Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 2 Agustus 2010, 12:39 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Sebelum aku mulai bercerita, ada baiknya Pembaca simak dulu foto di bawah ini. Kalau sekiranya Pembaca terpukau, aku ucapkan terima kasih. Namun, jangan buru-buru menerka kalau lokasi foto itu di luar negeri. Foto ini aku jepret di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Indonesia masih punya bentang alam yang indah nan elok toh?

 

Desa Mangunan kerap digunjingkan dalam setiap obrolan dengan para pesepeda. Kabarnya, Desa Mangunan itu menyimpan pemandangan alam yang cantik. Namun tak semua pesepeda berani ke sana. Sebabnya, jalan menuju Desa Mangunan penuh tanjakan terjal. Hingga Desa Mangunan pun dinobatkan menjadi rute sepeda legenda di Jogja.

 

Desa Mangunan, kalau tak salah pernah aku kunjungi di tahun 2007 silam. Waktu itu sih naik motor dan mobil. Jadi, nggak terlalu memikirkan masalah medan. Tapi seingatku ya jalan menuju ke sana itu jauuh dan menanjak.

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Dua orang ini kelak di kemudian hari tak pernah lagi menuntun sepeda mereka

 

Panduan rute menuju Desa Mangunan relatif mudah. Dari kota Jogja, ikuti Jl. Imogiri Barat hingga sampai ke kota Kecamatan Imogiri. Nanti sebelum lapangan parkir Pajimatan Imogiri, ada jalan berbelok ke arah kanan. Nah ikuti saja jalan itu sekitar 8 km untuk sampai ke Desa Mangunan. Kalau dihitung, dari Kota Jogja ke Desa Mangunan, berjarak sekitar 25 km.

 

Nah....tantangan terberatnya adalah menaklukkan jalan sepanjang 8 km dari kota kecamatan Imogiri ke Desa Mangunan. Sebab, jalan sepanjang 8 km itu menanjak terjal tanpa berhenti. Truk yang lewat sana saja raungan mesinnya keras, tanda pakai gigi 1, dengan knalpot yang menyembulkan asap hitam pekat.

 

Nah, kami berdelapan (Aku, Mbah Gundul, Angga, Raditya, Yacob, Desem, Umar dan Cici) di hari Kamis pagi (15/4/2010) bersepeda kesana pakai dengkul. Ganas tow?

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Rasanya ueeenaaakk tenan! Maknyus katanya Pak Bondan. Like this kalau kata kami.

 

Warung untuk mengisi perbekalan yang habis di tanjakan baru ditemui setelah 5 km nanjak. Tapi, sekitar 3 km dari warung tersebut ada suatu warung tiwul yang patut dikunjungi. Namanya Thiwul Ayu Mbok Sum.

 

Tiwul di sini unik, sebab berbentuk bulat dengan parutan kelapa sudah menyatu dengan tiwulnya. Harga per porsinya murah, Rp3.000 saja dengan ukuran yang lumayan besar.

 

Kami tak beruntung, sebab hanya dapat 2 bungkus tiwul. Itu karena kami datang agak siang dan tiwulnya sudah laris-manis. Tiwulnya ada yang merah dan putih. Yang merah pakai gula jawa, enak disantap hangat. Yang putih pakai gula pasir, enak disantap dingin. Jadi, kalau nggak mau kehabisan, bisa pesan dulu lewat no. telp 081 931 709 303.

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Rute sepeda yang menembus hutan pinus benar-benar terasa mistis

 

Obyek di Desa Mangunan yang paling terkenal adalah kebun buahnya. Ya, Desa Mangunan memang dikembangkan menjadi desa agrowisata. Dekat kebun buah itu juga tersedia jalur sepeda offroad. Lumayan untuk memuaskan nyali bersepeda ekstrim. Oh ya, foto di awal artikel ini aku potret dari Kebun Buah Mangunan lho.

 

Obyek kedua yang tak kalah menarik adalah hutan pinus. Ada jalan dari Desa Mangunan menuju Desa Terong yang menembus hutan pinus. Pemandangannya benar-benar memanjakan mata. Apalagi kerap terdengar kicauan burung dan gemerisik pohon yang ditiup angin. Serasa bukan di Indonesia saja.

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Beberapa obyek eksotis mewajibkan menuntun sepeda di tepi jurang.

 

Sayangnya, banyak siswa-siswi SMU yang membolos dan menghabiskan waktu di hutan pinus ini. Juga, ada banyak sepeda motor diparkir di pinggir jalan, tanda hutan ini kerap digunakan sebagai tempat memadu kasih.

 

Beh!

 

Napas kembang-kempis,
Air menipis,

But we like this,

 

Perjuangan yang aku dan beberapa sahabat SPSS tempuh tak sia-sia. Keletihan kami, dibayar lunas oleh serangkaian pemandangan alam yang elok. Mengingatkan kami bahwa Indonesia memiliki potensi tak terkira yang wajib kita jaga.

 

mangunan bantul dlingo terong tanjakan hutan pinus getuk tiwul mbok sum triati alam sepeda imogiri wisata kebun
Di atas tebing, perjuangan yang tak sia-sia.

 

Yah, kalau Pembaca ingin kemari, bolehlah naik kendaraan bermotor. Kami kemari bersepeda, semata-mata ingin melakukan perjalanan yang penuh tantangan.

 

Jadi, kapan Pembaca ada rencana bertamu ke Desa Mangunan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 3079
    PEIN #Senin, 2 Ags 2010, 16:22 WIB
    Hm,
    Foto diatas sendiri keren, ga ada foto HQnya kah ? syukur2 HD atau BR !!

    Orang kota jarang masuk hutan ya ? Emang enak lho masuk hutan, naik gunung [hati2 aja kalo ga kuat naik gunung, bisa pingsan ntar !!]
    maksudnya foto-foto manusia di tengah hutan itu le? :D
  • LAWNI
    avatar 3080
    LAWNI #Senin, 2 Ags 2010, 16:50 WIB
    aseeeeeeeek, alam indonesia emang elok nian
    emang cantik bener...
  • OMIYAN
    avatar 3081
    OMIYAN #Selasa, 3 Ags 2010, 16:32 WIB
    saya jadi teringat Rawa Danau bawah di Serang mas, foto-foto diatas keren abis tempatnya
    Rawa danau ada hutan pinusnya juga, kalau di Mangunan ndak ada danau Kang
  • HERMAN SAKSONO
    avatar 3082
    HERMAN SAKSONO #Selasa, 3 Ags 2010, 21:42 WIB
    Aku suka hutan pinusnya. Cantik.
    emang Mon, cocok buat lokasi pacaran. :D
  • EM
    avatar 3083
    EM #Selasa, 3 Ags 2010, 21:49 WIB
    jarene bukit yang ngadep landasan kuwi sering dipake buat climbing?
    wah kurang tau saya, mungkin mba eM bisa memberi info lebih lengkap lagi?
  • MONDA
    avatar 3085
    MONDA #Rabu, 4 Ags 2010, 15:15 WIB
    menembus hutan pinusnya keren banget deh,
    emang keren Bu :)
  • VIZON
    avatar 3086
    VIZON #Rabu, 4 Ags 2010, 17:07 WIB
    Berarti tempatnya gak begitu jauh dari Kweni ya Wij?
    Hmmm... pengen kesana deh, terutama ingin mencicipi tiwulnya.
    Semgoa sebelum Ramadhan bisa ke sana, hehe.. :D
    Kweni itu kan Jl. Bantul km 5, yang ini Jl. Imogiri Barat km 17 masih naik 6 km lagi.
  • KYAINE
    avatar 3087
    KYAINE #Rabu, 4 Ags 2010, 19:55 WIB
    sy punya kenangan dng desa mangunan. thn 1988 pernah melakukan bakti sosial mahasiswa di sana :)
    lokasi KKN po Kang?
  • ANNO
    avatar 3089
    ANNO #Kamis, 5 Ags 2010, 09:21 WIB
    mantep pemadangane.....
    mantep tow? :D
  • BAMBANG
    avatar 3100
    BAMBANG #Jum'at, 6 Ags 2010, 21:32 WIB
    Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY
    Lebih mantap: lewat Piyungan, naik ke Hargodumilah, sampai Kec. Patuk ke kanan. Apa di wikan pernah naik sepeda lewat rute ini, dicoba yach
    saya pernah, tapi itu turun dari Mangunan lewat sana, perempatan ringin Cinomati.
  • PEIN
    avatar 3102
    PEIN #Sabtu, 7 Ags 2010, 08:58 WIB
    Bukan, maksudnya foto pemandangannya........
    oooo... saya kira foto yg ada wajahku ituh :D
  • EM
    avatar 3105
    EM #Sabtu, 7 Ags 2010, 23:28 WIB
    wij : saya tilisik dulu :D

    pak bambang : dulu saya pernah lewat situ, 4tahun lalu, dan ngrasain sunset :D
    Piye hasil tlisikanmu?
  • RASARAB
    avatar 3113
    RASARAB #Minggu, 8 Ags 2010, 15:03 WIB
    kapan ke sini lagi dap , ane ikutan :D
    kalau SPSS berhasil diracun ke Mangunan, ntar lewat Cinomati aja. :D
  • NICOWIJAYA
    avatar 3134
    NICOWIJAYA #Minggu, 15 Ags 2010, 12:16 WIB
    wuuaaaaaah... kereeeen!
    mari ke Mangunan yuk Kang :D
  • ZSA
    avatar 3566
    ZSA #Minggu, 9 Jan 2011, 16:56 WIB
    rumahku cuma di bantul..tapi aku belum pernah ke mangunan nii...
    gtw jalannya...pas mau ke hutan pinus,,eeh kata temen-temenku disana banyak pemalak, bener ga sih itu?
    Emang bener, cukup rawan sih, biasanya siang atau menjelang maghrib. Makanya kalau kesana mending rame-rame aja :p
  • ADI_RHINO
    avatar 3908
    ADI_RHINO #Kamis, 26 Mei 2011, 12:05 WIB
    wuihh, mantapp nih tempatnya...
    jadi pingin cepet2 kesana...
    hmm, sama kekasih lebih romantis nih sepertinya...
    hahaha, jelas! :D

    apalagi kalau di hutan Pinus :)
  • HARYO
    avatar 4010
    HARYO #Minggu, 10 Jul 2011, 15:23 WIB
    mas, itu fotonya bukan dari gardu pandangnya ya.....ketoke kok luih dhuwur...lewate seko endi yo?suwun
    Itu fotonya dari gardu pandang mas bero, tahun 2007 silam.
  • ANNOSMILE
    avatar 4011
    ANNOSMILE #Minggu, 10 Jul 2011, 23:11 WIB
    Foto yang pertama itu jepretnya dari kebun buah bukan? Kok aku kesana agak beda viewnya?
    Iya itu dari kebun buah tapi jepretnya tahun 2007 silam. :)
  • IAANT NALI
    avatar 4217
    IAANT NALI #Kamis, 8 Sep 2011, 16:41 WIB
    wah minta alamat lengkap beserta rute ke mangunan dunk, rencana akhir pekan ini kami sekaluarga berniat ke sana, tapi kami belum tahu jalane, kasih tunjuk ya kawan kawan, berangkat dari arah prambanan.
    matur nuwun...
    Gampang kok kalau mau ke Mangunan :) 1. Dari Prambanan, ikuti Jl. Solo hingga sampai di Ringroad Jembatan Flyover Janti. 2. Dari Jembatan Flyover Janti ikuti aja Ringroad hingga sampai ke perempatan Ringroad Terminal Giwangan. 3. Dari Perempatan Ringroad Terminal Giwangan, ambil arah ke selatan (kiri) menuju Jl. Imogiri Timur. 4. Ikuti Jl. Imogiri Timur hingga sampai ke bekas Pasar Imogiri Lama (sekitar 17 km) 5. Dari bekas Pasar Imogiri lama masih ikuti jalannya terus hingga bertemu pertigaan dengan papan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. 6. Ikuti aja arahan papan petunjuk itu untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan. Semoga membantu :)
  • ANIENG
    avatar 4439
    ANIENG #Kamis, 19 Jan 2012, 11:54 WIB
    wahh keren mas,, ini dimana?? aku belum sempat baca :) hihihi
    eemm senang liat blog mu , apik euy :D huehhe
    makasih mbak Nieng :D
  • WAHYU
    avatar 4522
    WAHYU #Kamis, 29 Mar 2012, 20:15 WIB
    mas mosok akeh "pemalak" e , rencana aq pek njajal singgel mrono, yen saiki piye isih akeh rak
    Pemalak? Di hutan pinus yang banyak pemalaknya? Tolong kami diberi informasi lebih rinci yah. Matur Nuwun. :)
  • BOWO
    avatar 4664
    BOWO #Jum'at, 15 Jun 2012, 18:26 WIB
    Slamat ya mas.....saya juga pernah ke sana treknya memang asyik. Apalagi bisa dilanjutkan sampai Pathuk trus turun ke piyungan....weuiii asyikkkkk tinggal main stang saja
    asyik kalau remnya pakem, klo remnya blong berdoa saja semoga ngga jatuh ke jurang, hahaha
  • HADI S
    avatar 4770
    HADI S #Selasa, 21 Ags 2012, 23:16 WIB
    sy dan teman2 seminggu 2x gowes ke manggunan,tiwul mbok sum memang uenak nan,rutenya memang asyik puollllll.salam gowes!!!
    salam gowes! salam tanjakan Mangunan!
  • SIMPLYHOMY
    avatar 4867
    SIMPLYHOMY #Rabu, 31 Okt 2012, 09:18 WIB
    masbro, ijin nampilin foto yg di gardu pandang di fanpage kami ya:). Suwun

    Link : https://www.facebook.com/photo.php?fbid520343764645303&seta.520343734645306.118789.199336216746061&type1&theater
    Monggo...
  • FA
    avatar 4882
    FA #Sabtu, 17 Nov 2012, 05:04 WIB
    visit goa gajah jg kalau ke mangunan [segitiga wisata mangunan: kebun buah, goa gajah, hutan pinus :)]
    oke! next stop Gua Gajah!
  • NANA
    avatar 4907
    NANA #Minggu, 9 Des 2012, 05:52 WIB
    kerenn...
    makasih yaa
  • T
    avatar 4932
    T #Rabu, 12 Des 2012, 17:17 WIB
    kalo udah buka ni web, jadi lupa waktu,, gila!!
    awas, kalau jadi gila nanti masuk RSJ lho
  • ANGGA.IBRAHIM
    avatar 5222
    ANGGA.IBRAHIM #Selasa, 16 Apr 2013, 06:44 WIB
    wahhh... keren gila saya yang naik motor aja kerasa capeknya ...gimana kalo naik sepeda yaaaaa .....
    yo pastinya... LEBIH capek Kang, hahaha
  • LATEEVA
    avatar 5278
    LATEEVA #Senin, 13 Mei 2013, 00:49 WIB
    segera ke mangunan berburu thiwul mbok sum yang rasa pedas dan keju... mantab gilaaa
    wuih, saya baru tahu sekarang tiwul mbok sum ada rasa pedas dan keju.
  • SETRO
    avatar 5456
    SETRO #Rabu, 31 Jul 2013, 17:56 WIB
    mantab.....review nya..kapan-kapan saya ikut nimbrung gan.
    oke deh
  • KANG RAHMAN
    avatar 5480
    KANG RAHMAN #Jum'at, 16 Ags 2013, 15:04 WIB
    lewat bukit hijau karangtengah Imogiri juga lumayan ndan....
    Karang Tengah Imogiri itu persisnya lewat mana yah?
  • KANG RAHMAN
    avatar 5617
    KANG RAHMAN #Rabu, 30 Okt 2013, 14:08 WIB
    setelah polsek imogiri ambil kanan ikuti petunjuk arah Bukit Hijau BNI, jalannya lumayan agak sepi tapi subhanalloh pemandangan gak kalah dengan jalur ke Dlingo
    waow... bukit hijau BNI yang kebun ulat sutera itu ya, yayaya...
  • ARIP
    avatar 6994
    ARIP #Kamis, 15 Jan 2015, 02:51 WIB
    Bulan depan sy pulang jogja, ada rencana gowes ke arah sini g? Gabung dong klo
    boleh.thanks.
    Sip! Ditunggu kedatangannya di Jogja yah :D
  • ,AYUK
    avatar 7125
    ,AYUK #Rabu, 11 Feb 2015, 17:25 WIB
    ,tlng kasih tau dong arah menuju ke hutan
    pinus,, darh taman siswa trz menuju kn arah
    mana krna ak gatau,,
    Dari Taman Siswa arahnya ke Jl. Imogiri Timur atau Jl. Imogiri Barat. Lurus terus aja sekitar 19 km sampai ketemu cabang jalan arah ke Mangunan.
  • YOGA
    avatar 7245
    YOGA #Kamis, 5 Mar 2015, 12:35 WIB
    Info dong,, ad no telp yg bisa d hubungi d lokasi
    tersebut ??

    bales d sms saja biar cepat.. Thx
    085640000900
    Waduh... di hutan pinus siapa yang bisa dihubungi?
  • F KURNIA
    avatar 7437
    F KURNIA #Selasa, 7 Apr 2015, 15:08 WIB
    mau tanya dong kalo ke hutan pinus lewat pathuk rutenya gimana yaa
    Kalau dari Pathuk ambil cabang jalan di sebelah pos polisi yang ada di puncak tanjakan itu. Ikutin aja jalan aspalnya nanti sampai di perempatan beringin Terong.
  • LENY
    avatar 7569
    LENY #Senin, 4 Mei 2015, 14:15 WIB
    senin, 04 mei 2015 tolong kasih arah ke
    hujan pinus kalau dari prambanan
    Pakai kendaraan pribadi ya? Dari Prambanan lewat Jl. Prambanan - Piyungan yang cabangnya dekat Pasar Prambanan (yg direnovasi) arah ke Piyungan. Kalau sudah mentok ketemu pertigaan Jl. Wonosari belok kiri menanjak Bukit Pathuk. Di puncak tanjakan Bukit Pathuk belok kanan ambil cabang jalan di dekat pos Polisi. Lurus saja ikuti jalan itu, lewat perempatan pohon beringin di wilayah Terong, dan nanti bakal sampai di hutan pinus.
  • SUKIRMAN
    avatar 7570
    SUKIRMAN #Senin, 4 Mei 2015, 14:40 WIB
    sy sebenarnaya dr desa ini juhga memang bagus cuma imeg orang gunung utu susa ,dulu aku waktu masih sma sering main di hutan ini , tp aku bukan orng hutan looooooo.
    Padahal kalau dipikir-pikir suasana hutan dan gunung di Mangunan belum apa-apanya kalau dibandingkan dengan Pagerharjo, Kulon Progo. :D
  • ANIS
    avatar 7925
    ANIS #Rabu, 8 Jul 2015, 11:40 WIB
    dr homestay menuju ke atas jalannya terjal gak?bsa ditempuh berjalan kaki atau tdk kalau membawa baby
    homestay? Jalan kaki bisa kok.
  • EKA TIARA
    avatar 7975
    EKA TIARA #Kamis, 23 Jul 2015, 23:43 WIB
    Kakak orang jogja asli? Boleh minta kontak yg
    mudah dihubungi? Aku punya niat liburan di jogja
    tapi sumpah buta jalan sekali aku ini
    kontak via e-mail saja ya :D
    Memangnya ada rencana mau ke mana?
  • ENDOKASIN20
    avatar 9230
    ENDOKASIN20 #Jum'at, 12 Feb 2016, 23:54 WIB
    Welah aq lagi reti ana wisata koyo ngene nang Imogiri -______-.....suwun infone mas
  • VIRA
    avatar 9233
    VIRA #Minggu, 14 Feb 2016, 07:21 WIB
    Assalamualaykum. Mas wis...di daerah sana ada
    wisata apa aja? Selain kebun buah dan hutan pinus?
    Ada yg baru g?:) oia mas msh punya foto2 yg di
    bukit buah mangunan itu kah pas acara camping eh
    apa y lupa nama acaranya. Njaluk dunk mas foto2
    yg disana yg ada mukaku y hahaha
  • ARIQ
    avatar 9268
    ARIQ #Rabu, 24 Feb 2016, 18:42 WIB
    2 foto terakhir itu Puncak Becici ya kang? waktu itu becici masih belum jadi tempat wisata (mungkin juga belum punya nama) kok ya bisa nemu tempatnya, hebat kang
  • DWI YULIYANTO
    avatar 11056
    DWI YULIYANTO #Kamis, 7 Sep 2017, 23:01 WIB
    Dulu 2012 ke hutan pinus masih sepi,
    suasananya persis sperti di foto atas itu,, tp
    skarang udah jd wisata yg sangat ramai,
    entah knapa malah kangen suasana pinus
    yg dulu
    iya, hutan pinus Mangunan yang sekarang sudah nggak alami lagi, nggak syahdu :(
  • SYIFA
    avatar 11115
    SYIFA #Minggu, 8 Okt 2017, 11:23 WIB
    baca artikel ini baru di tahun 2017 :D

    Bagus...
    Mengenang suasana di saat Mangunan masih sepi. :)