Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 18 Februari 2011, 11:24 WIB

Antara aku dan kawan-kawan SPSS. Bila pada awalnya kami dipersatukan oleh sepeda. Akhir-akhir ini kami dipersatukan oleh kegalauan. Maklum, hidup kini serba susah. Ditambah lagi banyaknya tuntutan dari berbagai pihak. Bagaimana kami tidak galau Pembaca?

 

Hingga tersebutlah seorang kawan SPSS bernama Anwar, yang berusaha membimbing kami bangkit dari kegalauan. Salah satu caranya adalah dengan mengundang kami bersantap di warung soto milik kedua orangtuanya.

 

Warung soto ini dikenal sebagai warung soto Lamongan di Pasar Demangan. Buka dari jam 5 sore hingga jam 11 malam. Buat pembaca yang belum tahu, Lamongan adalah nama salah satu kabupaten di utara Jawa Timur. Pasar Demangan sendiri adalah pasar yang letaknya di ujung selatan Jl. Affandi (dahulu Jl. Gejayan). Sedangkan soto…yah kita semua tahu masakan itu lah.

 

kuliner soto pasar demangan lamongan anwar samsi galau kasdi marwiyati didin sop kikil babat gejayan
Bu Marwiyati dan putranya, Didin, bercengkrama dengan pelanggan

 

Adalah orangtua Anwar, Pak Kasdu dan Bu Marwiyati, yang hijrah dari Lamongan menuju Jogja dan mendirikan usaha warung soto ini sejak tahun 1992. Di usianya yang kini telah menginjak belasan tahun, warung soto ini tentu memiliki daftar pelanggan yang panjang. Seperti yang diutarakan Anwar, pelanggan dari kalangan mahasiswa kerap memadati warung soto ini di hari kerja.

 

Jadi, apa sajian istimewa dari warung soto ini? Soto Lamongan tentunya! Namun berhubung hari itu aku sedang khilaf, maka aku memesan sop kikil sapi, bukan soto. Kupikir, ini tentunya juga kuliner khas Jawa Timur. Sebab, konon mereka gemar menyantap semua organ sapi mulai dari hidung (cingur) hingga kaki (kikil).

 

Dalam satu mangkuk tersaji potongan kikil sapi, kentang, dan tomat yang disiram kuah kuning nan pekat. Rasanya sungguh segar. Kalau diperciki air jeruk nipis akan terasa lebih segar lagi. Kalau rasanya jadi terlampau asam, bisa ditambah kecap manis sebagai pengoreksi rasa. Entah apa karena aku yang lapar, atau memang dinginnya hujan, aku khilaf menghabiskan dua piring nasi. Doh…

 

kuliner soto pasar demangan lamongan anwar samsi galau kasdi marwiyati didin sop kikil babat gejayan
Sop Kikil akibat ke-khilaf-an saya itu...

 

soto ayam + nasi = Rp. 8.000

soto campur + nasi = Rp. 8.000

soto babat + nasi = Rp. 10.000

sop kaki sapi + nasi = Rp. 10.000

nasi goreng + telor = Rp. 8.000

minum = Rp1.000

 

Lauk tambahan tempe, ati, krupuk, dan emping.

 

Mungkin solusi yang ditawarkan Anwar ada benarnya juga. Membius kegalauan dengan cita rasa kuliner Lamongan yang lezat. Setidaknya mampu mengenyangkan perut hingga berujung ke alam mimpi. Ngomong-ngomong aku belum nyoba sotonya. Kapan kesana lagi yah?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PARIS
    avatar 3678
    PARIS #Jum'at, 18 Feb 2011, 11:42 WIB
    pertamax kah ? ...

    jadi kpan wijna mau nraktir ? ... :p
    nomermu ono ng hapeku ora yo Le? gek2 ngko dirimu lupa tak undang pas makan-makan, hahahaha :D
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3679
    PAKDHETIMIN #Jum'at, 18 Feb 2011, 13:15 WIB
    aku belum kesana..hiks..padahal deket kantor..semoga dapat gratisan dari mas anwar..wkwkwkwk
    Pakdhekere.com
  • INDOMIELEZAT
    avatar 3680
    INDOMIELEZAT #Jum'at, 18 Feb 2011, 14:09 WIB
    kurang tambah mericaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    haisy! buat saya apapun itu tetap enak!
  • PEIN
    avatar 3681
    PEIN #Sabtu, 19 Feb 2011, 19:34 WIB
    Hm,
    Enak tuh, tapi nyebelinnya Yogya, menunya pisah2....
    Kalo disini, soto dah pake nasi, 3rebu !! Kalo soto dagingn 5rebu, dagingnya gede2 :D
    kalau pagi ada banyak warung soto Rp 5.000, kalau malam jarang ada, makanya sekalinya ada harganya (mungkin) mahal, tapi enak kok :)
  • CERITAEKA
    avatar 3683
    CERITAEKA #Rabu, 23 Feb 2011, 13:57 WIB
    Sotonya bersantan yah?
    anw gue kalau galau gak pake soto, tapi coklat hangat biasanya bikin tenang bgt :)
    iya mbak, pakai santan, :D
    besok saya coba kreasi soto pakai kuah coklat hangat deh :D
  • COOKIE
    avatar 3696
    COOKIE #Rabu, 2 Mar 2011, 15:17 WIB
    waaaw..kelihatannya enak. apalagi harganya murah meriah :)
    emang enak, mengenyangkan pula, cobain deh :D
  • T
    avatar 4922
    T #Selasa, 11 Des 2012, 23:01 WIB
    wah, dekat :D
    samperin dunk