Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 10 Desember 2010, 09:12 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Sebetulnya, sejak beberapa bulan silam kami sudah menysusun rencana PEKOK ke Kaligesing, Purworejo. Misinya jelas memburu curug. Sayangnya, niat PEKOK kami itu terpaksa diurungkan tatkala bencana erupsi Gunung Merapi melanda Yogyakarta.

 

Ya nggak apa-apa lah. Toh curug kan nggak ke mana-mana ini.

 

Di bulan Desember 2010 ini, saat aktivitas di Yogyakarta kembali menggeliat normal (termasuk pembahasan panas RUU Keistimewaan itu ), kami pun kembali turut menyusun rencana bersepeda PEKOK. Tapi, tujuan kami kali ini bukan ke Kaligesing. Melainkan ke suatu pantai di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, yang bernama Pantai Gesing.

 

Eh, kok ya kebetulan ini nama Kaligesing dan Pantai Gesing sama-sama mengandung kata gesing. Seenggaknya bukan kata pesing lah.

 

rute bersepeda ke Pantai Gesing di Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta
Peserta kali ini (Ki-Ka): Agung, Kang Supri, Pakdhe Timin, Vendy, dan Radit.

 

Oh ya, kegiatan kami bersepeda ini termasuk kategori PEKOK (Pit-pitan Koyok Ekstrim Ora Kalap) yang menu utamanya menempuh jarak ratusan kilometer dengan medan penuh tanjakan.

 

Capek? Jelas!

 

papan peringatan medan jalan rusak arah ke Panggang, Gunungkidul dari Imogiri, Bantul
Okey Gung! Kita bawa santai saja!

 

Di hari Rabu pagi (8/12/2010), sekumpulan pria senggang yang terdiri dari aku, Agung, Vendy, Pakdhe Timin, dan Kang Supri berangkat bersepeda menuju Pantai Gesing dari Monumen Serangan Umum Satu Maret. Di tengah perjalanan, Radit menyusul, sehingga dengan demikian peserta PEKOK di penghujung tahun 2010 ini genap menjadi 6 orang.

 

Sekadar info, kami berangkat dari Kota Jogja ini pukul 7 pagi dan sampai lagi di Kota Jogja pukul 10 malam.

 

 

Etape 1. Jogja – Siluk (19 km)

Perjalanan menuju Pantai Gesing dari Kota Jogja dimulai dengan menyusuri Jl. Imogiri Barat ke arah Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Jalan raya menuju Imogiri sendiri sebenarnya ada 2, yakni Jl. Imogiri Barat dan Jl. Imogiri Timur. Kami memilih Jl. Imogiri Barat karena lebih dekat bila akan melanjutkan perjalanan ke wilayah Gunungkidul.

 

Nah, di Jl. Imogiri Barat km 17 kami berjumpa dengan suatu pertigaan dengan penunjuk cabang jalan ke arah Selopamioro. Kami berbelok mengikuti petunjuk ke arah Desa Selopamioro tersebut. Bila jalan raya ini disusuri terus, dari Selopamioro nanti bisa tembus ke wilayah Kecamatan Panggang di Kabupaten Gunungkidul. Siluk sendiri adalah nama suatu dusun di Desa Selopamioro.

 

Etape 2. Siluk – Panggang (15 km)

Dari Siluk menuju Panggang, medan jalannya didominasi tanjakan. Setelah 10 km menanjak, kami sampai di titik tertinggi, yaitu rumah-rumah transmigran yang rusak. Medan jalan setelahnya adalah turunan hingga sampai ke Kota Kecamatan Panggang. Etape ini pernah kami lalui ketika pulang dari Pantai Ngerenehan.

 

balapan sepeda nanjak di tanjakan Siluk arah ke Panggang, Gunungkidul
Udah tahu jalannya nanjak kok masih balapan... weleh...

 

Etape 3. Panggang – Pertigaan Beringin Besar (5 km)

Kami mengambil jalan menuju Kecamatan Paliyan, sebab cabang jalan menuju Pantai Gesing terletak di ruas jalan ini. Menurut warga sekitar, cabang jalan tersebut berada dekat sebuah pohon beringin besar. Wah, sepertinya pohonnya angker. Hmm, apa Pantai Gesing juga angker ya?

 

pohon beringin besar dekat pertigaan arah ke Pantai Gesing di Kecamatan Panggang, Gunungkidul
Pohon beringin besar ini yang menjadi penanda jalan ke Pantai Gesing.

 

Etape 4. Pertigaan Beringin Besar – Pantai Gesing (10 km)

Medan jalan berkontur naik-turun, namun tetap didominasi oleh turunan hingga ke Pantai Gesing. Kami sempat salah jalan karena minimnya rambu menuju Pantai Gesing. Cabang jalan menuju Pantai Gesing ada di pertigaan di Dusun Mbolang. Sebaiknya memang tanya warga sekitar.

 

rute untuk aman bus pariwisata dan mobil ke pantai Gesing di Panggang, Gunungkidul
Setelah perjalanan panjang akhirnya mendarat dengan selamat juga di pantai.

 

Pantai Gesing, Surga yang Merana

Begitu tiba di Pantai Gesing, kami langsung terpana dengan keindahannya. Walau memiliki corak yang sama dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Gesing ini dikelilingi bukit sehingga pengunjung bisa bebas memandang pesona pantai dan laut dari ketinggian.

 

Pemandangan indah Pantai Gesing di Kecamatan Panggang, Gunungkidul dari ketinggian puncak bukit
Pantai Gesing dari atas sebuah bukit.

 

Namun, keindahan Pantai Gesing berbeda jauh dengan kondisi kehidupan warganya.

 

Aku sempat ngobrol-ngobrol sama Bu Poniyati, satu-satunya pemilik warung yang ada di Pantai Gesing. Dari penuturan ibu tiga anak ini, sudah lama tak ada nelayan yang pergi melaut. Selain cuaca yang buruk, mahalnya solar, dan sepinya pengunjung  membuat para nelayan merugi. Walau begitu, masih ada satu-dua nelayan yang melaut. Itu pun karena dijadwalkan oleh bos nelayan yang berasal dari Gombong.

 

Warung makan ikan laut murah enak di kawasan Pantai Gesing, Gunungkidul
Makan ala kadarnya di warung Bu Poniyanti. Jangan lombok, telur dadar, dan teh panas seharga Rp7.000.

 

Dari sisi prasarana penunjang, Pantai Gesing kekurangan suplai air bersih. Kami sempat kesulitan saat hendak berwudhu. Tidak ada kamar mandi umum. Warung makan pun hanya satu yang dikelola oleh Bu Poniyati. Walaupun begitu, di Pantai Gesing sudah dibangun tempat pelelangan ikan. Oh ya, disini juga tak ada sinyal handphone.

 

Retribusi? Tak pernah ada. Buat apa ditarik retribusi kalau tak ada pengunjung?

 

Mungkin dan mungkin, Pantai Gesing menjadi terkucilkan karena memang letaknya yang terpencil, jauh, susah akses masuknya, minim prasarananya, dan mungkin juga kurang promosi. Kalau begitu, siapa yang sudi ke sana?

 

orang pacaran menikmati keindahan laut dari puncak bukit di kawasan Pantai Gesing, Gunungkidul
Menanti cinta pengunjung datang ke Pantai Gesing.

 

Sepertinya, pantai-pantai seperti Pantai Gesing ini hanya menarik minat orang-orang macam kami yang gemar bertualang mencari surga yang tersembunyi. Namun, akankah kesejahteraan warga setempat terbantu dari orang-orang macam kami ini?

 

Kiranya, sudikah Pembaca berkunjung ke Pantai Gesing?

 

Eh, tentu tak perlu pakai sepeda lho!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ZEE
    avatar 3502
    ZEE #Jum'at, 10 Des 2010, 11:04 WIB
    Ya ampunnnnnnnnnnn.................
    Pantai Gesing itu kok indah sekali. Aduh benar2 sorga itu, sorga yang tersembunyi...
    memang Indah Bu, sepertinya masih banyak lagi surga-surga tersembunyi lainnya...
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3503
    PAKDHETIMIN #Jum'at, 10 Des 2010, 12:51 WIB
    asemiks..potoku dipajang kok piye? tapi sip lah!! hahaha
    kuwi fotomu Pakdhe??? :p
  • JOGJA LOADINGER PP
    avatar 3504
    JOGJA LOADINGER PP #Jum'at, 10 Des 2010, 14:48 WIB
    Sip...sayang air bersih susah digapai. kita memang harus balik ke sana
    buat foto-foto di golden hour.
    diloading pake mobil kan? :p
  • YUSTHA TT
    avatar 3505
    YUSTHA TT #Jum'at, 10 Des 2010, 19:56 WIB
    belum jadi ke Kaligesing to Wij? Sdh musim hujan ni (emg ada kemarau thn ini?), mg2 Kaligesing gk longsor, kn Wijna mau ke sana. Hehe...

    Pantai Gesing'nya keren ya Wij. Pencari surga tersembunyi macam kau ni termasuk promotor yg bs mempromosikan keindahan pantai Gesing. Salut deh. Lanjutkan!!

    Foto2nya keren! Udah nitip jempol di FB :D
    terima kasih buat Jempolnya mbak Tt. Doakan saya bisa mampir ke Kaligesing Purworejo yah. :)
  • INDOMIELEZAT
    avatar 3506
    INDOMIELEZAT #Jum'at, 10 Des 2010, 20:24 WIB
    i'll be back ngolah dengkul buat mbolos :))
    mbolos buat ngolah dengkul maksudnya?
  • MONDA
    avatar 3507
    MONDA #Sabtu, 11 Des 2010, 10:16 WIB
    seperti bisa foto2nya mawi selalu indah, krn obyeknya juga indah ya
    dan acara makan2pun tak pernah ketinggaln
    Terima kasih Bu :)
  • PEIN
    avatar 3508
    PEIN #Sabtu, 11 Des 2010, 15:39 WIB
    Wah,,,,,,
    pantainya keren :D
    kalo ada angkot saya bisa nyasar kesana kalo sempet ke Yogya :D

    Kaya pantai2 indah di Blitar, sebenarnya sangat potensial, tapi pemerintah kurang peduli, ato mas Wijna saja yg menggalakan bantuan disana hingga bisa membangun tempat wisata mandiri (swadaya) seperti Air terjun Jumog dan daerah sekitarnya :D
    ndak perlu angkot Le, kalau di Jogja sewa sepeda aja dan nyepeda kesana :p
  • PARIS
    avatar 3509
    PARIS #Senin, 13 Des 2010, 11:26 WIB
    ah sayang bukan week end ... :(( ... kangen koyok ...
    nanti ada jatah weekend kok Ris, tenang wae
  • DANSAPAR
    avatar 3510
    DANSAPAR #Senin, 13 Des 2010, 13:39 WIB
    wahh libur tahun baru besok layak dicoba ki...
    thx
    Silakan mas, datengnya bawa temen-temen juga ya! :)
  • UHA
    avatar 3511
    UHA #Selasa, 14 Des 2010, 10:50 WIB
    Wow, pemandangannya bagus banget..
    makanya berkunjung kesana Uha :)
  • ARIO SAJA
    avatar 3517
    ARIO SAJA #Minggu, 19 Des 2010, 08:37 WIB
    wah ini tour de pantai gesing ceritanya
    hehehe iya
  • PEIN
    avatar 3519
    PEIN #Minggu, 19 Des 2010, 22:41 WIB
    Hahahahahha,
    saya bukan gerombolan Pekok mas,
    Walau suka bersepda, saya lebih memilih angkot :D
    sayangnya ndak ada angkot yang lewat sana, itu masalahnya... :(
  • SOBO NDESO
    avatar 3521
    SOBO NDESO #Senin, 20 Des 2010, 13:27 WIB
    siiip bro, menarik dan harus dikunjungi
    Nuwun :)
  • CERITAEKA
    avatar 3522
    CERITAEKA #Senin, 20 Des 2010, 16:14 WIB
    Gilaaaa
    keren beuneeeeeeeeeeeer
    weeeh...Mba Eka teriak2 :p
  • PAK CAMAT
    avatar 3523
    PAK CAMAT #Senin, 20 Des 2010, 20:04 WIB
    Terimakasih atas jasa adik2 dari Tim Pekok untuk ikut serta mempromosikan keberadaan Pantai Gesing
    Terimaksih atas kunjungannya
    Terimakasih juga Pak Camat sudah mau berkunjung kemari :)
  • TUTI NONKA
    avatar 3525
    TUTI NONKA #Selasa, 21 Des 2010, 05:50 WIB
    Pantainya indah, Na. Di foto nomor tiga dari bawah, kok ada tiang berwarna merah itu tiang apa? Aku mau ke sana, tapi tentu saja nggak ngonthel ... hehe ... (bisa semaput di jalan :( ).
    Tiang warna merah itu semacam mercusuar Bunda. Ada lampunya gitu bisa nyala. Sebenernya ada dua, warna merah dan warna hijau.

    Kalau Bunda pakai mobil saja :D
  • GEMPIL
    avatar 3531
    GEMPIL #Rabu, 22 Des 2010, 10:09 WIB
    salut buat baapak-bapak ontelis sudah mempromosikan keindahan pantai gesing...
    bagaimana nih promosi pemkab gunungkidul ayo dong ditingkatin lagi...
    Pemkab Gunung Kidul saya kira ndak ada yang berkunjung kemari :p
  • DHIELIEM
    avatar 3574
    DHIELIEM #Selasa, 11 Jan 2011, 11:06 WIB
    salam kenal mas wijna! blog yang bagus, saya juga anak "biker"
    mau woro2 aja nih, kan masnya hobi sepedaaan tuh, boleh lah ngeramein grup komunitas sepeda kami di FMIPA UGM, syukur2 bisa bantu dikembangin biar kita juga bisa jad gerakan yang berpengaruh di MIPA. masnya juga anak MIPA UGM toh? (tapi saya belum tau sampeyan udah lulus apa belum? hehe...)
    ni link grup di FB: http://www.facebook.com/search.php?q=rizki+aditya&init=quick&tas=0.5874250853600762&ref=ts&type=groups#!/home.php?sk=group_182778801748304
    oya, mampir juga ya ke lapak saya kalo inget! hehe...
    hahahaha, mari kita ngepit bareng-bareng :D
  • LIA
    avatar 3593
    LIA #Rabu, 19 Jan 2011, 12:24 WIB
    pernah kesana, karena dekat rumah ortu, menurutku pantai gesing adl pantai di gunungkidul yang terdekat dari yogya.
    enaknya di sana, karena sepi pengunjung jadi serasa milik pribadi ;)
    lebih dekat Parangendog sebenarnya. Tapi karena sepi (banget) jadi serasa milik pribadi yah :)
  • BAYU
    avatar 3714
    BAYU #Jum'at, 11 Mar 2011, 16:03 WIB
    pantai gesing keren..!!!!!!!!!!!!!!!!!
    mantaaaap!!!
  • GERRY
    avatar 3770
    GERRY #Jum'at, 8 Apr 2011, 15:14 WIB
    bos, kalau ke pantai gesing lewat pohon beringin besar itu perasaan semakin jauh deh, tapi memang jalannya enak lewat situ...
    lha memang ada jalan lain yg tembus sana ya?
  • DEDY
    avatar 3945
    DEDY #Minggu, 12 Jun 2011, 07:04 WIB
    napa e g motor motoran aja.. ku mau ikut.. pake motor bebek aja
    namanya juga PEKOK, kok pakai motor? hehehe :D
  • HAVIZ SETIAWAN
    avatar 3980
    HAVIZ SETIAWAN #Sabtu, 25 Jun 2011, 19:24 WIB
    waaa dilema antara gesing ma siung... hahaha
    Gesing saja, lebih sepi :D
  • JARWADI
    avatar 4078
    JARWADI #Kamis, 4 Ags 2011, 11:46 WIB
    aku barusan ke pantai gesing pada sehari sebelum Ramadhan kemarin, pantai nya memang
    Indah, tapi karena sedang kemarau, pemandangannya tidak sehijau dalam foto ini, hehe
    wah sudah berkunjung ke Pantai Gesing ya Kang. Hmmm, jadi penasaran apa ada pantai-pantai tersembunyi lain dekat sana ya?
  • EKNU
    avatar 4427
    EKNU #Kamis, 12 Jan 2012, 14:30 WIB
    Waduh....saya sendiri lokal dari Gunungkidul, kok sampai belum pernah kesana ya////
    hayuk ke sana Kang... :D
  • ANNOSMILE
    avatar 4487
    ANNOSMILE #Rabu, 29 Feb 2012, 22:05 WIB
    rute jalannya udah beraspal ga bos???
    beraspaal bro :D
  • YOKO
    avatar 4710
    YOKO #Minggu, 15 Jul 2012, 11:18 WIB
    gan,,, rute sama kayak menuju ngrenehan-ngobaran gak???
    matur nuwun
    Beda! kalau pantai Ngrenehan-Ngobaran kan lewat Jl. Wonosari. Kalau Pantai Gesing lewat Jl. Siluk dari arah Imogiri.
  • CERITA JOGJA
    avatar 4777
    CERITA JOGJA #Selasa, 28 Ags 2012, 22:32 WIB
    Sempurna... Terimakasih mas broo... atas karya dengan kerih payahMu, tanpa ijin anda maaf mimin telah bagikan Petualangan ini. Maturnuwun
    monggo...
  • BENAGUSTIAN
    avatar 4986
    BENAGUSTIAN #Jum'at, 11 Jan 2013, 16:10 WIB
    ademmm cuci mata walau ngak bisa kesana :))
    padahal di sananya panas, hihihi
  • INTAN
    avatar 5089
    INTAN #Rabu, 20 Feb 2013, 12:47 WIB
    padahal bagusss,,, kok aq gtau ya? ap mungkin aq juga hrus mblusuk2 :)
    yang pasti jangan takut nyasar mbak, hahaha
  • LILU
    avatar 5458
    LILU #Kamis, 1 Ags 2013, 11:28 WIB
    keno go tempat ngabuburit ki, tp numpak pit motor :D
    mantap ngabuburit di pantai, hahaha. Dekat sana ada pantai lagi kah?
  • ARIFIN
    avatar 5466
    ARIFIN #Senin, 12 Ags 2013, 01:47 WIB
    mas nek meh melu pit pitanne carae piye?
    mampir saja di Padepokan Sekar Jagad, selatannya Amplaz
  • BUDI KUSRIYANTO
    avatar 5499
    BUDI KUSRIYANTO #Selasa, 20 Ags 2013, 12:24 WIB
    boleh buat camping g, bang?
    boleh lah bro, masih banyak lokasi lapang kok
  • ASDFGHICKAJKL
    avatar 5667
    ASDFGHICKAJKL #Senin, 9 Des 2013, 10:56 WIB
    Indaaaaaah..... jadi pengen kesana!!!!
    lha ya yo ke sana
  • ASDFGHICKAJKL
    avatar 5675
    ASDFGHICKAJKL #Rabu, 11 Des 2013, 10:20 WIB
    AYOOOOO!!!!
    wuih semangat bgt
  • ASDFGHICKAJKL
    avatar 5677
    ASDFGHICKAJKL #Rabu, 11 Des 2013, 22:23 WIB
    Wkakakakak iya soalnya lagi pengen menggembara
    Gimana? dah sempat ke Pantai Gesing belum?
  • SUCI
    avatar 8237
    SUCI #Jum'at, 11 Sep 2015, 12:53 WIB
    mas... klo dari solo lewat Mana ya
    enaknyA... ap itu dket pantai ngrenehAn??
    plis infonya..mau kesana
    Kalau dari Solo lebih enak lewat Wonogiri terus baru ke Gunung Kidul. Kalau dari Pantai Gesing ke Pantai Ngerenehan sekitar 8 km lah.
  • WISATAKU
    avatar 8454
    WISATAKU #Jum'at, 16 Okt 2015, 11:58 WIB
    wihhhh.... kerend bangen bisa wisata ke pantai Gesing... Pantai Gesing Mantab... salam
    Wisata...
    Salam wisata juga! Ditunggu kunjungannya ke Pantai Gesing yah!
  • PUTRO
    avatar 10792
    PUTRO #Senin, 24 Apr 2017, 07:44 WIB
    Mas mau tanya kalau naik mobil ke pantai
    gesing aksesnya gampang ga ya...makasih
    Gampang Bro, jalan ke Pantai Gesing sudah bagus sekarang. Ada papan petunjuk jalannya juga kok.