Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 21 Juli 2008, 16:43 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Foto Candi Barong di tahun 2008

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mesti aku jalani selama kurang lebih 2 bulan kadang bikin bosan! Doh! Karena itu pas KKN aku bawa saja itu kamera DSLR-ku. Lumayan lah untuk refreshing melampiaskan hobi fotografi.

 

Apalagi aku lumayan beruntung karena lokasi KKN-ku itu ibarat ladang candi. Tinggal pilih candi mana yang jadi obyek foto hari ini. Sebagai contoh, di hari Rabu siang (16/7/2008) itu, aku "kabur" barang sejenak ke Candi Barong. Berhubung aku sedang KKN, ya kali ini aku melakukan perjalanan ke candi seorang diri tanpa ditemani Andreas.

 

Bersepeda Offroad ke Candi Barong

Berikut adalah panduan rute termudah menuju Candi Barong. Bila Pembaca berada di Yogyakarta, Pembaca harus melalui Jl. Raya Yogyakarta – Solo sampai tiba di Prambanan. Tepat di arah kanan (selatan) gapura perbatasan provinsi DI Yogyakarta – Jawa Tengah ada pertigaan jalan aspal yang melintasi rel kereta.

 

Ikuti jalan aspal tersebut. Nanti bakal melewati SMPN 2 Pereng dan yang pasti adalah jalannya nanjak! Di sekitar puncak tanjakan bakal ada papan petunjuk arah ke Candi Barong. Jika Pembaca takut tersasar, ya silakan tanya ke warga sekitar.

 

Secara administratif Candi Barong berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Foto sepeda onthel zaman dulu di Candi Barong di tahun 2008
Berwisata ke Candi Barong naik sepeda onthel tua?

 

Bila Pembaca naik kendaraan roda empat, medan jalan menuju Candi Barong sih nggak begitu berkesan. Tapi kalau Pembaca berjiwa petualang, cobalah untuk menggunakan kendaraaan beroda dua. Sepeda motor sih sudah biasa. Saranku, coba naik sepeda seperti yang aku lakukan di hari itu (lha wong nggak bisa naik motor ). Kalau perlu sepeda onthel tua seperti tungganganku hari itu.

 

Medan jalan menuju Candi Barong berupa jalan berbatu-batu yang jelas bikin perjalanan nggak nyaman. Semoga saja jalan ini segera diaspal.

 

Foto Jalan Rusak Menuju ke Candi Barong di tahun 2008
Jalan rusak begini dilewati pakai sepeda tua.

 

Asal-Usul Candi Barong

Candi Barong sebenarnya bukan candi yang baru buatku karena sebelum KKN ini aku sudah berkali-kali singgah ke sini. Kunjunganku yang pertama ke Candi Barong adalah saat observasi lokasi outbond-nya upgrading HIMATIKA di bulan Februari 2007 silam.

 

Kunjunganku kali ini nggak jauh berbeda dengan kunjungan di tahun lalu itu. Sepi, nggak ada pengunjung lain. Petugas penjaga candi juga nggak kelihatan. Hanya ada kambing-kambing yang sedang merumput di halaman candi.

 

Selain itu, minimnya informasi Candi Barong di lokasi menyulitkanku untuk mengulas candi tersebut. Yah, apa boleh buat. Aku terpaksa merujuk ke situs milik Kang Zamroni yang sudah lebih dulu dikenal dalam urusan jelajah-menjelajah candi.

 

Referensi Candi Barong:
http://jengjeng.matriphe.com/2007/11/12/candi-barong-memuja-dewi-kesuburan/

 

Candi Barong berwujud bangunan besar dan luas yang terdiri dari 3 tingkatan atau teras. Jalan masuk menuju Candi Barong terletak di sisi barat. Padahal saat ini di sisi barat berbatasan dengan jurang dibandingkan dengan sisi timur dan utara.

 

Hmmm, apa mungkin orang zaman dulu mendaki dari sisi barat untuk bisa sampai ke Candi Barong ya?

 

Foto Candi Banyunibo dilihat dari Candi Barong di tahun 2008
Penampakan Candi Banyunibo dilihat dari Candi Barong.

 

Tingkat pertama Candi Barong adalah halaman rumput luas yang menjadi ladang gembala kambing. Bila diperhatikan di sisi-sisi halaman rumput ini terdapat pagar pembatas candi yang sebagian besar masih tertimbun tanah.

 

Foto Pagar Candi Barong Terpendam Tanah di tahun 2008
Pagar Candi Barong yang masih terpendam.

 

Tingkat kedua Candi Barong berwujud pelataran luas. Di pelataran ini terlihat jelas bekas pondasi bangunan. Besar kemungkinan dahulu kala di lokasi ini berdiri beragam bangunan yang terbuat dari kayu. Dilihat dari luasnya pelataran, ada kemungkinan dahulu kala Candi Barong dibuat untuk menampung banyak umat.

 

Hmmm, bisa jadi Candi Barong dahulunya termasuk candi kerajaan. Karena umumnya, candi-candi yang dipergunakan sebagai tempat ibadah rakyat biasa berukuran kecil.

 

Foto Pelataran Luas di Candi Barong di tahun 2008
Pelataran luas yang sepertinya di zaman dahulu berdiri banyak bangunan.

 

Di tingkat ketiga Candi Barong berdiri dua bangunan yang posisinya tidak simetris dengan gerbang masuk. Kedua bangunan ini tidak memiliki bilik dan juga tidak ditemukan yoni maupun lingga di sekitar lokasi. Dari informasi yang aku dapatkan, relung-relung arca di dinding kedua bangunan ini dahulunya berisi arca Dewa Wisnu dan istrinya Dewi Sri.

 

Jadi, Candi Barong ini dibangun khusus untuk menyembah Dewa Wisnu, tidak seperti umumnya candi Hindu lain yang fungsinya untuk menyembah Dewa Siwa. Karena Dewi Sri dikenal juga sebagai dewi kesuburan, para ahli turut berpendapat bahwa Candi Barong ini dibangun untuk menyuburkan daerah di sekitar candi.

 

Foto bangunan candi kembar di Candi Barong di tahun 2008
Bangunan kembar yang ada di tingkat teratas Candi Barong.

 

Foto arca Gana Candi Barong di tahun 2008
Relief Gana yang merupakan perwujudan lain dari Dewa Siwa.

 

Foto arca singa di Candi Barong di tahun 2008
Arca kepala singa lengkap dengan rahang bawah.

 

 

Sayang sekali, minimnya informasi, publikasi, serta akses yang buruk ke Candi Barong membuat candi ini sepi pengunjung. Padahal, bila dibandingkan dengan Candi Sojiwan yang tergolong dekat dari jalan raya, Candi Barong sepertinya sudah siap untuk dikonsumsi publik. Ah, andaikan pemerintah setempat jeli melihat kesempatan ini....

 

Pembaca sudah kenal dengan Candi Barong belum ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EME
    avatar 2778
    EME #Rabu, 26 Mei 2010, 22:36 WIB
    kita bisa liat banyu nibo, awan2 putih, sawah indah dan hijau bukit2 dari sana. Indah sekali....
    Sudutnya tersembunyi mbak E...
  • ANNOSMILE
    avatar 4578
    ANNOSMILE #Jum'at, 4 Mei 2012, 06:19 WIB
    tertarik kesini..
    ini lokasinya lebih tinggi dari candi ijo enggak bro? hihihi
    nggak, ini masih di bawah Candi Ijo :)
  • ANDHOYO
    avatar 4613
    ANDHOYO #Minggu, 20 Mei 2012, 10:56 WIB
    owalah.. sepeda ne sampeyan kok yo ngeri tenan to mas..
    ta pikir ki downhill, opo MTB..
    ternyata malah pit jengki,,nambahi salut aku mas..
    jan tenan pejuang sampeyan..
    hahaha, kuwi pas aku KKN onone pit jengki mas brow
  • FE
    avatar 4920
    FE #Selasa, 11 Des 2012, 22:16 WIB
    iya, sepedaan kesana emang asikk
    makanya cobain dunk mbak, hehehe
  • HERI
    avatar 5010
    HERI #Senin, 21 Jan 2013, 10:15 WIB
    kalau berminat ke candi barong mending lewat timur bukit candi boko cari arah yang mau kesendang yang mengarah ke atas bukit terus naik terus sampai deh di candi barong
    kalau itu kan dari arah Candi Ijo ya Kang?
  • FE
    avatar 5012
    FE #Senin, 21 Jan 2013, 22:03 WIB
    iya, aku dulu juga naik speda lewat timur bukit candi boko
    sekarang sih jalannya sudah enak, aspal mulus
  • SULIS2000
    avatar 5381
    SULIS2000 #Selasa, 2 Jul 2013, 14:35 WIB
    sekarang jalan kesana dah mulus he he
    ho oh, mulus tenan setelah dikunjungi Bu menteri beberapa tahun silam.
  • MAS WAHYU DIDIK
    avatar 9845
    MAS WAHYU DIDIK #Senin, 27 Jun 2016, 15:51 WIB
    Menarik, saya belum pernah kesini. Terima kasih informasinya.
  • NIA
    avatar 10268
    NIA #Minggu, 30 Okt 2016, 21:37 WIB
    lewat dari selatan prambanan.. sepanjang jalannya
    sudah diaspal.. mulus.. oke banget