Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 2 Oktober 2010, 22:40 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Semua bermula dari Vendy dan Pakdhe Timin yang kehabisan ide mengisi libur di hari Rabu (29/9/2010). Lantas, mereka pun menyeret diriku untuk turut serta dalam agenda liburan mereka. Maklum, sebagai pekerja lepas, diriku ini bisa libur sesuka hati.

 

Awalnya, Vendy mengusulkan buat touring ke Semarang. Tapi, mengingat jaraknya yang jauh (banget), aku pun menolak. Aku kemudian ngasih usul untuk nyari curug (air terjun) saja. Sebab, Emma pernah ngasih tahu kalau di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, masih ada curug yang belum terekspos.

 

papan petunjuk arah ke grojogan watu jonggol di Samigaluh, Kulon Progo
Petunjuk wisata ke Desa Nglinggo.

 

Dari informasi yang aku dapat dari Internet, curug yang masih sepi itu bernama Grojogan Watu Jonggol. Lokasinya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

Yang aku nggak tau informasinya adalah medan jalan menuju ke sana. Maklum, kami ini kan niatnya mau bersepeda. Setahuku sih kalau mau ke Grojogan Watu Jonggol ya mesti pergi ke Kota Kecamatan Samigaluh dulu, dan itu jalannya nanjak (banget) karena lokasinya kan berada di Perbukitan Menoreh.

 

Okelah, jalani saja deh. Toh ini PEKOK (Pit-pitan Ekstrim Koyok Ora Kalap) .

 

pemuda jogja bersepeda ke air terjun grojogan watu jonggol yang masih sepi di Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo
Para pendekar PEKOK

 

Etape 1, Kota Jogja – Kalibawang (20-an km)

Kami menyusuri Jl. Kebon Agung. Bermula dari samping Terminal Bus Jombor di Jl. Magelang dan berakhir Kantor Kecamatan Minggir. Semenjak dibangunnya jembatan yang menghubungkan Sleman dan Kulon Progo, jalan ini dinobatkan menjadi jalan kabupaten tercepat dan ternyaman untuk menyebrang ke Kulon Progo.

 

Etape 2, Kalibawang – Samigaluh (10 km)

Pada 4 km pertama, medan jalannya masih manusiawi. Sedikit nanjak dan tersaji pemandangan indah Kali Progo Sungai Tinalah. Tapi 6 km setelahnya, medannya mulai tidak manusiawi. Penuh tanjakan jahanam yang meliuk-liuk. Apalagi cuaca waktu itu panas banget! DOH!

 

menuntun sepeda melewati tanjakan terjal menuju grojogan watu jonggol di desa nglinggo, Samigaluh, Yogyakarta
Capek ngayuh, ya nuntun!

 

Etape 3, Samigaluh – Pasar Plono (6 km)

Masih sama seperti di Etape ke-2. Awalnya kami disuguhi turunan tajam (kelak menjadi tanjakan jahanam di rute pulang). Jalanan masih penuh tanjakan jahanam. Di Pasar Plono, kami istirahat makan siang. Di sini makan murah banget! Soto, gorengan, dan es teh, hanya dihargai Rp4.500.

 

Etape 4, Pasar Plono – Desa Wisata Nglinggo (3 km)

Masih nanjaaaak!!! Tapi yang ini bener-bener jahanam! Lebih curam! Ban sepeda aja ngangkat kok. Mirip seperti di Cinomati lah. Di tengah jalan saja ada ular sampai mati. Duh! Kami bertiga pun ngambeg, nuntun sepeda saja, nggak mau ngayuh.

 

Capek!

 

Ringkasan Rute...

Dari kota Jogja, ikuti Jl. Kebon Agung kemudian menyebrang jembatan ke Kalibawang, Kulon Progo. Ikuti jalan Samigaluh, lurus aja, nggak usah belok-belok sampai tiba di Pasar Plono. Dari Pasar Plono belok kanan untuk ke Desa Wisata Nglinggo.

 

berwisata di Air Terjun Grojogan Watu Jonggol di Pagerharjo, Samigaluh ditemani anak-anak desa yang ramah
Anak-anak yang menemani kami (lupa tanya nama-nama mereka).

 

Di Desa Wisata Nglinggo sudah tersedia peta wisata. Petunjuk ke Grojogan Watu Jonggol pun mudah ditemui. Kebetulan, kami bertemu dengan anak-anak desa yang dengan senang hati mau mengantar kami. Kami memarkir sepeda di salah satu rumah warga, dekat jalan turun menuju curug.

 

curug grojogan air terjun nglinggo pagerharjo samigaluh kulon progo menoreh purworejo jalan sepeda alam
Beh! Pakdhe Timin bikin jelek fotonya aja >.<

 

Debit air di Grojogan Watu Jonggol tidak surut walau beberapa hari tidak turun hujan. Airnya cukup deras, sampai bisa bikin basah kamera. Air terjun ini terdiri dari 3 tingkat. Namun dasarnya cukup sempit. Jadi ndak bisa leluasa main air, apalagi berenang.

 

Dengan medan jalan yang penuh dengan tanjakan. Aku sih ngasih saran kalau Pembaca mau kemari, ya...pakailah kendaraan bermotor yang waras mesinnya (terutama businya). Juga, karena memang jauh dan terpencil, jadi ya...jarang orang yang sudi kemari. Padahal air terjunnya bagus lho!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EM
    avatar 3331
    EM #Minggu, 3 Okt 2010, 08:30 WIB
    pertamaX :D

    pekok tenan!!!
    wakakakakak
  • BEJOKAMPRET
    avatar 3332
    BEJOKAMPRET #Minggu, 3 Okt 2010, 12:55 WIB
    premiummm......mangtaffff wijjj
    kapan2 mau ikutan yang kayak gini ahh
    selain di hari Sabtu/Minggu lho Kang!
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3333
    PAKDHETIMIN #Minggu, 3 Okt 2010, 20:23 WIB
    aku mumet....:(
    lha mumet piye Pakdhe???
  • OMIYAN
    avatar 3335
    OMIYAN #Senin, 4 Okt 2010, 15:17 WIB
    rasanya perjalanan nanjak tersebut terbayar lunas kalau lihat pemandangannya asyik tenan
    pemandangan emang asik Kang, tapi tanjakannya amit-amit! :p
  • HARRI
    avatar 3341
    HARRI #Selasa, 5 Okt 2010, 13:31 WIB
    mantaaap gan...
    hohohoho...
  • ZEE
    avatar 3347
    ZEE #Selasa, 5 Okt 2010, 20:00 WIB
    Kalau membawa keluarga untuk rekreasi pastilah kita memilih tempat yang mudah diakses dan banyak sarana penunjang spt toilet dan tempat jajanan. Di situ belum ada kayaknya ya, Wi, kalo melihat tempatnya juga gak banyak yg tahu.
    Iya sih Bu, kayaknya obyek wisata yang seperti ini cocoknya buat pecinta alam kali ya?
  • HITAMPUTIH
    avatar 3348
    HITAMPUTIH #Selasa, 5 Okt 2010, 23:10 WIB
    curug e mangtapz....
    jelas dong! Kulon Progo punya ini :D
  • BALI PROPERTY
    avatar 3349
    BALI PROPERTY #Rabu, 6 Okt 2010, 10:41 WIB
    wah.. keren banget air terjunnya, bagus banget,tapi kok gak ada air yang menggenang ya?
    kayaknya menyenangkan perjalanan pake sepeda gayuhnya
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali
    maksudnya air yang menggenang kayak gimana itu Kang?
  • MUHAMAZE
    avatar 3350
    MUHAMAZE #Kamis, 7 Okt 2010, 09:10 WIB
    wah asyiknya jalan2.. segerr..

    salam kenal ya..
    salam kenal juga :)
  • VIZON
    avatar 3352
    VIZON #Kamis, 7 Okt 2010, 09:33 WIB
    huahaha.... kirain PEKOK itu apaan.. ternyata... hahaha... :D
    air terjunnya bagus sekali kayaknya ya Wij...
    tapi, anak yang di foto itu kok kurus amat ya? kasian deh melihat
    rangkanya.. :)
    biasalah Uda, orang Jogja kan suka bikin singkatan yang agak nyeleneh :p

    semoga mereka (dan saya) bertambah gemuk ya Uda :D
  • ZULHAQ
    avatar 3353
    ZULHAQ #Kamis, 7 Okt 2010, 12:03 WIB
    Ebuset....sepedaan sampe kek gitu. Jauh. medannya berat.

    yang nulis aja ngasih saran pake motor. dengan kondisi yang bagus
    pula. Lah ini, sepeda jeh. Mantap puoollll...

    Keren sih tempatnya :)
    maklum Zul, kita anak muda nyarinya tantangan, biar bisa jadi bahan cerita di masa tua
  • YACOB-IVAN
    avatar 3357
    YACOB-IVAN #Sabtu, 9 Okt 2010, 08:00 WIB
    Wah, curugnya keren... kapan2 ke sana mas...
    lha kamu kemana aja e Cob??? kok ndak pernah nongoL???
  • EM
    avatar 3361
    EM #Minggu, 10 Okt 2010, 20:27 WIB
    ra sekalian nengok 2 air terjun tetangganya?
    wis kesel je eM!
  • ENDAH MARIA
    avatar 3388
    ENDAH MARIA #Selasa, 19 Okt 2010, 08:11 WIB
    dah kesana...tapi koq desa wisatanya ga ktemu ya??? jadi grojogan Nglinggo nya juga blum, padahal sampe di Watu jonggol dah hujan.
    mosok? lha Dusun Nglinggo itu kan Desa Wisata, udah ada papan petunjuk arahnya di Pasar Plono.
  • AGUS-BBT
    avatar 3393
    AGUS-BBT #Selasa, 19 Okt 2010, 20:47 WIB
    "PEKOK" itu bagi wong solo sebutan untuk orang "kurang genep" alias "setengah gendeng" hehehe...! Wah aku jadi kepingin ke sana, kebetulan aku punya saudara di samigaluh.
    lha memang iya, PEKOK di bahasa Jawa Jogja ya artinya seperti itu, hehehe.

    Monggo Kang silakan dicoba, tapi hati-hati dengkulnya :)
  • FIAN
    avatar 3552
    FIAN #Minggu, 2 Jan 2011, 14:27 WIB
    Apiiiiikk :D siiiiippp
    Nuwun :)
  • WISNU
    avatar 3708
    WISNU #Rabu, 9 Mar 2011, 13:07 WIB
    Wah... mase ki yo seneng pit2 an adoh to. Aku karo konco2 ku iyo lho
    mas, terus rencana ne 3 minggu meneh kepingin nang grojogan iki.
    Dalan ne penak ra mas? gampang ketemune ra panggon ne? nek
    dibandingke nang KETEP PASS abot endi? ----suwun
    luwih abot Ketep Pass le, iki gur cerak kok, sing marai suwi kuwi munggah e ng Samigaluh.
  • DAWIZZ - ROTARY
    avatar 3750
    DAWIZZ - ROTARY #Selasa, 29 Mar 2011, 12:27 WIB
    Ane udah kesana mas.... nyepeda bareng anak Rotary, Tempatnya bagus
    !!!!
    Ane se club gak nuntun lho mas, cuma alon-alon waton tekan nggon...
    Nek ada tempat bagus buat di gowes ane dikasih tau ya
    Salam Ngonthel Adoh !!
    hahahaha, semangat anak muda! Terus kayuh sepedamu! :D
  • CHAISIR IBNU SUPRAJA
    avatar 3752
    CHAISIR IBNU SUPRAJA #Rabu, 30 Mar 2011, 20:38 WIB
    Aku dah kesana... Nuntun cuma 50 meter, pas ada tanjakan setelah pasar plono... disana banyak pasir yang berserakan... terpaksa nuntun deh...
    ganas beringas...
  • ANSA - ROTARY
    avatar 3754
    ANSA - ROTARY #Kamis, 31 Mar 2011, 14:49 WIB
    waw aku ketinggalan nie > usul mas > adain acara kumpul manusia2
    pesepeda Jogja yang jarak n medannya kayak gini sekali2....... biar
    sekali2 bsa liat manusia2 sepeda Jogja dengan hoby yang sama gila tanjakan
    kalau mau ikut SPSS aja :D
  • AMI
    avatar 3999
    AMI #Rabu, 6 Jul 2011, 09:50 WIB
    :O mangaaaaapppp (saking mantabnya) hahahahaaa.. apikkkk.......
    hahaha, ayo mbak berkunjung ke Watu Jonggol :)
  • INDRIA
    avatar 4368
    INDRIA #Rabu, 7 Des 2011, 11:59 WIB
    alus tenan gan hasil fotonya...dulu pernah nyasar sempe sana, tapi lupa mampir...:D
    wah nyasar sampai di sana terus lanjut ke mana e?
  • INDRIA
    avatar 4370
    INDRIA #Kamis, 8 Des 2011, 11:18 WIB
    setelah medan 90 derajat plus motor nyendat, akhirnya medun, arah guo kiskendo..:))
    eh,blog e apik tenan brader,
    *mupeng* :D
    memang medan jalannya nggilani pol!
    Matur Nuwun sudah berkunjung :)
  • MASE NGLINGGO
    avatar 4441
    MASE NGLINGGO #Kamis, 19 Jan 2012, 21:54 WIB
    soyo apik pakde saiki grojogane
    tenane Mas, kapan-kapan dolan mrono meneh ah
  • ANNOSMILE
    avatar 4461
    ANNOSMILE #Sabtu, 4 Feb 2012, 13:48 WIB
    mau kesini..
    tak blom jadi-jadi...
    kan hanya tinggal ngikutin Jl. Samigaluh aja lho :p
  • ANNOSMILE
    avatar 4477
    ANNOSMILE #Rabu, 15 Feb 2012, 22:11 WIB
    kemarin kesini..tinggi pol tanjakannya :D
    nggak jadi kapok toh No? :D
  • GONDHEZ
    avatar 4546
    GONDHEZ #Minggu, 15 Apr 2012, 06:49 WIB
    OMAHKU KALIBAWANG BOZZ,NEK NANG SAMIGALUH MAMPIR NGGONKU..HEHEHE
    wah, asik ada akomodasi gratis :D
  • STENLIE
    avatar 4744
    STENLIE #Selasa, 31 Jul 2012, 19:49 WIB
    wahhh mantab abis air terjunnya :D tempatnya terjangkau ngga y klo naek mobil? hehehe..
    asal mobilnya kuat nanjak, mestinya sih bisa dijangkau
  • NAMA SAYA
    avatar 7490
    NAMA SAYA #Jum'at, 17 Apr 2015, 19:57 WIB
    jos pokoke
    Siiip!