Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 8 Agustus 2010, 08:13 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Kalau dulu di tahun 2009 aku sering blusukan nyari candi, nah di tahun 2010 ini aku berpindah haluan, blusukan nyari air terjun.

 

Menurutku, candi dan air terjun adalah obyek yang menarik. Soalnya, tidak di sembarang tempat kita bisa menemukan candi atau air terjun. Khusus air terjun, biasanya terletak di gunung atau perbukitan, yang perlu usaha keras untuk bisa sampai ke sana.

 

Oleh karena itu, aku sangat penasaran ketika seorang sahabat SPSS bernama MakWik menyebutkan bahwa ada air terjun di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 

Sepengetahuanku, kecamatan Gantiwarno itu dataran rendah yang isinya sawah. Sama sekali tak ada bukit. Jadi, mana mungkin di sana ada air terjun!?

 

MakWik hanya ngasih tau kalau air terjunnya itu dekat dengan Dusun Karangpelem, Desa Jogoprayan di Kecamatan Gantiwarno.

 

pesepeda di Luweng Sampang, Gedangsari, Gunungkidul saat masih perawan
Pasukan Ngendog menjajah Luweng Sampang

 

Hari Rabu pagi (14/7/2010), aku bersama Pasukan Ngendog (Arisma, Rizky, dan Pakdhe Timin) berangkat bersepeda ke sana. Mbuh nanti bakal ketemu apa. Tapi yang jelas kalau MakWik ngapusi, dirinya bakal kita tongseng rame-rame. Wakakakakak.

 

Berbekal GPC (Global Positioning Cocot), beginilah rute kami blusukan nyari air terjun itu:

 

Pertama, dari Jogja kami ikutin itu Jl. Raya Yogyakarta – Solo, melewati Prambanan, hingga sampai ke sebuah pertigaan dengan rambu arah menuju Gantiwarno. Itu kira-kira 6 km dari gapura perbatasan DI Yogyakarta – Jawa Tengah di Prambanan.

 

Kedua, kami tanya warga sekitar gimana rute menuju Kantor Kecamatan Gantiwarno. Oleh karena kami semua pakai sepeda, mereka ngasih taunya rute jalan sawah, bukan jalan aspal. Hadeh...hajar bleh!

 

sampang gedangsari luweng Gunungkidul gantiwarno klaten jogoprayan curug airterjun alam jalan sepeda
Sempet juga blusukan di hutan bambu, katanya lebih singkat lewat sini

 

Ketiga, di Kantor Kecamatan Gantiwarno kami tanya rute menuju Desa Jogoprayan. Lagi-lagi, karena warga lihat kami semua pakai sepeda, mereka ngasih rute yang medannya jalan sawah. Duh!

 

Keempat, di Desa Jogoprayan kami sempat bingung dan putus asa. Akhirnya, MakWik ngirim SMS nyuruh tanya ke warga tentang lokasi “luweng”. Seorang simbah yang kami temui lantas bilang, “deket dari sini kok Mas, ikutin aja sungainya.”

 

Kelima, kami pun menyusuri sungai yang airnya lagi surut itu. Kami pikir itu air terjun pastilah mata air sungai ini. Tapi baru beberapa menit menyusuri sungai, Arisma sudah teriak-teriak kalau dia melihat ada air terjun. Aku sih nggak melihat apa-apa. Tapi, begitu aku ubah sudut pandanganku ke sungai itu, ternyata ya seperti foto di bawah ini.

 

Suasana di air terjun kecil curug Luweng Sampang saat masih sepi dan belum populer
Luweng Sampang #1 yang masih perawan.

 

Ternyata air terjun ini bukan jenis air terjun yang ada di perbukitan. Air terjun ini terbentuk karena perbedaan ketinggian batuan sungai. Tingginya ada sekitar 5 meter. Yang bikin menarik adalah bebatuan yang mengitari air terjun ini mirip seperti pemandangan di luar negeri. Lagipula di lokasi ini ada 2 air terjun kecil dan sebuah kolam. Wow!

 

Ternyata kami sedang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantas saja bisa ada air terjun di sini. Ini bukan Gantiwarno woy! Jadi mungkin air terjun ini lebih pas disebut Luweng Sampang ya?

 

Foto kolam di Luweng Sampang saat masih sepi dan belum terkenal
Luweng Sampang #2 yang ada kolamnya.

 

Jaraknya lumayan dekat dari Jogja. Kalau naik kendaraan bermotor kira-kira hanya butuh waktu 45 menit. Cocok buat lokasi motret model. Kalau musim hujan, mungkin airnya bisa lebih banyak dan deras. Oh iya, kalau mau mandi hati-hati, soalnya warga sekitar bilang kalau tempat ini wingit alias keramat.

 

Yang cukup membuatku menyesal adalah, untuk motret air terjun ini aku sempat nyebur ke dalam air. Betul saja, aku kena tuah wingit-nya. Bukan kena kutuk, tapi karena di atas air terjun ini ada sapi yang lagi mandi sembari buang air kecil. Duh nasiiib!

 

sampang gedangsari luweng Gunungkidul gantiwarno klaten jogoprayan curug airterjun alam jalan sepeda
Aku motret air terjun nyebur ke air, sementara celanaku dilepas, jadi kesimpulannya...

 

Jadi, kalau Pembaca mau nyari air terjun di Jogja yang masih perawan selain Curug Samigaluh, bolehlah datang kemari. Air terjun ini melengkapi daftar air terjun yang ada di Gunungkidul.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ALLAN
    avatar 3110
    ALLAN #Minggu, 8 Ags 2010, 08:43 WIB
    bagus air terjunnya, jadi pengen ikutan hunting air terjun juga neh..
    yg di samigaluh jg blm smpet nyoba..
    lha monggo Kang ayo dicoba
  • PAKDHE TIMIN
    avatar 3111
    PAKDHE TIMIN #Minggu, 8 Ags 2010, 09:49 WIB
    sayang..gak sempet ninggal endhog disitu..
    wah Pakdhe belum meninggalkan jejak rupanya. Baleni neh po piye?
  • MAX
    avatar 3112
    MAX #Minggu, 8 Ags 2010, 10:19 WIB
    Me never lie dude!!!
    jadi siapa yg akan ditongseng???? weeekekekekekeke
    Masalahnya ancer-ancermu itu mencurigakan le!!!!
  • RASARAB
    avatar 3114
    RASARAB #Minggu, 8 Ags 2010, 15:06 WIB
    woh ra ajak ajak :(
    kowe jare jaga warnet?
  • MONDA
    avatar 3116
    MONDA #Minggu, 8 Ags 2010, 20:50 WIB
    mawi, blusuk selalu dapat yang keren gini ya,
    jadi pengen tau pernah kena apes nggak?
    Alhamdulillah pernah juga Bu, itu pengalaman pas nyari Candi Pringtali, udah jauh banget dan ndak taunya...
  • ANNO
    avatar 3117
    ANNO #Senin, 9 Ags 2010, 07:33 WIB
    kereeeeeeennn...pengen kesana..
    mtor bisa sampe sana toh...kapan2 kesana..
    motor bisa lah No
  • TIA
    avatar 3118
    TIA #Senin, 9 Ags 2010, 11:13 WIB
    hahaha, lucu2 mas, kok bisa kamu dikencingi sapi :p
    berarti sekarang bukan pencari batu lagi dong? ganti pencari air :D
    air terjun lebih menantang kalau pakai sepeda
  • ZEE
    avatar 3119
    ZEE #Rabu, 11 Ags 2010, 14:25 WIB
    Woww... keren banget.
    Itu di dalam keliatan airnya bersih sekali....
    keliatannya bersih tapi sebenernya kotor Bu. Ndak murni dari mata air soalnya :(
  • CLARA CROFT
    avatar 3120
    CLARA CROFT #Rabu, 11 Ags 2010, 15:46 WIB
    Berjalan sebegitu jauh untuk mencari air terjun.. benar2 petualangan yang asik, apalagi dengan teman2 yang sehobi ya? Dan belum pernah liat air terjun yang seperti ini..

    Satu lagi desain webnya juga aku suka, bagus.. salam kenal yaa.. izinkan aku me-link blog ini :)
    terimakasih mba Clara :D
  • ASOP
    avatar 3123
    ASOP #Kamis, 12 Ags 2010, 04:57 WIB
    Waw, bagus ya Mas batuan di sekitar air terjunnya.. Seperti sengaja dibuat bergaris-garis gitu... :D
    Subhanallah...
    iya serasa kayak bukan di Indonesia aja
  • PEIN
    avatar 3128
    PEIN #Kamis, 12 Ags 2010, 11:55 WIB
    Hm,
    Wah bagusnya, kaya air terjun diantara canyon di USA sono,

    Mas2, lagi2 dirimu pedit kasih foto bagus,
    Masak foto utamnya ga ada ukuran besarnya, lagian ga ada di flickr,
    sama kaya kasus ini http://wijna.web.id/392-Kusuka-Mangunan.html
    mana minta ga dikasih,
    Beh !! :P
    ukuran besarnya ada tapi malas uploadnya, ukuran filenya juga besar soalnya :p
  • FAJARA BESOK LIBUR
    avatar 3132
    FAJARA BESOK LIBUR #Jum'at, 13 Ags 2010, 10:40 WIB
    keren tenanki hobyne mase kik...
    jan ki aku nang solo pengen melu yen ana jln2 maneh...
    mben dinten aku nyepeda mas, dari rumah kontrakan pe tempat kerja, dari rumah kontrakan pe mudik ke sukoharjo...
    ngepit trus tapi kok gak ono inspirasi koyo sampeyan yak?
    blognya keren, menginspirasi bgt mo kemana seandainya besok libur...
    hehe. thx salam kenal
    matur nuwun Kang, kalau ke Jogja ayo ngepit bareng
  • BAKULRUJAK
    avatar 3143
    BAKULRUJAK #Senin, 16 Ags 2010, 14:15 WIB
    siap-siap berangkat, cek dompet. :D
    emangnya perlu ongkos berapa je? *cek dompet juga
  • MAS STEIN
    avatar 3165
    MAS STEIN #Rabu, 18 Ags 2010, 16:15 WIB
    batunya bisa begitu tho mas? kayak kegerus air, cakep banget
    lha iya, bisa kayak gitu kayaknya bukan karena tergerus air terjunnya deh Kang...
  • ITA
    avatar 3173
    ITA #Sabtu, 21 Ags 2010, 10:43 WIB
    mau mau mau seru bgt blusukannya...
    bareng sama Aa Yanto? :p
  • ARIS
    avatar 3301
    ARIS #Rabu, 22 Sep 2010, 11:13 WIB
    wah keren banget tempat'y,kayane perlu di coba tuch..
    silakan dicoba Kang :D
  • FIAN
    avatar 3553
    FIAN #Minggu, 2 Jan 2011, 14:30 WIB
    suka juga :D suka air terjun kebetulan :D
    Hehehehe :)
  • WAWAN
    avatar 3606
    WAWAN #Jum'at, 21 Jan 2011, 22:39 WIB
    mas,jalanya kalo pake motor lewatnya mana?
    dri perbatasan jogja klaten terus kemana?
    tunjukin jalan yang bener ada ga?
    klu petanya ada ga?
    jalan yg paling mudah ya lewat Jl. Godean, itu masih ke barat terus dr Jl. Solo. Dirimu dari Klaten po?
  • WORK2BIKE
    avatar 3648
    WORK2BIKE #Selasa, 1 Feb 2011, 18:29 WIB
    wah asik yo, dadi pengen funbike mrono ki... skitar jogja ad airterjun
    yg eksotis g tho?
    banyak Kang, tinggal googling aja :D
  • NINO
    avatar 3871
    NINO #Senin, 16 Mei 2011, 19:23 WIB
    aku wong klaten malah ra ngerti dab!!

    wuakakakakka, nuwun inpo ne
    Podo-podo. Sudah mampir ke sana belum?
  • ANNOSMILE
    avatar 4049
    ANNOSMILE #Senin, 25 Jul 2011, 13:45 WIB
    belum kesana ik..syedih :(
    ayo ke sana No
  • RITA
    avatar 4298
    RITA #Kamis, 27 Okt 2011, 21:20 WIB
    ikut nimbrung mas bro, wah keren2, kebetulan saia jg suka blusukan, buka blog anda jadi tambah referensi. terima kasih en salam kenal blusukers :D
    hehehe, salam kenal juga, saling berbagi informasi ya! :D
  • REGGANTENG
    avatar 4309
    REGGANTENG #Sabtu, 5 Nov 2011, 19:36 WIB
    mas minta cp, tadi kita sudah mencapai step putus asa tapi tetap tidak menemukan
    tempatnya. mohon pencerahan
    Coba arahkan kendaraan ke Desa Sampang di Kec. Gedangsari. Dari arah Gantiwarno harus menyeberang sungai kecil dulu. Nanti di SD Negeri Sampang coba tanya warga sekitar. Nggak jauh dari situ kok :)
  • LUQMAN DINEJAD
    avatar 4317
    LUQMAN DINEJAD #Jum'at, 11 Nov 2011, 01:32 WIB
    subhanallah..., jadi pengen kesana. kalo mau blusuk dibantul jga ada airterjun yang
    tersembunyi pokonya gk kalah keren dan bakal takjub. itu daerah imogiri. jalan imogiri timur,
    ketimur nama desanya Giriloyo.
    Saya pernah ke Giriloyo, tapi waktu itu debit airnya sedang tidak banyak >.<
  • RIAN
    avatar 4323
    RIAN #Senin, 14 Nov 2011, 09:20 WIB
    mas mohon pencerahan kmrn ak sm temen" ud sampe tahap akhir tu, trs nanyain curug ga
    ada yang tau, curugny kl dr kantor kecamatan gantiwarno ke mana ya? mohon pencerahan
    Arahkan kendaraan ke dusun Sampang. Dekat SD Negeri Sampang coba tanya warga sekitar tentang Luweng.
  • YANTO
    avatar 4388
    YANTO #Rabu, 14 Des 2011, 17:42 WIB
    daerah mana itu tepatnya....hunting2 air terjun nih
    Itu di Gedangsari, Gunung Kidul Mas Yanto. Dari arah Bayat, Klaten bukan dari arah Pathuk.
  • CITA
    avatar 4420
    CITA #Rabu, 4 Jan 2012, 22:24 WIB
    Wij, aku lagi browsing2 ttg curug ini di gugel (aku sama Davinna ada rencana mau ke Jogja) eh kok nemu blog ini : http://lemahlempung.blogspot.com/2011/12/air-terjun-luweng-sampang.html. 2 foto curug di blog itu sama banget dengan 2 foto curug hasil jepretan kamu di sini, udah gitu dikasih watermark pake nama blog dia :D
    Terima Kasih buat informasinya Mbak. Sedang ditangani oleh "pihak berwajib", hehehe.
  • DEWI
    avatar 4559
    DEWI #Jum'at, 27 Apr 2012, 20:51 WIB
    keren, smoga bisa menginjakkan kaki kesitu ^,^
    Amin! Semoga mbak Dewi juga berkesempatan ke sana. :)
  • WARMAN
    avatar 4597
    WARMAN #Selasa, 15 Mei 2012, 22:46 WIB
    untuk bulan juni ada acara blusukan kemana lagi boleh gabung hunting sekaligus saya ingin belajar motret air terjunnya mas wijna, saya tingal di ngasem yogyakarta???
    blusukan itu kalau ada waktu senggang, hahaha
  • BAYU
    avatar 5173
    BAYU #Jum'at, 29 Mar 2013, 09:44 WIB
    gan, ane mau ngasih masukan ye,
    mungkin lebih asik kalo tiap lokasi blusukan itu di sertai ama titik koordinatnya jd kan lebih gampang nyarinya gitu...
    koordinat? maaf Bro, ane kagak punya GPS. Handphone ane juga masih lawas, cuma bisa SMS sama nelpon doang.
  • RDSAPUTRO
    avatar 5180
    RDSAPUTRO #Senin, 1 Apr 2013, 07:35 WIB
    ini sama curug gedangsari jauh gak ya mas ??
    Yaa, sekitar 5 km lah Mas, tapi beda desa. Yang ini di desa Sampang.
  • RDSAPUTRO
    avatar 5181
    RDSAPUTRO #Senin, 1 Apr 2013, 22:16 WIB
    okee, terimaksih, tapi itu sejalur dengan yang di gedangsari? saya jadi hobi blusukan cari
    curug gara gara blog ini mas :))
    waaah... rupanya saya sudah membuat banyak orang untuk nyasar sampai mana-mana ya? hahaha.
  • SONIC
    avatar 5373
    SONIC #Sabtu, 29 Jun 2013, 21:16 WIB
    ketemu mbah legiman gak??
    mbah Legiman sopo kuwi bro?
  • RIZQI
    avatar 5391
    RIZQI #Selasa, 2 Jul 2013, 16:19 WIB
    keren,,,keren jalan-jalan yang sederhana tapi penuh makna apalagi bisa menemukan salah satu keindahan alam yang blm di lihat banyak orang,, trus bereksplorasi, and terus bagi2 crita untuk kita2 yang gak da waktu bwt jalan2, nasib..!!
    Justru cerita-cerita di blog ini untuk memotivasi sampeyan untuk singgah di obyek-obyek itu kalau waktunya memungkinkan. Pokoknya, "you know where to go and get lost", hehehe.
  • IWAN SAMUDRA
    avatar 5462
    IWAN SAMUDRA #Senin, 5 Ags 2013, 00:59 WIB
    salam kenal,..
    ulasan" yg menarik.. pengen mencoba jelajah wisata kayak kalian masbro..
    "bosan ma dunia supporteran... gelut teruuusss..."
    padahal jalan-jalan macam yang kami lakukan ini bisa dibilang kegiatan yang kurang kerjaan sama seperti gelut terusnya dunia suporteran, hehehe
  • FENNY
    avatar 5527
    FENNY #Minggu, 8 Sep 2013, 17:11 WIB
    jadi inget foto Grand Canyon Colorado di buku IPS dulu
    Hahaha, padahal Green Canyon ini nggak setandus Grand Canyon
  • TRANSMOJO
    avatar 5532
    TRANSMOJO #Selasa, 10 Sep 2013, 08:37 WIB
    Wow... Bagus sekali gan pemandangannya. Kapan - kapan bisa main kesini nih.
    Salam Kenal yah.

    TRANSMOJO - Rental Motor - Mobil Jogja
    salam kenal juga :)
  • JAUHARI
    avatar 5829
    JAUHARI #Selasa, 4 Mar 2014, 13:17 WIB
    air terjunnya bener bener keren ... unik ...
    jadi pengen gowes ke sana ..
    Ayo Kang kapan mampir Jogja gowes ke sana
  • AGNESTASYAMAGDALENABILSON
    avatar 6102
    AGNESTASYAMAGDALENABILSON #Minggu, 25 Mei 2014, 13:32 WIB
    Kakak kalo naik mobil bisa ndak kak ke daerah sampang itu?? pengen nyoba kesana juga
    blusukanhehe.. infonya ya kak salam kenal..
    Salam kenal juga Agens. Bisa kok naik mobil. Tapi nanti mobilnya diparkir di pinggir jalan. Lokasinya berbatasan langsung dengan jalan aspal kok.
  • KIJUN KAYEN
    avatar 6488
    KIJUN KAYEN #Selasa, 23 Sep 2014, 10:24 WIB
    Itu ma kampung aku,aku orang sampang,itu termpat latihan renang aku waktu kecil
    Waow... senangnya masa kecil punya tempat latihan renang yang ciamik seperti ini :)
  • TRI KIUKIU
    avatar 6757
    TRI KIUKIU #Selasa, 25 Nov 2014, 10:54 WIB
    waktu kecil sering main kesitu jd inget masa lalu ..cah karang padang
    hehehe, mbiyen mesti dolan sisan nggunyang sapi
  • ICHA
    avatar 7137
    ICHA #Kamis, 12 Feb 2015, 12:21 WIB
    kapan nih ada agenda blusuk lagi? ikuuuuuuuutttt :D
    Hohoho, emangnya mau mblusuk ke mana yaa?
  • SULTANAS NISA
    avatar 7150
    SULTANAS NISA #Minggu, 15 Feb 2015, 08:43 WIB
    Anda udah ke sana tahun 2010 dan tahun 2015
    skrang ngeHits. Terimakasih pengalamannya 😄
    terakhir kali ke sana kapan e?
  • NOPVA
    avatar 7167
    NOPVA #Jum'at, 20 Feb 2015, 20:19 WIB
    ya ampun,, itu ga jauh dari rumahku.. jalannya udah nanjak belum ya?
    Belum nanjak-nanjak banget
  • PRAMONO
    avatar 7211
    PRAMONO #Jum'at, 27 Feb 2015, 14:00 WIB
    Sekalian promosi blog..haha itu kalo dari
    bayat sama patuk deketan lewat mana gan
    matursuwun
  • CN
    avatar 7222
    CN #Minggu, 1 Mar 2015, 15:10 WIB
    keren!
    tapi kaya-nya udah rame pengunjung nih.
    Jelas rame bangeet! XD
  • NARDI
    avatar 7315
    NARDI #Selasa, 17 Mar 2015, 03:13 WIB
    sop eh sip kapan kapan tak mrono
    Ditunggu kabar2nya lho Kang!
  • FIRMANSYAHBL
    avatar 7594
    FIRMANSYAHBL #Sabtu, 9 Mei 2015, 10:12 WIB
    Artikel blog anda sangat keren dan sanga membantu gan :D Thanks
    Sama-sama Bro! Semoga ke sananya nggak nyasar yah! :D
  • LINCHAN
    avatar 7658
    LINCHAN #Jum'at, 22 Mei 2015, 17:39 WIB
    minta rute rahan yang jelas dong, kanan-kirinya ke air terjun ini..
    waduh... nggak perhatian aku. Hmmm... misal ragu-ragu tanya warga sekitar saja.
  • RAMA
    avatar 7667
    RAMA #Senin, 25 Mei 2015, 10:50 WIB
    mau tanya mas
    kalo bawa kendaraan roda 4 rute nya dari prambanan bagaimana yah?
    terus dari parkir kendaraan menuju lokasi kira2 waktu tempuh berapa lama ya?
    trims hehe
    waduh klo dari Prambanan enakny lewat jl solo aja terus ke arah bayat baru nanti ke Gedangsari.
  • DOCO
    avatar 7789
    DOCO #Senin, 15 Jun 2015, 20:17 WIB
    sehh ini mah tempat gua mandi waktu kecil :D
    pas udah gede kangen mandi di sana lagi nggak? :D
  • EKO SURADIYANTO
    avatar 7997
    EKO SURADIYANTO #Senin, 27 Jul 2015, 11:00 WIB
    Gedangsari adalah Kecamatan denagn 7 kelurahan (Ngalang, Hargomulyo, Mertelu, Tegalrejo, Watugajah, Sampang, Serut ) aku wong Sumberejo-
    Ngalang(nderek tepang saking Tangerang) rute lewat selatan bisa dab..Jogja-Piyungan-Sambipitu-Sumberejo-Karanganyar-buyutan-Gedangsari.bisa call adikku kalo minat..JUMALI 0853 2698 6173 kalau musim kemarau gini bisa jadi debit air bekurang jauh malah kering sama sekali.
    Woh mantap Kang. Aku wis tau njajal ngepit Sambipitu-Gedangsari-Klaten. Tanjakan e ncen nggilani. :D
  • MAS RATIN
    avatar 8639
    MAS RATIN #Jum'at, 13 Nov 2015, 11:48 WIB
    Akuki tinggal di suiawesi suk nek tilik neng jogja tak melu menikmati indanya air terjun ngendi kuwi mau .
    monggo Kang, ditunggu kedatangannya di Jogja :D
  • BUDI
    avatar 8819
    BUDI #Senin, 7 Des 2015, 10:26 WIB
    06 desember 2015 Habis dari sana.parkir 5000.motret 10 ribu..
    Emang sekarang udah terkenal banget itu tempat jadi komersil buat foto. Pasti yang jaga simbah2 itu ya. :(
  • IYONG
    avatar 9045
    IYONG #Jum'at, 8 Jan 2016, 14:54 WIB
    Karna ini di posted tahun 2010, kira2 skrg
    (2016) masi sama ga ya? Mau ngeblusuk ke
    jogja akhir bulan januari ini😍luweng
    sampang jd salah satu tujuannya yes!
  • ADHI
    avatar 9085
    ADHI #Kamis, 14 Jan 2016, 20:53 WIB
    haahaahah selamat datang di kampung saya mas...disitu(luweng)adalah tempat masa kecil saya main,mandi,nyuci motor,mandiin sapi,dan nyari ikan.ohya,just info...saat musim hujan/air mengalir,disepanjang air terjun itu,dibaliknya air banyak ikan sili/uceng menempel dibebatuan.silahkan cek....hahahaaa
  • WISNU SANJAYA
    avatar 9217
    WISNU SANJAYA #Minggu, 7 Feb 2016, 22:20 WIB
    top markotop untuk di kunjung wisatawan .(khatulistiwa .rental dan tour 0817260084)
  • FADIL
    avatar 9757
    FADIL #Selasa, 31 Mei 2016, 22:54 WIB
    Fotonya bagus mas ^^
  • MAULLANA
    avatar 10291
    MAULLANA #Jum'at, 4 Nov 2016, 03:22 WIB
    Bikers nya markas dimana, saya juga suka
    bersepeda, tapi ga pernah funbike sampai ke tempat
    sebagus itu, kapan kapan saya boleh ikut dong😁