Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 23 September 2010, 21:50 WIB

Pas zamannya SMP dulu, aku lagi getol-getolnya main layang-layang. Soalnya, baru sekali itu aku bisa menerbangkan layang-layang! Alhasil, sore hari, aku manjat genteng, buat main layang-layang di atas atap rumah.

 

Layangannya nggak pernah beli. Mungut aja gitu di atap rumah. Menerbangkan layangan dari atap rumah gampang banget. Anginnya besar. Layangan dibiarin saja tertiup angin. Disentak sedikit dan simsalabim...naiklah itu layangan!

 

Tapi ada sedihnya. Masa-masa indah main layangan itu berakhir di kelas 3 SMP. Biasalah. Berhubung mau UN, orangtua melarang diriku main layangan. Habis UN, rumah direnovasi, atap rumah dirombak total, dan jadilah aku nggak bisa main layangan lagi (sampai sekarang).

 

layang-layang yang diterbangkan di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta berat dan diusung banyak orang
Layang-layang besar dan berat, perlu banyak orang untuk ngusungnya.

 

sejumlah peserta menyiapkan layang-layang yang akan diterbangkan di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Menyiapkan layang-layang sebelum diterbangkan.

 

 

Ah, sudahlah mengingat-ingat masa lalunya. Nanti malah bikin aku jadi sebel lagi sama orangtuaku.

 

Nah, di hari Sabtu-Minggu (18-19/9/2010) yang lalu, di Pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta digelar festival layang-layang. Sudah jelas, di hari itu langit Pantai Parangkusumo bakal dipenuhi oleh ratusan layangan.

 

Hmm, obyek bagus buat dipotret nih! Berhubung Indomie Goreng mendadak jatuh miskin setelah beli D60, bolehlah dilatih supaya hasil fotonya nggak seperti pakai kamera poket. Alhasil, di hari Minggu siang itu; aku, Paklik Turtlix, dan Indomie Goreng meluncur ke Pantai Parangkusumo.

 

teknik dan tips memfoto lomba layang-layang di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Kali ini khusus motret dan bukan bersepeda.

 

indomielezat baru sekali ini naik kuda di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Ini bocah kesenengan. Meskipun sudah terbiasa naik motor sama sepeda, baru kali ini dirinya naik kuda!

 

Pantai Parangkusumo itu tetangganya Pantai Parangtritis. Rutenya gampang banget. Tinggal ikuti saja itu Jl. Parangtritis buat sampai ke Pantai Parangkusumo.

 

Memfoto layang-layang adalah seni memfoto benda mati. Tapi karena posisinya ada di langit, maka layang-layang bisa meliuk-liuk. Oleh sebab itu, harus pintar-pintar memotret benda mati supaya nanti hasilnya terlihat hidup. Ditambah lagi, karena lokasinya pemotretan ada di pantai, sumber cahaya matahari bakal lumayan terik. Imbasnya, hasil foto bisa jadi terlalu kontras.

 

  1. Kamera mode Aperture Priority (A)
  2. ISO 100
  3. Diafragma menyesuaikan, tergantung fotonya mau seperti apa
  4. Shutter speed peduli amat, paling dapetnya 1/1.000 – 1/250 karena cuaca terik
  5. Motret selalu pakai format RAW

 

contoh foto kreatif dengan layang-layang di di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Itu ikan layang-layang lho!

 

Apa yang terjadi dengan layang-layang itu, aku paparkan pada poin-poin berikut:

 

  1. Semua layang-layangnya GEDE BANGET!
  2. Layang-layangnya dilombakan, dibagi 2 kelas: 2 dimensi dan 3 dimensi.
  3. Satu tim boleh melombakan lebih dari 1 layang-layang.
  4. Kalau sampai 3 kali layangannya gagal naik, ya gugur deh.
  5. Penilaiannya banyak seperti desain layangan, efek liuk-liukannya di udara, dan selama apa layangan itu bisa bertahan melayang.

 

peraturan dasar lomba layang-layang internasional di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Bendera hijau berkibar, tanda layang-layang boleh diterbangkan.

 

bentuk-bentuk unik layang-layang yang dilombakan di pantai parangkusumo, bantul, yogyakarta
Hwaaa!!! Yang terbang kok malah setan! >.<

 

Jadi, apa Pembaca senang bermain layang-layang juga?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 3308
    VICKY LAURENTINA #Kamis, 23 Sep 2010, 23:24 WIB
    Dulu waktu sekolah, ada teman laki-laki naksir aku. Dia mencoba nyuruh aku naikin layang-layangnya sambil diadu bareng layang-layang temen-temen lain. Dasar aku cewek, kayaknya aku bikin benangnya jadi keserimpet sehingga benang layang-layangnya malah kesangkut sama layang-layang lain. Setelah itu si cowok nggak mau ngajak aku main lagi, hehehe..
    wekekekeke, kenangan cinta monyet semasa SD po mbak dokter? :D
  • BEJOKAMPRET
    avatar 3309
    BEJOKAMPRET #Jum'at, 24 Sep 2010, 16:24 WIB
    weehh kok gak ketemu ya Wij, aku kesana naik sepeda sendirian je.....
    disana buanyaaak orang je :D
  • YACOB-IVAN
    avatar 3312
    YACOB-IVAN #Sabtu, 25 Sep 2010, 20:13 WIB
    Keren layang-layangnya....
    sayangnya ndak diadu :)
  • RIYANTI
    avatar 3314
    RIYANTI #Sabtu, 25 Sep 2010, 20:54 WIB
    yo wis, sak karebmu!!
    ha?
  • EM
    avatar 3329
    EM #Sabtu, 2 Okt 2010, 08:52 WIB
    sekalinya nonton jamn2 KKN....setelahnya... yudah ga ada kesempatan....
    Seneng liat perjuangan menaikkan layang2 gedhe...KOMPAK
    yang seru kalau ada layangan jatuh...mantap jaya paniknya
  • ASOP
    avatar 3338
    ASOP #Selasa, 5 Okt 2010, 13:23 WIB
    Aaaaaaaaaah!! Event ini nih yang pengen saya datangi!!! TT__TT
    Diabadikan dengan kamera asik nih... huhuhu...

    Suka banget foto kedua ama ketiga..... :D
    suka karena ada...
  • DANI
    avatar 3716
    DANI #Jum'at, 11 Mar 2011, 20:53 WIB
    dulu sering buat layang-layang yang gedhe juga tapi yang 2 Dimensi.... yang 3 dimensi pernah cuma karena di pegunungan yang anginnya tidak sekencang di pantai jadi susah naeknya......
    aku aja buat layangan dua dimensi aja susah apalagi yang tiga dimensi..wew.. >.<
  • MORINO
    avatar 6875
    MORINO #Rabu, 24 Des 2014, 13:01 WIB
    waktu kecil aku sering maen layang2..
    tp kalau maen layang2 sebesar itu mah.. wkwkw
    Kalau layang-layang besar kayak gini mending ditonton aja :p