Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 8 Juni 2013, 23:27 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

bertualang ke curug tingkat nglarangan di gedangsaripada zaman dulu Mei 2013

Kisah ini bermula dari sejumlah komentar di artikel Curug Terindah di Gedangsari yang dikirim oleh mas rdsaputro berikut ini:

 

RDSAPUTRO
#Senin, 1 April 2013, 07:29 WIB
ini yang mana ya? masuk gapura po yang arah smp 2 gedangsari? masalahnya kemaren baru baru ini saya menyusuri curug ngalarangan di daerah gedangsari, ini yang curug bayat yang terkenal?

RDSAPUTRO
#Senin, 1 April 2013, 22:19 WIB
owh curug yang dibilang warga kemarin toh ini :| , okee okee masih sama daerah gedangsari mas, tapi yang arah SMP 2 Gedangsari, gapura perbatasan ambil kanan, Sabtu kemarin saya barusan kesana ini gambarnya mas
http://tinyurl.com/bltkm4c )

 

Bisa dipastikan, setelah aku menelusuri tautan di atas, hati ini menjerit keras!

 

Haaaaah!? Jadi dulu itu kami melewatkan satu curug!?

 

Bakal Banyak Foto...

Mohon maaf kalau di artikel ini memuat banyak foto jadi bikin lama saat loading, hehehe.

 

 

Balik ke Gedangsari Lagi (Lewatnya Klaten)

Berhubung ini rasanya mirip seperti sisa makanan yang nyelip di gigi, maka aku dan Pakdhe Timin kembali bersepeda ke Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Bedanya, kali ini Paris absen dan perginya pada hari Minggu (19/5/2013). Maklum, belakangan ini aku susah untuk lari dari kerjaan di hari Rabu.

 

Cerita bersepeda ke curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta yang indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Karena ke Gunungkidul dengan sepeda jengki masih belum begitu mainstream...

 

Rutenya masih sama seperti yang dulu. Masih tetap mengusung tema, “Dari Jogja ke Gunungkidul lewatnya Klaten”. Buat yang bingung, nih aku kasih gambaran rute yang mudah.

 

  1. Dari kota Jogja, ikuti Jl. Raya Jogja – Solo sampai Prambanan. Gampang banget kan?

     

  2. Dari Prambanan, masih mengikuti Jl. Raya Jogja – Solo ke arah Solo. Kira-kira 6 km dari gapura perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah di Prambanan, setelah lewat pabrik zeolit, nanti bakal ada jalan kecil menuju Sendang Sriningsih di sisi seberang Jl. Raya Jogja – Solo.

     

  3. Nah, sebrangi Jl. Raya Jogja – Solo dan ikuti jalan kecil itu. Hati-hati ya, Jl. Raya Jogja – Solo itu kan ramai dengan bus-bus yang senang ngebut.

     

  4. Kalau mengikuti jalan kecil itu nanti bakal sampai di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Nanti, bakal berjumpa dengan tugu pahlawan seperti foto di bawah ini. Dari sana, ikuti petunjuk arah menuju kecamatan Wedi.

     

    Tugu pahlawan di Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah semasa musim pilkada pada zaman dulu Mei 2013
    Kami bertualang di musim kampanye Pilkada Jawa Tengah, makanya...

     

  5. Setibanya di Kecamatan Wedi, ikutin aja jalan aspal menuju bukit Gunungkidul di arah selatan yang nampak jelas terlihat mata (kalau siang hari). Ujungnya ya sampai Kecamatan Gedangsari. Udah pindah provinsi deh, hehehe.

     

    Jalan desa dikelilingi tebu menuju ke Gunungkidul dari arah Bayat, Klaten pada zaman dulu Mei 2013
    Pembaca lihat gunung yang menjulang itu? Itulah Gunungkidul!

     

    Papan batas wilayah provinsi Gedangsari, Gunungkidul dan Bayat, Klaten pada zaman dulu Mei 2013
    Yes! Sudah pindah kabupaten! Masuk Provinsi Yogyakarta lagi lewatnya Klaten!

     

Oh iya, sebelum kelupaan. Jarak dari Kota Jogja ke Gedangsari itu sekitar 40-an km. Dengan bersepeda santai, kalau start dari Candi Prambanan jam 8 pagi bakal sampai di Gedangsari sekitar jam 10-an.

 

Sepanjang jalan nggak ada tanjakan terjal kok. Sebagian besar adalah jalan landai yang kanan-kirinya sawah seperti foto-foto yang ada di artikel ini. Sejuuuuk!

 

Suasana persawahan di Kecamatan Bayat, Klaten pada zaman dulu Mei 2013
Pokoknya suasananya adem. Di kota besar mana ada yang seperti ini? Betul nggak?

 

Di Gedangsari Nyari SMP

Tujuan berikutnya adalah menuju SMP Negeri 2 Gedangsari atau SMK Negeri 2 Gedangsari. Letak 2 sekolah itu berdekatan gitu. Rutenya gampang banget. Tinggal ikuti jalan aspal ke arah timur, arah Tegalrejo atau Bayat.

 

Jangan takut kesasar. Warga sekitar tahu persis kok letaknya. Lagipula banyak papan petunjuk arahnya. Seperti foto-foto di bawah ini nih. Paham toh? Masak nyasar?

 

papan petunjuk arah menuju SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul pada zaman dulu Mei 2013
Letak SMP N 2 dan SMK N 2 itu berdekatan.

 

gapura dusun prengguk, gedangsari, gunungkidul arah ke curug air terjun nglarangan yang belum banyak orang tahu pada zaman dulu Mei 2013
Masuk gapura ini ya. Eh, rumah di kiri itu warung. Selang beberapa meter dari gapura juga ada warung.

 

lokasi air terjun (curug) nglarangan di gedangsari, gunungkidul dekat dengan smp negeri 2 gedangsari pada zaman dulu Mei 2013
SMP Negeri 2 Gedangsari yang sepi. Iya lah! Kan Minggu!

 

Nah, di dekat SMP Negeri 2 Gedangsari itu ada sungai. Kalau dilogika ya... pastilah air terjunnya adalah bagian dari aliran sungai itu. Ya kan?

 

sungai jernih berbatu besar yang menjadi muara dari air terjun tersembunyi di gedangsari, gunungkidul, yogyakarta bernama curug nglarangan pada zaman dulu Mei 2013
Pokoknya, kaki nggak bisa kalau nggak basah!

 

Warga sekitar menyarankan kami untuk memarkir sepeda di sebuah rumah yang baru dibangun. Ke air terjunnya nanti jalan kaki. Sebelumnya, harus meniti pematang sawah dulu. Hmmm, petualangan khas pedesaan banget!

 

lokasi parkir curug nglarangan yang masih tersembunyi adalah di halaman rumah warga setelah itu baru dilanjut dengan berjalan kaki menyusuri sungai pada zaman dulu Mei 2013
Besok kalau rumahnya sudah jadi nggak bisa foto seperti ini lagi, hehehe!

 

berjalan kaki menyusuri sawah menuju air terjun curug nglarangan gunungkidul yang masih belum banyak orang yang tahu lokasinya pada zaman dulu Mei 2013
Pembaca, kapan terakhir kali main ke sawah?

 

Aliran sungai nanti terpecah menjadi dua, membentuk cabang huruf T gitu. Sebenernya, sudah kelihatan sih yang mana air terjunnya. Yuk mendekat!

 

jalan bercabang menuju air terjun curug tingkat yang ada di gedangsari, gunungkidul, yogyakarta pada zaman dulu Mei 2013
Ikuti pipa pralon air dan sampailah di air terjun! Yeeeee!

 

Mari Mendaki Air Terjun Sampai Puncaknya!

Air terjun ini ternyata berundak-undak alias ada banyak tingkatan. Yaaah, namakan saja ini Curug Tingkat Nglarangan, hahaha.

 

bagian tembok dari curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-1: "Tembok"

 

seorang pria mendaki tebing curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Beneran mendaki curug lho ini!

 

Di tiap tingkatan aliran air sungai tertampung membentuk kolam dangkal. Dalam bayanganku, tempat ini cocok untuk tirakat. Siapa tahu malam-malam di sini jadi tempat ngumpulnya dhemit mandi bidadari.

 

bagian gerbang curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-2: "Gerbang"

 

bagian keputren curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-3 sisi kiri: "Keputren"

 

bagian keputran curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-3 sisi kanan: "Keputran"

 

bagian satria kembar curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-4: "Satria Kembar"

 

bagian pasiraman curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-5: "Pasiraman". Cocok untuk main air.

 

bagian menara jaga curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug tingkat ke-6: "Menara Jaga"

 

Nama Tingkatan Curug...

Eh iya, nama-nama tiap tingkatan curug itu aku yang ngawur ngasih namanya. Nggak tahu warga setempat nyebutnya apa. Aku membayangkan aja curug tingkat itu adalah sebuah pemandian kerajaan yang tidak kasat mata. Merindiiing...

 

Setelah berusah-payah mendaki, akhirnya kami sampai juga di tingkat teratas curug. Yes!

 

Pikir kami, di atas ini pastilah tempat bidadari mandi seperti foto yang ada di blog-nya Mas rdsaputro itu. Tapi tahunya...

 

pintu air di puncak curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Cilukbaaa... pintu air! Anda tertipuuu.

 

Weh!!! Nyasar dong ceritanya!? Apalagi, ternyata tebing air terjun ini berbatasan dengan jalan! Woooh!!! Tau gitu ngapain tadi kami susah-payah mendaki air terjun sampai masuk hutan kalau ada jalan yah?

 

Penasaran, kami lanjutkan perjalanan menyusuri sungai kecil ini dan ketemu beberapa air terjun kecil. Kalau diteruskan mungkin bakal ketemu lebih banyak air terjun kecil lagi. Tapi, berhubung aroma kecurigaan sudah semakin kuat, maka kami memutuskan untuk mundur!

 

keberadaan curug lain di sekitar curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Curug lain, nggak aku kasih nama soalnya udah capek, hehehe.

 

akhir dari pencarian curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta indah perawan seksi pada zaman dulu Mei 2013
Akhir dari pencarian curug! Kayaknya salah jalan deh ini.

 

Eh? Jadi misi kali ini gagal (lagi)?

 

Tunda Dulu ya!

Hmmm, gimana yaaa? Mungkin lebih tepatnya tertunda. Maksudnya, ditunda dulu cerita kami sampai bisa ketemu air terjun tempat bidadari mandi seperti foto di bawah ini.

 

curug air terjun bertingkat Nglarangan di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta yang sesungguhnya pada zaman dulu Mei 2013
Tunggu kisah kami ketemu bidadari!

 

Sampai ketemu di artikel lanjutan! Hanya di Gunungkidul! Hahaha


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ELISA
    avatar 5333
    ELISA #Minggu, 9 Jun 2013, 20:13 WIB
    apik tenan....:D
    TOP
    hehehe, nuwun mbak Elisa!
  • DIAN
    avatar 5338
    DIAN #Selasa, 11 Jun 2013, 19:53 WIB
    mau nanya siang siang motret langit kok biru gitu pake filter atau tidak mas? kalo pake filternya apa? polarizer ya? suwun
    Motret langitnya nggak pake filter. Memang pas waktu itu langit sedang cerah-cerahnya.
  • SRIYONO SUKE
    avatar 5349
    SRIYONO SUKE #Senin, 17 Jun 2013, 10:05 WIB
    Apik tenan nda...
    Banyo grojoganne lembut koyok salju... :)
    dirimu kie senenge salju po Kang?
  • NOVIAWAHYUDI
    avatar 5350
    NOVIAWAHYUDI #Selasa, 18 Jun 2013, 09:52 WIB
    aroma kecurigaan itu, maksudnya aroma horor ya, Mas.. hehe
    horror sih nggak Mas, tapi ya perasaan aneh aja yang susah dijelaskan dengan kata-kata, hehehe.
  • RUMPUTILALANG
    avatar 5352
    RUMPUTILALANG #Rabu, 19 Jun 2013, 08:30 WIB
    harta terpendam gunung kidul
    masih ada lanjutan harta terpendam lagi lho Kang.
  • PAKDHETIMIN
    avatar 5357
    PAKDHETIMIN #Jum'at, 21 Jun 2013, 11:57 WIB
    ditunggu lanjutannya...hahaha
    lanjutane wis tak posting pakdhe...
  • RITA
    avatar 5433
    RITA #Minggu, 21 Jul 2013, 14:37 WIB
    blogmu ki cen marai ngiler kog mas. Terima kasih sudah menunjukkan Maha KaryaNya yg luar biasa lwt blog anda mas :)
    hehehe, matur nuwun mbak. Semoga kekayaan alam negeri kita ini masih bisa disaksikan oleh generasi-generasi setelah kita.
  • DEWO
    avatar 5451
    DEWO #Minggu, 28 Jul 2013, 19:51 WIB
    nek do bingung gak tau jalurnya...sampai di SMPN2 GEDANGSARI cari saja "mbah dewo/mbah modin"...rumahnya sblah utara smp pasti dianter...gratiiiisssss...tiiissss...tiiiiss
    hohoho, simbah berkenan mengantar pelancong agar tidak tersesat rupanya :D
  • FENNY
    avatar 5490
    FENNY #Sabtu, 17 Ags 2013, 14:01 WIB
    ternyata curugnya banyak banget ya
    woiya banyak banget kalau di sini.
  • RDSAPUTRO
    avatar 5561
    RDSAPUTRO #Minggu, 22 Sep 2013, 15:26 WIB
    nah baru berkunjung, waah jooss, keblusuk malah nemu yang satunya, padahal kemaren
    sengaja gak ke sini, lha wong kata temen ujungnya cuma "gejlik" hhaha :D
    kayakna lebih ke atas lagi masih ada curugnya ya? Mata airnya itu datangnya dari mana ya?
  • EKKA
    avatar 5585
    EKKA #Senin, 7 Okt 2013, 09:37 WIB
    yang curung lebih tinggi bukan itu mas,, tpi gak lwat smp nya.. harusnya gak belok gapura
    yang arah smp, tpi lurus aja terus
    Kalau yang itu bukannya nanti masuk Curug Indah ya?
  • ADJIE
    avatar 5668
    ADJIE #Senin, 9 Des 2013, 14:25 WIB
    Gambar-gambare jan apik-apik tenan kang. Iku motone nganggo opo ? Trus gambar banyune kok iso lembut iku di blur di photoshop opo nganggo filter opo kang ? Mantep tenan ... :-)
    itu pakai filter yang namanya Neutral Density kang
  • ALAM
    avatar 5688
    ALAM #Jum'at, 20 Des 2013, 11:09 WIB
    min, butuh waktu berapa jam untuk jalan kaki dari smp tsb??
    satu jam kurang kalau jalannya santai
  • WICAKSONO
    avatar 5810
    WICAKSONO #Senin, 24 Feb 2014, 08:35 WIB
    Wahahaha, ini yg kebelasuk kemarin
    weh, gimana ceritanya itu bisa kblasuk sampai kemari?
  • SOGA
    avatar 5818
    SOGA #Jum'at, 28 Feb 2014, 07:00 WIB
    Cantik, jadi pingin meluncur kesana, terima kasih keterangan dan info yang jelas...........ngaciiiiiiiiir ah, salam
    hohoho, jalan-jalan sambil motret lagi Pak? :D
  • SOGA SOEGIARTO
    avatar 6208
    SOGA SOEGIARTO #Selasa, 24 Jun 2014, 07:20 WIB
    Keren liputannya.salam
    Salam balik om Soga, moga2 dapat inspirasi banyak tempat motret :D
  • ALFI ERISA FITRIANTO
    avatar 9279
    ALFI ERISA FITRIANTO #Senin, 29 Feb 2016, 01:31 WIB
    Sudah ketemu belum Mas sama Curug Nglarangan yang seperti di foto?
    Masnya salah jalan itu. Harusnya ikuti aliran sungai yang satunya...
    Sudah ketemu lho! Memang benar harus mengikuti sungai yang besar.
  • TOTOK ANWARSITO
    avatar 9662
    TOTOK ANWARSITO #Sabtu, 7 Mei 2016, 11:44 WIB
    Blog yang bagus...informasinya lengkap...
    matur nuwun Kang. :D