Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 6 September 2013, 08:02 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Dari ceritanya mas Jo SOBOnDESO, katanya di Kecamatan Dlingo, Bantul ada air terjun yang lagi anget-angetnya diperbincangkan. Nama air terjun itu adalah Grojogan Lepo. Dikenal juga sebagai Air Terjun Ledok Pokoh. Tapi, nama resmi yang disematkan oleh Pokdarwis Desa Pokoh adalah Air Terjun Lepo.

 

Secara administratif air terjun ini berada di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Naaah... berhubung jarak dari rumah ke Dlingo itu menurutku “dekat” dan kawan-kawan yang lain sedang banyak kesibukan, jadilah di hari Minggu (2/6/2013) itu aku nekat bersepeda sendirian ke Grojogan Lepo.

 

Pekok toh? Entah kesurupan dhemit apa aku ini sampai niat banget bersepeda ke sana seorang diri hanya demi air terjun. Wekekekek.

 

Berangkatnya Masih Nanjak 

Dari rumah, aku berangkat pukul 06.00 pagi. Lewatnya Jl. Imogiri Barat yang relatif lebih sepi dibanding Jl. Imogiri Timur. Arahnya ya ke Pajimatan Imogiri. Sekitar pukul 07.00 pagi, aku sampai di percabangan jalan dekat pajimatan yang mengarah ke Desa Mangunan, Dlingo. Jaraknya dari Jogja sekitar 16 km.

 

rute ke air terjun lepo dlingo di bantul lewat tanjakan imogiri
Ini tanjakan dari Pajimatan Imogiri ke Mangunan.

 

Medan jalan dari cabang jalan ini ke Mangunan masih sama persis dengan saat aku bersepeda ke Mangunan dahulu kala bareng kawan-kawan SPSS. Maksudnya, sama-sama masih tanjakan jahanam gitu, hehehe . Sebab, Kecamatan Dlingo adanya kan di puncak bukit. Singkat tanjakan, aku sampai di pertigaan jalan ke Kebun Buah Mangunan itu pukul 8 kurang sedikit.

 

rute ke air terjun lepo dlingo di bantul lewat kebun buah mangunan
Cepet juga ya sampai di pertigaan ke kebun buah Mangunan. 

 

Nah, ini bedanya. Dari pertigaan jalan itu aku masih melanjutkan perjalan mengikuti jalan aspal. Ingat ya, bukan ke arah hutan pinus! Tapi ke arah Pasar Dlingo. Tanya aja warga sekitar, pasti pada tahu kok.

 

wisata air terjun lepo dlingo di bantul dekat tiwul mangunan mbok sum
Jalan turunan yang nikmat setelah pertigaan kebun buah Mangunan.

 

Sepanjang jalan medannya asik banget karena turunan! YES! Tapi, berhubung aku cepat tersadar dari kenikmatan sesaat, bertanyalah aku ke seorang bapak di pinggir jalan. Kata beliau, di depan bakal ada satu tanjakan menanti sehabis nyebrang jembatan. Ternyata, tanjakannya semiring Cinomati! Duh! Alhamdulillah nggak terlalu panjang, hahaha.

 

rute ke air terjun lepo dlingo di bantul lewat kaliurang
Ini tanjakan lho. Ketemunya sehabis nyebrang jembatan.

 

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Selepas menerjang tanjakan, tibalah aku di Pasar Dlingo! Saatnya mengisi perbekalan yang habis di tanjakan! Tapi, aku muter-muter nyari warung soto nggak ketemu. Jadinya, aku cuma beli roti dan air minum deh.

 

rute ke air terjun lepo dlingo di bantul lewat pasar dlingo
Ayo Bu kita sama-sama ke pasar, nyari sesuap nasi, hehehe.

 

Di dekat Kantor Kecamatan Dlingo aku tanya lagi ke warga setempat. Katanya Desa Pokoh 1 sudah dekat. Tinggal ikuti jalan di samping kantor kecamatan. Sip deh! Medan jalannya asik karena turunan. Tapi ya nanti baliknya pasti jadi tanjakan. Doh!

 

rute ke air terjun lepo dlingo di bantul lewat kantor kecamatan dlingo
Aku, sepedaku, dan calon sarapan siangku.

 

Pokoknya dari Kantor Kecamatan Dlingo, arahkan kendaraan ke SMN 1 Dlingo. Lurus terus, nanti bakal ketemu lapangan besar dengan perempatan. Belok kiri di perempatan itu. Setelah itu, medan jalan bakal berganti menjadi turunan dan masuk ke area perkampungan. Setelah melewati pemakaman, berbeloklah menyebrangi jembatan kecil. Ikuti jalan saja nanti bakal berjumpa dengan banyak papan petunjuk arah ke Air Terjun Lepo. Masak nyasar sih?

 

papan petunjuk arah ke grojogan lepo dlingo, bantul
Petunjuknya sudah jelas kan?

 

Air Terjunnya ada Banyak

Pas aku ke sana, para pemuda dan bapak sedang sibuk kerja bakti. Katanya sedang membuat lapangan parkir untuk kendaraan pengunjung. Proyek pembangunan fasilitas pariwisata ini baru berjalan awal tahun ini. Dananya masih swadaya warga desa. Semoga pemda Bantul segera melirik potensi wisata ini dan mengucurkan bantuan ya. Aamiin.

 

jalan setapak menuju air terjun lepo, dlingo, bantul
Sebagian jalannya masih jalan tanah yang becek dan licin.

 

Berhubung nggak ada aturan baku sepeda harus diparkir di mana, jadilah aku ngusung sepeda mendekat ke air terjun, hahaha. Niatnya sih mau berpose bareng sepeda di air terjun, tapi karena jalannya tanah licin habis hujan ya... nggak jadi berpose deh.

 

biaya parkir kendaraan di kawasan wisata air terjun lepo, dlingo, bantul
Parkir sepeda di dekat lokasi warung yang belum buka.

 

Di lokasi ini ada dua air terjun. Air terjun pertama yang lokasinya paling atas membentuk semacam kolam yang nggak begitu dalam. Cocok buat main air anak-anak, terus orangtuanya gelar tikar sambil makan bekal, hmmm...sip tenan!

 

Debit air terjun pertama ini nggak begitu deras. Menurutku susah juga untuk obyek foto. Kenapa ya? Mungkin karena bunyi gemericik air terjun ini bikin ngantuk. Beneran lho.

 

pemandangan indah air terjun lepo di dlingo, bantul yang bertingkat-tingkat
Air terjun pertama debit airnya tidak deras.

 

suasana di sekitar air terjun ledok pokoh, dlingo saat masih sepi dan belum terkenal
Lokasi air terjun yang cocok untuk tempat bermain anak-anak.

 

Sebelum bablas ketiduran, aku mencoba turun ke air terjun yang kedua. Jalan menuju air terjun yang kedua ini harus menuruni dinding batu gitu. Lumayan curam juga. Untung sudah latihan bolak-balik manjat/turun air terjun. Hehehe.

 

bentuk grojogan ledok pokoh, dlingo, bantul dengan batuan kotak-kotak sebagai lokasi foto selfie
Air terjun kedua dengan bentuk batuan yang sepertinya sengaja dibentuk.

 

Menurutku kok bentuk batuan di sekeliling air terjun yang kedua ini seperti dibentuk gitu yah? Bisa mulus mirip kotak gitu. Lokasinya menurutku cocok untuk motret model. Di dekat air terjun yang kedua ada lubuk yang sepertinya dalam.

 

kolam di kawasan air terjun ledok pokoh, dlingo tempat pengunjung berenang telanjang
Lubuk yang cukup dalam. Memungkinkan untuk berenang di sini.

 

Rute Pulang yang Enak

Pukul 10.00 siang aku buru-buru meninggalkan lokasi. Sebab, cuacanya sudah mulai mendung. Takut kalau hujan.

 

Nah, berhubung sepertinya kalau balik lagi ke Mangunan itu bakal ketemu tanjakannya yang menyiksa dengkul, jadi aku memilih untuk mengikuti jalan raya saja. Kata warga sekitar sih bisa tembus sampai ke Pathuk. Beneran?

 

papan petunjuk arah jalur alternatif ke wonosari
Kalau salah jalan, bisa-bisa nyasar sampai Wonosari.

 

Ternyata, tembusnya itu di pertigaan ke Banyu Urip! Wah ini sih rute kenangan. Tahun 2010 silam aku pernah bersepeda nanjak dari Banyu Urip ke perempatan beringin Kecamatan Terong dengan tidak pakai celana dalam, hahaha. Habisnya basah sih setelah padusan di curug Sri Gethuk.

 

perempatan banyu urip ke arah tanjakan cinomati
Lewat pertigaan ke Banyu Urip.

 

Pukul 11.00 lebih dikit sampailah aku di perempatan beringin Kecamatan Terong. Kalau sudah begini rute pulang ke Jogja sudah jelas. Lewat turunan Cinomati! Akhir cerita adalah aku sampai di rumah lagi pukul 13.00 lebih sedikit karena jalanan Kota Jogja macet. Alhamdulillah, tidak kehujanan! Tuhan bersama orang-orang yang mencari curug! Hehehe.

 

warung soto wisuda di dekat perempatan terong, Cinomati yang terkenal
Beh! Soto wisudanya tutup! Apa hari Minggu ini sedang ada acara wisuda kah?

 

Kesimpulannya adalah... ternyata aku masih kuat bersepeda jauh nanjak sendirian. Eh? Sekian deh ceritanya. Ditunggu lho kunjungan Pembaca ke Air Terjun Lepo Dlingo!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • CAHYO
    avatar 5519
    CAHYO #Jum'at, 6 Sep 2013, 12:58 WIB
    Byuh.. andaikata sang curug bisa berkata2 pasti bilang : iki sopo toh wirawiri entheng2
    tripot? Jan ngalap berkah tenaaaan... qkqkqk
    wong sak kampung yo ngarani ne ora nduwe gawean, weekekeke
  • INDRA SETIAWAN
    avatar 5520
    INDRA SETIAWAN #Sabtu, 7 Sep 2013, 08:07 WIB
    Kayaknya kalau musim hujan air terjunnya makin keren banyak airnya..
    Betul, datangnya pas musim hujan. Bulan Juni kan sudah jarang hujan deras.
  • PURNOMOHARY
    avatar 5521
    PURNOMOHARY #Sabtu, 7 Sep 2013, 11:08 WIB
    Wih mantep mas, klo gabung gmana mas
    Acaranya insidental ini mas bro, tapi follow twitter saya aja, siapa tahu saya woro-woro kalau mau nyepeda kemana-mana.
  • JO SOBONDESO
    avatar 5522
    JO SOBONDESO #Sabtu, 7 Sep 2013, 12:03 WIB
    pekok banget mas... mblusuk kecamatan dlingo lg mas, masih banyak air terjun yang belum disambangi
    Weh! Ada lagi po Kang? Di mana?
  • ANNOSMILE
    avatar 5529
    ANNOSMILE #Senin, 9 Sep 2013, 07:34 WIB
    catet nih..musim kemarau ada airnya ga?
    kayaknya sih ada, tapi dikiiit banget
  • PARIS
    avatar 5530
    PARIS #Senin, 9 Sep 2013, 12:07 WIB
    dewean ok piye.... selo tenan :))
    mergane bar kuwi njuk poso, ora isa pit-pitan esuk2 meneh...
  • EVE
    avatar 5534
    EVE #Rabu, 11 Sep 2013, 09:19 WIB
    awal2 september kemarin habis kesana, kaya e air e ga sgitu banyak kaya di fotomu deh
    mas.. :(
    Lha ini kan musim kemarau mbak. Kemarin itu juga nggak lumayan banyak soalnya dah di akhir musim hujan.
  • ELISA
    avatar 5539
    ELISA #Kamis, 12 Sep 2013, 09:12 WIB
    sip...lanjut lg cari curugnya ya...:)
    oke deeh!
  • ALAN
    avatar 5540
    ALAN #Kamis, 12 Sep 2013, 15:07 WIB
    wihh kayaknya musim hujan nnti bagus nih,,itu foto tanjakan habis jembatan kaliurang
    dlingo kan?
    Sepertinya itu memang jembatan Kaliurang yah. Aku tidak memperhatikan nama tempat pas di sana dan memang melintasi sungai yang agak kering.
  • FE
    avatar 5541
    FE #Kamis, 12 Sep 2013, 16:43 WIB
    gimana sih caranya biar kalo nyepeda jauh siang2/sore2 (belasan kilo udah jauh buat saya) gak pegel2 setelahnya..
    btw kalo udah terbiasa nyepeda siang jauh2, jadi ga gampang pegel2 ya?
    kalo sepulang SPSS gitu pada biasa aja apa pegel2 sih?
    Harus dibiasakan dan tidak ngoyo alias banyak nuntun di tanjakan, hahaha. Habis pulang ya pegel lah, tapi kalau dah biasa nggak sepegel itu kok.
  • POKDARWIS
    avatar 5546
    POKDARWIS #Jum'at, 13 Sep 2013, 10:59 WIB
    mau wisata air terjun yang lain nihc, desa wisata Rejosari Terong dlingo baru di nresmiamn 25 agustus 2013, menyajikan 12 air terjun dan 12 kedung, matahari terbit, dll,KLIK situs resmi www.banyunibo.com
    Rejosari itu kalau dari Pasar Dlingo mananya yah?
  • POKDARWIS
    avatar 5547
    POKDARWIS #Jum'at, 13 Sep 2013, 11:02 WIB
    DESA WISATA REJOSARI DI RESMIKAN PEMDA BANTUL KEBUDAYAAN DIY 25 AGUSTUS 2013, SIMAK YAA KAWAN, DI KAMI WWW.BANYUNIBO.COM, MENYAJIKAN 12 AIR TERJUN TERTINGGI 30 METER, DAN KEDUNGNYA KEDALAMAN 2-3 METER, "MATURNUWUN
    trims untuk informasinya
  • CUMILEBAY.COM
    avatar 5549
    CUMILEBAY.COM #Sabtu, 14 Sep 2013, 11:39 WIB
    Rada ngenes kalo dah jalan jauh2 tapi debit air nya kurang :( tapi di syukuri aja keindahan
    alam nya hahaha
    Besok-besok ke sana lagi kalau musim hujan sedang deras-derasnya, hahaha.
  • PUNGKY
    avatar 5553
    PUNGKY #Rabu, 18 Sep 2013, 11:39 WIB
    Itu beneran sepedaan (sendirian) sambil bawa tripod mas? geleng-geleng
    betul, itu cuma sendirian sambil bawa tripod, hehehe
  • WIDO
    avatar 5556
    WIDO #Kamis, 19 Sep 2013, 11:02 WIB
    Mampir Mas xx kunjung lagi. Tabonku deket2 situ kok
    oke deh, persisnya di mana?
  • WACHID
    avatar 5558
    WACHID #Sabtu, 21 Sep 2013, 12:50 WIB
    mas mbok aku dijak i..ketok e seru
    hahaha, kabari aku wae lewat media sosial
  • YASUSPADE
    avatar 5567
    YASUSPADE #Rabu, 25 Sep 2013, 22:05 WIB
    masyuuuuuuuukkkk.... besuk tak susul kalau dah musim penghujan :)
    hihihi, musim hujan beberapa bulan lagi lhoo
  • ANGKI
    avatar 5604
    ANGKI #Jum'at, 25 Okt 2013, 07:56 WIB
    hahahaha mas wijna emng in spire...exited dah..... g nyangka ad aer nie terjun... mas di
    desa giriloyo juga ad lho...kmrin ke san aernya dikit hahah musim kemarau... g enaknya klo
    msim kemarau aernya pada dikit hehehh
    kapok nyepeda sendirian ke air terjun >.<
  • YAN
    avatar 5685
    YAN #Selasa, 17 Des 2013, 14:01 WIB
    Mas Wi.. itu sepedanya pake opo to.., frame sama ukuran bannya. buat blusukan sendiri kemana2x..
    Sepeda lawas itu, frame 16.5" dan ukuran ban 26 x 1,75
  • PAIJO
    avatar 5695
    PAIJO #Minggu, 22 Des 2013, 13:39 WIB
    weleh weleh jebul ono sing luweh pekok to..... kapan2 blusukan ke curug sidoharjo yuk oom......
    yoh kapan, ke Dlingo lagi yo oke? Besok natal?
  • @NOPH_HAST
    avatar 5701
    @NOPH_HAST #Senin, 23 Des 2013, 11:05 WIB
    Lumanyun apik.
    mantep pemandangane
  • NBSUSANTO
    avatar 5734
    NBSUSANTO #Kamis, 9 Jan 2014, 18:14 WIB
    bookmark sih ah..akeh wisata bantul sik durung keeksplorasi je.. :|
    monggooo!
  • JOE
    avatar 5745
    JOE #Rabu, 15 Jan 2014, 05:40 WIB
    Nice waterfall terutama yg kedua. Aku malah bisa bawa sepeda sampai bawah
    saya ke sana sendirian udah capek Bang, nggak mau repot2 bawa sepeda sampai bawah, hehehe
  • SUJIKA BALI
    avatar 5777
    SUJIKA BALI #Kamis, 30 Jan 2014, 08:34 WIB
    Jalan jalan ke air terjun. pasti dingin dan sejuk!. Bersepeda dengan yang di hati.. wah semakin mantep. kalau mau ke Bali atau Lombok www.onlineprivatevillas.com
    hihihi, pingin juga sekali-kali nyepeda di Bali :)
  • MIKO
    avatar 5802
    MIKO #Selasa, 18 Feb 2014, 21:45 WIB
    Racuunnn abiisss, dan imbas terkena racunnya langsung menuju TKP alhasil Ajjiibb
    http://rentmotorjogjakarta.wordpress.com/2014/02/12/curug-lepo-yogyakarta/
    emang ajiib kang
  • IDHOTS
    avatar 5920
    IDHOTS #Minggu, 30 Mar 2014, 14:23 WIB
    Mantaappp bos....iso karo mancing mania ora kui....?wkwkwkwk
    koyone sih iso, blumbang e rodo ombo :D
  • NIA
    avatar 5981
    NIA #Senin, 14 Apr 2014, 06:44 WIB
    Mas broo .. tiket masug nya berapa ?
    tiket gratis, dulu sih saya masuk permisi aja ala orang Jawa, wakakakak
  • JUNIKUST
    avatar 6190
    JUNIKUST #Selasa, 17 Jun 2014, 07:31 WIB
    boleh dicoba ni mas! Mantabb!
    Nyepeda sendirian? Hati-hati berow!
  • HAFIZ
    avatar 6808
    HAFIZ #Selasa, 9 Des 2014, 08:21 WIB
    Mas minta izin ambil foto-fotonya ya buat tugas :D
    OK. Silakan
  • RAIS
    avatar 6884
    RAIS #Jum'at, 26 Des 2014, 10:41 WIB
    weh weh weh.......
    aku suka ceritamu, aku suka foto2 mu, dan aku suka goes sepertimu
    salam goes...
    Salam gowes juga Bro! Kapan kita gowes bareng ini? hehehe
  • RADIMAN
    avatar 7017
    RADIMAN #Rabu, 21 Jan 2015, 09:56 WIB
    cerita yang menarik. Perjuangan dan petualangan yang bagus bisa liat pemandangan badan jadi sehat, salam Gowes Broo..
  • KEDAIGRAFIS
    avatar 7165
    KEDAIGRAFIS #Jum'at, 20 Feb 2015, 12:44 WIB
    huwaa.. kereenn..
    kalo yang kedung di wonosari yg baru itu udah belum kak?
    Kedung Wonosari yang deket sama gunung purba Ngelanggeran itu kah?
  • SLAMET WIDODO
    avatar 7457
    SLAMET WIDODO #Sabtu, 11 Apr 2015, 09:30 WIB
    mantap mas
    Kapan nyepeda ke sana Mas?
  • CAH GADING
    avatar 7546
    CAH GADING #Senin, 27 Apr 2015, 09:17 WIB
    dadi pengen ngepit..
    lha ayo ngepit...
  • MISS RISNA
    avatar 7771
    MISS RISNA #Kamis, 11 Jun 2015, 22:43 WIB
    aku ngefans sama airterjun yang kedua mas, ah mau kemarau sama penghujan aku penasaran sama dinding air terjun kedua. udah dapat rute dari blognya mas, trs kapan kesananya ya mikir
    Dari Kulon Progo jelas jauh, jadi ya dibawa santai saja. Pas musim hujan saja lah kemarinya mbak Ris, biar airnya banyak kan makin joss buat kekeceh.
  • WAHYU
    avatar 7968
    WAHYU #Rabu, 22 Jul 2015, 23:06 WIB
    Beghhhh ternyata pokoh I, kampung halaman e Bapak. Bertahun2 g ke tempat simbah trnyata ada yg baru kudu dicobo. Kalimantan g enek air terjun.
    Mosok? Kalimantan yo okeh air terjun kok Kang
  • LINA
    avatar 8208
    LINA #Jum'at, 4 Sep 2015, 10:28 WIB
    Haii, salam kenal. Duuh, pengen banget ke curug lepo deh. Tapi udh browsing sana sini
    ttp aja ga ada yang jelasin klo naik angkutan umum kesana gmn caranya. Please help
    ya,, klo pun g ada angkutan umum, minimal yang ada angkutannya sampe mana gitu,
    turun dmn. Hehehe.
    makasih ya
    Klo ke Curug Lepo Dlingo setahu saya belum ada angkutan umumnya mbak. Kalau mau nyoba, mbak bisa naik angkot arah ke Imogiri. Naiknya bisa dari terminal Giwangan. Nanti turun di Makam Raja-raja Imogiri dan dilanjut ngojek.
  • KHUMAIRA
    avatar 8890
    KHUMAIRA #Selasa, 15 Des 2015, 09:11 WIB
    keren kak (y) baru baca skrg :v kering gk ya aer terjunnya
  • SUGI
    avatar 8919
    SUGI #Sabtu, 19 Des 2015, 13:15 WIB
    Air terjun mangunan dengan hutan mangunan dekat
    jaraknya?
  • RIFAI
    avatar 10737
    RIFAI #Rabu, 5 Apr 2017, 06:22 WIB
    kondisinya sekrang masih bagus atau sudah biasa mas?
    Sudah lebih bagus. Makin tambah ramai pula. Lebih syahdu kondisi dulu ini. Hehehe.