Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 18 Desember 2012, 08:37 WIB

Pembaca mungkin sudah tidak asing dengan istilah memedi. Tak salah jika kemudian pembaca mengartikannya sebagai “hantu”. Sehingga memedi sawah” lantas diartikan sebagai “hantu sawah”.

 

Eh, mungkin ada pula Pembaca yang bertanya-tanya:

“Kok memedi sawah? Kenapa tidak dhemit sawah saja?”

 

Oh, beda itu! Tradisi Jawa menempatkan memedi dan dhemit (dedemit) sebagai dua entitas makhluk halus yang berbeda lho. Mau tau bedanya? Hmmm?

 

Perbedaan Memedi dan Dhemit

Memedi itu makhluk halus yang cenderung suka menakut-nakuti. Nggak cuma muncul dan bikin kaget thok. Istilah londo-nya, act of terror-nya lebih terasa! Haiyah! Selain itu, memedi berwujud dasar manusia.

 

Sedangkan dhemit atau dedemit adalah makhluk halus yang lebih low-profile. Biasanya, dhemit menjadi penunggu tempat angker. Dhemit ya bikin takut juga, tapi nggak bakal jadi galak kalau nggak diusik. Selain itu, wujud dhemit bisa menyerupai binatang atau makhluk lainnya.

 

Gimana? Udah paham kan?

 

Eh? Kok malah ngelantur begini ya? Padahal aku kan juga bukan ahli supranatural, hahaha.

 

Festivalnya Makhluk Halus?

Nah, kebetulan nih di desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta bakal digelar festival memedi sawah. Tepatnya di dusun Candran dari tanggal 8 sampai 16 Desember 2012. Ada apa ya di festival memedi sawah itu?

 

Festival Memedi Sawah di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Memedi sawahnya bukan seperti yang di foto ini lho!

 

Di hari Minggu pagi (9/12/2012), aku, Paris, Izza dan kerabatnya Izza (namanya siapa ya?) bersepeda dari Kota Jogja menuju dusun Candran. Kalau dihitung-hitung, jarak dari Kota Jogja ke dusun Candran itu ada sekitar 17 km. Rute perjalanannya yang gampang dan cepat ya lewat Jl. Imogiri Barat dan mengambil jalan ke arah Siluk. Rute ini sama kalau mau menuju Selopamioro, Goa Cerme, dan juga Panggang via tanjakan Siluk, hahaha.

 

Berangkat dari titik 0 km pukul 07.45 WIB, sampai di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB. Nggak ada acara nyasar, hehehe , soalnya di pinggir jalan raya besar menuju dusun Candran sudah ada papan petunjuk arahnya.

 

Harga tiket masuk Festival Memedi Sawah di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Masuknya gratis, tapi ada biaya parkir sepeda Rp1.000.

 

Setelah memarkir sepeda, kami pun menuju petak sawah yang ada di dusun Candran. Ya mau melihat memedi sawah lah! Emangnya mau macul?

 

Penampakan Memedi Sawah di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Ini memedi sawahnya. Memangnya kalian pikir apa heh?

 

Ya itu memedi sawahnya. Lucu kan? Hehehe.

 

Ternyata Memedi Sawah itu...

Kita biasa menyebutnya sebagai orang-orangan sawah. Kalau orang londo menyebutnya scarecrow (scare = takut, crow = gagak). Walaupun nggak umum ada burung gagak di persawahan Indonesia, memedi sawah ini ya tetap berfungsi untuk menakut-nakuti burung-burung yang hendak memangsa bulir-bulir padi.

 

Lokasi Festival Memedi Sawah di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Ada yang mirip dengan manusia lengkap dengan rok SD.

 

Cerita mistis Memedi Sawah menculik anak-anak menjelang magrib di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Yang jelas, anak-anak sih nggak takut.

 

Karena itu, selain wujudnya dibentuk menyerupai manusia (biar mirip pak Tani gitu), memedi sawah ini juga dilengkapi oleh sound-system kelas kaleng yang bisa dioperasikan dari control panel yang disebut dangau.

 

Dangau tempat mengendalikan piranti suara di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Para DJ cilik di control panel dangau.

 

Eh ya, kayaknya lama banget aku nggak menyebut kata dangau, hahaha. Pembaca tahu apa itu dangau kan?

 

Katanya Bisa Gerak-Gerak Sendiri, Hiii...

Perihal memedi sawah di atas yang bisa “gerak-gerak sendiri”, itu aku kurang paham pembaca. Tapi, di dusun Candran ini ada lho benda yang menyerupai memedi sawah dan bisa “gerak-gerak sendiri”.

 

Wujud alat tani bernama ani-ani yang disimpan di Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul
Aku yakin, jarang ada yang tahu apa itu ani-ani dan bagaimana cara menggunakannya.

 

Benda itu disimpan di Museum Tani Indonesia. Dari “peringatan” yang diumumkan pemandu acara, katanya wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk ke dalam Museum Tani Indonesia. Weleh, ada apa gerangan?

 

Cerita asal-usul benda supranatural Nini Thowong di yang disimpan di Museum Tani Indonesia, Imogiri, Bantul
Ditemani dupa dan sesaji, horror pokoknya!

 

Gerangan ada Nini Thowong! Nini Thowong ini sejenis jailangkung, tapi ukurannya lebih besar. Disebut Nini Thowong karena berwujud perempuan (nini) dan berwajah putih (thowong). Boneka ini ketika sudah “gerak-gerak sendiri” katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit lho.

 

Kontes Memedi Sawah

Memedi-memedi sawah yang tersebar di persawahan ini dilombakan lho! Berhubung belum masuk musim panen, mungkin kemampuan menakut-nakuti burung tidak menjadi faktor penilaian, hehehe.

 

Cerita mistis para pembawa mayat di desa Candran, Imogiri, Bantul
Untuk beberapa memedi sawah, menurutku pas digotong mirip saat menggotong mayat, hiii!

 

Adegan memasang memedi sawah di dusun Candran, Imogiri, Bantul
Memasang memedi sawah di tempat yang dipilih.

 

Oh ya, ada juga lomba fotografi dengan tema memedi sawah. Pantas saja, saat hari mulai beranjak siang ada banyak pengunjung ber-DSLR “berkeliaran” di pematang sawah. Aku dan Paris juga gitu sih, tapi kan nggak ikut lomba, hehehe.

 

Dari tingkahku yang “mencurigakan” aku sempat “diinterogasi” oleh panitia apakah aku termasuk peserta lomba fotografi atau dari media. Aku jawab saja: tukang jalan-jalan, dan berakhirlah aku dikucilkan oleh panitia seakan kehadiranku tidak diharapkan. #lebay

 

Selain lomba menyangkut memedi sawah, di hari Minggu itu ada juga lomba memasak nasi liwet lengkap dengan lauk-pauknya. Sayangnya, karena memasak nasi liwet itu lama, jadinya ya tidak sempat mengicip nasi liwetnya deh #peluangmakangratis.

 

Ibu-ibu desa memasak masakan tradisional khas Imogiri, Bantul
Ibu-ibu mbok ya jangan lama-lama diskusinya, udah laper niiiy...

 

Jajanan tradisional khas Imogiri, Bantul, Yogyakarta
Apa boleh buat, jajan jajanan anak-anak aja deh ya.

 


 

Secara keseluruhan, festival ini bagus dan bisa mendongkrak popularitas dusun Candran sebagai desa wisata. Sepertinya festival memedi sawah ini sudah menjadi acara yang rutin digelar.

 

Pesawat latih di dusun Candran yang dulu pernah kecelakaan jatuh di sekitar desa
He? Kenapa bisa ada pesawat latih nyasar di sini?

 

Tapi ada hal yang membuat aku bertanya-tanya sih. Kenapa mayoritas panitia festival berasal dari mahasiswa sekolah vokasi prodi bahasa Perancis ya? Kan agak nggak nyambung itu memedi sawah dan bahasa Perancis? Apa ada panitia yang bisa menjawab? Terima kasih!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DANI WAWAN
    avatar 4947
    DANI WAWAN #Kamis, 20 Des 2012, 11:13 WIB
    wah itu pesawat kok bisa nangkring disitu....???
    Lha mbuh? ono wong AAU ng kono paling.
  • NAJIAJIM
    avatar 4958
    NAJIAJIM #Rabu, 26 Des 2012, 20:50 WIB
    Keren, Wij, suka poto2nya.
    Nuwun mbak Jim :D
  • 4DELIMA
    avatar 4966
    4DELIMA #Senin, 31 Des 2012, 18:28 WIB
    bwah orang sawahnya gak lulus2 sd tuh.../b

    http://4delima.wordpress.com/2012/12/31/menyusuri-sungai-bawah-tanah-di-goa-pindul/
    orang-orangan sawahnya masih SD kok, hahaha
  • ANNOSMILE
    avatar 4975
    ANNOSMILE #Selasa, 8 Jan 2013, 08:09 WIB
    ga nonton acara ini :|
    weleh, tak pikir dirimu nonton No, wong lumayan gencar promosinya.
  • RUMPUTILALANG
    avatar 5007
    RUMPUTILALANG #Senin, 21 Jan 2013, 00:58 WIB
    wah...gak sempat ke sini
    ini juga pas saya kebetulan senggang Mas di hari Minggu
  • COVA
    avatar 5017
    COVA #Selasa, 22 Jan 2013, 16:37 WIB
    memedi sawahnya lucu2.. :D. Kreatif ya bikin acara kek gini
    fotonya jg bagus2 ^^
    makasih mbak Covaaa
  • DIDIKZ
    avatar 5018
    DIDIKZ #Selasa, 22 Jan 2013, 17:19 WIB
    keren ini gan cocok sebagai rekresi penghilang penat asal gak ketemu memedhi aja :D
    kalau malam jangan2 gerak-gerak sendiri... kesenggol tikus.. hehehe
  • ASHARI
    avatar 5535
    ASHARI #Rabu, 11 Sep 2013, 11:59 WIB
    saya dapat info tgl 21 sampai 28 /09/2013 akan diadakan lagi
    saya ingin sekali melihat langsung

    barangkali ada teman-teman yang mempunyai pemikiran seperti saya, mari berangkat bersama
    hubungi saya 089 665 160 515
    e-mail facebook : [email protected]

    saya di krapyak wetan jogja
    Hihihi, kalau saya selo nanti saya kontak deh mas.