Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 3 September 2010, 14:37 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

“Hari Selasa, sebelum puasa, nyari air terjun yuk ke Bleberan! Aku bolos kerja wis!”, seloroh Pakdhe Timin pas kami lagi makan Bakmi di depan RM Padang Giwangan.

 

Salah satu tradisi orang Jawa dalam menyambut bulan Pasa (Ramadhan) adalah padusan. Yang disebut padusan ini adalah ritual mandi ramai-ramai, yang maknanya untuk mensucikan diri.

 

Hmmm, kayaknya padusan di air terjun bukan ide yang buruk . Siapa tahu padusan di sana bakal lebih sepi dari di kolam renang atau pantai.

 

Oleh karenanya, wall disebar. Komentar berdatangan. Jadwal kerjaku pun kutata ulang.

 

main air di curug Sri Gethuk, Gunungkidul, tahun 2010 saat masih sepi

 

Selasa pagi (10/8/2010), di bukit bintang Patuk, berkumpullah empat orang; Aku, Mbah Gundul, Pakdhe Timin, dan Arisma yang berniat padusan di Gunungkidul. Mengingat yang hadir dengkulnya sudah berpengalaman, aku pun nyeletuk,

 

“Mumpung cuma kita doang, hari ini bersepeda habis-habisan yuk! Mumpung sebulan ke depan nggak bisa kayak gini lagi!”

 

Curug Sri Gethuk yang menjadi lokasi padusan kami terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dari Patuk kami menempuh jarak 12 km menuju lapangan Gading. Dari sana, belok ke Kota Kecamatan Playen, 3 km saja. Setelah itu, dari kota kecamatan Playen baru mengarah ke Desa Bleberan sejauh 7 km.

 

Tenang! Ada banyak rambu menuju Curug Sri Gethuk kok. Tapi jalannya rusak parah, jalan batu, dan konturnya miring.

 

Wahai Pemda Gunungkidul! Tolong benahi dunk! Ini kan aset pariwisatamu!

 

Gua Rancang Kencono di dekat air terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

 

Sebelum menyambangi Curug Sri Gethuk, kami mampir dulu ke Gua Rancang Kencono. Konon katanya, Gua Rancang Kencono ini tempat favorit untuk menyepi. Meskipun begitu, di siang hari itu aku lihat ada banyak muda-mudi yang pacaran di sana. Beh!

 

Oh iya, pohon yang tumbuh di dalam gua sangat eksotis. Konyolnya, aku sempet nyangkut di salah satu mulut gua. Beh!

 

Dari Gua Rancang Kencono kami lanjut bergerak menuju Curug Sri Gethuk. Sempat bingung mau parkir sepeda di mana. Kemudian, ada seorang ibu petani datang dan bilang;

 

“Udah mas, parkir di pohon saja! Tenang saja, di sini nggak ada maling, nggak kayak di kota.”

 

parkir sepeda di dalam hutan di dekat air terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

 

Ucapan sang Ibu cukup bikin tenang. Tapi kami tetap bingung. Lho? Soalnya, jalan menuju Curug Sri Gethuk itu mesti menyusuri pematang sawah. Adanya sawah di Gunungkidul yang notabene kabupaten terkering pasti bikin bingung.

 

Air Curug Sri Gethuk lumayan deras meski hari ini terhitung hari di musim kemarau. Di dekat Curug Sri Gethuk terbentang lebar Kali Oyo. Kalau mau menjelajahi Kali Oyo, warga sekitar menyewakan jasa perahu mesin. Tarifnya Rp5.000 per orang.

 

Tarif sewa perahu di air terjun Sri Gethuk, Gunungkidul tahun 2010

 

Melihat air sungai yang jernih dan adem, jelas bikin lemah iman. Ya sudahlah! Ritual padusan pun dimulai! Nyeburlah kami ke Kali Oyo!

 

Saking semangatnya, aku kepeleset dan handphone-ku masuk sungai. Beh! Kok ya hari ini sial sih?

 

alam jalan curug air terjun Gunungkidul bleberan playen sepeda sawah kali oyo bunder mangunan rancang kencono gamelan srembet padusan puasa ramadan

 

alam jalan curug air terjun Gunungkidul bleberan playen sepeda sawah kali oyo bunder mangunan rancang kencono gamelan srembet padusan puasa ramadan

 

Capek main air, saatnya pulang. Karena kami nggak mau lewat Jl. Wonosari–yang kalau sore rame bus dan truk itu–akhirnya kami cari jalan di Playen. Tembusnya ke Mangunan, Bantul. Pemandangannya bagus sih. Terutama jembatan penghubung Gunungkidul – Bantul yang membelah Kali Oyo.

 

Tapi yang bikin jengkel adalah jalannya penuh tanjakan jahanam! Beh, nggak mau lagi deh lewat sini!

 

Jembatan penghubung Gunungkidul dan Bantul di dekat air terjun Sri Gethuk

 

Sampai di rumah pukul delapan malam. Yang berarti aku lolos salat tarawih pertama di bulan Pasa. Paginya lolos pula nggak sahur. Kecapekan gara-gara padusan.

 

Pembaca juga padusan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNOSMILE
    avatar 3237
    ANNOSMILE #Jum'at, 3 Sep 2010, 15:27 WIB
    penasaran ama goanya
    exotic banget kliatannya..
    exotic banget, makanya banyak yg pada pacaran di dalem :p
  • EM
    avatar 3239
    EM #Sabtu, 4 Sep 2010, 19:29 WIB
    keren tho jembatanne, turunannya elok dilanjutkan tanjakan jahanam! :D
    pas turun itu aja udah bikin mental jatuh og,

    wong belum nyampe Pathuk kok udah ada turunan tajam, pasti ntar naiknya bener2 jahanam >.<
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3240
    PAKDHETIMIN #Minggu, 5 Sep 2010, 06:11 WIB
    oh yeah!!!
    air terjun ada dimana lagi ya Pakdhe?
  • VIZON
    avatar 3242
    VIZON #Minggu, 5 Sep 2010, 15:06 WIB
    eksotis nian itu Wij... semakin banyak saja tempat-tempat eksotis di
    jogja yang kudapat infonya dari sini. semoga suatu saat aku dapat
    mendatangi salah satunya...

    padusan? aku di kamar mandi saja, hahaha... :)
    kamar mandinya selain di rumah gimana Uda? misalnya di Gunung Kidul? :D
  • PEIN
    avatar 3243
    PEIN #Minggu, 5 Sep 2010, 19:03 WIB
    Hm,
    Tidak,saya tidak padusan.....
    Guanya cuma itu aja ya ??
    Katanya ada lebih dari satu gua disana dan tentunya banyak fosilnya (mengingat hampir semua gua di Gunung Kidul banyak ditemukan fosil manusia purba)......

    Air terjunnya keren, alirannya dalamkah ??
    guanya ndak luas sih, tapi ukurannya besar. Air terjunnya ga dalam, itu cuma anak sungai yang jatuh kok.
  • TUTI NONKA
    avatar 3244
    TUTI NONKA #Senin, 6 Sep 2010, 06:38 WIB
    Hehehe .... kok bisa nyangkut di mulut goa, gimana sih ceritanya? Lha itu hp yang kecemplung sungai, terus gimana nasibnya? Pingsan, sekarat, atau meninggal? :D
    jadi di dalam gua itu ada mulut gua yang diameternya kira-kira cuma 1 meter Bunda. Saya pakai ransel malah nyangkut. Mana di dalam pengap pula, duh!

    kalau hapenya itu Alhamdulillah masih berfungsi. Sampai rumah langsung saya jemur di atas genteng 3 hari dan dimasukkan ke drybox 2 hari biar kering :D
  • MONDA
    avatar 3249
    MONDA #Senin, 6 Sep 2010, 20:51 WIB
    keren banget pohon yang tumbuh sampai menembus mulut goa
    saya penasaran, siapa yang menanam itu pohon ya Bu?
  • JEJAK ANNAS
    avatar 3250
    JEJAK ANNAS #Selasa, 7 Sep 2010, 07:30 WIB
    mas, sudah ada rencana iedul fitri pake sepeda? akayknay unik juga mas, sambil pake kain sarung, genjot peda keliling desa...

    so, selamt mudik dan berlebaran
    saya naik sepeda pakai sarung cuma pas taraweh aja. Itu pun kadang sarung terpaksa diangkat kalau mau ngebut. :D
  • KOTA SOLO
    avatar 3253
    KOTA SOLO #Selasa, 7 Sep 2010, 09:07 WIB
    gila... fotonya keren2 euy..
    hahahaha, itu tempatnya yang keren Kang :D
  • CLARA CROFT
    avatar 3254
    CLARA CROFT #Selasa, 7 Sep 2010, 14:52 WIB
    Ini tempatnya memang bagus ato kameranya yang canggih ya?? Keren banget foto2nya.. :)
    memang tempatnya bagus mbak, jarang-jarang ada yang berkunjung kesana (kalau nggak nyasar :p)
  • SASANTI
    avatar 3274
    SASANTI #Kamis, 16 Sep 2010, 13:07 WIB
    wah...mas,minta denahnya dung.pgn kesana juga,kirimkan ke email ya infonya.tak tunggu...thxQ.^___^
    wah denah...errr...saya kalau gambar denah ga bisa je :p
  • INDO ARTIKEL
    avatar 3422
    INDO ARTIKEL #Selasa, 26 Okt 2010, 12:54 WIB
    Tempatnya kayaknya kok asyik banget ya
    hehehe, air terjun populer di gunung kidul ini :D
  • SURYO YUDO
    avatar 3526
    SURYO YUDO #Selasa, 21 Des 2010, 13:29 WIB
    Mas, aku mau presentasi ttg "keindahan alam yg tidak dikenal", bolehkan
    web-nya aku tampilkan? termasuk sebagian gambar2nya yg asik banget itu?
    Makasih yah.....
    Monggo mas
  • DHERRA AMALIA
    avatar 3605
    DHERRA AMALIA #Jum'at, 21 Jan 2011, 17:53 WIB
    Aku lagi nyari-nyari tempat wisata air terjun di Yogya selain di
    Kaliurang sama Magelang, takutnya udah ngga sebagus sebelum erupsi
    Merapi. Habis browsing malah nemu yang ini, ternyata bagus bangeeet,
    jadi penasaran.. Kalo naik motor bisa ngga ya, mas? Apakah jalan
    kesananya terlalu curam? Takutnya ngga kuat, soalnya pake motor matic.
    Aku kemarin habis ke Suroloyo, udah pernah belum? Recommended mas.
    Kalau di Curug Sri Gethuk jalannya ndak terlalu nanjak jadi pakai motor matic pun bersahabat kok :)
  • DHERRA AMALIA
    avatar 3642
    DHERRA AMALIA #Minggu, 30 Jan 2011, 18:15 WIB
    Masss, udah disamperin ternyata curugnya airnya butekkk, dan jalan
    menuju kesananya becek, terjal, dan banyak batunya. Sempet gelo sih mas,
    tapi ya belum puas kalo emg belum kesana langsung, hehehe
    ke sana lagi pas akhir musim hujan aja mbak
  • NDANDA
    avatar 3957
    NDANDA #Jum'at, 17 Jun 2011, 10:39 WIB
    wah saya juga mau ke sini ah gangguin orang pacaran ^____^
    lha ndak ikutan pacaran? >.<
  • TONISB
    avatar 3972
    TONISB #Selasa, 21 Jun 2011, 16:49 WIB
    Itu deket tempat saya Wij.. 10 menit lagi..
    tenane? tempatmu masih naik lagi Menk?
  • RITA
    avatar 4115
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 10:22 WIB
    itu pohonya gede banget,, :D
    air terjunnya indah pisan,,,
    subhannallah, Allah maha besar,,,
    Semoga kekayaan alam bangsa kita tetap terjaga sampai anak cucu :)
  • RITA
    avatar 4153
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 11:13 WIB
    amin,
    semoga anak cucu kita masih bisa menikmati kekayaan bangsa kita dan penerus yang bisa menjaganya,
    bukan hanya bisa menikmatinya tapi juga harus bisa menjaganya,
    Amin...
  • SESA
    avatar 4275
    SESA #Selasa, 11 Okt 2011, 13:43 WIB
    boleh juga tuh...........
    ayo ayo ayo ke Curug Sri Gethuk, main air di Kali Oyo :D
  • SUWANTO
    avatar 4619
    SUWANTO #Selasa, 22 Mei 2012, 10:47 WIB
    hm... indah sekali ya...
    Memang indah Kang. Sudah pernah ke sana kan Kang Suwanto?
  • JUNAIDI
    avatar 4789
    JUNAIDI #Senin, 10 Sep 2012, 11:00 WIB
    Mas, tolong di google map atau wikimapia di tandai lokasi-lokasinya jadi lumayan bisa bantu yang mau nyari lokasinya.....
    rutenya bisa dilihat di sini Kang, http://bit.ly/QvsjUA
  • ADHI NURSIHANTO
    avatar 4853
    ADHI NURSIHANTO #Senin, 22 Okt 2012, 06:56 WIB
    goa nya sebelum sri gethuk bukan ?????
    Goanya itu nggak jauh dari Sri Gethuk kok
  • MARSHA
    avatar 5096
    MARSHA #Kamis, 21 Feb 2013, 08:35 WIB
    Mas, aku buka blog nya enak banget dibaca nya. Pengen ke Air terjun sri gethuk, tapi jauh banget ya kalo dari Jogja? jauhan mana kalo dari bantul? Minta ancer2 nya kalo boleh, hehhehee... :P makasih ya mas
    Kalau dari Bantul ya lebih jauh lagi. Pokoknya lewat Jl. Wonosari mbak. Nanti di lampu merah Lapangan Gading (yang dulunya mau dibuat bandara itu) sudah ada petunjuk arahnya kok.
  • ADIE RIYANTO
    avatar 10207
    ADIE RIYANTO #Rabu, 12 Okt 2016, 08:30 WIB
    Goanya unik banget. Kapan lagi ya aku main ke Jogja bagian selatan yang agak lama gitu. Soale mesti cuma transit doang kalo ke Jogja :(