Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 25 Desember 2012, 19:06 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Berhubung imam baru menyelesaikan kultum salat Subuh sekitar pukul 05.00 WIB, jadilah kami berangkat dari Jogja sekitar pukul 05.30 WIB. Eh, yang aku maksud dengan kami itu adalah aku, Pakdhe Prap, Mas Pitra, Pakdhe Lis, dan Mas Ari. Kesemuanya adalah anggota keluarga besar yang sedang mudik di Jogja.

 

Mau ke mana? Ngapain?

 

Sudah jelas! Berburu foto .

 

Fotografer noes prapsiyamta moeksan berburu foto di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul

Fotografer ari notyasa berburu foto di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul
Pokoknya berburu foto!

 

Buatku, berburu foto itu termasuk latihan. Masak punya kamera mahal tapi hasil fotonya jelek nggak karu-karuan?

 

Yang menjadi obyek adalah Pantai Pok Tunggal yang akhir-akhir ini digembar-gemborkan keindahanannya di jagat maya. Perjalanan ini melengkapi hat-trick rangkaian perjalananku mengunjungi pantai-pantai di Gunungkidul di akhir pekan bulan Ramadhan tahun 2012. Yes!

 

tips memotret pohon spot foto unik di pantai Pok Tunggal, Gunungkidul
Pohon yang menjadi "ikon" dari pantai Pok Tunggal!

 

Rute perjalanan pada hari Jum’at (17/8/2012) itu serupa dengan perjalanan menuju pantai Gunungkidul yang sudah-sudah. Terlihat banyak pemudik melintasi Jl. Wonosari, akan tetapi belum begitu padat, mungkin karena beberapa orang masih terikat dengan absensi upacara peringatan kemerdekaan republik kita yang ke-67. Untuk tahun ini, aku sih memang tidak mengikuti upacara bendera .

 

Dari kota Wonosari kami menyusuri Jl. Baron dan mengambil arah menuju ke Tepus. Seperti biasa, jalanan sepi. Bahkan di pos retribusi pun tak ada petugas yang menarik pungutan.

 

papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal dari Jogja ke Wonosari
Papan petunjuk ini kadang dipindah lokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

 

Jalan menuju Pantai Pok Tunggal terletak di pinggir jalan raya, sekitar 2 km di utara Pantai Indrayanti. Ada papan petunjuk arahnya kok, hanya saja mungkin bakal dengan mudah terlewatkan karena keberadaannya yang tersamarkan itu. Dari pinggir jalan raya itu ke Pantai Pok Tunggal berjarak sekitar 1 km dan berupa jalan tanah. Kalau pakai mobil sepertinya bakal susah jika di tengah jalan harus papasan.

 

Jalan rusak menuju Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul
Jalan yang sempit, lumayan susah kalau untuk lewat mobil berpapasan.

 

Sekitar pukul 07.45 WIB barulah kaki ini benar-benar menapak hamparan pasir putih di Pantai Pok Tunggal. Mentari sudah bersinar terik, kondisi yang tak nyaman untuk mendapatkan hasil foto pantai terbaik. Walaupun begitu, tetap berusaha menghasilkan foto terbaik adalah hal yang sepatutnya kita lakukan. Bukankah begitu Pembaca?

 

Area parkir kendaraan luas menapung bus di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul
Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh warga setempat.

 

Aktivitas nelayan pagi hari di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Kurang tahu apakah di sini juga tempat berlabuhnya perahu nelayan.

 

tarif tiket masuk dan Pungutan liar di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul
Errr... hati-hati saja kalau mau duduk.

 

cewek-cewek berenang di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul tanpa busana
Dua gadis cilik yang malu-malu saat mau dipotret.

 

hamparan pasir indah di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

rute jalan kaki menyusuri Pantai Pok Tunggal dari Pantai Indrayanti, Gunungkidul
Menyusuri pantai Pok Tunggal yang masih sepi walau hari telah beranjak siang.

 

Ulasan Pantai Pok Tunggal:

Akses Jalan: Lumayan sulit
Fasilitas Umum: Ada
Spot Matahari Terbit: tidak
Spot Matahari Terbenam: ya
Obyek Khas: Pohon dekat parkiran


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SONY
    avatar 4957
    SONY #Rabu, 26 Des 2012, 08:59 WIB
    Nggak naik ke gunung sebelah timurnya yang menjorok ke pantai itu mas? sekarang ada semacam gardu pandang (gubuk) diatas bukit..
    wah nggak sempat Naik Kang, panasss...
  • 4DELIMA
    avatar 4965
    4DELIMA #Senin, 31 Des 2012, 18:25 WIB
    pantainya kereeennn...

    http://4delima.wordpress.com/2012/12/31/menyusuri-sungai-bawah-tanah-di-goa-pindul/
    ayo ke Pok Tunggal, jangan Goa Pindul terus, hehehe.
  • ANNOSMILE
    avatar 4974
    ANNOSMILE #Selasa, 8 Jan 2013, 08:07 WIB
    pantai ini sudah banyak perubahan yaa
    semakin terkenal, semakin berubah, kayak Sri Gethuk itu, dulu sepi banget, sekarang rame kayak pasar.
  • JATIKUSUMA
    avatar 4981
    JATIKUSUMA #Kamis, 10 Jan 2013, 12:50 WIB
    wuih keren, dulu sempat mau kesana. tapi malah nyasar ke pantai wediombo. haha
    Wah, jauh banget nyasarnya. Saya malah nyasarnya di Pantai Wediombo, hahaha.
  • ARI
    avatar 5006
    ARI #Senin, 21 Jan 2013, 00:27 WIB
    sekarang dah banyak payung berjajar, menikmati pok tunggal paling pas di sore hari
    berteduh di payung juga mesti bayar RP 5.000 nggak? :p
  • WAEHYU.SANCAKA
    avatar 5090
    WAEHYU.SANCAKA #Rabu, 20 Feb 2013, 14:59 WIB
    ke pantai seruni gan, samping pok tunggal
    besok ya mas bro kalau ada waktu luang, berangkat lebih pagi dan menjelajah pok tunggal, hahaha
  • FHY
    avatar 5118
    FHY #Jum'at, 1 Mar 2013, 10:50 WIB
    kalau dari praci jalannya susah ga??
    pengen tauu :D
    klo dari Pracimantoro ya mesti Jl. ke Wediombo habis itu arah ke Indrayanti (Pulang Syawal)