eh.
    lha dirimu ndelik ng ndi kuwi? :D
  • GIEWAHYUDI
    avatar 5892
    GIEWAHYUDI #Sabtu, 22 Mar 2014, 01:45 WIB
    Taman-taman seperti ini kalau di Jakarta pasti ramai untuk bermain anak-anak. Saya juga
    sering ngajak anak main ke taman-taman. Tapi kalau dilihat taman Niten Tirtonirmolo ini
    sepi ya.. Mungkin perlu inovasi agar ramai..
    Kayaknya kurang promosi aja Mas
  • HENDRONURKHOLIS
    avatar 5895
    HENDRONURKHOLIS #Minggu, 23 Mar 2014, 23:54 WIB
    sesekali penegn juga ah ke sana, tapi agak jauh kayaknya dari jakal
    lha yo jauh, Jl. Bantul km 6 je!
  • ASEP HARYONO
    avatar 5896
    ASEP HARYONO #Senin, 24 Mar 2014, 13:42 WIB
    Ring Road di Jogjakarta kan ya ? Wah tanggal 10 Maret 2014 kemarin saya ke Jogja, setelah nginep di Kulon Progo. Wah wah nda sempat mampir ke sini ya HIhihihihihihihihihihihihi
    kok nginep di Kulon Progo Kang? Nggak di kota Jogjanya?
  • ICOEL
    avatar 5898
    ICOEL #Senin, 24 Mar 2014, 16:44 WIB
    Banyak ni di beberapa daerah lain proyek2 semacam taman terbengkalai seperti ini,
    padahal klo dioptimalkan pasti oke banget
    klo tiap minggu rutin ada jadwal dangdutan pasti rame
  • X-MAN
    avatar 5902
    X-MAN #Rabu, 26 Mar 2014, 17:12 WIB
    Jogja keren ya mas, jadi kepengen mau ke sana, sampe sekarang kepengen nyobain
    nongkrong di angkringan itu kayak gimana...
    nongkrong di angkringan itu rasanya mirip seperti pas nongkrong di warung pinggir jalan pada umumnya, hanya aja tempatnya lebih sempit
  • FENNY
    avatar 5904
    FENNY #Rabu, 26 Mar 2014, 17:43 WIB
    jembatannya serem, ga ada pagarnya..
    lha itu kan jembatan kereta api mbak, mana ada pagarnya? >.<
  • VIZON
    avatar 5933
    VIZON #Rabu, 2 Apr 2014, 21:22 WIB
    Ini tempatnya dekat rumahku, Wijna..
    Sehari-hari ya seperti itu.. sepi... :)
    eh iya ya, Uda kan tinggalnya di Kweni. Memang kayaknya kurang banyak kegiatan yang dipromosikan di sana ya Uda? Jadinya sepi gitu.
  • BIMBEL ONLINE
    avatar 6067
    BIMBEL ONLINE #Jum'at, 9 Mei 2014, 16:28 WIB
    good artikelnya.. saya suka sekali terimkasih postingannya
    sama-sama :D
  • PUNGKY SUDRAJAT
    avatar 6069
    PUNGKY SUDRAJAT #Jum'at, 9 Mei 2014, 19:25 WIB
    Padahal banyak daerah yang merindukan ruang terbuka dan taman bermain, tapi kenapa tempat ini malah sepi ya mas?
    Mungkin saya yang datangnya di saat yang tidak tepat saja...
  • DIAS CAEZ
    avatar 6172
    DIAS CAEZ #Selasa, 10 Jun 2014, 10:43 WIB
    wah bleh thu ngajak pacar kesitu hehehe :D
    Wohohoho mas Dias klo pacaran ke taman yoh?
  • DAENG
    avatar 6285
    DAENG #Selasa, 29 Jul 2014, 06:15 WIB
    Ini yang diseberang pasar niten ya mas? Tempatnya panas mas.. banyak yg ga mau dtg
    kesitu krn panas. Tapi di pojok ada kuliner mie ayamnya. Pernah nyoba jg :D
    Iya, memang kurang pohon2 peneduh makanya klo dateng mending sore saja pas hawanya sudah agak sejuk. Wah, pas saya ke sana mie ayamnya tutup.
  • ANGKI
    avatar 6366
    ANGKI #Selasa, 19 Ags 2014, 19:36 WIB
    pernah baca tapi belum koment hehehe pizzz iya nie ams emng suasananya gimana gtu
    kalo lewat situ juga masih sepi" aja...kayaknya di buat kumpul bikin komunitas blusuk jogja
    asik mas...hehe bakal rame pasar niten tar...pembicaranya mas Wijna tar mantap kan...
    Untuk sementara ini, aku belum mau fokus ke komunitas Ngki, nggak pingin terikat dengan komitmen
  • GALLANT
    avatar 6811
    GALLANT #Selasa, 9 Des 2014, 18:46 WIB
    waah kata katanya bagus mas :D
    Kata-kataku yang mana Bro?