Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 9 Januari 2011, 19:15 WIB

Aku yakin kita semua kenal dengan santapan pecel. Sungguh kebangetan kalau Pembaca tinggal di Jawa tapi belum pernah menyantap pecel. Bahkan kita sendiri mungkin sudah bosan menyantap pecel, hahaha.

 

Memang apa sih istimewanya pecel? Toh pecel itu hanya nasi berdamping rebusan sayur-mayur yang disiram sambal kacang?

 

Eh, jangan salah! Hidangan pecel yang sederhana itu pun tetap mampu menggoyang lidah tatkala diracik oleh juru masak yang piawai. Apalagi kalau pecel tersebut menyandang nama unik yang membuat kita terheran-heran. Seperti pecel “Baywatch” Mbah Warno, yang aku bersama kawan SPSS kunjungi di hari Sabtu pagi (8/1/2011) itu.

 

Apa pula itu pecel “Baywatch” Mbah Warno?

 

salah seorang mbok pelayan warung pecel baywatch mbah warno di sembungan bantul sedang meracik nasi pecel wader lele pesanan pelanggan
Asisten mbah Warno sedang meracik nasi pecel.

 

Jujur, pecel "Baywatch" Mbah Warno ini hanya hidangan pecel sebagaimana kita mengenal pecel pada umumnya. Adalah nasi yang disajikan bersama rebusan daun bayam, tauge, daun pepaya, serta bunga turi kemudian disiram sambal kacang. Sederhana kan? Sesederhana pula harganya yang hanya Rp5.000 plus minum.

 

Mengapa pecel ini menyandang nama Baywatch adalah karena sang juru masak, Mbah Warno, hanya mengenakan kaos kutang dan jarit. Agak-agak ambigu sebenarnya, sebab para personil wanita di serial Baywatch kan berseragam baju renang berjenis one piece. Sedangkan kaos kutang kan tergolong two piece. Hmmm, apa mungkin sewaktu masih muda dahulu, paras Mbah Warno itu secantik Pamela Anderson ya?

 

Ah, liar sekali fantasiku gara-gara menyinggung Baywatch.

 

Saat ini, istilah pecel "Baywatch" sudah tenar seperti merk dagang. Kalau menyebut pecel “Baywatch”, pastilah merujuk pada warung pecelnya mbah Warno. Siapa sangka, kalau lokasi warung pecel "Baywatch" Mbah Warno berada tak jauh dari Desa Kasongan yang terkenal dengan sentra kerajinan gerabahnya. Tepatnya di Dusun Semanggi, Desa Sembungan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

 

kuliner kasihan bantul semanggi sembungan warno kutang baywatch pecel kacang wader lele mangut belut kembang turi
Mbah Warno dalam kostum "Baywatch" sedang menggoreng belut.

 

Ah sudahlah. Ayo segera usir rasa heran itu dengan menyantap pecel Mbah Warno. Jangan lupakan juga sajian pelengkapnya seperti mangut lele, belut goreng (lumayan keras ), tahu susur, bakmi goreng, aneka gorengan, dan kalau beruntung Pembaca juga akan menemukan wader goreng di sini. Hmm…nyam!

 

Jadi, kapan Pembaca mau bersantap ke warung pecel “Baywatch” Mbah Warno? Buka mulai pukul 9 pagi lho!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PARIS
    avatar 3567
    PARIS #Senin, 10 Jan 2011, 07:44 WIB
    emm... mangut lelenya ngga ada ya ...

    kemaren itu cuma lele ditusuk bambu trus di goreng ...
    emang ngga ada karena belum dimasak! Wong mau dimangut, udah disikat sama kita-kita og :p
  • SUSI
    avatar 3568
    SUSI #Senin, 10 Jan 2011, 12:43 WIB
    amit-amit, mbah warno bisa ditangkap polisi, kena undang2 pornografi.....
    katanya mbah Warno yang begitu adem :D
  • CERITAEKA
    avatar 3569
    CERITAEKA #Senin, 10 Jan 2011, 15:22 WIB
    Branding pecelnya boleh jugaaa ^_^ hehehe
    aku kangen makan kembang turi jeh... di jakarta angel
    makanya mbak Eka pindah Jogja ajah :p
  • MEYBENGKULEN
    avatar 3572
    MEYBENGKULEN #Senin, 10 Jan 2011, 22:45 WIB
    kl maem, matanya ke pecel ato ke mbahnya ya mas? hihi

    salam sy,

    mhon do'a jg atas brita duka di http://kakmila.wordpress.com/2011/01/04/semangat-sembuh-untuk-sausan/
    saya malah seneng motret mbah Warno :D
    sudah saya kunjungi situsnya mba :)
  • VIZON
    avatar 3577
    VIZON #Rabu, 12 Jan 2011, 09:40 WIB
    Wah, dekat dari rumahku tuh...
    Cari ah... :)
    hohoho Uda tertarik makan pecel juga :D
  • BANGAIP
    avatar 3578
    BANGAIP #Rabu, 12 Jan 2011, 16:33 WIB
    Saya selalu suka ulasan makanan di blog ini. Tapi kali ini agak bingung soal nama makanan. Sebab tertulis wader goreng di penutup kalimat. Wader itu apa yaa, Mas?
    Ow, wader itu ikan kecil yang hidup di kali atau sungai mas :)
  • MONDA
    avatar 3579
    MONDA #Rabu, 12 Jan 2011, 18:15 WIB
    aw.. aw..si mbah sekseh sekali
    @eka, di dekatku ada lho pecel kembang turi...mantep maknyus
    wekekeke, kalau 60 tahun yg lalu mungkin lebih seksi lagi Bu :D
  • PEIN
    avatar 3581
    PEIN #Kamis, 13 Jan 2011, 19:13 WIB
    Hm, bukanya udah kesiangan tuh mas,,,,,
    Tapi kok tumben ya, foto menunya kok dikit ??
    foto pecelnya ya seperti pecel pada umumnya :p
  • NITNOT
    avatar 3583
    NITNOT #Jum'at, 14 Jan 2011, 20:04 WIB
    aku mesen 1 porsi mas...gak usah pedes2 ya mas...heheheee...
    wah kebetulan, cabe kan masih mahal :D
  • SRIYONO SEMARANG
    avatar 3604
    SRIYONO SEMARANG #Jum'at, 21 Jan 2011, 12:46 WIB
    Foto Pecele kok malah diburemke, malah asistene sing jelas to.... :D
    lha foto pecel e biasa wae og Kang >.<
  • RUDI
    avatar 4536
    RUDI #Minggu, 8 Apr 2012, 06:01 WIB
    minggu bukak mboten Mas?
    Buka dong
  • IIP PADMA PRAJA
    avatar 4637
    IIP PADMA PRAJA #Jum'at, 1 Jun 2012, 09:24 WIB
    Kangen ama masakan jogja, gw cari masakan jogja di cikampek ini susah banget,,, ada sih namanya sama tapi tampilan hidangannya beda banget.
    Hahaha, kalau mau masakan Jogja yang rasanya asli Jogja ya ke sini aja Kang. Ke Jogja lagi :D
  • MR.DHU_
    avatar 4812
    MR.DHU_ #Senin, 24 Sep 2012, 07:18 WIB
    emang...jogjamblusuk top dah....pertama dapat situs ini, pas nyari candi gembirowati. Nah berbekal saran dan lokasi dari punggawa jogja mblusuk akhirna dapat juga tuh candi....
    pokoke tambah sukses wae... BY. cah bantul
    Hehehe sip! Lebih top kalau dirimu pakai acara nyasar, #eh...
  • MOKO
    avatar 5300
    MOKO #Selasa, 21 Mei 2013, 13:11 WIB
    wow... seksi sekali mbah Warno hihihi.... wah pasti enak sekali ini... semua dimasak ala tradisional... rasa khasnya pasti muncul
    kalau laper apapun enak, nyam! :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 6669
    FANNY FRISTHIKA NILA #Minggu, 9 Nov 2014, 11:46 WIB
    ya ampuuun si mbah.... :D kepanasan kena kompor ya mbah...

    aku suka pecel mas.. apalagi kalo bumbu kacangnya super duper pedes, wuiihhh mantep tenan e..yg ini pedes tak? dr coba sana coba sini bbrp pecel, yg aku suka sih masih pecel bledek nganjuk... itu puedesnyaaa puuooolll p... nah, kalo yg ini pedes jg, dijamin aku nagih deh...
    Kalau yang ini nggak begitu pedes mbak. Namanya juga kuliner Jogja. Yang jadi jaminan kan manisnya, bukan pedesnya.
  • MUHAMMADI IRSYAD
    avatar 8879
    MUHAMMADI IRSYAD #Sabtu, 12 Des 2015, 20:33 WIB
    Keliatannya sih enak, tapi kayaknya agak terganggu soal pemandangannya yah xD
    Hahahaha, makannnya jangan sambil liat si mbahnya. :D