Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 27 September 2013, 09:13 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Lama nggak bersepeda dengan Mbah Gundul, gantian aku yang menawarinya rute bersepeda yang cukup menantang.

 

“Mbah, bersepeda nyari tanjakan yuk ke Candi Ijo.”
“Lewatnya mana?”
“Lewat rumah domes teletubbies aja Mbah”

 

Jadilah di hari Minggu pagi itu (22/9/2013) aku berdua dengan Mbah Gundul bersepeda ke Candi Ijo. Sebenarnya, rute Candi Ijo lewat rumah domes “teletubbies” itu bukan rute yang umum dilewati kalau mau ke Candi Ijo.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Aku memilih rute itu karena 99% penasaran + 1% khawatir dengan isu kesaktian Mbah Gundul yang konon memudar setelah dia terkena efek samping obat pembunuh rayap. #ngeri.tenan

 

Barangkali, bila diberi banyak tanjakan kesaktian Mbah Gundul bakal balik lagi. Hanya itu yang aku bisa, sebab aku nggak tahu di mana harus mencari batu meteorit.

 

Untuk Pembaca yang belum tahu, rute apa pun menuju Candi Ijo lewatnya sama. Maksudnya, sama-sama harus lewat tanjakan. Nah, tanjakan dari rumah domes “teletubbies” itu lebih nggilani karena dari awal sudah curam seperti foto di bawah ini.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Pesepeda pada umumnya pasti bakal menuntun sepeda mereka melewati tanjakan “pembuka” ini sambil ngos-ngosan. Berhubung aku sedikit kurang umum , aku perlu satu kali berhenti saat bersepeda melewati tanjakan ini.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Awalnya aku pikir, kali ini Mbah Gundul bakal kerepotan nanjak. Kapan lagi coba bisa melihat Mbah Gundul menuntun sepeda?

 

Wealah! Ternyata aku salah! Mbah Gundul termasuk golongan orang-orang nggak umum yang bisa bersepeda lewat tanjakan "pembuka" ini tanpa berhenti dan mengucurkan berkeringat!

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Ternyata, isu Mbah Gundul yang kehilangan kesaktian itu omong kosong! BEH!

 

Hal-hal menarik yang aku jumpai sepanjang perjalanan adalah sebagai berikut.

 

Semakin banyak perbukitan yang ditambang untuk diambil batunya. Selain petani, sebagian warga setempat berprofesi sebagai penambang. Kalau bukitnya terus-menerus ditambang, nanti bakal hilang, dan tak ada lagi yang namanya tanjakan...

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Pemandangan di atas bukit itu indah. Kami bisa menyaksikan suasana pedesaan dari ketinggian. Beberapa kali kami sempat berhenti sejenak untuk memotret pemandangan. Hanya saja beberapa lokasinya agak nyempil dan mepet tebing.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Ketersediaan air bersih sepertinya masih menjadi masalah di sini. Mungkin karena terletak di perbukitan yang cadangan air tanahnya tersimpan jauuuh di bawah muka tanah. Di beberapa tempat kami menemukan sumber air seperti sumur, mata air purba, dan waduk buatan. Kalau misalnya sumber-sumber air ini mengering, pastilah warga setempat kesulitan mencari air.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Dari Candi Ijo kami bersepeda turun lewat Candi Barong menuju Pasar Prambanan. Di depan SD Sumberwatu dibangun resor bernama Sumberwatu Heritage. Nggak kebayang deh dahulu di sana itu bekas kandang sapi. Tapi memang pemandangannya bagus, bisa memandang Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan Candi Sojiwan dari kejauhan. Ah, untung jaman dulu sudah pernah merasakan motret dari sana.

 

wukirharjo prambanan sleman sepeda tanjakan spss bayu indratomo ki ageng sekar jagad ijo barong bukit air sakit sumberwatu heritage diskon promo dome

 

Sekian dulu ceritanya yah Pembaca! Nantikan cerita di tanjakan berikutnya ya, hehehe.

 

Catatan
Kami sempat menemukan satu lokasi yang diduga sebagai air terjun yang mengering. Tapi benar atau tidaknya nanti kami pastikan kalau sudah musim hujan.  


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • CAHYO
    avatar 5571
    CAHYO #Jum'at, 27 Sep 2013, 12:05 WIB
    domes "teletubbies" itu apa toh?
    coba dilihat di link ini mas, http://gudeg.net/en/directory/13/1840/Rumah-Domes-Yogyakarta.html
  • TOTOK
    avatar 5572
    TOTOK #Sabtu, 28 Sep 2013, 13:23 WIB
    Atas ane: Cb tanya Mbah Google dgn keyword: Rumah Dome

    Saya terakhir kesana, sdh mulai tidak terawat dan sepi pengunjungnya
    Mungin karena teknik memperbaiki bangunan rumah dome nggak semua orang bisa yah?
  • ELISA
    avatar 5574
    ELISA #Senin, 30 Sep 2013, 21:26 WIB
    Wij...waktu turun nyepeda lewat candi barong itu jalan ke arah mana ya...
    oh ya kutunggu reportase si curug itu ya...smg beneran ada musim hujan nanti...hehe
    Dari Candi Ijo itu turun terus mbak, melewati SD, pokoknya jauh sebelum pertigaan ke Arca Gupala ada pertigaan dengan gapura dekat warung. Belok di sana.
  • FEND
    avatar 5575
    FEND #Selasa, 1 Okt 2013, 00:03 WIB
    pemandangan dari candi ijo memang bagus.....bisa lihat pesawat mendarat juga.. untuk pemugaran candinya masih berjalan ndak ya?
    waktu ke sana seminggu yang lalu nggak ada aktivitas pemugaran
  • YANDHI RAMADHANA
    avatar 5577
    YANDHI RAMADHANA #Rabu, 2 Okt 2013, 14:42 WIB
    keren pemandangnyanya, seandainya di jakarta ada tempat kayak gini :(((
    di jakarta banyaknya gedung bertingkat ya, hehehe
  • AGUNG N P
    avatar 5578
    AGUNG N P #Rabu, 2 Okt 2013, 17:11 WIB
    Tampaknya ni tempat pemandangannya keren banget mas, lebih keren dr desa Simbahku di Wonogiri
    hehehe, simbahmu desa di Wonogirinya sebelah mana je?
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 5582
    ANDIKA HERMAWAN #Jum'at, 4 Okt 2013, 22:57 WIB
    masuk ke Candi Ijo sekarang kena berapa mas?
    Nggak masuk mas bro, cuma numpang mejeng di luar area candi aja.
  • NOE
    avatar 5597
    NOE #Selasa, 22 Okt 2013, 07:54 WIB
    Hahaha.. tak kiro kesaktian mbah gundul itu opoo :lol:
    mbah Gundul itu sakti, bisa nanjak tanpa keringetan
  • WARM
    avatar 5598
    WARM #Selasa, 22 Okt 2013, 12:16 WIB
    kapan sepedaan lg mas ?
    saya baru lg seneng2nya sepedaan, blm pernah ketemu ama sampeyan pula hehe
    sepeda kalau pas senggang aja mas bro :D
  • INDOMIELEZAT
    avatar 5612
    INDOMIELEZAT #Minggu, 27 Okt 2013, 13:39 WIB
    mbah gundul, aku kangeeeen hug
    yo ayo ngepit
  • VIZON
    avatar 5736
    VIZON #Jum'at, 10 Jan 2014, 21:32 WIB
    Beberapa hari yang lalu aku ke situ bersama keluarga, naik motor. Gak kebayang rasanya kalau jalan menanjak seperti itu ditempuh dengan bersepeda. Salut bener deh dengan dirimu, Wijna bisa ke sana dengan sepeda.. Kalau aku? Gak mungkin deh kayaknya, hahaha.. :D
    Jangan melakukan apa yang kami lakukan ini lho Uda :D
  • BEJO
    avatar 5886
    BEJO #Rabu, 19 Mar 2014, 16:43 WIB
    dari Candi Ijo kok bisa njedul Candi Barong apa bisa?
    bisa, ada pertigaannya di jalan tanjakan itu setelah petunjuk arah ke situs Arca Gupala