Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 17 Agustus 2010, 12:48 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Kapan terakhir kali upacara bendera?

Kapan terakhir kali nyanyi Indonesia Raya?

Kapan terakhir kali mengheningkan cipta?

 

Kalau Pembaca masih sekolah atau bekerja di instansi pemerintah, tentu upacara bendera adalah suatu hal yang lazim dilaksanakan saban Senin atau Jum’at. Tapi, buat kami-kami ini yang bukan golongan pelajar atau PNS, di mana kami bisa menyalurkan hasrat upacara bendera?

 

“Gimana kalau kita bikin upacara bendera di Candi Abang wae pas tengah malam?”

 

Ide gila Mbah Gundul itu mendadak menginspirasi para sahabat SPSS yang waktu itu sedang rembugan menyusun acara bersepeda di bulan Ramadhan. Iya ya? Kenapa kami nggak menggelar upacara bendera sendiri? Di Candi Abang pula.

 

Lha kenapa mesti di Candi Abang dan pas tengah malam Mbah?

 

“Candi Abang kan lokasinya relatif dekat dari kota Jogja. Lapangan rumputnya lumayan luas. Wingit pula, jadinya kan sepi.”

“Lha ya tengah malam. Memangnya mau kapan lagi? Ini kan bulan puasa. Malah bisa nanti di sana sekalian sahur. Yang penting, tanggal 17 Agustus kita upacara, hehehe.”

 

Oke deh Mbah! Siap laksanakan!

 

hormat indonesia raya upacara bendera berbah sleman nightride sepeda bayu indratomo pancasila ramadan puasa 17 agustus spss dirgahayu 65
Ada banyak pesepeda yang ikut upacara bendera di Candi Abang

 

Sehingga, dari pengumuman yang telah disebar di wall-nya SPSS, pada hari Senin (16/8/2010) malam, sekitar 40-an pesepeda menggeruduk Candi Abang semata-mata demi menggelar upacara bendera di sana.

 

Pukul 12 malam kurang sepuluh menit, digelarlah upacara bendera untuk memperingati dirgahayu republik tercinta yang ke-65 tahun. Tiang ditancapkan dan sangsaka merah-putih berkibar di puncak Candi Abang.

 

Oh iya, berhubung kami ini para pesepeda yang tak mengenal disiplin militer, jadi harap maklum kalau upacara bendera ini ala kadarnya. Setelah pengibaran bendera, kami hormat sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya, melafalkan kelima sila Pancasila, mengheningkan cipta, dan meneriakkan MERDEKA tiga kali. Selesai.

 

hormat indonesia raya upacara bendera berbah sleman nightride sepeda bayu indratomo pancasila ramadan puasa 17 agustus spss dirgahayu 65
Hormaaaat graaak!

 

Pengalaman unik yang tak terlupakan. Kapan lagi (mau) upacara bendera tengah malam di Candi Abang? Hehehe.

 

Jadi, Pembaca untuk tahun ini sudah upacara bendera 17 Agustus kan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNOSMILE
    avatar 3147
    ANNOSMILE #Selasa, 17 Ags 2010, 13:17 WIB
    mantep tenan..
    pengen ikutan upacara unik ini..
    tahun depan masih ada ga ya? :D
  • BELLEBELLEBELLEBELLE
    avatar 3148
    BELLEBELLEBELLEBELLE #Selasa, 17 Ags 2010, 13:36 WIB
    kerennnnn gilaaaaa'...
    :p
    kami ini gila? sepertinya emang iya... :p
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 3149
    VICKY LAURENTINA #Selasa, 17 Ags 2010, 13:42 WIB
    Aduh, enaknya upacara bendera malem-malem. Nggak usah panas-panas dijemur matahari..
    Ide bagus to mbak? Ndak bakal ngantuk pula karena nyepeda :D
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3150
    PAKDHETIMIN #Selasa, 17 Ags 2010, 13:54 WIB
    mending dg cara begini kita upacara bendera lebih khidmat dan meresap ke sanubari...daripada upacara yg formalitas belaka..merdeka!!
    mesti kowe wegah tambah gosonk to Pakdhe yen upacarane formal di pagi hari? :p
  • ZEE
    avatar 3151
    ZEE #Selasa, 17 Ags 2010, 15:56 WIB
    Anak-anak muda kreatif selalu punya cara unik utk merayakan sesuatu. Keren ini. Formal atau tidak formal, klo sama nasionalisnya, jelas mengharukan saat upacara berlangsung. :)
    Menurut saya nyeleneh Bu :D
  • KARZANIK
    avatar 3152
    KARZANIK #Selasa, 17 Ags 2010, 16:07 WIB
    hehe seru juga upcara tengah malem....
    seru banget! :D
  • TUTI NONKA
    avatar 3156
    TUTI NONKA #Selasa, 17 Ags 2010, 22:43 WIB
    Candi Abang itu dimana, Na? Itu yang kelihatan di latar belakang lampu gemerlapan, kota Yogya ya?
    Upacaranya hari Senin jam 12 malam, berarti mendahului ya ... :)
    Candi Abang itu di Kec. Berbah Bunda. Itu dari Kantor Kec. Kalasan di Jl Jogja-Solo sekitar 6 km ke arah selatan.

    Iya, yang gemerlapan itu lampu kota Jogja dan Prambanan. :)

    Upacara benderanya itu jam 23.50 tanggal 16 Agustus 2010. Kalau di Wilayah Indonesia Timur kan sudah tanggal 17 Agustus, hehehe.
  • BALI PROPERTY
    avatar 3157
    BALI PROPERTY #Rabu, 18 Ags 2010, 10:05 WIB
    Tapi kok pada gak seragam? hehehe..
    Pengelaman yang seru dan unik, upacara tengah malam.
    oya, kayaknya taun besok, tanggal 17 agustus juga masih di bulan ramadhan, jadi lagi dong upacara tengah malemnya?hehe
    Bali Villas Bali Villa
    nah itu dia, ndak seragam soalnya kami-kami ini pesepeda kere yang udah bisa nyepeda pake baju aja udah untung :D

    Tahun depan diulangi lagi? Hohoho..
  • PUPUTS
    avatar 3158
    PUPUTS #Rabu, 18 Ags 2010, 11:01 WIB
    hohohohoho unik... tengah malam
    yang ikut upacaranya juga orang2 unik...
  • INDOMIELEZAT
    avatar 3159
    INDOMIELEZAT #Rabu, 18 Ags 2010, 12:46 WIB
    yang kutanyakan mengapa kalian tidak ikut tirakatan di kampung untuk bersosial
    eh ini malah keluyuran malam...ckckck
    anak muda jaman sekarang
    sepertinya kemarin Aryo juga mengatakan hal yang serupa!?

    Kalau ndak salah sampeyan malah tidur habis pesta ulang tahun? Ckckckck...
  • ZULHAQ
    avatar 3161
    ZULHAQ #Rabu, 18 Ags 2010, 13:44 WIB
    sumpah! idenya keren banget. iri ngeliatnya.
    gw terakhir upacara tahun kemarin. Kemarin gak dapet ijin. Mausk kerja euy :(
    mosok tanggal 17 Agustus masuk kerja tapi ga ada upacara bendera??
  • RASARAB
    avatar 3164
    RASARAB #Rabu, 18 Ags 2010, 14:58 WIB
    wah nyesel gak bisa ikutan
    tapi kemarin ane juga ikut upacara kok , awalau upacara digital yang
    penting upacara kan ya :D , terahir upacara resmi 3 tahun yg lalu
    upacara digital Indonesia Optimis itu tow? Sopo sing ngerek benderane???
  • SUSI
    avatar 3167
    SUSI #Rabu, 18 Ags 2010, 18:03 WIB
    suasananya gelap gulita, pakai lilin, atau pakai obor?
    saluut yach, (bandingkan dengan berita TV para PNS upacara resmi tapi duduk, ngobrol seenaknya dan pakai koran utk nutupi kepala dari terik matahari). Sekali lagi PF dan MERDEKA
    pakai lampu sepeda mbak, MERDEKA! :D
  • ANTYO
    avatar 3168
    ANTYO #Rabu, 18 Ags 2010, 22:34 WIB
    Wah asik banget tuh. Pasti tak terlupakan. Kita memang perlu selingan cara ya. :)
    cara-cara nyeleneh boleh dicoba Paman :D
  • VINNA
    avatar 3169
    VINNA #Kamis, 19 Ags 2010, 09:00 WIB
    ih keren idenya.. upacara di candi.. :D
    nyari tanah lapang yang ga deket pemukiman warga dan deket kota...
  • TURTLIX
    avatar 3171
    TURTLIX #Kamis, 19 Ags 2010, 22:51 WIB
    Kayaknya penyebutan Sang Merah Putih aja deh...
    Kalau Sangsaka Merah Putih itu hanya satu, yaitu
    bendera yang dibuat pertama kali (oleh Ibu Fatmawati).
    CMIIW
    :p
    :)
    Mosok? tak korek-korek informasine ndisik...
  • GENIAL
    avatar 3177
    GENIAL #Sabtu, 21 Ags 2010, 21:04 WIB
    wingit iko opo tokh kang?!?!? :)
    wingit ki mistis, sakral, angker
  • CERITAEKA
    avatar 3190
    CERITAEKA #Senin, 23 Ags 2010, 10:26 WIB
    Idenya keren!
    Jelas lah gue udh upacara 17an kmrn..
    kalo enggak bisa dpt Sp hehhe
    wakakakak, upacara ala PNS pasti berpanas-panas ria :D
  • CUK
    avatar 3193
    CUK #Selasa, 24 Ags 2010, 10:34 WIB
    salut !!
    nuwun Kang
  • PEIN
    avatar 3197
    PEIN #Selasa, 24 Ags 2010, 19:45 WIB
    Hm,
    Wah, boleh dunk bagi-bagi foto latar belakang candi abang yg gemerlapan tanpa ada orang !!

    Pertanyaan selanjutnya adalah,,,,
    adakah yg masuk angin ????
    sayangnya ndak sempet motret banyak, karena disana gelap banget. Masuk angin? kayaknya ga ada deh :D
  • BALI WEDDING
    avatar 3211
    BALI WEDDING #Jum'at, 27 Ags 2010, 13:36 WIB
    wah seru juga tuh upacara tengah malam.....ditempat dan suasana berbeda pertanyaannya hikmad ga' ya jalanin upacaranya.......hehehehehe

    Bali Villa Bali Villas
    khidmat nya itu nyeleneh, hehehe
  • BALI PROPERTY
    avatar 3213
    BALI PROPERTY #Jum'at, 27 Ags 2010, 23:21 WIB
    kok candinya ga klihatan.. emang upacaranya pagi apa malem seh ? Btw..selayaknuya kita sebagai bangsa wajib menghormati dan menghargai kemerdekaan dengan melakukan upacara bendera.. dimanapun berada yg penting maknanya dan esensinya dpt kita hayati..Merdeka..
    Upacaranya jam 12 malem, candinya itu cuma berupa gundukan tanah doang
  • MONDA
    avatar 3221
    MONDA #Sabtu, 28 Ags 2010, 21:59 WIB
    keren juga idenya,
    padahal dulu waktu masih sekolah paling males kalo ikut upacara kan?
    iya, mungkin karena pas di sekolah dulu upacaranya ndak menyenangkan, kurang aneh, hehehehe...
  • OMIYAN
    avatar 3252
    OMIYAN #Selasa, 7 Sep 2010, 08:53 WIB
    hehehehe ternyata masih ada yang melaksanakan upacara di malam hari..

    selamat dah hahahahha

    Selamat Idul Fitri
    Mohon Maaf Lahir Bathin
    Jika selama ini ada kesalahan kata lwat tulisan
    yang Menyakitkan hati

    salam
    Lha mau kapan lagi e Kang? masak nyepeda siang-siang di bulan puasa? hehehe. Mohon maaf lahir batin juga yah. :)
  • EME
    avatar 3345
    EME #Selasa, 5 Okt 2010, 14:06 WIB
    aku nyari Candi Abang malah kesasar Wijna...
    ndak tanya-tanya warga siy :p