Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 7 Agustus 2012, 09:14 WIB

Ngemplak adalah nama salah satu kecamatan di kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Ada 4 desa (kelurahan) yang berada di wilayah kecamatan Ngemplak, yakni Widodomartani, Wedomartani, Umbulmartani, Sindumartani, dan Bimomartani.

 

Seperti yang bisa Pembaca perhatikan dari nama kelima desa di atas. Setiap nama desa diakhiri oleh kata martani. Ya kan?

 

Nah, menurut pengetahuan bahasa Jawaku yang pas-pasan ini, dalam bahasa Indonesia kata martani memiliki arti bertani, menghidupi, merata. Sehingga, asal-usul nama-nama desa di atas memiliki hubungan dengan sifat atau perilaku bertani, menghidupi, atau merata.

 

Pembaca, sekali lagi aku beritahukan. Yang akan aku jelaskan di bawah ini bersumber dari pengetahuan bahasa Jawaku yang pas-pasan. Bilamana Pembaca merasa itu kurang tepat, atau tahu yang lebih tepat, tolong aku diberitahu di kotak komentar ya!

 

Matur nuwun sanget!

 

Arti Nama Wedomartani, Umbulmartani, Sindumartani, dan Widodomartani

Mari kita mulai dari nama desa Wedomartani. Nama Wedomartani ini dibentuk dari kata wedo + martani. Kata wedo berasal dari kata wedi yang memiliki arti pasir. Alhasil, Wedomartani bisa diartikan sebagai hidup dari pasir. Lha apa itu yang dimaksud hidup dari pasir? Ya hidup dari menambang pasir dong! Bisa jadi wilayah Wedomartani diberi nama seperti itu karena dahulunya warga di sana hidup sebagai penambang pasir.

 

Demikian juga dengan nama-nama desa lainnya. Nama Umbulmartani berasal dari kata umbul + martani. Kata umbul memiliki arti mata air atau kolam. Jadi, bisa jadi wilayah ini diberi nama Umbulmartani karena dahulu ada mata air yang menyokong kehidupan warga sekitar.

 

Untuk nama Sindumartani berasal dari kata sindu + martani. Kata sindu (sindhu) merupakan sebutan lain untuk sungai yang diserap dari perbendaharaan bahasa India. Jadi, diberi nama Sindumartani karena dahulu kala masyarakat sekitar menggantungkan hidup dari sungai. Sungai yang dimaksud bisa jadi adalah Kali Gendol.

 

Desa Widodomartani yang merupakan kota kecamatan Ngemplak, memiliki nama yang berasal dari kata widodo + martani. Kata widodo memiliki arti keselamatan. Jadi, nama Widodomartani diberikan sebagai bentuk doa agar masyarakat desa tersebut hidup dengan selamat.

 

Kira-kira begitulah penafsiranku Pembaca. Kalau Pembaca punya pemahaman lain jangan sungkan untuk disampaikan di kotak komentar ya!

 

Arti Nama Bimomartani

Nah, lain halnya dengan nama desa Bimomartani. Apa arti kata Bimo? Apakah maksudnya bertani Bimo? Ataukah hidup dari Bimo? Asal tahu saja, orang Jawa itu nggak sembarangan dalam memberi nama. Setiap nama yang diberikan pasti ada maksudnya. Kira-kira apa ya maksud nama Bimomartani itu?

 

Ternyata, kata Bimo itu tidak lain dan tidak bukan adalah nama salah satu tokoh pewayangan epos Mahabarata yang kita kenal. Kita sih biasa menyebutnya Bima.

 

Lha? Lantas apa Bima pernah bertani di daerah? Ataukah Bima pernah hidup di sana? Eh apa ya mungkin Bima dahulu punya petak sawah di daerah sana ya? hahaha .

 

Tapi, asal-usul yang lebih populer di kalangan masyarakat setempat adalah bahwa penamaan Bimomartani tersebut dikarenakan keberadaan tapak kaki milik Bima di sana.

 

Hah? Yang bener? Tapak kaki Bima?

 

Beneran!

 

Asal-usul sejarah cerita adanya Situs Tapak Bima di Bimomartani, Ngemplak, Sleman
Kawan-kawan SPSS di lokai Tapak Kaki Bima.

 

Tapak Kaki Bima

Lokasi yang disinyalir sebagai tapak kaki Bima itu ada di dekat SMPN 2 Ngemplak. Persisnya di sawah-sawah. Tapak kaki Bima itu berbentuk susunan batu luaaas yang membentuk jejak tapak kaki. Katanya sih Bima mendarat di daerah tersebut dalam perjalanannya mengambil api abadi dari puncak Merapi.

 

Bagian jari kaki Bima di Situs Tapak Bima, Bimomartani, Ngemplak, Sleman
Ini katanya bagian dari jari kaki Bima.

 

 

Bagian tumit kaki Bima di Situs Tapak Bima, Bimomartani, Ngemplak, Sleman
Yang ini katanya bagian dari tumit Bima.

 

 

Grosir telur burung puyuh berkualitas dengan gratis ongkos kirim ke jabodetabek
Yang ini namanya telur burung puyuh (eh?).

 

Hebat banget imajinasi orang jaman dulu ya? Aku saja nggak bisa membayangkan bentuk tapak kakinya. Mungkin pembaca bisa membayangkan dari foto-foto di artikel ini dan juga video penjelasan Je Hertanto berikut.

 

 

Bagaimana? Pembaca bisa membayangkan?

 

Apa pun itu, sekian dulu ya ceritaku mengenai kisah asal-usul nama desa di kecamatan Ngemplak. Mungkin ada Pembaca yang mau menambahkan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNOSMILE
    avatar 4760
    ANNOSMILE #Jum'at, 10 Ags 2012, 09:37 WIB
    tau info itu darimana seh penasaran
    tau dari warga lah No
  • CERITAEKA
    avatar 4775
    CERITAEKA #Senin, 27 Ags 2012, 12:38 WIB
    Tapak Bima-nya koq kecil ya? :D btw aku baru ngeh kalau artinya bertani, selama ini gue nyangkanya artinya air :D
    Itu yang kecil hanya bagian dari tapak Bimanya mbak, hehehe.
  • HAFIZ RANDY
    avatar 7952
    HAFIZ RANDY #Sabtu, 18 Jul 2015, 23:48 WIB
    Di desa saya juga ada jejak kaki di atas
    batu di duga itu jejak bima juga tapi belom
    pasti si soal nya yg tau ada jejak itu cuma
    warga sekitar doang nah jejak itu ada nya
    di kaki gunung lawu
    Waw Gunung Lawu jauhnya. Mungkin dulu Bima juga pernah menjejakkan kaki ke Gunung Lawu :D