Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 20 September 2010, 23:25 WIB

Tentu Pembaca semua paham perihal sajian yang bernama sop. Adalah sayuran–kadang daging–yang direndam dalam kuah berkaldu. Tentu saja, sop dengan soto jelas berbeda. Soto biasanya berkuah lebih kental. Plus memakai kunyit, sehingga warna kuahnya tak lagi bening. Sedangkan sop jelas berkuah segar dan bening.

 

Sop ayam, jelas adalah sop yang kuahnya terbuat dari kaldu ayam. Seringnya, ditambahi pula suwiran ayam agar rasa semakin semarak.

 

sop ayam pak min klaten dan sop merah pojok benteng wetan lebih enak mana
Sop Ayam Pak Min Klaten

 

Nah, sajian sop ayam yang akhir-akhir ini menjamur di Jogja tak lain tak bukan adalah Sop Ayam Pak Min. Padahal Sop Ayam Pak Min itu aslinya dari kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di Jogja sendiri, selain cabangnya ada banyak, jam bukanya pun beragam. Ada cabang yang mengkhususkan buka pagi atau sore.

 

Harganya Rp8.000 untuk sop ayam pisah. Rasanya, hmm...akhir-akhir ini kenapa jadi semakin gurih? Mungkin terlalu banyak garam atau penyedap rasa, entahlah...

 

sop ayam pak min klaten dan sop merah pojok benteng wetan lebih murah mana
Meracik Sop Ayam Pak Min: potong suwiran daging dan diguyur kuah, selesai.

 

Alternatif lain adalah Sop Merah. Sesuai namanya, Sop Merah punya kuah berwarna merah. Itu sebab kuah Sop Merah terbuat dari pasta cabai. Jadi, harap maklum kalau rasanya pedas (banget).

 

Tapi tenang, Sop Merah bisa dibuat ramah bagi pengunjung yang tak tahan pedas. Yaitu tanpa pakai pasta cabai. Alhasil, warnanya jadi bening seperti sop ayam biasa. Itu mungkin, karena kuah Sop Merah akan dimasak sesuai permintaan pengunjung.

 

sop ayam pak min klaten dan sop merah pojok benteng wetan lebih terkenal mana
Sop Merah versi tidak merah (tidak pedas)

 

Letak warung Sop Merah, ada di sisi selatan pertigaan lampu merah Jl. Kolonel Sugiyono dan Jl. Sisingamangaraja. Gampangnya, dari Pojok Benteng Wetan (ujung selatan Jl. Brigjen Katamso), itu ambil jalan ke timur sampai ketemu pertigaan yang dijaga lampu merah.

 

Harganya Rp5.500 untuk sop ayam biasa dan 8.000 apabila pakai suwiran daging ayam. Jangan kaget kalau Sop Merah disajikan bersama telor rebus. Oh ya, Sop Merah hanya tersedia pada di sore hari.

 

sop ayam pak min klaten dan sop merah pojok benteng wetan lebih pedas mana
Kuah Sop Merah dimasak sesuai permintaan pengunjung.

 

Jadi, sekiranya Pembaca bosan menyantap Sop Ayam Pak Min, masih ada sop ayam lain yang boleh dijadikan alternatif.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VIZON
    avatar 3293
    VIZON #Selasa, 21 Sep 2010, 09:00 WIB
    Sop Pak Min sudah beberapa kali aku coba, bahkan di tempat asalnya pun
    pernah. Tapi, kalau sop merah sih belum. Aku tahu tempatnya, nanti
    kapan-kapan dicobain deh... :)
    cobain deh Uda, dan rasakan sensasi pedasnya :D
  • TUTI NONKA
    avatar 3297
    TUTI NONKA #Selasa, 21 Sep 2010, 23:36 WIB
    Aku selalu heran lho, sop Pak Min itu kok dimana-mana laris banget, apa istimewanya? Ternyata murah dan enak ya ... :)

    Lha kalau sop merah, itu nggak jauh dari rumahku. Tapi parkirnya susah ya, pas di pojok pertigaan yang ramai gitu ...
    Sop Pak Min menurut saya lebih gurih, tapi sayangnya ndak ada sayurnya. Kalau dekat dari rumah kenapa ndak jalan kaki aja Bunda? :D
  • ANNOSMILE
    avatar 3298
    ANNOSMILE #Rabu, 22 Sep 2010, 06:19 WIB
    udah merambah ke kuliner juga tahh..haha
    bulan ini banyak Kulinernya :D
  • PARIS
    avatar 3300
    PARIS #Rabu, 22 Sep 2010, 09:17 WIB
    sop merah ngatrinya laaaaammmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaa ....
    makanya datengnya pas baru buka, jam 5 :D
  • UHA
    avatar 3306
    UHA #Kamis, 23 Sep 2010, 12:57 WIB
    Nikmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttt..
    (padahal yo rung tau nyoba)..
    ajak wae sak Himatika mangan ng kono :D
  • GOOP
    avatar 3307
    GOOP #Kamis, 23 Sep 2010, 20:11 WIB
    lebih memilih soto, sih daripada sop
    saya kurang suka daging besar-besar gitu soalnya
    ih, suka serem hahahaha
    dagingnya bisa diminta untuk dicacah Kang, biar ndak besar-besar :D
    (emang besarnya daging itu seberapa siy ?)
  • YACOB-IVAN
    avatar 3310
    YACOB-IVAN #Jum'at, 24 Sep 2010, 22:32 WIB
    Sip, dua-duanya pernah coba...
    Cuma aku makan yang sop campur Rp4.000,00
    Kalau yang sop merah juga pernah beberapa kali...
    wakakakaka, bagus-bagus...
  • INDOMIELEZAT
    avatar 3342
    INDOMIELEZAT #Selasa, 5 Okt 2010, 13:41 WIB
    yang kasih nama sup merah itu temen ku si geo..
    sampai sekarang aku masih suka manggil sup merah
    padahal ga tau nama asli sup itu apa..
    :))
    ha??? jadi Sop MErah itu nama palsu????
  • TIAN NURYANTO
    avatar 3913
    TIAN NURYANTO #Kamis, 26 Mei 2011, 13:36 WIB
    ooooooooooo itu jualan sop merah to,ak kira jualan bakmi...he5x
    iya Kang, hanya parkirnya susaaah.
  • ONOT
    avatar 4833
    ONOT #Senin, 8 Okt 2012, 01:28 WIB
    Lhaaaaa,,,,,,wong saya yang orang Bontang saja sering makan Sopnya pak Min/ P. Tukiman..........jeeee
    ha? di Bontang juga ada?