Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 2 Oktober 2013, 22:39 WIB

Pembaca senang bersepeda dan tinggal di Jogja? Kebetulan, aku juga sama . Tapi sayangnya, Jogja aku nilai masih kurang ramah bagi pesepeda.

 

Sebetulnya ya kekurang-ramahannya itu nggak terlalu parah kok. Hanya saja, menurutku Pembaca harus memenuhi 5 syarat berikut agar bisa “tenang” bersepeda di Jogja.

 

Langsung saja yuk kita rinci satu per satu, dimulai dari modal utamanya...

 

sepeda jogja jalan raya tips kuat capek keringat wanita lelah kota besar jalur khusus jauh
wah...

 

Syarat 1. Harus Siap Capek!

Ini syarat yang paling utama. Sepeda kan dikayuh pakai kaki. Memangnya sepeda motor yang tinggal putar gagang gas langsung jalan? Hehehe.

 

Maka dari itu, banyak yang setuju kalau bersepeda itu olahraga. Yang jadi masalah adalah, sanggupkah Pembaca olahraga hampir setiap hari? Kalau Pembaca seorang pria mungkin kuat ya, tapi kalau wanita? Bukannya merendahkan, tapi ya tanya aja. Karena kalau orang capek itu biasanya...

 

Syarat 2. Harus Siap Panas, Berkeringat, dan Kehujanan!

Ini kejadian kalau Pembaca bersepeda saat pagi menjelang siang. Walaupun pas bersepeda malam ya bisa juga sih. Tapi kan sebagian besar aktivitas kita umumnya pas matahari masih nongol kan?

 

Pembaca pernah ngerasain nggak keluar rumah di Jogja pas siang hari di musim kemarau? Panas banget kan? Pas musim hujan juga sama, kan sebelum hujan turun biasanya cuaca mendung disusul panas. Apalagi kalau hujan bener-bener turun ya bakal basah.

 

Buat sebagian orang, kondisi badan yang tidak segar itu tidak menyenangkan, hahaha. Sebenarnya pas naik sepeda motor juga sama sih, tapi kan beda soalnya...

 

Syarat 3. Harus Siap Lebih Lama!

Bersepeda itu waktunya lebih lama lho dibanding naik sepeda motor. Lha iya, kan ya bergantung seberapa cepat pembaca mengayuh pedal toh?

 

Semakin cepat Pembaca mengayuh pedal ya memang bakal cepat sampai. Tapi efek sampingnya Pembaca bakal cepat capek dan berkeringat. Balik lagi deh ke syarat 1 dan 2.

 

Maka dari itu, banyak yang bersepeda dengan santai. Alhasil, waktu yang diperlukan untuk sampai ke tujuan jadi lebih lama deh dibanding naik sepeda motor. Apalagi...

 

Syarat 4. Harus Siap Jarak Jauh!

Bayangkan saja. Pembaca tinggal di Jl. Kaliurang km 9, tempat kerja di UGM, kalau having fun di seputar Jl. Malioboro. Kalau ditotal jaraknya (plus muter-muter) ada sekitar 11 km dan itu ditempuh naik sepeda? WOW!

 

Eits! Jangan lupa juga Jogja itu kalau semakin ke utara konturnya berupa tanjakan. Pastinya bakal tambah capek dong ya? Hehehe.

 

Mau gimana lagi? Lha wong Gusti Allah SWT ngasih wujud geografis Jogja seperti itu kok. Tapi kalau tempat-tempat aktivitas yang tersebar berjauh-jauhan itu sebenernya ulah manusia Jogja sendiri sih.

 

Terakhir, yang perlu benar-benar disiapkan adalah...

 

Syarat 5. Harus Siap Sendirian!

Coba deh perhatikan. Di persimpangan lampu lalu-lintas misalnya. Berapa jumlah pesepeda dan berapa jumlah pengendara sepeda motor?

 

Aku yakin, jumlah pesepeda bisa dicacah dengan jari tangan sekaligus kaki. Tapi, jumlah pengendara sepeda motor dicacahnya harus pakai helai rambut. Bisa jadi hanya Pembaca sendiri lah yang bersepeda pada saat itu. Biasanya sih di siang hari yang terik.

 

Tapi pastinya sih bersepeda itu lebih condong ke aktivitas seorang diri. Kalau Pembaca diminta mengantar ibu ke pasar, anak ke sekolah, istri arisan, dll dengan bersepeda pastinya agak gimana gitu kan? Pasti banyak yang memilih naik kendaran bermotor karena lebih cepat, efisien, nyaman, dan punya daya angkut lebih banyak kan?

 

sepeda jogja jalan raya tips kuat capek keringat wanita lelah kota besar jalur khusus jauh
Silakan pilih cara pergi bareng dengan sepeda.

 

Nah, itu dia. Mungkin, banyak orang memilih naik sepeda motor disebabkan mereka-mereka itu belum siap dengan syarat 1, 2, 3, 4 dan 5 yang aku rinci barusan.

 

Kalau Pembaca sudah siap atau malah belum? Ini bersepeda yang hampir rutin setiap hari lho, bukan yang Sabtu-Minggu-Tanggal Merah-Akhir Bulan aja.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNOSMILE
    avatar 5581
    ANNOSMILE #Jum'at, 4 Okt 2013, 10:46 WIB
    berarti aku belum siap :((
    banyak yang belum siap...
  • RDSAPUTRO
    avatar 5583
    RDSAPUTRO #Senin, 7 Okt 2013, 07:15 WIB
    point 5 yang agak berat ini :/
    yang kelima itu yang terberat, hahaha
  • BTT
    avatar 5584
    BTT #Senin, 7 Okt 2013, 07:24 WIB
    pernah iseng ngikutin mas kece sepedaan, mayan juga dr gsp smpe jakal km.14.. bener2
    keisengan yg melelahkan sekaligus menyenangkan... hehehe..
    wuih, ganas sampai Jakal km 14! Lumayan menantang untuk pemula, hehehe.
  • CHICI
    avatar 5586
    CHICI #Selasa, 8 Okt 2013, 10:34 WIB
    Wah udah lama nggak sepedaan sayanyaaa...
    dimulai dari nyepeda yang dekat2 macamna ke warung atau beli camilan gitu mbak
  • DEDI
    avatar 5589
    DEDI #Senin, 14 Okt 2013, 10:37 WIB
    Wah undang kita ke Yogyakarta Mas ! Kita dgn goweser Majalengka kapan2 mau coba
    muter2 yogya.....salam gowes
    hehehe, salam sepeda dari Yogyakarta! :D
  • SOCIAL BOOKMARKING
    avatar 5593
    SOCIAL BOOKMARKING #Sabtu, 19 Okt 2013, 08:22 WIB
    enak banget jalan-jalan pake sepeda di jogja
    makanya sini yuk nyepeda
  • RISKI
    avatar 5600
    RISKI #Rabu, 23 Okt 2013, 15:37 WIB
    sebenarnya saya lolos syarat-syratnya. Tapi rumah saya di surabaya. wkwk
    Surabaya malah lebih hot!
  • ADHIRESPATI
    avatar 5601
    ADHIRESPATI #Rabu, 23 Okt 2013, 17:28 WIB
    mau share nih, buat yg suka gowes keliling Indonesia. kemarin saya liat video ini:
    http://www.youtube.com/watch?vYD3udPrxJ40 disitu ada program membership free
    bagasi pesawat, lumayan kan klo bawa sepeda ke pesawat, jadi g mahal bayar ekstra
    bagasi :)
    hooo, sepedanya naik pesawat!
  • RASARAB
    avatar 5608
    RASARAB #Minggu, 27 Okt 2013, 06:20 WIB
    hahahah ane setuju dengan ini ))
    Kalau belum siap ikutan yang rame rame hari jumat :))
    ente nyepeda juga yang di hari jumat mas bro? :D
  • SANDALIAN
    avatar 5611
    SANDALIAN #Minggu, 27 Okt 2013, 12:18 WIB
    Jaman SD-SMA, saya terbiasa nyepeda puluhan kilometer dan sepeda memang sebuah
    "jalan sunyi".

    Trus pas pindah Jogja terpaksa beli motor karena transportasi di Jogja belum lancar
    (jaman belum ada Transjogja). Eh abis itu malah ketagihan numpak montor :(
    Kalau saya memang tidak bisa naik motor dan tidak niat beli motor, hahaha
  • INDOMIELEZAT
    avatar 5613
    INDOMIELEZAT #Minggu, 27 Okt 2013, 13:41 WIB
    nyepeda, ah memori jaman jaya dengan urip yang seloooo eh
    ah itu karena sekarang nggak niat aja
  • ARYAN
    avatar 5614
    ARYAN #Minggu, 27 Okt 2013, 14:58 WIB
    Hahaha... kirain apaan om.. kalo lima biji diatas itu dah pasti ya om.. pas bener dengan apa
    yg saya alami tiap hari.. cuman bedanya saya gak di jogja, tapi disolo :)
    di Solo malah pasti lebih panas ya?
  • SITAM KARIMUNJAWA
    avatar 5618
    SITAM KARIMUNJAWA #Rabu, 30 Okt 2013, 14:10 WIB
    bener mas hehehehhe. semua poin sudah saya alami sendiri :-)
    yang saya tulis ini ya pengalaman saya juga, hahahaha
  • FANDI IRAWAN
    avatar 5621
    FANDI IRAWAN #Jum'at, 1 Nov 2013, 10:22 WIB
    haha aku udah siap mas....
    udah sering nyasar - nyasar pakai sepeda
    Nyepeda kalau belum nyasar itu kurang afdol je
  • FENNY
    avatar 5625
    FENNY #Sabtu, 2 Nov 2013, 16:07 WIB
    udah biasaa.. B)

    ) sbenernya karna ngirit belum bisa beli motor :|
    Saya sih karena nggak bisa mengendarai motor, hahaha
  • FENNY
    avatar 5633
    FENNY #Sabtu, 9 Nov 2013, 14:57 WIB
    naik bis malah lebih lama daripada nyepeda..
    triknya itu pindah bus berkali-kali mbak biar cepet
  • NOPI
    avatar 5813
    NOPI #Rabu, 26 Feb 2014, 23:09 WIB
    Bener banget. Jogja akhir-akhir ini (semakin) tdk ramah sama sepeda. Toleransi
    pengendara kendaraan bermotor yang masih tipis itu lho..ngelus dodo...
    sekarang nyebrang jalan di seputaran Jakal itu benar2 jadi tantangan..
    kl capek, panas, ujan..itu jls resiko nya naik sepeda...
    Apalagi di Jakal, orang-orang bawannya buru-buru, kayaknya supaya ga telat masuk kuliah, hehehe