Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 1 Februari 2012, 19:54 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Mentari pagi dan langit biru mengawali hari raya Imlek 2563 yang jatuh pada hari Senin (23/1/2012). Ketika sebagian saudara kita tengah berkumpul di klenteng dan vihara untuk beribadah, maka kami–Aku, Paris, dan Pakdhe Timin–meluangkan waktu untuk bersepeda sekaligus berwisata. Tujuan kami sebuah air terjun yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

 

Bersepeda ke Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Kawan bertualang di hari Imlek 2563. Hanya sepedaan biasa, bukan SPSS atau PEKOK.

 

Ke Gunungkidul Lewat Klaten

Sekitar pukul 8 pagi kami berkumpul di Indomaret di tepi Jl. Raya Jogja – Solo yang tak pernah sepi dari deru kendaraan bermotor. Pakdhe Timin, dengan berbekal GPS dari smartphone LG Optimus, bertindak sebagai pemandu arah. Titik tujuan kami yang pertama adalah Kecamatan Bayat di Kabupaten Klaten.

 

Mungkin banyak orang akan mengira, menuju suatu wilayah di Gunungkidul adalah wajib hukumnya untuk melalui Jl. Wonosari yang mengarah ke Pathuk hingga Wonosari. Jangan salah. Kecamatan Gedangsari, tepatnya desa Tegalrejo, terletak tepat di perbatasan Yogyakarta – Klaten. Lokasi tersebut lebih “manusiawi” bila ditempuh melalui Jl. Raya Jogja – Solo yang relatif datar dan landai dibandingkan Jl. Wonosari.

 

Alhasil, sepeda pun kami pacu menuju arah timur. Oleh sebab kami menganut paham “rute pergi harus berbeda dengan rute pulang”, maka setibanya di Prambanan, kami mengambil rute jalan desa. Kami menyusuri kaki perbukitan Pereng, dikelilingi hamparan sawah yang menghijau. Melewati kecamatan Gantiwarno, Wedi, hingga tiba di Bayat.

 

Gapura desa Tegalrejo menuju Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Gapura di Desa Tegalrejo menuju Curug Indah Gedangsari

 

Di Ujung Timur Yogyakarta

Selanjutnya adalah menuju Desa Tegalrejo. Kami sempat kebingungan, karena sebagian besar jalan yang kami lalui bukan jalan besar. Syukur, kekhawatiran kami sirna tatkala melihat rambu-rambu arah menuju SMPN 2 Gedangsari. Sebab SMPN 2 Gedangsari ini juga terletak di Desa Tegalrejo.

 

Di dekat sebuah gapura besar, kami berhenti di sebuah warung. Jarum jam menunjukkan pukul setengah sebelas siang. Teriknya matahari membuat kami haus, apalagi semenjak berangkat kami sama sekali belum sarapan. Jadilah kami singgah untuk mengisi perbekalan. Dari Ibu pemilik warung (yang keheranan melihat kami bersepeda ke sana) kami dapat informasi bahwa air terjun yang kami cari hanya berjarak sekitar 1 km lagi.

 

Wah, sudah dekat rupanya Pembaca!

 

Warung sederhana di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
"Ini masih DI Yogyakarta kok Mas, cuma di ujung paling timur" kata Ibu pemilik warung.

 

Betul saja. Tidak seberapa lama, sampailah kami di Kantor Desa Tegalrejo. Di tengah membaranya kayuhan sepeda kami untuk segera tiba di air terjun, beberapa aparat desa tiba-tiba mencegat kami. Oh, rupanya mesti membayar retribusi dulu, hehehe .

 

Di karcis yang diberikan tertera tarif retribusi per orang Rp1.500. Namun kami ditarik biaya Rp5.000 untuk 3 orang. Kesimpulannya?

 

Tarif Tiket Masuk dan Retribusi di di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Jangan lupa bayar retribusi kalau nggak mau dikejar-kejar orang sekampung

 

Berhubung air terjun sudah di pelupuk mata dan perut yang sedari tadi meronta-ronta minta diisi, mampirlah kami ke angkringan di dekat Kantor Desa Tegalrejo. Sepanjang jalan yang kami lalui jarang ada warung makan. Yah, mungkin karena kami melewati jalan desa yang mayoritas dikelilingi sawah. Jadi, pesanku kepada Pembaca yang hendak berkunjung kemari, isi perbekalan dulu sebelum berangkat, atau bersantap dulu di Kota Gantiwarno, Wedi, atau Bayat.

 

Angkringan dekat Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Kalau pembaca ingin ke kamar kecil, minta kunci kamar kecil di Ibu Angkringan ini ya.

 

Juga, berhubung kami berkunjung di hari raya Imlek yang sudah ditetapkan menjadi hari libur nasional, alhasil banyak sekali pengunjung yang datang. Umumnya adalah pasangan muda-mudi. Wajar saja bila tempat parkir terlihat penuh. Oh ya, tarif parkirnya adalah sebesar Rp1.000 per sepeda. Entah berapa biayanya untuk sepeda motor.

 

Jalur Sepeda di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Sepeda boleh dibawa masuk, tapi ya silakan nikmati medan jalan seperti ini.

 

Curug Indah Gedangsari Milik Pribadi

Mitos hujan lebat di hari Imlek sepertinya tidak tepat lagi disebut mitos. Sebab dari pengalamanku memang selalu terjadi. Begitu pula di hari itu. Kami harus menerima nasib kehujanan di tengah jalan. Tidak ada tempat berteduh. Jikalau ada, mayoritas sudah dihuni oleh pasangan muda-mudi. Alhasil, kami harus menerapkan ilmu bertahan hidup, membuat bivak ala kadarnya dari jas hujan yang dibawa Pakdhe Timin. Sayang tidak sempat diabadikan dalam foto, hehehe.

 

Orang pacaran bebas di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Jalan menuju air terjun terhalang oleh danau kecil ini, ...

 

Semak-semak mesum di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
... jadi kami harus mengambil jalan memutar danau dan terpaksa masuk ke semak-semak.

 

Untung, hujan hanya berlangsung sekitar setengah jam saja. Efek sampingnya, banyak pengunjung yang memutuskan untuk pulang karena basah kuyup, hahaha . Air terjun bakal jadi "milik" kami pribadi nih!

 

Pemandangan indah Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012

Foto Slow Speed di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012

Suasana Taman Wisata Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012

 

Air terjun ini dikenal sebagai Curug Indah, Curug Gedangsari, atau Air Terjun Gedangsari. Lokasi wisatanya sendiri dikenal sebagai Taman Wisata Curug Gedangsari.

 

Kabarnya lokasi ini sebenarnya milik perseorangan yang kemudian dikelola bersama oleh warga desa. Seperti yang nampak di papan larangan yang ada di gerbang masuk. Memberi pesan bahwa siapa pun yang berkunjung ke lokasi wisata ini harus mengantongi ijin (yakni dengan membayar retribusi ) karena lokasi ini termasuk pekarangan rumah warga. Ya toh?

 

Larangan Masuk Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Kira-kira pembaca mengartikan larangan tersebut sebagai apa?

 

Kotor oleh Sampah

Sayang seribu sayang, perihal sampah tidak tercantum di papan larangan! Asal Pembaca tahu, lokasi di sekitar air terjun benar-benar tercemar sampah! Dari mulai kemasanan makanan hingga pembalut wanita (weleh!).

 

Benar-benar menganggu kenyamanan kalau mau berenang di air terjun ini. Kami sempat berbaik hati mengumpulkan sampah demi sampah yang kami temui. Ternyata terkumpul satu tas plastik penuh!

 

Sampah di Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Sampah yang bisa terkumpul jauh lebih banyak dari ini

 

Bila pengelola tempat wisata ini memang berniat untuk merawat dan memelihara, hendaknya di beberapa sudut disediakan tempat sampah. Jangan hanya bersandar pada pengelolaan pariwisata ala kadarnya, dengan hanya mementingkan arus kas masuk dari pungutan retribusi. Apalagi lokasi wisata ini kan kabarnya milik pribadi, jadi alur birokrasinya pasti tidak serumit pengelolaan pariwisata di bawah naungan pemerintah.

 

Curug Bayat, Klaten dekat Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Lokasi favorit muda-mudi untuk memadu kasih.

 

Sungai dekat Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada Januari 2012
Menyusuri tepi sungai untuk sampai ke air terjun.

 

Bila pembaca berkeinginan untuk singgah di Curug Indah Gedangsari ini sebaiknya pada musim-musim penghujan yang tidak terlampau penghujan (eh?). Sebab, debit airnya akan surut tatkala memasuki musim kemarau hingga tak tampak seperti air terjun. Jika memasuki musim penghujan lebat, dikhawatirkan debit airnya terlampau deras dan airnya akan berubah warna menjadi coklat-keruh.

 

Rute Singkat ke Curug Indah Gedangsari 

Bagaimana Pembaca? Siap untuk menjelajah ke Curug Indah Gedangsari? Air terjun ini dekat dengan Luweng Sampang yang ">fenomenal itu lho. Keduanya berada di kecamatan Gedangsari, Gunungkidul.

 

Luweng Sampang di Gedangsari, Gunungkidul, tahun 2012

 

Berikut adalah panduan rute menuju Curug Indah Gedangsari melalui Jl. Raya Jogja – Solo yang nyaman bagi kendaraan bermotor.

 

  1. Dari Jogja, ikuti Jl. Raya Jogja – Solo hingga tiba di Kota Klaten (sekitar 30 km)
  2. Dari Kota Klaten arahkan kendaraan ke selatan menuju Makam Sunan Pandanaran di Paseban, Bayat (serupa dengan arah menuju Sentra Gerabah di Desa Melikan, Wedi).
  3. Memasuki Kota Bayat, arahkan kendaraan menuju Kantor Kecamatan Bayat.
  4. Dari Kantor Kecamatan Bayat ikuti jalan berwarna merah pada gambar ini hingga tiba di Curug Indah Gedangsari.

 

Peta Jalan Rute Singkat ke Curug Indah Gedangsari


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ELISA
    avatar 4456
    ELISA #Kamis, 2 Feb 2012, 10:56 WIB
    luar biasa...trnyata di ujung yogya ada air terjun seindah ini...
    Memang indah ya mbak. Apa sudah berkunjung ke curug ini?
  • RUMPUTLIAR
    avatar 4459
    RUMPUTLIAR #Jum'at, 3 Feb 2012, 14:48 WIB
    wah airnya sudah banyak ya mas, dulu ke sini airnya kering
    mungkin karena sewaktu kami mampir kemari masih banyak hujan Kang
  • YACOB-IVAN
    avatar 4460
    YACOB-IVAN #Jum'at, 3 Feb 2012, 15:01 WIB
    Wow, bagus sekali air terjunnya... gambar yang nomor dua dari terakhir: itu sampah atau
    longsor ya?
    itu longsor Cob
  • BELLA
    avatar 4463
    BELLA #Senin, 6 Feb 2012, 22:15 WIB
    Wooow oke bener...ntar pas ke Klaten mampir dsni ah...
    ayo mampir mbak Bella!
  • PACARKECILKU
    avatar 4465
    PACARKECILKU #Sabtu, 11 Feb 2012, 02:30 WIB
    bingung liat petunjuk jalan berwarna merah pada https://picasaweb.google.com/lh/photo/7Kt6-IMQLpRJXFR33KggbN2BoxihOAIehctm_vNBDbw?featdirectlink kalo cuma mau bayat kok petunjuk nya kudu nyampe kota klaten yg berjarak 30 km mas? bukannya bisa ditempuh mblusukkan dari proliman lwt jalan proyek?
    lha itu rute yang paling mudah dipahami. Kalau rutenya blusukan dari Proliman ya bisa sih, tapi resiko nyasarnya tinggi, hahahaha :D
  • SATIA
    avatar 4472
    SATIA #Rabu, 15 Feb 2012, 12:21 WIB
    woww.....dulu sering maen kesini nihh, sayang sekarang dah di kota metropolitan
    kapan2 pada maen nanti maen kerumahku di desa Mawen, Wedi, Klaten.
    hahahaha.....

    wah wah wah enak sekali dapat akomodasi gratis dari mas Satia :D

  • ADHIT
    avatar 4486
    ADHIT #Rabu, 29 Feb 2012, 11:14 WIB
    waah asik kii.... nyok kapan gowes bareng mrono...

    lha kapan? ayuk bro! :D

  • JARWADI
    avatar 4488
    JARWADI #Kamis, 1 Mar 2012, 11:02 WIB
    haaah, saya malah baru tahu kalau di gedang sari ada curug seindah ini :)
    makanya mampir Gunung Kidul dong Kang :D
  • ANNOSMILE
    avatar 4509
    ANNOSMILE #Selasa, 20 Mar 2012, 15:30 WIB
    aq dulu cuma tengok bentar kesini..
    blom nemu curug yg paling tinggi..
    ini arahnya ke atas atau ke bawah bro?
    Apa maksudnya arah ke atas atau ke bawah No? Ini masih di dasar curug, nggak naik sampai puncak curug.
  • ANNOSMILE
    avatar 4512
    ANNOSMILE #Rabu, 21 Mar 2012, 08:39 WIB
    liat foto2 di blogku http://teamtouring.net/curug-indah-tegalrejo.html nah aku baru nyampe
    tingkatan air terjun yang ini..yg paling tinggi malah belum nemu karena udah kesorean dan
    sepi..sebelah mananya?
    Di artikel blogmu, foto yang kedua dan yang ketiga adalah foto air terjun yang aku tampilkan di artikel ini.

    Mungkin karena sewaktu aku datang curah airnya melimpah jadi terlihat berbeda.
  • WAWAN
    avatar 4552
    WAWAN #Jum'at, 20 Apr 2012, 23:36 WIB
    Di karcis yang diberikan tertera tarif retribusi per orang Rp 1.500. Namun kami ditarik
    biaya Rp 5.000 untuk 3 orang. Kesimpulannya?

    "ben rasah nyusuki"
    korupsi level kampung itu >.<
  • JO SOBONDESO
    avatar 4598
    JO SOBONDESO #Rabu, 16 Mei 2012, 08:19 WIB
    bagus... sudah sering dengar tap belum sempat menyambanginya.. nuwun infonya mas
    kapan-kapan sempatkan main ke sana mas Jo, ajak si kecil juga, hehehe
  • FANDI
    avatar 4599
    FANDI #Rabu, 16 Mei 2012, 20:37 WIB
    aduh bingung alamatnya kurang jelas, soalnya saya dari cikarang.
    kalau bisa tolong kasih tahu saya ya please...
    ni nomor saya 085715670260
    waduh, pokoknya kalau dari kecamatan Bayat itu lurus ke arah selatan aja. Kalau bingung ya tanya warga sekitar.
  • HARNI
    avatar 4624
    HARNI #Sabtu, 26 Mei 2012, 08:07 WIB
    tempatnya emang bgus banget sik kak,,,
    rmh q jg tegalrejo sik jd kalau kesana bsa mampir,,,,hehehe
    wah, tiap hari bisa main ke curug dong :D
  • DEWITRI
    avatar 4632
    DEWITRI #Rabu, 30 Mei 2012, 11:02 WIB
    memang indah banget....rmhq skitar sana lhooo
    sip deh! :D
  • ROES
    avatar 4642
    ROES #Sabtu, 2 Jun 2012, 07:13 WIB
    indah sekali.......dah lama q ga ke sana........dulu sering main ke sana, bareng temen2.....skrng katanya dah dikelola peorangan ya....??
    iya mbak, yang mengelola perorangan. Soalnya tanah pribadi :)
  • PAKDHETIMIN
    avatar 4643
    PAKDHETIMIN #Sabtu, 2 Jun 2012, 17:11 WIB
    walah telat komen aku...
    hahahaha
    ckckckck mbah...
  • BAY
    avatar 4683
    BAY #Rabu, 27 Jun 2012, 16:30 WIB
    itu deket rumah ane gan
    oh ya? boleh mampir? :D
  • FAUZI
    avatar 4738
    FAUZI #Minggu, 29 Jul 2012, 14:06 WIB
    mav sya lum bgtu taho daerh sna,coz sya dri jakarta dan sya jg bru tao klo diyogya da curugny. ntr lburan lebran sya mau maen ksna,klo da yang mau ksih ptnjuk jln tlong hbngi sya ke 085691066883
    Woke Bang Fauzi, ditunggu kunjungannya ya!
  • BEJO
    avatar 4891
    BEJO #Senin, 26 Nov 2012, 17:41 WIB
    manteph mas,,boleh tau nggak ya siapa yg ngepost nii,,wahh nicee bangettsalam gedangsari kangmas
    yang nge-post ya saya lah, hahaha
  • AGOES
    avatar 4960
    AGOES #Jum'at, 28 Des 2012, 20:24 WIB
    wah,,,, trm ksh masbro,,,, daerah q d posting,,,,, kebetulan rmh q deket dgn lokasi air terjun,,,, lokasi tuh tmpt main q waktu msh kecil,,,,, thanks bro,,,,,
    makasih juga Kang AGoes mau singgah ke blog ini :)
  • TIKA
    avatar 4987
    TIKA #Sabtu, 12 Jan 2013, 12:18 WIB
    penasaran ni, tengkiu info ancer2nya.. patut disatroni iniii :D cuuuzzz
    sip deh, kalau nyasar jangan malu bertanya warga yaaah!
  • RITA
    avatar 4995
    RITA #Sabtu, 19 Jan 2013, 15:52 WIB
    klo dari air terjun ini mau ke luweng sampang, arahnya kemana ya mas? kemarin hbs dr curug gedangsari trus mau terus ke luweng sampang mlh nyasar hehehe...
    wah, kalau dari Gedangsari ke Luweng Sampang saya juga nggak tahu jalannya e mbak. Maklum kan blusukan jalan desa dan sawah. Tapi ancer-ancernya ya SD Negeri Sampang.
  • DARMAWAN
    avatar 5072
    DARMAWAN #Sabtu, 16 Feb 2013, 03:08 WIB
    mas, saya sudahkesana tapi kok nggak nemu yg seperti difoto itu ya?
    mosok? sampeyan sudah jalan sampai ujung? ikutin aja sungainya. Mungkin pas sdang musim kemarau?
  • SATIMAN
    avatar 5174
    SATIMAN #Jum'at, 29 Mar 2013, 12:57 WIB
    trmksah udah berkunjung ke negeriku tegalrejo
    heheh, sama-sama mas Satiman
  • RDSAPUTRO
    avatar 5179
    RDSAPUTRO #Senin, 1 Apr 2013, 07:29 WIB
    ini yang mana ya?masuk gapura po yang arah smp 2 gedangsari?masalahnya kemaren
    baru baru ini saya menyusuri curug ngalarangan di daerah gedangsari, ini yang curug bayat
    yang terkenal?
    ke curug ini masuk gapura mas ke Tegalrejo, tapi bukan arah ke SMP 2 Gedangsari. Pokoknya, kalau mau ke curug ini pasti ngelewatin kantor Desa Tegalrejo kok.

    Eh, curug Ngalarangan itu di daerah mana Mas? Nama desa dan dusunnya apa? Nuwun.
  • RDSAPUTRO
    avatar 5182
    RDSAPUTRO #Senin, 1 Apr 2013, 22:19 WIB
    owh curug yang dibilang warga kemarin toh ini :| , okee okee

    masih sama daerah gedangsari mas, tapi yang arah SMP 2 Gedangsari, gapura
    perbatasan ambil kanan, sabtu kemarin saya barusan kesana ini gambarnya mas
    http://tinyurl.com/bltkm4c :))
    WOOH!
  • PATRICK IDIOTIQE
    avatar 5275
    PATRICK IDIOTIQE #Minggu, 12 Mei 2013, 19:54 WIB
    walaupun cuma lihat dari foto baca cerita tp serasa menyatu dgn alam
    hihihi, terima kasih ya sudah menyempatkan membaca
  • DARIZ
    avatar 5787
    DARIZ #Senin, 10 Feb 2014, 06:13 WIB
    Misi, kang... mau nanya
    Kalo dari luweng sampang arahnya ke mana ya?
    Nuwuun..
    :-D
    dari luweng sampang masih ke timur buat sampai ke desa Tegalrejo tempat curug Gedangsari berada
  • ANDREAS
    avatar 5806
    ANDREAS #Kamis, 20 Feb 2014, 15:51 WIB
    memang tempat di sana indah tp yg mengotori adalah muda mudi yg sering menyalahgunakan tempat... Pdhl tdak tempatnya dan mungkin blum saat nya mereka melakukan seperti itu. .
    Saya selaku warga di sni mengatakan keberatan tempat kami di jadikan tempat mesum
    Trimakasih kepada teman teman di atas dngan rela memamerkan keindahan tempat kami/ daerah kami. .
    Maklum Kang di sana sepi, apalagi hanya muda-mudi yang punya semangat berkunjung ke sana. Kalau di sana juga banyak dikunjungi oleh lansia dan keluarga beserta anak-anak mungkin ya tidak seperti itu.
  • ALEX
    avatar 6092
    ALEX #Senin, 19 Mei 2014, 12:00 WIB
    mobil bisa sampai mana???
    dari parkiran perjalanan naiknya brp km??
    Mobil bisa kok nyampe parkiran. Cuma ya jalannya lumayan sempit Bang, trus ya agak nanjak gitu. Habis itu dari gerbang masuk ke curugnya jalan kaki sekitar 30 menitan lah.
  • MAHAPUTRA
    avatar 6389
    MAHAPUTRA #Rabu, 27 Ags 2014, 11:06 WIB
    desaku...
    Sesuk aku nunut mampir yo?
  • WISATA GRATIS
    avatar 6398
    WISATA GRATIS #Jum'at, 29 Ags 2014, 07:58 WIB
    akhirnya kemarin sampe juga ke TKP hehe... Thanks ifonya gan
    Foto-fotonya udah diupload belum nih ke blogmu?
  • RATRI
    avatar 6590
    RATRI #Jum'at, 24 Okt 2014, 23:41 WIB
    kalo di dekat objek wisata curugnya ada tempat penginapan atau area camping ga?
    Wah, nggak ada e mbak. Sekitarnya sana itu persawahan dan kampung.
  • EKO
    avatar 7360
    EKO #Rabu, 25 Mar 2015, 13:26 WIB
    bro bro,,ni curug tutupnya jam brapa ya?,,thx
    Pas dulu aku itu ke sana Blum ada yg jaga je, jadi ga ada jam tutupnya
  • KLATHAX
    avatar 8732
    KLATHAX #Jum'at, 27 Nov 2015, 15:26 WIB
    Suwun mas infonya, bs buat nambah
    referensi wisata di jogja :-)
    Mohon info" yg br lg bila ad.
    ad pin yg bs di kontak g y?
    ini pin sy 5286027D suwun
    Salam Budaya
    kunjungin aja blog ini Mas klo mau tahu tempat-tempat wisata menarik lain :D
  • AJIE
    avatar 10604
    AJIE #Selasa, 31 Jan 2017, 18:31 WIB
    sedih pas kesana musim kemarau jadi air terjunnya macet alias sungainya keriiing.. :( :(
    Ya kapan-kapan lagi datang ke Curug Gedangsari pas musim hujan yah. :)