Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 4 Juli 2010, 09:16 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Jalan Raya Daendels di hari Rabu siang (16/6/2010) itu diwarnai oleh aksi kami ngebut pakai sepeda. Bukan hanya karena suasananya yang sepi, melainkan juga karena jalannya yang panjang dan nyaris tanpa kelokan.

 

Di tengah laju sepeda yang kencang menantang angin, kami sempatkan diri untuk menoleh kanan-kiri. Ada banyak kuburan yang berhiaskan nisan-nisan tua. Cukup aneh dan pastinya membuat merinding di malam hari.

 

Di kilometer 4,4 mataku terpaku ke suatu benda di pinggir jalan raya. Bukan pada nisan tua, melainkan pada papan petunjuk situs purbakala.

 

Stupa di dekat Pantai Glagah di desa Sindurejo, Temon, Kulon Progo
Stupa Glagah yang lebih besar dan lebih putih dari Indomie Goreng.

 

Aku dan beberapa sahabat SPSS yang tertinggal di barisan belakang mampir sejenak di situs purbakala Stupa Glagah. Ada sebuah stupa dan hanya stupa dengan alas menyerupai yoni. Sebagai pembanding ukuran, aku potret stupa itu berdampingan dengan Indomie Goreng.

 

Kami tak bisa berlama-lama, sebab perjalanan ke Pantai Congot masih jauh. Belum lagi, rombongan di barisan depan itu nggak pernah sekalipun menoleh ke belakang dan berhenti menunggu kami.

 

Beh! Kurang ajar!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 2935
    PEIN #Minggu, 4 Jul 2010, 15:53 WIB
    Hm,
    Baru tahu,
    Pertamaxkah ini ??

    Ga ada keterangannya ya..................?
    Foto lainnya ?
    Foto cuma ini aja :)
  • EM
    avatar 2937
    EM #Minggu, 4 Jul 2010, 23:59 WIB
    kok ga nyampung dengan kotak bawahe yo...
    ga nyambung piye jal?
  • ZEE
    avatar 2938
    ZEE #Senin, 5 Jul 2010, 07:29 WIB
    Nah, klo udah ada cerita2 merinding, bentar lagi perlu dikunjungi pas malam hari lho.. biar lebih terasa suasananya...
    Saya ndak mau kesana malem hari, wong siang aja anginnya udah kenceng, malem bisa2 masuk angin saya Bu...
  • ANNO
    avatar 2942
    ANNO #Senin, 5 Jul 2010, 22:57 WIB
    saya malah baru tau bro..
    stupa apaan tuh? kok gak ada petunjuknya
    Yo mung stupa thok, ra enek petunjuk opo-opone...
  • MONDA
    avatar 2943
    MONDA #Selasa, 6 Jul 2010, 19:20 WIB
    cuma satu itu tok ya? tanpa info apapun?
    sepertinya memang hanya sebuah situs purbakala, yang tanpa ada keterangan apapun
  • CERITAEKA
    avatar 2949
    CERITAEKA #Jum'at, 9 Jul 2010, 11:43 WIB
    Boow masa perbandingan lu untuk stupa itu indomie goreng?
    beda jaoooh kaleee :D
    saya hanya membandingkan yang hitam kotor dan yang hitam bersih...
  • NIKO
    avatar 2954
    NIKO #Minggu, 11 Jul 2010, 14:26 WIB
    mana keterangan situsnya, petunjuk menuju kesana juga ga ada?
    petunjuknya silakan arahkan kendaraan ke Pantai Congot lewat Jl. Daendels.
  • NAHDHI
    avatar 2958
    NAHDHI #Senin, 12 Jul 2010, 07:03 WIB
    Stupa kok ndak bentuk manusia kayak candi borobudur ya?
    mungkin ini stupa peralihan Kang
  • OMIYAN
    avatar 2960
    OMIYAN #Senin, 12 Jul 2010, 13:22 WIB
    hahahahahha fotona lutju plus komentnya hehehe
    :D
  • CUK RIOMANDHA
    avatar 2975
    CUK RIOMANDHA #Kamis, 15 Jul 2010, 09:52 WIB
    mau nanya, di papan petunjuknya tertulis apa mas?
    lokasi di antara jalan daendels dan pantai congot ya?
    Situs Glagah thok
  • IYEM
    avatar 4026
    IYEM #Sabtu, 16 Jul 2011, 16:39 WIB
    disebelah mana ni mas?
    di Jl Daendels, pas menuju ke Pantai Congot ada papan petunjuknya di selatan jalan.