Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 17 Januari 2012, 14:02 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Orang Jawa itu pada dasarnya lekat dengan hal-hal klenik. Tidak percaya? Kalau Pembaca senggang, cobalah Pembaca berkunjung ke suatu pedesaan di Jawa yang jauh dari hiruk-pikuk kota besar.

 

Perhatikan, pasti ada saja satu-dua tempat yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi wingit alias keramat. Bila berbincang dengan para sesepuh, tak jarang mereka akan bercerita legenda, mitos, bahkan pengalaman mereka terhadap tempat-tempat keramat itu. Ujung-ujungnya adalah pesan untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesopanan.

 

Suasana pemandangan pagi hari di Sendang Klangkapan Godean pada zaman dahulu banyak ibu gadis mencuci pakaian
Sendang Klangkapan di Godean ini juga menyimpan kisah mistik.

 

Seperti halnya dengan Sendang Ngembel. Sebuah sendang (mata air) yang terletak di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Warga menamainya Sendang Ngembel karena dahulu di sendang ini airnya bercampur lumpur. Kata ngembel berasal dari kosakata Jawa, mbel, yang bermakna lumpur yang tidak pekat.

 

Huruf e pertama pada kata ngembel dibaca e seperti pada kata entah.

Sedangkan huruf e kedua dibaca e seperti pada kata enak.

 

Kalau melihat foto yang dipajang di situs tembi.net, terlihat bahwa air sendang memang keruh seperti bercampur dengan lumpur. Didorong rasa penasaran untuk singgah di sendang yang airnya penuh lumpur itu, pada hari Sabtu (3/12/2011) aku beserta sahabat SPSS bersepeda ke Sendang Ngembel yang jaraknya dari Kota Jogja sekitar 20-an km.

 

Para pesepeda berfoto di Sendang Ngembel Pajangan Bantul pada tahun 2011 saat sendangnya masih alami dan belum modern dibangun bagus
Eh, ternyata sendangnya nggak berlumpur.

 

Rute ke Sendang Ngembel 

Dari Kota Jogja kami menuju Kota Bantul. Rute mudahnya adalah melalui Jl. Bantul. Di perempatan Masjid Agung Bantul kami berbelok ke arah barat. Rute kami berikutnya adalah menuju Makam Sewu, di Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak. Sesuai namanya, Makam Sewu adalah suatu kompleks pemakaman yang memiliki banyak makam. Saking banyaknya, orang Jawa menyebutnya ribuan (sewu).

 

Di kompleks Makam Sewu ini terdapat makam Panembahan Bodho, seorang tokoh penyebar Islam yang masih bersaudara dengan Ki Ageng Wonolelo. Banyak peziarah yang datang kemari dan bersemedi untuk mencari berkah (khas Jawa banget). Adapun di bulan Sya’ban menjelang puasa kerap digelar upacara Nyadran.

 

Suasana di Makam Sewu di Wijirejo Pandak Bantul di zaman dahulu saat masih belum modern pada tahun 2011
Makam Sewu yang sepertinya juga keramat.

 

Tapi, kami kemari bukan untuk berziarah lho. Hanya sekadar mampir, meluruskan kaki, sembari pesta rambutan, hahahaha.

 

Pesta rambutan enak dan murah yang banyak dijual di sekitar kawasan Makam Sewu di Wijirejo Pandak Bantul pada tahun 2011
Pesta rambutan mumpung lagi murah-murahnya. Semoga nggak bikin ngiler "warga" Makam Sewu.

 

Letak Sendang Ngembel sebenarnya ada di bukit yang berada di sisi barat laut Makam Sewu. Alhasil kami lantas memutari Makam Sewu untuk mendaki bukit. Medannya sih jalan aspal, tapi karena namanya “mendaki” ya terima resiko kalau kontur jalannya “miring” (dibaca: NANJAK), hahaha.

 

Rute bersepeda ke Sendang Ngembel Pajangan Bantul dari Kota Jogja melewati tanjakan terjal pada tahun 2011
Nggak kuat nanjak ya dituntun, mudah tow?

 

Ada Pulau Kecil dan Tanpa Lumpur

Tak berapa lama, tibalah kami di Sendang Ngembel. Berbeda dari kesan awal. Sendang Ngembel ini eksotis! Air sendang tidak keruh lumpur melainkan hijau karena berlumut. Di tengah sendang ada sebuah pulau kecil dengan tiga pohon cemara dan satu altar.

 

Pemandangan cantik dan indah Sendang Ngembel Pajangan Bantul zaman dahulu saat kondisinya masih alami belum diperbagus modern pada tahun 2011
Cantik sekali...

 

Aku tidak tahu persis apakah altar ataukah meja biasa. Tapi kalau dipikir secara logis, untuk apa membangun meja di tengah pulau, tanpa kursi? Siapa yang menggunakannya? Fungsinya sebagai altar lebih masuk akal karena di pinggir sendang terdapat sebuah cungkup (bangunan kecil untuk meletakkan sesaji) yang dipenuhi bau. Kabarnya cungkup ini adalah kediaman penunggu Sendang Ngembel, Kyai dan Nyai Beji.

 

Berfoto dengan sepeda di atas altar batu yang terdapat di Sendang Ngembel Pajangan Bantul pada tahun 2011
Kang Supriyadi Plat AB punya caranya sendiri untuk memaknai altar...

 

Suasana makam keramat dan angker para penunggu Sendang Ngembel Pajangan Bantul bernama Kyai dan Nyai Beji pada tahun 2011
Suasana di dalam cungkup.

 

Cocok Untuk Lokasi Pemotretan 

Terlepas dari keramatnya Sendang Ngembel, warga setempat memanfaatkan sendang yang airnya tak pernah kering ini sebagai sumber irigasi persawahan. Adapula warga yang mengail ikan di sini. Buatku pribadi, Sendang ini eksotis sebagai lokasi pemotretan, terutama dengan keberadaan pulau kecil di sendang sendang. Andaikata sendang ini berada di perkotaan, wah, pasti sudah dipadati oleh pengunjung yang ingin melepas lelah.

 

Foto model cewek cantik di Sendang Ngembel Pajangan Bantul zaman dahulu pada tahun 2011
Kalau penunggu Sendang Ngembel seperti ini, mungkin jadi banyak yang singgah kemari...

 

Foto preman yang sering berkeliaran di Sendang Ngembel Pajangan Bantul pada masa lalu tahun 2011
Tapi sepertinya penunggu Sendang Ngembel wujudnya hampir mirip seperti ini...

 

Foto orang-orang berjalan kaki pulang dari pulau di tengah Sendang Ngembel Pajangan Bantul pada tahun 2011
Ayo pulang, pulang, pulang!

 

Ternyata Kecamatan Pajangan tak hanya identik dengan keberadaan Lembaga Pemasyarakatan dan Gua Selarong saja, melainkan juga Sendang Ngembel yang mistik namun eksotis. Penasaran Pembaca? Hehehe.

 

Sebagai penutup, silakan saksikan video perjalanan kami, SPSS, ke Sendang Ngembel. Monggo!

 


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PARIS
    avatar 4436
    PARIS #Selasa, 17 Jan 2012, 20:05 WIB
    bukannya kedua-dua nya diucapkan seperti pada kata enak ?
    mosok???
  • ANGGA KKN
    avatar 4438
    ANGGA KKN #Kamis, 19 Jan 2012, 11:44 WIB
    wis, kamu ngedit videonya pake software apaan?
    itu pakai Corel VideoStudio Pro X4
  • PARIS
    avatar 4440
    PARIS #Kamis, 19 Jan 2012, 13:27 WIB
    eh salah, kedua-duanya dibaca seperti pada kata entah :D
    weleh...
  • BAYU
    avatar 4445
    BAYU #Minggu, 22 Jan 2012, 20:49 WIB
    Tapi sepertinya penunggu Sendang Ngembel wujudnya hampir mirip seperti ini... :p , kalo gitu cewek2 ntar banyak yg kemari dong...
    Wah penunggu sendangnya juga kirim komentar :D
  • WAWAN
    avatar 4601
    WAWAN #Jum'at, 18 Mei 2012, 15:06 WIB
    rumahku dekat Pemda Bantul..dan sering blusukan dipajangan, tpi blum pernah dengar kabar(apalagi liat) sendang ajib ini. trimakasih infonya mas2..salam gowes n rolling inside ~_~
    Monggo mas Wawan dikunjungi sendangnya
  • ALAN
    avatar 4870
    ALAN #Jum'at, 2 Nov 2012, 10:09 WIB
    di bantul ada tmpat gini y.. baru tau ^^
    makanya dolan ke Bantul dong!
  • ADY WONGSO
    avatar 5091
    ADY WONGSO #Rabu, 20 Feb 2013, 15:02 WIB
    keren juga,,, jadi pingin kesitu saat liburan
    buat lokasi motret bagus lho mas Ady
  • MEUTY
    avatar 5094
    MEUTY #Rabu, 20 Feb 2013, 20:39 WIB
    untuk ke sendang ngembel bisa dengan mobil?? atau hanya bisa dilalui sepeda saja??
    mobil bisa mbak, kalau mobilnya sedan parkirnya mungkin bisa di dekat rumah warga, nanti jalan kaki
  • NAYLA
    avatar 5098
    NAYLA #Kamis, 21 Feb 2013, 09:26 WIB
    apik tenan sendange kuwi,
    gambarin denah lokasinya donk plissss.... :-D
    wah, kalau denah lokasinya itu, mmm... saya lupa! hahaha. Pokoknya dulu itu ke arah Makam Sewu dulu, trus naik bukit ke Sendang Sari.
  • DANI WAWAN
    avatar 5169
    DANI WAWAN #Rabu, 27 Mar 2013, 13:09 WIB
    wah rugi dulu tidak ikutan kesini......
    kapan kesini lagi ya?????
    Nek dirimu wis selo lah...
  • SUWARNO ATMOJO
    avatar 5212
    SUWARNO ATMOJO #Sabtu, 13 Apr 2013, 13:56 WIB
    sendang ngembel beji ndhuwur makam sewu, mbiyen banyune dumugi sawah kidul nggunung cilik. mulo nama desanya SENDANGSARI. Ugo ono wit gedhe JOHO di tengah2 dusun Jetis sendangsari, tinggalane kang babat alas mbah Singodrono. Wit Joho growong, panjenengan saget mblebu menek. Ono meneh SELOKAN belanda dari ngantru pajangan to pabrik gula Gesikan. Hebat mbah2 kita kerja rodi gawe saluran irigasi progo-ngantru-kamijoro-lor jetis-dul makam sewu-pijenan-gesikan. pedah2an mau swasembada gulo. lha kok saiki podho seneng impor.
    cen hebat tenan wong mbiyen, mergane wong saiki kie gelem e sing praktis-praktis wae
  • ADY WONGSO
    avatar 5233
    ADY WONGSO #Rabu, 24 Apr 2013, 15:13 WIB
    maaf juga saya baru baca pesan anda masalahnya pesan di e mail ku numpuk,,, kecampur
    dengan pesan kerjaan,,, ok bro terima kasih juga
    hehehe sama-sama, jangan lupa berkunjung kemari lagi yaah.
  • WENKKY
    avatar 5297
    WENKKY #Senin, 20 Mei 2013, 15:11 WIB
    haish...mantaaaabs...lha aku mbendino lewat kui kang samping ngembel...nganter mantan pacar yg notabene sekarang sudah menjadi ibunya baby ku xixixixixi....sebenere daerah pajangan banyak daerah yang bisa dijadikan tempat wisata....monggo dilanjut le blusukan yo kang.....
    wekekeke, matur nuwun. Kalau boleh tahu di Pajangan ada warung khas apa ya yang buat kulineran. Trims.
  • CUMILEBAY.COM
    avatar 6986
    CUMILEBAY.COM #Rabu, 14 Jan 2015, 15:55 WIB
    Rombongan kalian kok ngak ada yg berenang di sendang nya, pamer kancut dong disitu
    hahaha
  • FAJAR MULYONO
    avatar 7103
    FAJAR MULYONO #Sabtu, 7 Feb 2015, 09:54 WIB
    Menarik nih tempatnya.. boleh jd target selanjutnya..
    Sekarang penampilannya sudah lebih bagus lho.
  • JOSEW
    avatar 7160
    JOSEW #Rabu, 18 Feb 2015, 11:16 WIB
    mantap bro
    siip! :D
  • VITTA
    avatar 7266
    VITTA #Senin, 9 Mar 2015, 19:50 WIB
    Baru tau td pas lewat nganter Mahasiswa KKN terjun k lokasi
    Hmm...niliki Mahasiswa ning iso nggo modus Dolan neng sendang Ngembel iki
    wekekeke, modus...
  • YUDIS
    avatar 7930
    YUDIS #Kamis, 9 Jul 2015, 12:28 WIB
    alamanya mana sih gak jelas
    alamatnya di Beji Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul Bro
  • ADOEL
    avatar 9041
    ADOEL #Jum'at, 8 Jan 2016, 10:24 WIB
    tempat e apik gan tp sayang omahku tempel je dadi nag meh ngontel tekan kono yo lumayan pegel e hehehehe
  • FIRDAUS
    avatar 9649
    FIRDAUS #Rabu, 4 Mei 2016, 09:29 WIB
    Cungkup itu apa...? Kok nyeremin...?
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 9659
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Jum'at, 6 Mei 2016, 17:18 WIB
    Lahh keren aja tuh sendang, teduh pula..
    sepertinya enak buat hammockan di pohonnya.
  • IYAH
    avatar 9675
    IYAH #Rabu, 11 Mei 2016, 09:32 WIB
    Cantik banget lokasinya, airnya serasa kayak aura-aura mistis gitu ya :D jadi pengen
    kesana (apadaya kediaman di sumatera)
    salam, baru pertama kali mampir kemari :)
  • YUDI RANDA
    avatar 9694
    YUDI RANDA #Minggu, 15 Mei 2016, 01:59 WIB
    menurutku, perihal meng keramatkan itu bukan hanya urusan jawa sihi Wij.. tapi
    kayaknya satu indonesia. itu "budaya" dari jaman entah kapan sudah ada. ada yang
    bilang itu peninggalan jaman animisme, ada yang bilang itu jaman hindu budha. tapi
    menurutku itu memang jaman animisme lalu semakin kemari semakin ber-evolusi sesuai
    agama yang berkembang :D
  • NURUL FITRI FATKHANI
    avatar 9737
    NURUL FITRI FATKHANI #Kamis, 26 Mei 2016, 16:55 WIB
    Suasana di Sendang Ngembel bagus juga ya.. Hampir mirip dengan kawah putih di Bandung. Bedanya, di Sendang Ngembel airnya yang hijau.Tapi kalo di kawah putih, kawahnya yang hijau.
    Kalo dilihat-lihat suasananya..agak gimana...gitu. Hi..hi..hi..
  • AGNES PRATIWI PUSPANAGARI
    avatar 9744
    AGNES PRATIWI PUSPANAGARI #Sabtu, 28 Mei 2016, 20:19 WIB
    Kirain sendangnya bakal serem gitu. eh ternyata
    gilakkk bener bener eksotis. bagus banget
  • PIPIT WIDYA
    avatar 9756
    PIPIT WIDYA #Selasa, 31 Mei 2016, 14:05 WIB
    Waduh, keren banget tempatnyaaa.. Kalau Cinta dan Rangga di sini pasti tambah rame :))
  • AGUNG KHARISMA
    avatar 9804
    AGUNG KHARISMA #Selasa, 14 Jun 2016, 12:58 WIB
    Viewnya bagus banget, oh well, kayanya enak tuh baca buku di tengah pulau kecil itu, tenang dan sejuk semilir angin.

    Pas gue baca awal post, gue serius bacanya, itu loh soal etika saat traveling, soalnya stigma di masyarakat itu banyak ngeliat traveler sering ninggalin jejak berupa sampah, oke, dengan edukasi di awal postingan ini, semoga alam enggak tercemar oleh sampah lagi.
  • RIA
    avatar 9987
    RIA #Kamis, 11 Ags 2016, 07:46 WIB
    Mau nanya nih, kenapa gak boleh kebanyakan selfie? :)))) Plus, kl tempat wisatanya
    udah rame trus kemana doooong.... pertanyaan gajebo
    Tapi soal nyampah ini yg kayaknya masih jadi penyakit ya... Kayaknya rugi banget bawa
    kantong sampah sendiri dan letakkan sampah dulu utk sementara di kantong tsb...Baru
    kl nemu tempat sampah dibuang semuanya di sana