Maw Mblusuk?
  • RSS 2.0
  • Facebook
  • Twitter
  • Flickr
  • Instagram
  • Youtube
  • E-Mail

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk

Cari Artikel

KATEGORI

PARA PENJELAJAH

INSTAGRAM @MBLUSUK

https://www.instagram.com/p/BJtzHuoAcOR/

Entok Slenget Kang Tanir di Turi

Terbit: Jum'at, 1 April 2011, 10:59 WIB

Karena masih satu keluarga dengan bebek, entok punya wujud yang hampir mirip dengan bebek. Tapi entok itu bukan bebek! Sebab, entok dan bebek jelas berbeda! Supaya jelas perbedaannya, silakan Pembaca bandingkan foto antara entok dengan bebek di bawah ini.

 

Foto gambar perbedaan hewan bebek dan entok atau mentok
Kiri bebek dan kanan Entok.
Gambar dipinjam dari http://www.trubus-online.co.id/trindo7/images/stories/media039/Hal-69-3.jpg
dan http://kroma.co.uk/photos/muscovy-duck.jpg

 

Entok adalah unggas asal daratan Amerika dan punya nama latin Cairina moschata. Di Indonesia, entok punya banyak nama panggilan. Sebab, eja dan lafalnya berbeda-beda. Ada yang menyebut entok, enthok, menthok, mentok, entog, dan lain-lain. Banyak kan?

 

Untuk info lebih rinci tentang entok, pembaca bisa simak di situs wikipedia ini atau ini.

 

Seperti halnya daging bebek yang membuat lidah bergoyang, daging entok juga nggak kalah nikmat. Sayangnya, nggak banyak tempat makan yang menyajikan entok. Mungkin karena entok lebih merakyat sebagai santapan desa dibandingkan bebek yang dilabel sudah masuk kota. #eh?

 

Seporsi entok slenget pedas enak di Warung Kang Tanir di Turi, Sleman pada zaman dulu di tahun 2011
Entok slenget Kang Tanir yang pedas itu...

 

Di Jogja, entok umum dijumpai dalam sajian bernama slenget. Slenget ini berwujud seperti semur. Yakni daging entok dipotong kecil-kecil kemudian dimasak berkuah coklat pekat seperti semur atau tongseng. Uniknya, slenget umumnya bercita rasa pedas. Wow!

 

Salah satu warung makan yang menyajikan hidangan entok slenget adalah Warung Entok Slenget Super Pedas Kang Tanir. Lokasinya lumayan jauh, yaitu di Dusun Randusongo, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Kalau dijarak ada sekitar 20 km dari Kota Jogja.

 

Tapi tenang saja! Rute ke sana mudah diingat kok! Dari kota Jogja, ikuti saja Jl. Palagan Tentara Pelajar ke utara hingga sampai di km 17 yakni perempatan Turi. Di perempatan tersebut ambil jalan ke barat menuju Turi. Warung yang menjajakan sajian slenget ini terletak di pinggir jalan raya besar, timur jembatan Sempor, sekitar 200 meter dari kantor Polsek Turi.

 

Makan lesehan sambil menyantap entok slenget yang nikmat di Warung Entok Slenget Kang Tanir di Turi, Sleman pada tahun 2011
Lesehan sambil makan slenget...

 

Di warung ini pengunjung bisa memesan slenget dengan cita rasa pedas atau super pedas. Itu tergantung dari banyaknya cabai merah yang diminta, hehehe . Pengunjung yang tidak tahan pedas juga bisa memesan slenget versi culun alias tidak pedas. Hanya saja, rasanya jadi kurang nikmat. Jadi, memang warung ini bagaikan surga bagi para penikmat kuliner pedas.

 

Seporsi entok slenget dan segelas minum dihargai Rp11.000. Pelengkap sajiannya adalah nasi dan cacahan kubis beserta timun. Senangnya, pengunjung bebas untuk menambah nasi sesuka hati! Yay!

 

Cocok banget kan untuk pengunjung yang doyan makan banyak? Tapi masuk akal sih. Soalnya untuk menetralisir rasa pedas entok slenget tidak cukup hanya dengan mengandalkan minuman saja. Mungkin ya perlu diobati pakai nasi.

 

Cara dan resep masakan entok slenget khas Warung Entok Slenget Kang Tanir di Turi, Sleman pada tahun 2011
Memasak entok slenget

 

Warung Entok Slenget Kang Tanir buka dari pukul 4 sore. Luas warung tidak seberapa besar, jadi kalau sedang ramai ya terpaksa harus antri makan. Biar nggak kecewa, bisa telepon dulu di nomer 0818 0433 8944.

 

Jadi, kalau Pembaca ingin sajian unik khas Jogja yang super pedas, bisa lho menyambangi Warung Entok Slenget Kang Tanir ini. Pesanku sih, hati-hati saja kalau memesan entok slenget yang super pedas. Efeknya DAHSYAT! Hehehehe.

 

Bersepeda malam kulineran alias night ride ke Warung Entok Slenget Kang Tanir di Turi, Sleman pada tahun 2011
Terima kasih buat Angga yang sudah memperkenalkan Slenget dan Paris yang ikut nemani bersepeda ke sana.
Kapan traktir lagi?

 

Eh? Sebenarnya entok slenget atau slenget entok ya?

Mbuh lah. Yang penting pedas dan enak. Pembaca doyan kan?

NIMBRUNG YUK


UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!

  • PARIS #Jum'at, 1 Apr 2011, 11:22 WIB
    pertamax ?

    TOUCH ....
    wah...dia amankan pertamaxnya!
  • RASARAB #Jum'at, 1 Apr 2011, 14:53 WIB
    wah gak dapet info. kayak nya enak di lihat dari gambar nya :)
    kapan2 bisa coba kesana
    silakan kontak Angga bero :D
  • TUTI NONKA #Sabtu, 2 Apr 2011, 15:19 WIB
    Ibuku dulu pernah piara entok (ada juga yang menyebutnya mentok). Kami pernah satu kali memotongnya. Dagingnya sangat tebal, kulitnya juga, sehingga supaya empuk memasaknya harus lama banget. Telurnya juga kaku kalau digoreng. Karena merasa kurang bermanfaat, akhirnya ibu berhenti piara entok, ganti ayam ... :)
    jadi yang bisa mengolah sajian entok itu hanya orang-orang tertentu ya Bunda...hmm...
  • VICKY LAURENTINA #Rabu, 6 Apr 2011, 09:02 WIB
    Dicari: Tempat yang jual entog enak di Surabaya. Mohon kontak saya yaa..
    wekekeke mbak Dokter juga kepingin entok :D
  • SRIYONO #Kamis, 7 Apr 2011, 11:30 WIB
    Wah enak banget yo ketokke... hmmmmm....
    Ho ow Kang, klo ke Jogja mampir sini ya
  • MURWANI
    avatar 3771
    MURWANI #Jum'at, 8 Apr 2011, 18:15 WIB
    Kata orang itu kandungan kolesterol nya tinggi....janganlah, nanti kena stroke
    Asal nggak keseringan masih boleh lah Bu...
  • BOBBY
    avatar 4017
    BOBBY #Rabu, 13 Jul 2011, 11:00 WIB
    marake kencot
    madang wae :p
  • CHI_NOENG
    avatar 4089
    CHI_NOENG #Selasa, 9 Ags 2011, 14:41 WIB
    Muuuantap tenan pedesnya sampe ke umbun-umbun hehehehe selamat mencoba dan
    harus mencoba
    Jelas! direkomendasikan banget! Ayo mbak Chi_noeng juga peromosikan ke teman-teman tentang Entok Slenget Kang Tanir ini :)
  • CHAIRUL
    avatar 4312
    CHAIRUL #Senin, 7 Nov 2011, 21:25 WIB
    Pancen wuenag kang .....

    sy skarang domisili di Temanggung tp asli Klaten tiap balik Klaten meti nyempatke mampir tmp kang Tanir ... " mung sayang anger kewengen wis ra kebagian"

    Recomended lah
    bener-bener recomended, sayang cepet banget habisnya >.<
  • SEVEN MARETA
    avatar 4380
    SEVEN MARETA #Minggu, 11 Des 2011, 09:32 WIB
    sayangnya tidak bisa request daging, karena banyak yang tidak suka kulit
    iya, antara daging dan kulit memang dicampur. Yang bisa request malah jumlah cabai. Hadeh...pedas...
  • ARYA
    avatar 4558
    ARYA #Rabu, 25 Apr 2012, 20:44 WIB
    setahu saya kalau bebek (ind) ituh ya enthok (jawa) dan kalau bebek (jawa) tuh Itik (ind).
    weleh? Rupanya harus ada penyeragaman bahasa nih. Bagaimana kalau menyebut nama latinnya saja ya? :D
  • ANIS HIDAYAH #Kamis, 10 Des 2015, 08:34 WIB
    Wah ketinggalan berita,,,, enak sepertinya, pokoknya kesini,,,, ayok kang baturi aku,,,
    hahaha
    ayok kapan, saiki posisi warunge wis pindah rodo adoh