Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 21 April 2013, 20:28 WIB

Ada banyak hal yang bisa menggerakkan dengkulku untuk bersepeda, dari mulai membuat dapur mengepul hingga blusukan kesana-kemari. Salah satunya adalah rambu peringatan “Sepeda Harus Turun” yang dipotret oleh Mbah Gundul beberapa waktu yang lalu.

 

rambu sepeda harus turun di Imogiri, Bantul
Wuih! Rambu apaaan tuh!

 

Yang membuat menarik bukan hanya rambunya, melainkan juga lokasinya yang dirahasiakan sama simbah. Tapi buatku, sebenarnya bersepeda mencari keberadaan rambu peringatan unik ini lebih kepada dorongan memuaskan rasa penasaran. Semacam ingin menjawab pertanyaan di dalam batin yang kurang-lebih, "Ada apaan sih sehingga sepeda diwajibkan untuk turun?" Apalagi dari ceritanya Mbah Gundul lokasi keberadaan rambunya itu dekat dari Jogja dan medan jalannya tergolong bersahabat (bukan tanjakan ).

 

Di mana sih lokasi keberadaan rambu peringatan unik bagi para pesepeda ini?

 

Eh, ternyata adanya letak rambu peringatan ini ada di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta! Sekitar 24 km dari pusat kota Jogja. Persisnya ada di sekitar Desa Karangtengah. Dekat dengan pertigaan menuju jembatan gantung Selopamioro yang ikonik itu.

 

lokasi rambu peringatan unik bahwa sepeda harus turun di Imogiri, Bantul
Rambunya ada di jalur warna kuning itu.

 

Kalau diingat-ingat, sebetulnya jalan yang ada rambu peringatannya ini sudah pernah aku lalui berkali-kali. Ternyata oh ternyata. Medan jalannya nggak seberapa panjang, tapi memang kemiringannya curam dan menukik.

 

Bila menunggangi sepeda jenis MTB atau federal yang kedua remnya masih berfungsi dengan baik sih nggak masalah menurutku. Hanya hati-hati saja. Siapa tahu, ada kendaraan yang berusaha menanjak naik saat si pesepeda keasyikan menikmati jalan turunan yang menukik.

 

Jalur curam di kawasan Imogiri yang dipasangi rambu sepeda harus turun di Imogiri, Bantul
Maksudnya harus turun itu ya menuruni turunan kan? Bukan menuntun sepeda?

 

Anehnya, di dasar turunan (awal tanjakan) nggak terpasang rambu “Sepeda Wajib Tuntun”.

 

Mungkin, hanya orang kurang kerjaan yang berusaha menaklukkan tanjakan singkat ini di atas sadel sepeda ya? Hahahaha.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANGGITA BAYU
    avatar 5231
    ANGGITA BAYU #Senin, 22 Apr 2013, 11:49 WIB
    wah asik emang jogja istimewa :D
    jozzz! istimewa tenan!
  • HUSNIWAHYUDI
    avatar 5234
    HUSNIWAHYUDI #Rabu, 24 Apr 2013, 17:51 WIB
    Artikel-artikel sama foto-fotonya bagus. Saya sudah beberapa kali ngunjungin blog ini. Salam Kenal Mas
    terima kasih ya sudah sering mampir kemari. Salam kenal juga dari saya. :)
  • HLGA
    avatar 5235
    HLGA #Rabu, 24 Apr 2013, 21:13 WIB
    kalo di daerah tumpang malang juga ada turunan curam semacam ini.
    jadi sepeda tinggal naik aja langsung meluncur ke bawah. begitu juga dengan motor yang
    gak perlu diidupin buat turun meluncur ke bawah. hehehehe
    Di daerah Ubud, Bali juga ada "wisata turunan" seperti yang mbak bilang itu. Tapi ya yang seru sebetulnya sih pas naiknya, hehehe.
  • GABUS
    avatar 5236
    GABUS #Rabu, 24 Apr 2013, 23:05 WIB
    salam kenal gan,
    mampir tuk kasih salam persahabatan
    thx
    salam kenal juga yaaa!
  • MOKO
    avatar 5299
    MOKO #Selasa, 21 Mei 2013, 13:08 WIB
    wahhh jadi keinget waktu ngasih bantuan gempa jogja 2006. sepertinya lewat jalan2 seperti ini di Imogiri-Dlingo.
    Hahaha, memang kalau di Dlingo rata-rata masih hutan ya lingkungannya
  • GOLIST
    avatar 5303
    GOLIST #Kamis, 23 Mei 2013, 19:09 WIB
    jadi pengin keliling yogya, Boz 24 Mei 2013 rencana mo bersepeda sediri dari Purbalingga ke yogya, PP. Doa in ya.. biar selamat and sehat.
    MERDEKA !!
    semoga selamat dan sukses!