Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 17 Juni 2011, 14:44 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Oleh sebab Paklik Turtlix nggak bisa ikut acara bersepeda SPSS pada hari Sabtu (12/3/2011) silam, maka GPS Garmin miliknya ia titipkan kepadaku seraya berkata,

 

“Ikutin aja peta di GPS ini, dijamin nggak bakal nyasar.”

 

Memang, di GPS itu sudah tercantum rute menuju Sendang Kumitir di Kecamatan Turi, Sleman. Perkara pengoperasian GPS, aku sudah pernah diajari oleh Paklik pas mau bikepacking ke Dieng tahun lalu.

 

 

Pikirku, mosok sih bakal nyasar? Toh, ini kan hanya di seputar Turi. Masih di Sleman. Masih plat AB. Masih kode telepon 0274. Ya intinya masih di Jogja lah! 

 

Ya masak sih bakal kesasar?

 

Eh, ternyata memang iya nyasar! Hahaha

 

sendang Tirtomoyo yang lokasinya di dusun Ngepas, desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

 

Di tengah cuaca yang ora kalap babar-blas (gerimis-gerimis nggak niat gitu ) kami bersepeda ke utara menyusuri Jl. Palagan Tentara Pelajar, blusukan masuk-masuk kampung, hingga tiba di Desa Donotirto. Kalau menurut GPS, kami sudah tiba di titik yang menunjukkan lokasi Sendang Kumitir. Tapi, kok di sana malah nggak ada sendang ya? Weh...

 

Karena GPS nggak bisa diandalkan, maka kami beralih ke GPC alias global positioning cocot alias bertanya ke warga setempat.  Oleh warga kami ditunjukkan jalan menuju sendang yang letaknya nggak jauh dari pasar perjuangan Srowulan. Tapi ternyata, sendang yang dimaksud bukan Sendang Kumitir, melainkan Sendang Tirtomoyo yang lokasinya di Dusun Ngepas, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Hwarakadah! Salah sendang! >.<

 

keberadaan arca-arca Hindu: Nandi, Siwa, Ganesha, dan Agastya yang tersebar mengelilingi sendang tirtomoyo

 

Tapi ya berhubung sudah sampai sendang, akhirnya ya kami nikmati saja kesegaran Sendang Tirtomoyo ini. Aku dan Kang Indi lantas nyebur ke dalam sendang yang dalamnya hanya 1,5 meter itu.

 

Berbeda dengan Sendang Klangkapan yang kami kunjungi tempo hari, ukuran Sendang Tirtomoyo ini lebih kecil dan juga nggak ada warga yang mencuci baju di sini.

 

sendang Silerak atau pasiraman Silerak. Mata air ini konon adalah tempat pemandian putri kahyangan yang menjelma menjadi manusia

 

Selain itu, yang buatku menarik adalah keberadaan arca-arca Hindu: Nandi, Siwa, Ganesha, dan Agastya (?) yang tersebar mengelilingi sendang. Jadi, kami menyimpulkan bahwa Sendang Tirtomoyo ini adalah peninggalan purbakala.

 

Nggak menutup kemungkinan lho bahwa dahulu mata air ini dipergunakan oleh para pendeta untuk bersuci sebelum beribadah. Cocok ini menyadang predikat tempat keramat. Weleh! >.<

 

Menurut situs desawisatapandidikanalamsilerak.blogspot.com, Sendang Tirtomoyo dikenal juga sebagai Sendang Silerak atau Pasiraman Silerak. Mata air ini konon adalah tempat pemandian putri kahyangan yang menjelma menjadi manusia.

 

dusun Ngepas Kidul ini termasuk bagian dari Desa Wisata Ngepas

 

Eh iya, ternyata Dusun Ngepas Kidul ini termasuk bagian dari Desa Wisata Ngepas lho! Ada obyek wisata apa saja di tempat ini? Silakan kunjungi halaman Facebook ini untuk informasi lebih lanjut.

 

Jadi, kalau Pembaca tinggal di Sleman bagian utara dan ingin main air, nggak ada salahnya mampir mengunjungi Sendang Tirtomoyo.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • JOE
    avatar 3959
    JOE #Jum'at, 17 Jun 2011, 17:12 WIB
    hm, sepertinya menarik ya, tapi memang belum pernah dengar sih
    makanya berkunjung ke sana mas :D
  • BEJOKAMPRET
    avatar 3960
    BEJOKAMPRET #Jum'at, 17 Jun 2011, 19:56 WIB
    mangtaff....
    wedalah >.<
  • SEBOTOL UNTUK YANG TERSAYANG
    avatar 3964
    SEBOTOL UNTUK YANG TERSAYANG #Minggu, 19 Jun 2011, 14:23 WIB
    Ada reco Gajah ...
    Jadi pengen touring ...
    Ada yg mau ikutan ???
    :D
    sudah jadi touring Kang?
  • ZEE
    avatar 3966
    ZEE #Senin, 20 Jun 2011, 07:37 WIB
    Geli gak sih berenang di air hijau begitu? Jangan2 ada lintahnya..
    Sebenarnya nyasarnya karena salah baca gps or gpsnya yg kurang lengkap wi?
    lintahnya ndak ada, tapi memang dasarnya berlumut Bu. Maklum Bu, ndak pernah punya GPS :p. Di GPS sendangnya itu hanya berupa titik kecil di peta yang dikelilingi jalan desa yang tak bernama.
  • PEIN
    avatar 3969
    PEIN #Senin, 20 Jun 2011, 11:04 WIB
    Wah, saya ga mau meresikokan keselamatan saya dengan nyempulng ke sendang ini, tapi demi mefoto arcanya yg tersebar, sepertinya worth it banget :D

    Btw, ada yg nyuci tuh di bagian belakang pojok foto terakhir kali....
    satu-satunya cara motret arcanya ya sprti itu :p

    spertinya memang tempat ini juga untuk nyuci deh :p
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 3971
    VICKY LAURENTINA #Senin, 20 Jun 2011, 16:13 WIB
    "Sendang" : kosakata baru yang artinya kolam buat mandi.

    *mencatat dalam hati*
    lha? daripada untuk nyuci baju? >.< Di sana ndak ada ikan e mbak, jadi mau mancing nggak bisa. Buat muter2 naik perahu bebek-bebekan juga nggak bisa, soalnya sendangnya kecil. :p
  • MURWANI
    avatar 3982
    MURWANI #Senin, 27 Jun 2011, 13:32 WIB
    pernah kesana sih,tapi tidak tercatat sebagai situs ya ? gelonya.belalainya patah lalu diberi semen, khan nggak boleh, hanya ada 2 nandi yang satu hilang kepalanya.tapi kulihat arca-arcanya belum terlalu tua.apa mungkin ada orang yang meletakan disitu ? kalau ada yang tahu mohon info akan keragu-raguan saya ini. nuwun.
    beberapa arca saya duga seperti replika dari arca lama Bu. Nggak ada kode inventaris dari BP3 atau memang saya yang kurang jeli melihatnya. Situs ini memang sepertinya tidak terdaftar sebagai benda cagar budaya.
  • SUKE SEMARANG
    avatar 3998
    SUKE SEMARANG #Senin, 4 Jul 2011, 21:07 WIB
    Wah sendangnya keren, coba mandi bareng dengan putri kayangan.... hohoohohohoho...
    Awas kameranya basah bro....
    Hmmm... kalau mandi di sana pas waktu maghrib atau menjelang subuh, kayaknya bakal "ditemani" deh Kang... ~.~
  • NANA PODUNGGE
    avatar 4328
    NANA PODUNGGE #Kamis, 17 Nov 2011, 14:39 WIB
    Jadi pengen gowes kesini ...
    hmmmm ... menjelang akhir Desember sih pengennya gowes-gowes di Jogja ...
    Akhir Desember biasanya udah masuk musim penghujan deras lho...
  • ANICE NINDA
    avatar 4329
    ANICE NINDA #Kamis, 17 Nov 2011, 15:06 WIB
    baguss yha mas..ohh sleman tnyata :D
    iya ini di Sleman :)
  • ULIN WIJAYA
    avatar 4330
    ULIN WIJAYA #Kamis, 17 Nov 2011, 16:09 WIB
    wah mantab,ingin bngt ke sana,tpi jauh bngt soalnya aq di jambi
    Siapa tau di Jambi juga ada situs purbakala seperti ini? :)
  • MUST_CHELUNG
    avatar 10495
    MUST_CHELUNG #Selasa, 27 Des 2016, 15:28 WIB
    Ini di kampungku mas...hehehe..
  • HAHA
    avatar 11382
    HAHA #Minggu, 18 Mar 2018, 07:47 WIB
    saya pernah karena disitu dekat rumah saudara saya. tapi pas aku
    kesana banyak orang yang cuci baju