Selamat datang pembaca
di blog saya ini!

Pembaca hendak

Mblusuk


apa, kemana, dan dimana ya

Kota Anak di Biennale Anak

Mampir Pantai: Indrayanti, Somandeng, Kukup

 

Di hari Selasa (9/7/2012), ceritanya Gadiskuu kedatangan tamu dari Wonosobo. Dua orang adiknya, Lia dan Zia, tengah menghabiskan libur sekolah mereka di Jogja. Dan seperti kegemaran anak-anak pada umumnya, mereka ingin main ke pantai. Berhubung Parangtritis sudah terlalu “biasa”, maka kami berpindah haluan ke pantai-pantai di Kab. Gunung Kidul.

 

Obyek utama sebenarnya adalah Pantai Indrayanti, yang punya nama asli Pantai Pulang Syawal. Belakangan ini popularitasnya tinggi sekali, banyak diperbincangkan di mana-mana, dan hal itu bikin aku kami penasaran. Seperti apa sih wujud dari pantai pasir putih yang katanya paling bersih ini?

 

Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal yang katanya bersih itu.

 

Rute ke Pantai Indrayanti

Rutenya menuju Pantai Indrayanti hampir sama dengan rute menuju pantai-pantai lain di selatan kota Wonosari. Dari Jogja ikuti saja Jl. Wonosari hingga tiba di kota Wonosari (sekitar 30 km). Dari kota Wonosari, ambil jalan menuju Pantai Baron (yaitu Jl. Baron). Ikuti saja Jl. Baron itu sekitar 20 km, nanti akan banyak bertebaran papan petunjuk arah ke pantai A, B, C, dst. Pantai Indrayanti itu dekat dengan Pantai Sundak, jadi jalan yang mengarah ke Pantai Sundak juga dapat mengarah ke Pantai Indrayanti.

 

Kalau bingung arah ya jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar. Seperti yang kami lakukan, maklum jarang banget ke Wonosari. Siap-siap deh dengan lontaran warga,

 

“Bukan orang Jogja ya? Kok sampai nggak tahu jalan ke Pantai?”,

 

#jleb #jleb #jleb

 

Di Pantai Indrayanti 

Tiba di pintu masuk wilayah pantai Gunung Kidul, kami dikenakan retribusi Rp 4.000 per orang. Tiap pantai memiliki kantong parkir yang berbeda-tiap. Tarif parkir untuk mobil Rp 5.000.

 

Sampailah kami di Pantai Indrayanti! :D

Rincian tarif denda kebersihan di Pantai Indrayanti
Ternyata pantainya bersih karena kalau buang sampah sembarangan kena denda.

 

Bukti Pantai Indrayanti bersih dari sampah
Walaupun begitu ya masih saja ada sampah yang mengambang di lautan lepas.

 

makam keramat makhluk halus setan penunggu bukit di Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Ada makam kecil banget di atas bukit. Mungkin yang dikubur jabang bayi ya?

 

Bukit dengan pemandangan indah cocok untuk fotografi di Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Di atas bukit Pantai Indrayanti.

 

Gua pasir dengan pemandangan indah cocok untuk fotografi di Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Di bebatuan karang di sisi barat Pantai Indrayanti.

 

Bukit dengan pemandangan indah cocok untuk fotografi di Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Mencoba teknik slow-speed untuk memotret Gadiskuu beserta kedua adiknya.

 

Di Pantai Somandeng

Puas menghabiskan waktu di Pantai Indrayanti, kami pun berencana berjalan kaki, menyusuri pantai lain ke arah barat. Persis di sebelah Pantai Indrayanti ada pantai lain bernama Pantai Somandeng. Bentuk pantai ini mirip dengan Pantai Indrayanti (maklum kan cuma tetanggaan) dan juga bersih. Sayangnya, pengunjungnya masih sepi, mungkin karena kalah tenar dengan popularitas tetangganya itu.

 

Pantai Somandeng yang indah cocok untuk fotografi sunrise dan sunset apalagi matahari terbenam atau matahari terbit di Gunung Kidul
Di Pantai Somandeng juga ada bukitnya lho.

 

Obyek menarik di Pantai Somandeng yang indah cocok untuk fotografi sunrise dan sunset apalagi matahari terbenam atau matahari terbit di Gunung Kidul
Obyek menarik di Pantai Somandeng, tapi apa ya ini?

 

Di Pantai Kukup

Berhubung hari semakin beranjak sore dan adik-adik sudah lelah, maka kami memutuskan untuk pulang. Rute pulangnya kami menyusuri jalan raya pesisir pantai yang tembus ke Pantai Baron. Sepanjang jalan kami bertemu banyak petunjuk arah ke pantai-pantai lain, semacam Sundak, Drini, Sepanjang, Wediombo, dll.

 

Matahari sore yang terlihat bulat itu membuat aku tergoda, hahaha. Dibayang-bayangi oleh keindahan matahari terbenam di Pantai Sadranan silam, aku berbelok ke pantai terdekat, yakni Pantai Kukup. Sayang seribu sayang, di Pantai Kukup aku tidak mendapatkan matahari terbenam karena terhalang oleh bukit. :(

 

Senja di pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Senja di Pantai Kukup tanpa matahari.

 

Untuk mengobati rasa kecewa (dan perut yang meronta kelaparan) kami membeli gorengan hasil laut yang dijajakan di kios-kios. Harga untuk 1/4 kg rumput laut Rp 10.000, kepiting Rp 13.000, dan udang Rp 15.000.

 

Jual aneka jajanan laut murah meriah khas asli Jogja Yogyakarta harga grosir
Udang mungil goreng, enak tenan!

 

Jual aneka jajanan laut murah meriah khas asli Jogja Yogyakarta harga grosir
Rumput laut goreng yang murah meriah.

 

Semoga besok bisa dapat foto matahari terbenam yang bagus di Pantai Gunung Kidul. :)

 

Ulasan Pantai Indrayanti:
Akses Jalan: Mudah
Fasilitas Umum: Ada
Spot Matahari Terbit: tidak
Spot Matahari Terbenam: tidak
Obyek Khas: Karang di sisi barat pantai

 

Ulasan Pantai Somandeng:
Akses Jalan: Mudah
Fasilitas Umum: Ada
Spot Matahari Terbit: tidak
Spot Matahari Terbenam: tidak
Obyek Khas: Pipa yang menjorok ke lautan lepas

 

Ulasan Pantai Kukup:
Akses Jalan: Mudah
Fasilitas Umum: Ada
Spot Matahari Terbit: tidak
Spot Matahari Terbenam: tidak
Obyek Khas: Pemandangan laut lepas dari gardu pandang

NIMBRUNG YUK



  • FEND
    avatar 4772
    #Kamis, 23 Agustus 2012, 18:17 WIB
    kemarin mau kesana apa daya jadwal terlalu mepet,padahal sudah direncanakan hari senin,selain itu liburan hari raqya apa jalan dan obyek wisata tidak padat?
    Kalau liburan hari raya memang padat, tapi kemarin saat hari-hari di bulan puasa (terutama sore) memang sepi sekali.
  • #Minggu, 26 Agustus 2012, 15:38 WIB
    gunung kidul emang tiada lawan
    aku lagi kebelet ke pantai timang
    pengen naik serodotan
    wah saya nggak berani naik serodotan, kayaknya nyawa saya bergantung di seutas tali >.<
  • #Rabu, 29 Agustus 2012, 14:46 WIB
    ane baru aja ke indrayani dan krakal kemarin, nyari pok tunggal belum nemu2 jadi gak jadi
    kemarin :|
    wah Pok Tunggal memang susah nyarinya Bro. Papan petunjuk arahnya nggak terlihat jelas.
  • #Rabu, 12 September 2012, 08:05 WIB
    iqbal: ora ajak2 seh :P
    hahahaha :D
  • #Rabu, 12 September 2012, 13:02 WIB
    ane cukup terhibur kemaren malem mingguann sono,menikmati pantai bbaron sampai bindrayanti...puas dah
    uWOLUi........
    wekekeke, sehari jadi anak pantai niy ceritanya Kang? :D
  • PUTRI
    avatar 4935
    #Sabtu, 15 Desember 2012, 13:14 WIB
    mau tanya pantai yang terdekat dari kota yogyakarta apakah indriyanti apa sundak yah?
    dan kira2 berapa jam perjalanan ya?
    apakah sampai sekarang pantainya masih bersih (tidak kotor airnya),tidak seperti
    parangtritis yang sudah kotor?mohon infonya..terima kasih
    Pantai di Gunung Kidul yang jaraknya dari Jogja paling dekat itu Pantai Ngrenehan mbak, sekitar 60. Kalau Indrayanti dan Sundak itu sekitar 70-an km dari Jogja. Kalau ditempuh santai dengan motor/mobil sekitar 2 jam perjalanan. Rata-rata pantai di Gunung Kidul masih bersih airnya mbak, beda jauh kalau dibandingkan dengan Parangtritis, hehehe.
  • PUTRI
    avatar 4939
    #Minggu, 16 Desember 2012, 22:11 WIB
    makasih pak infonya...kalo antara indrayanti dengan sundak recommended yg mana ya?
    maklum saya pendatang,jd msh awam..hehe..mau nyari sih pantai yg gk rame2 bgt
    pak..biar bs hunting2 foto nya bebas..:D
    Dua-duanya direkomendasikan mbak, hehehe. Masing-masing punya daya tariknya tersendiri. Kalau mau tidak terlampau ramai, coba datang di hari kerja. Di dekat pantai Sundak dan Indrayanti juga ada pantai kecil lain yang masih "tersembunyi" lho, bisa diakses dengan berjalan kaki.
  • ARIYATI
    avatar 4988
    #Sabtu, 12 Januari 2013, 15:16 WIB
    mo ke pantai Baron , Indrayanti Kukup n Ngaboran . bisa g kasih jln alternatif dari solo selain lewat Jogjakarta . tq
    kalau dari arah Solo bisa nyoba lewat Bayat (Klaten) dan ambil jalan arah Gedangsari (Gunung Kidul). Tapi tanjakannya lumayan vertikal.
  • MARSHA
    avatar 5097
    #Kamis, 21 Februari 2013, 08:45 WIB
    Berarti kalau dari Jogja kota, sekitar 50KM ya mas ke Pantai Pulang Syawal? Perjalanan nya mulus nggak? opo macet, jalan rusak, dll gitu? maaf nih banyak tanya, soalnya maret mau pulkam ke jogja , suwun mas :D
    Perjalanannya mulus kok mbak, jalannya aspal gitu, bagus kok. Klo hari libur, macetnya nggak separah macet di Jakarta kok mbak, paling padat aja. Kalau hari kerja ya sepi banget jalannya.
  • #Sabtu, 8 Juni 2013, 08:25 WIB
    Mau tanya bang...
    kalau akses menuju pantai indrayanti tu bisa di lewatin bus besar gak????
    terima kasih.
    Bisa dong. Kalau hari libur banyak bis-bis besar yang parkir di sana. Ramainya melebihi malioboro. Doh!
  • IP SANTOSO
    avatar 5355
    #Rabu, 19 Juni 2013, 15:12 WIB
    ada yg tau gak tilpun hotel indrayanti, sy rencana mau nginap disana, thanks yaaa...
    kalau hotel di Indrayanti kayaknya belum ada. Alternatif penginapan dekat sana bisa dicoba dilihat di http://sewasepedajogja.com/hotel-dan-penginapan-di-sekitar-pantai-indrayanti-dan-goa-pindul-gunung-kidul/
  • NISA
    avatar 5358
    #Sabtu, 22 Juni 2013, 17:23 WIB
    kakak nanya dong, kalo rutenya dr arah solo berapa jam prjlnan kira2 kak?
    hmmm, kurang lebih 3 jam lah. Kalau kendaraan kuat dan sehat dari Solo ke Gunungkidul bisa lewat Bayat di Klaten, nggak harus lewat kota Jogja dulu.
  • SUPRIYATI
    avatar 5374
    #Minggu, 30 Juni 2013, 14:09 WIB
    30 th lalu pantai gunung kidul tuh indah banget, masih alami. Berkali-kali aku kesana. 10 th
    lalu pernah seharian wadegame menyusuri tepiannya. Naik turun tebing menuju pantai ayah
    dan kamping seminggu. Nanti aku kan kesana. Masihkan sealami dulu?
    klo banyak orang yang berkunjung ke sana kayaknya makin ga alami deh :O
  • #Senin, 6 Januari 2014, 13:48 WIB
    tiap ke jogya belum kesampaian ke daerah selatan, pantai2nya bagus2, bagus nih buat poto2an hehehe
    kalau liburan ke Jogja sempatkan satu hari buat keliling pantai mbak
  • AZKA
    avatar 6145
    #Jum'at, 6 Juni 2014, 14:15 WIB
    jangan lupa jg pantai jogan d gunung kidul,,,,
    air tejun yang jatuh langsung ke laut,,, bagus baget tempatnya.
    wah, saya malah belum pernah ke sana >.<
  • NAROTAMA AB
    avatar 6378
    #Senin, 25 Agustus 2014, 14:02 WIB
    minggu kemarin ak ke indrayanti,gak seperti di foto2 diatas :(
    skrg mau numpang teduh diatas bukit aj bayar.awalnya kotak pengisian sukarela,ternyata pake fasilitas kursi aj bayar 20rb.tmpt yg disamping tebing2 kan teduh.itu skrg udh dipasang tikar2 byr 20rb jg.indah dari mananya?
    mau nyantai gak jenak.
    Waduh, bener2 udah komersil ya sekarang? Mungkin harus dateng di hari kerja kali ya, supaya bisa merasakan suasana pantai yang sepi?
  • RONNY
    avatar 6696
    #Kamis, 13 November 2014, 07:23 WIB
    bisa ngk bus pariwisata besar ke pantai indrayanti
    Bisa dong Bro
  • RINA
    avatar 6734
    #Jum'at, 21 November 2014, 14:16 WIB
    kalo mau ke pantai indrayanti dari malioboro PP, naik bus apa ya? atau ada referensi angkutan lain? Thanks.
    Kalau dari Malioboro bisa naik bus Trans Jogja sampai terminal Giwangan. Dari terminal Giwangan naik bus trayek Jogja-Wonosari dan turun di terminal Wonosari. Dari terminal Wonosari naik bus jurusan ke Pantai Baron. Nah, di Pantai Baron ini nyewa ojek mbak ke Pantai Indrayanti. Tawar aja supaya tarifnya < Rp 30.000