Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 18 Juli 2010, 23:26 WIB

Sebetulnya, sudah sering banget kawan SPSS yang bernama Hertanto ini mengajak kami main ke rumahnya. Iming-imingnya bukan santapan lezat, melainkan ikan peliharaan tetangganya, yang bernama Paimo. Lha, siapa itu Paimo?

 

bertamu ke rumah Hertanto SPSS di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Disuguhi air putih dan keripik, bukan daging si Paimo. Cih! #eh

 

Di hari Sabtu (17/7/2010) akhirnya hati kami luluh juga dengan ajakan Hertanto. Setelah bersepeda ke Warung Ijo Pakem, kami pun menuruni Jl. Kaliurang hingga km 10, dan mengambil belokan ke timur Pasar Gentan. Singkat cerita, kami pun tiba di Kampung Plosokuning, desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Tibalah kami di muka sebuah rumah. Hertanto–selaku penguasa Plosokuning –segera meminta ijin ke pemilik rumah agar kami diperkenankan masuk. Beberapa kawan SPSS lantas menjerit (entah kagum, senang, atau takut) begitu menyaksikan ikan seperti foto di bawah ini.

 

ikan arapaima gigas yang disebut sebagai paimo yang dipelihara warga di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta di tahun 2010
Aku hampir mau megang ini ikan, untungnya ga jadi, soalnya ya...

 

Nama ilmiahnya adalah Arapaima gigas, usianya 5 tahun, asli dari Amazon di belahan benua Amerika Selatan, beratnya 130 kg, dan panjangnya 2,3 meter. Pengunjung bisa menyaksikan Paimo dari bawah atau dari atas akuarium.

 

Khusus di bagian atas akuarium ada peringatan bertuliskan “PENDERITA SAKIT JANTUNG DILARANG NAIK”. Awalnya, kupikir itu cuma kelakar pemilik rumah. Siapa tau ada pengunjung yang kaget karena kagum melihat Paimo. Tapi ternyata, IKAN INI BIKIN ORANG KAGET SETENGAH MATI KALAU LAGI MAKAN!

 

papan peringatan ikan di rumah Paimo, di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta pada tahun 2010
Pembaca termasuk golongan manusia yang mana?

 

Berbagai pikiran liar pun berkecambuk di benak kami, terutama pernahkah ada orang yang digigit Paimo, dan sebesar apa (maaf) telek Paimo ini?

 

suasana kunjungan ke kolam pemeliharaan ikan arapaima gigas di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta di tahun 2010
Masih terheran-heran lihat ikan raksasa kayak begini...

 

Satu hal, menurut Wikipedia, Paimo ini nikmat disantap apalagi kalau dijadikan steak. Jelas saja, soalnya dalam sehari ikan Paimo ini menghabiskan 1 kg hingga 2 kg ikan bawal, nila, lohan, lele, dan tombro. Makanan si Paimo saja sudah enak-enak, apalagi si ikan yang menyantapnya? Pasti lebih enak lagi toh?

 

Di kolam luar, ada 8 anakan Paimo yang belum sebesar yang ada di akuarium. Sepertinya, desa Plosokuning kelak bakal dihuni oleh ikan-ikan air tawar raksasa. Cocoklah, soalnya nama Minomartani sendiri berarti bertani (martani) air (mino). Bertani air artinya ya memelihara ikan lah ya!

 

teman-teman SPSS berfoto bersama di kolam anakan ikan Paimo, di Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta pada tahun 2010
Berfoto bareng di kolam anakan Paimo tanpa adegan ikan yang loncat dari kolam.

 

Pembaca harap maklum, ini pertama kalinya aku lihat ikan air tawar yang lebih besar dari diriku sendiri. Gimana dengan Pembaca? Pernah lihat saudaranya Paimo juga?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 2989
    PEIN #Senin, 19 Jul 2010, 01:14 WIB
    PERTAMAX..........

    "Pengunjung bisa menyaksikan Paimo dari bawah atau atas akuarium"
    >> Dari bawah itu maksudnya nyelem ya ??

    "IKAN INI BIKIN KAGET SETENGAH MATI KALAU LAGI MAKAN!"
    >> Emamng pas makan tuh ikan ngaapin ? Loncat2 ?? WAh, sirkus dunk ^^
    eh maksudnya dari bawah itu ya dari kaca akuarium bingung yah?

    pas makan ikan Paimo ini...RUSUH!
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 2990
    VICKY LAURENTINA #Senin, 19 Jul 2010, 06:32 WIB
    Holy God! Gede banget ikannya! Apakah ikannya makan orang?
    bisa mbak!
  • ZEE
    avatar 2991
    ZEE #Senin, 19 Jul 2010, 08:26 WIB
    Saya minggu lalu baru ke Sea World bawa vaya (liat deh foto2nya di blog vaya), dan dia juga takut melihat ikan yg besarnya melebihi besar maminya hahahaa...

    Nah ikan ini ada Wi..... di SW. Serem bo' lihatnya.... Tapi Wi, kata petugas di SW, belum tentu ikan yg makin besar itu enak dimakan. Contohnya ikan kerapu yg beratnya mencapai 10kg, itu sdh tidak bisa dimakan lg krn tubuhnya sudah memproduksi racun shgg berbahaya kalau dimakan? Jadi klo si amazon itu mati, hati2 jgn lgsg dimakan hehee..

    Btw itu belinya dimana Wi, aku mau dong beli untk tarok di rumah :)
    Ngapain nunggu sampai mati Bu? Langsung saja kita beleh pas Idul Adha besok buat pengganti kambing :D

    Katanya yang punya ikan ini dibeli dari temennya di Amazon.
  • PAKETKU UD DTG?
    avatar 2992
    PAKETKU UD DTG? #Senin, 19 Jul 2010, 11:04 WIB
    gile ikannya horor bgt tampangnya, merah2 gt lg sisiknya. ini tuh semacem mafianya dunia perikanan ya? ikan lain bakal kabur kalo liat dia? (btw knp dikasih makan lohan sih?? lohan kan ikan hias ga dosa apa2???)
    lohan murah kali ya cil?
  • NORJIK
    avatar 2994
    NORJIK #Senin, 19 Jul 2010, 17:19 WIB
    wew ..gede ikan nya ..
    hahaha, lha iya, besarnya 2,3 meter dan beratnya 130 kg
  • KANDANGTIPS
    avatar 2995
    KANDANGTIPS #Senin, 19 Jul 2010, 19:58 WIB
    enak buanget tuh lau disyaTTTE!
    siap mbelehnya bos? :D
  • UHA
    avatar 2996
    UHA #Selasa, 20 Jul 2010, 05:23 WIB
    Wah2,, kalau fotonya sperti itu masih lom bisa bayangin ikannya segede apa...
    lha kalau dijejerkan dengan orang, mesti nyemplung ke dalam kolam dulu no...
  • DR GAPONG
    avatar 2998
    DR GAPONG #Selasa, 20 Jul 2010, 07:22 WIB
    lokasi tepatnya dimana dik, mohon denah trimakasih
    denah bisa dilihat disini Kang, http://imgur.com/A2xAY.jpg
  • WINA
    avatar 3015
    WINA #Sabtu, 24 Jul 2010, 11:23 WIB
    Wah kalo orang asing boleh liat gak? maksudnya aku kan gak kenal sama yg punya ikan itu tu, padahal rumahku deket dari situ...
    bole aja, wong dibuka untuk umum kok
  • CUK
    avatar 3027
    CUK #Senin, 26 Jul 2010, 09:23 WIB
    mas wijna ... selain ada patung lele di pertigaan ploso kuning (he he
    he) ... di deket sini ada lokasi "ancient" juga ... masjid pathok
    negoro, plosokuning ...

    aku sering lewat, tapi kok ya belum mendokumentasikannya ...
    oh ya kalau mau lihat paimo, bayar berapa? kapan2 mau ajak anak saya
    ah ...
    bayarnya sukarela Kang
  • RASARAB
    avatar 3037
    RASARAB #Selasa, 27 Jul 2010, 03:01 WIB
    iya ikan ini emang bikin kaget kalau makan
    di gembira loka juga ada lokasi di zona akuarium lokasi di luar gedung.
    dulu kalau ane masil kecil tak kasih makan batu di makan :P
    besok-besok coba kasih endog, dimakan ga ya? ;p
  • SANDALIAN
    avatar 3330
    SANDALIAN #Sabtu, 2 Okt 2010, 16:54 WIB
    Gede banget, begitu ada orang nyemplung langsung hlep..
    nah itu dia, belum ada yg pernah nyoba apa Paimo doyan makan orang :D
  • ENDRA
    avatar 3573
    ENDRA #Selasa, 11 Jan 2011, 09:03 WIB
    dah punya anak belum mas?
    ikannya belum beranak jew :p
  • YACOB.IVAN
    avatar 4148
    YACOB.IVAN #Sabtu, 13 Ags 2011, 08:03 WIB
    Mirip ikan Pirarucu (dari Amazonia) yg ada di game Fisherman's Bait 3
    Pirarucu dan Arapaima itu nama yang sama untuk satu ikan yang sama.
  • SHEM
    avatar 4562
    SHEM #Senin, 30 Apr 2012, 11:28 WIB
    harganya sekitar berapa ya ikan itu???
    mahal, semakin besar semakin mahal, hahaha
  • MURAHGROSIR
    avatar 4606
    MURAHGROSIR #Sabtu, 19 Mei 2012, 19:49 WIB
    manteb ini ikannya, buat yg mau piara bisa beli, jakarta, bandung lumayan byk yg jual walopun ga sebanyak penjual arwana. Saya sendiri barusan beli yg 55cm, taroh di kolam. Waktu makan memang bisa bikin org jantungan hehe...
    Semoga sudah siap kolam besar klo ikannya jadi tambah besar ya, hahaha
  • NA2
    avatar 4791
    NA2 #Selasa, 11 Sep 2012, 15:23 WIB
    kalo makan ja bisa bikin jantungan gmn kalo bersin yaaa????
    ikan bisa bersin?
  • FRIANTI
    avatar 4834
    FRIANTI #Selasa, 9 Okt 2012, 05:46 WIB
    Halo Mas, mau tanya ada kontak yg punya ikan arapaima ini tidak? saya dari tv nasional mau liput tentang ikan ini. terimakasih. bisa hubungi saya di 087822272670
    coba hubungi alamat e-mail [email protected] mbak
  • MARIA
    avatar 4955
    MARIA #Selasa, 25 Des 2012, 10:00 WIB
    Kalo di thn 2010 berat 130kg, sekarang udah berapa ya...dan panjangnya... ckckckck.... jd pengen liat...
    ayo mbak, lihat dan saksikan kejutannya ... pas dia makan
  • APRYSUJARWANTO
    avatar 5616
    APRYSUJARWANTO #Rabu, 30 Okt 2013, 07:51 WIB
    Wow.......
    wow...
  • ALWAN
    avatar 5659
    ALWAN #Selasa, 3 Des 2013, 18:48 WIB
    mas hertanto, harus nya mampir juga e masjid cagar budaya "masjid pathok negoro plosokuning" satu2nya masjid pathok negoro yang masih berbentuk asli,,, penasaran??? moga2 iya... :-),,, satu info lagi,, 2 ikan paimo tersebut sekarang sdh meninggalkan dunia fana ini (2013),,, tenang aja sekarang diteruskan adik2nya paimo,,,sudah gede2 juga kok,,
    Lha mas Hertanto kui omah e mburi ne Masjid Plosokuning og
  • FENDI
    avatar 5682
    FENDI #Sabtu, 14 Des 2013, 15:50 WIB
    Para nelayan dari Pulau Rumao menikmati hasil tangkapan ikan Arapaima dari Sungai Solimoes, salah satu anak sungai utama dari Sungai Amazon di dekat kawasan cagar alam Mamiraua, Fonte Boa, Brasil. Tapi kalau di Indonesia buat pajangan di Aquarium, seperti yg diatas, karna diman-eman wong tukune larang. Hehe
    Tur pakane yo larang, hahaha
  • WONG PILANG
    avatar 5683
    WONG PILANG #Sabtu, 14 Des 2013, 19:45 WIB
    Mantappppp
    Josss
  • FUAD
    avatar 5735
    FUAD #Kamis, 9 Jan 2014, 21:20 WIB
    APA BETUL IKAN ini sudah dihibahkan ke taman pintar?
    wah itu saya kurang faham
  • YUNAS
    avatar 5954
    YUNAS #Selasa, 8 Apr 2014, 13:04 WIB
    Kira" beli ikan yg masih anakan bisa ga ya? tolong dnk tanyain gan ke pemiliky..
    Klo bsa, sms ke nmr ini ya 085727231489

    Suwun mas bro
    _
  • DHAY
    avatar 6511
    DHAY #Selasa, 30 Sep 2014, 00:45 WIB
    ane punya ikan aligator ukuran 1,2 meter 1,5 meter,,,rncana mau ane keluarin,,barangkali ada yg minat,,harga 300rb aja/ekor..trims
    ayoo apa ada Pembaca yang minat?
  • GANDI
    avatar 6575
    GANDI #Senin, 20 Okt 2014, 17:43 WIB
    Saya peminat ikan Arapaima mau cari/beli. Adakah ?! Tmksh. Salam
    Apa ada Pembaca yang berniat beli ikan Arapaima? :D
  • ALFINA NUR CAHYANI
    avatar 7323
    ALFINA NUR CAHYANI #Rabu, 18 Mar 2015, 18:44 WIB
    adk ku ngajakin ke Paimo katanya tu ikan top tp aku ngremehin kalo ikannya itu apa bagusnya. Ternyata Gila bgt baru kemarin itu saya buktiin sendiri datang ke tempat Paimo. Ternyata ikannya memang gede bgt. Hampir aja ga jadi aku pegang kalo aku pegang mati kayakna aku. Dateng deh asik kok :)
    Lihat pas si ikan Paimo lagi makan nggak? Rusuh kan? hahaha :D
  • VICTOR
    avatar 7713
    VICTOR #Rabu, 3 Jun 2015, 10:22 WIB
    saya juga kagum, tidak pernah menyangka bahwa jenis ikan ini ada yg memeliharanya sebanyak itu. Selamat buat pemiliknya.
    Pemiliknya termasuk orang niat, hahaha :D
  • ANGGA
    avatar 8921
    ANGGA #Sabtu, 19 Des 2015, 16:53 WIB
    Mas ikan yg masih kecil masih ada gak......?
    Kalau masih ada satunya brp????
    Waduh kurang tahu aku. Coba datangi lokasinya saja ya.
  • JOKO
    avatar 9008
    JOKO #Minggu, 3 Jan 2016, 06:42 WIB
    Nek arep di masak,,gek sopo sik gelem mbeleh iwak,e
    Njuk mbeleh nggo opo? gergaji? :D
  • JULIA
    avatar 9096
    JULIA #Sabtu, 16 Jan 2016, 17:14 WIB
    Aq besok mau liat ikan paimo..
    Tunggu yaa
    Siip! :D
  • MUMET
    avatar 9101
    MUMET #Minggu, 17 Jan 2016, 07:10 WIB
    Penah liat neng yutub..gede2 rek..ngangkate ae wong 4 kabotan...
    Pengan mangan rasane enak po ra ....ndaging sajake...
    Mbeleh e piye yo?
  • RIKIN
    avatar 9109
    RIKIN #Selasa, 19 Jan 2016, 07:15 WIB
    Apa Sekarang masih ada bro ?? ane penasaran kaga ketulungan ampe sekarang _
    masih ada lah ya
  • ANONIM
    avatar 10766
    ANONIM #Jum'at, 14 Apr 2017, 19:48 WIB
    Paimonya masih Ada pak?
    masih banyak