Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 17 April 2010, 23:21 WIB

Di Museum Purbakala Pleret, Indomie Goreng terkesima dengan suatu foto tua. Bertanya ke bapak penjaga museum, ternyata itu adalah foto yang diambil di Gunung Kelir, yakni pemakaman tua yang terletak di atas bukit, tak jauh dari lokasi Museum Purbakala Pleret.

 

Didorong rasa penasaran, kami pun mengayuh sepeda ke sana. Tak sampai 15 menit (disertai salah jalan pula), kami pun sampai di kaki bukit Gunung Kelir. Di sana kami dihampiri oleh Pak Slamet, selaku juru kunci Gunung Kelir. Bersama beliau, sahabat SPSS pun menjelajah pemakaman tua yang merangkap situs purbakala tersebut.

 

Sepeda-sepeda kami parkir di kaki bukit. Kemudian, kami berjalan kaki mendaki bukit yang rimbun dengan pepohonan lebat. Sesampainya di atas bukit, beberapa sahabat SPSS terkesima dengan pesona Gunung Kelir. Tak jarang, beberapa di antara mereka meminta diriku menggelar sesi pemotretan.

 

Ada-ada saja, sesi pemotretan di tengah makam...

 

Makam Gunung Kelir Pleret Kyai Panjang Mas Ratu Mas Malang Amangkurat I
Eksotis juga buat lokasi pemotretan. Yah...kurang ada yg nggelantung di atas pohon aja sih.

 

Berhubung ini pemakaman tua, kami pun iseng bertanya ke Pak Slamet perkara kemistisan tempat ini.

 

Wah, baru kemarin malam ada 3 orang semedi di sini. Tapi mereka nggak kuat, lari kabur, karena muncul 11 pocong.

 

Ups...

 

Namun, di balik penampakan 11 pocong itu, Gunung Kelir menyimpan romantisme kisah cinta di masa lampau. Di Gunung Kelir ini dimakamkan Ki Panjang Mas, seorang dalang favorit raja Amangkurat I. Ada desas-desus, kalau Ki Panjang Mas ini dibunuh oleh utusan Amangkurat I saat sedang mendalang. Sebab, Amangkurat I ingin memperistri Ratu Mas Malang yang tak lain adalah istri Ki Panjang Mas.

 

Makam Gunung Kelir Pleret Kyai Panjang Mas Ratu Mas Malang Amangkurat I Ziarah
Makam Ki Panjang Mas diapit oleh dua pohon beringin besar.

 

Namun Ratu Mas Malang tak menerima cinta Amangkurat I. Ia sangat mencintai Ki Panjang Mas, hingga pada akhirnya meninggal dunia. Rumornya, Ratu Mas Malang sengaja meracuni dirinya sendiri.

 

Amangkurat I menginginkan Ratu Mas Malang dimakamkan di tempat yang ia kehendaki. Namun setiap kali digali tanah untuk makam, selalu muncul sumber mata air. Menurut cerita, itu tanda bahwa Ratu Mas Malang tak mau berpisah dari suaminya, Ki Panjang Mas. Pada akhirnya, Ratu Mas Malang dimakamkan dekat makam suaminya.

 

Makam Gunung Kelir Pleret Kyai Panjang Mas Ratu Mas Malang Amangkurat I Telaga Sendang Air
Salah satu sumber mata air itu. Bagian terdalam sekitar 2 meter dan kerap jadi lokasi favorit semedi.

 

Selain makam Ki Panjang Mas dan Ratu Mas Malang, di Gunung Kelir juga terdapat sejumlah makam lain. Ada cerita kalau makam-makam tersebut merupakan makam para pesinden dan penabuh gamelan yang konon ikut terbunuh saat pembunuhan Ki Panjang Mas.

 

Di salah satu sudut Gunung Kelir terdapat sebuah batu persegi yang lumayan besar. Menurut Pak Slamet, batu itu adalah wadah koleksi wayang milik Ki Panjang Mas. Posisinya terbalik, dan hingga saat ini belum ada orang yang mampu menyibak isinya. Konon, koleksi wayang Ki Panjang Mas itu masih tersimpan utuh. Itu pula yang melatar-belakangi banyak orang untuk bersemedi disini untuk menjadi DJ alias Dalang Jawa.

 

Makam Gunung Kelir Pleret Kyai Panjang Mas Ratu Mas Malang Amangkurat I Kotak Wayang Dalang Batu
Ya jelas ndak bisa diangkat batunya, wong ada yang duduk diatasnya kok.

 

Oh ya, bicara soal pemakaman tua, aku jadi ingat kasus bentrokan warga dan Satpol PP di makam Mbah Priuk. Kalau pemakaman di Gunung Kelir ini mungkin tak ada yang berani menggusur. Lha wong kekeramatannya sudah teruji kok. Pingin diserbu kesebelasan pocong po? Hehehe.

 

Tapi sejatinya, aku pikir buat apa sih nggusur makam? Kalau nggusur makam untuk makam lagi sih masih bisa diterima. Tapi kalau nggusur makam untuk bikin usaha, duh, apa ya ndak ada lahan lain sih? Yang sudah meninggal ingin istirahat tenang, kok ya diganggu?

 

Aku jadi teringat pesan kalau yang bikin kisruh dunia itu ada tiga hal, yakni HARTA, CINTA, dan TAHTA. Dari kisah romantisme Gunung Kelir ini dan tragedi makam Mbah Priuk, aku kira kita semua bisa menarik pelajaran. Bagaimana pada akhirnya, nyawalah yang menjadi taruhannya.

 

Makam Gunung Kelir Pleret Kyai Panjang Mas Ratu Mas Malang Amangkurat I
Jadi berani kemari di malam Selasa atau Jum'at Kliwon kan?

 

Yah, semoga kita semua dapat berlaku arif, baik kepada yang masih hidup dan juga mereka yang sudah tiada.

 

Pembaca jangan jadi takut ke Gunung Kelir yah! Ayo kita majukan pariwisata sejarah di kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 2547
    VICKY LAURENTINA #Minggu, 18 Apr 2010, 08:36 WIB
    Saya sih nggak takut ke Gunung Kelir. Saya cuma nggak mau jadi istri dalang. Takutnya nanti suami saya jadi korban gara-gara ada raja kepingin memperistri saya..

    :-D
    kurang satu kriteria lagi, istri dalangnya mesti cantik lho mba Dokter. Hehehe. :D
  • SUWUNG
    avatar 2550
    SUWUNG #Senin, 19 Apr 2010, 17:30 WIB
    emang Amangkurat memalukan sjarahnya ya bos
    ya gitulah mbah, gara-gara ndak menerapkan Ilmu Soewoeng ya sepertinya jadi kayak gitu...
  • KOPLAK
    avatar 2551
    KOPLAK #Senin, 19 Apr 2010, 17:31 WIB
    jadi pengen kesana
    malam hari ato siang hari? :D
  • PEIN
    avatar 2552
    PEIN #Senin, 19 Apr 2010, 21:03 WIB
    Wow.........
    Indah banget, cocok buat foto2...... :D
    padahal tempat mangkalnya pocong...weleh...
  • PEIN
    avatar 2553
    PEIN #Senin, 19 Apr 2010, 21:13 WIB
    Hm,
    Ga masalah mungkin bisa minta wangsit cara terbang di langit. Kata orang tua pocong tuh pinter terbang kaya Superman............LOL :D
    modhar! karena pocongnya ada 11, jadi mungkin ntar makin cepet belajar terbangnya :D
  • YACOB-IVAN
    avatar 2555
    YACOB-IVAN #Senin, 19 Apr 2010, 22:51 WIB
    Suasananya mistis... kapan2 pengen ke sana yuks...
    ayuk2...jadi ketagihan :D
  • FROZZY
    avatar 2556
    FROZZY #Selasa, 20 Apr 2010, 00:19 WIB
    Heuh?hari gni msh ada yg demen mistis?
    mumpung masih muda (dan lajang) marilah kita uji nyali :D
  • MAS STEIN
    avatar 2559
    MAS STEIN #Selasa, 20 Apr 2010, 11:57 WIB
    sekilas liat dari potonya memang wingit mas, ndak heran kalo ada 11 pocong yang muncul. kayaknya memang itu tempat nongkrong favorit :D
    Apa bukan lapangan futsal khusus pocong ya Mas? wekekeke...
  • ZEE
    avatar 2561
    ZEE #Selasa, 20 Apr 2010, 14:40 WIB
    Hahahaa... aduh masa harus ada yg menggantung di pohon.. .sereemmm...
    Tp saya setuju itu lokasi yang oke banged untuk foto!
    maksud saya itu buah-buahan ranum siap petik Bu. Kan modelnya dah ranum tuh, hehehe...
  • EKA
    avatar 2563
    EKA #Rabu, 21 Apr 2010, 10:31 WIB
    Wah,nda kliatan klo pke hpe..
    pocongnya?
  • ANNOSMILE
    avatar 2565
    ANNOSMILE #Rabu, 21 Apr 2010, 11:06 WIB
    sebelum masuk lokasi ada pantangannya nggak bro..
    wew..horor gitu kesannya..tapi kondisinya bagus untuk latihan fotografi yo..
    foto yg pertma itu keren..backgoundnya pohon kamboja ya kalau gak salah
    Oh iya, kata Pak Slamet jangan meludah sembarangan dan jangan duduk di makam. Pohon Kamboja ya? hmmm...ndak tau juga sih soalnya pohonnya dah kering kerontang gitu.
  • VIZON
    avatar 2572
    VIZON #Rabu, 21 Apr 2010, 15:00 WIB
    wuih... eksotis dan rada angker ya tempatnya? kapan-kapan kita "semedi" di sana ya Wij?
    hahahaa...boleh Uda, mau siang atau malam? :D
  • INDOMIELEZAT
    avatar 2574
    INDOMIELEZAT #Rabu, 21 Apr 2010, 16:58 WIB
    sepertinya ki dalang belum naik pangkat jadi kyai deh mas mawi...
    kyai panjang mas = ki panjang mas

    anyway, makam ini memang memang menyimpan banyak misteri cinta *halah*
    weleh! udah saya koreksi mba Indomie
    jadi, mungkin besok makam Indomie Goreng apa menyimpan kisah misteri cinta juga? :D
  • ASOP
    avatar 2578
    ASOP #Kamis, 22 Apr 2010, 07:58 WIB
    Wah, fotonya bagus2. :)
    Justru misteri dan mistisnya itulah yang menjadi daya tarik. ;)
    jadi sampeyan siap ketemu kesebelasan pocong? :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2585
    ANNOSMILE #Kamis, 22 Apr 2010, 22:01 WIB
    themesmu kok kacau bro..lagi diedit ya
    antara artikel ini dengan artikel diatasnya kok tertimpa (bahasa kerennya tubrukan)
    kalau yang di halaman awal emang kayak gitu, itu resikonya kalau judul artikelnya kepanjangan :p
  • PEIN
    avatar 2593
    PEIN #Sabtu, 24 Apr 2010, 18:56 WIB
    Hm,
    Mas, apakah pocong merupakan salah satu makhluk cryptoozooly ? Perlu didokumenatasikan tuh.......... :P
    Nah itu pertanyaannya! Perlu dibuktikan dan pembuktiannya...wedew...perlu keberanian :D
  • ZELY
    avatar 2617
    ZELY #Rabu, 28 Apr 2010, 19:52 WIB
    trimakasih telah turut menjaga gunung kami aku sebagai warga nungkeler
    bangga masih ada orang kuar yang mau memperhatikan gunung kamiiiii
    Nantikan kami di malam Jum'at kliwon ya mba :D
  • CUK RIOMANDHA
    avatar 2626
    CUK RIOMANDHA #Jum'at, 30 Apr 2010, 08:04 WIB
    Salah satu tempat dahsyat yang pernah kudatangi ... !!
    hohohoho
  • NOE²
    avatar 2632
    NOE² #Jum'at, 30 Apr 2010, 19:19 WIB
    weleh ... ke 11an pocong ..., memang tem4 bersejarah rata2 daya mistisnya kuat. ..
    mungkin masih ada pemain cadangannya :D
  • EM
    avatar 2637
    EM #Sabtu, 1 Mei 2010, 20:45 WIB
    Saya udah tahu gunung kelir plered :D
    Pernah ketemu sama kesebelasan pocongnya eM? :D
  • SANDALIAN
    avatar 2688
    SANDALIAN #Kamis, 13 Mei 2010, 01:34 WIB
    tempatnya keren, kayaknya harus dikunjungi :D
    apalagi kalau malam hari...hmmmm...
  • RIKO
    avatar 3007
    RIKO #Kamis, 22 Jul 2010, 11:42 WIB
    wah, tu pocong pemain bola kali, pas mau tanding ma spanyol, weleh dah modar dluan tu keseblasan..
    ihihihih
    jangan2 spanyol juga punya kesebelasan hantu :D
  • MONZA
    avatar 3321
    MONZA #Selasa, 28 Sep 2010, 22:17 WIB
    mantab kawan, kemaren tgl 24 sep 10 aku baru nyekar disana oi, kini aku juga gi sibuk cari bahan what bikin karya ilmiah tentang beliau, demi mencari literatur beliau aku sampai ke tanah surakarta
    pas nyekar apa juga liyat 10 pocong? :D
  • ZELY
    avatar 3408
    ZELY #Sabtu, 23 Okt 2010, 01:06 WIB
    kapan mau kedesaq gunung kelir lagi bosss
    wah kapan ya? belum tahu je >.<
  • DUDUN OYE
    avatar 3559
    DUDUN OYE #Kamis, 6 Jan 2011, 20:35 WIB
    wush,,,
    kentut? :p
  • ADI
    avatar 4079
    ADI #Kamis, 4 Ags 2011, 12:35 WIB
    Tempatnya keren juga mas (walaupun wingit). Boleh minta rute ke tempat ini nggak ?
    Rute paling mudah dari Kotagede ke arah selatan menyebrang Ringroad menuju Kantor Kecamatan Pleret. Dari sana nanti tanya warga, soalnya jalannya jalan kampung pinggir sawah.
  • MAS JHON
    avatar 4093
    MAS JHON #Selasa, 9 Ags 2011, 16:39 WIB
    Wah...........jadi piye to ini ceritanya...??? tiwas semangat mbacanya malah cuma ketemu
    kesebelasan pocong dan asmara Dhalang yang malang.....
    jempol 4 buat situs anda Pakdhe............gak ada jemunya mbaca disini.......
    hihihi, ya memang begitu Kang Jhon :D
    Saya dan teman-teman pernah balik ke sana di malam hari, Jum'at Kliwon pula, tapi tetap tak bertemu kesebelasan pocong. :D

    Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Mohon maaf kalau banyak kekurangannya. :)
  • RITA
    avatar 4180
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:33 WIB
    tempatnya menarik,
    tapi takut, serem sebelas pocong...hehe
    sebenernya itu tim kesebelasan pocong yang sedang bersiap latihan sepak bola mbak... :p
  • ARUM
    avatar 4469
    ARUM #Sabtu, 11 Feb 2012, 19:58 WIB
    auranya mistis banget. cucok banget buat lokasi uji nyali MasiH Dunia Lain.
    setuju banget! Apalagi kalau malam Jum'at Kliwon
  • ANNOSMILE
    avatar 4874
    ANNOSMILE #Minggu, 4 Nov 2012, 11:13 WIB
    rencana mau kesini batal
    ngeri tempate ga ada yang berani :))
    ah siang2 kok ga berani? :p
  • HARI
    avatar 5215
    HARI #Sabtu, 13 Apr 2013, 21:59 WIB
    Maaf mas nglurusin aja : Gn tempat pemakamamn Dalang mas Dan Ratu Malanga adalah : Gn Sentana ,desanya namanya Gn Kelir ,Kecamatan Pleret ,Bantul ,DI Yogyakarta .
    hooo, jadi nama bukitnya itu Gunung Sentana. Yo, nuwun ya koreksine :)
  • RAMADHAN
    avatar 5294
    RAMADHAN #Senin, 20 Mei 2013, 11:53 WIB
    Alamat pastinya di daerah mana lokasine?? Saya di bantul., interest. Kayaknya seru tuh
    Dari pasar Pleret ke arah timur Kang. Tanya warga arah ke Gunung Kelir, pasti tahu.
  • FAUJI AJI PRAMONO
    avatar 5412
    FAUJI AJI PRAMONO #Kamis, 11 Jul 2013, 10:49 WIB
    tempatnya enak buat nyepi
    lebih tepatnya mencari wangsit...
  • MBAH KARTO
    avatar 5592
    MBAH KARTO #Kamis, 17 Okt 2013, 16:33 WIB
    keserakahan amangkurat I selir dah berjibun masih melirik yg lain pantesan kehebatan dan
    kewibawaan Mataram di cabut oleh Yang Maha Kuasa, tidak spt bapaknya Sultan Agung
    berwibawa, VOC aja keder
    Amangkurat I itu sepertinya anak ningrat yang haus tahta, harta, dan wanita...
  • KARTO MENGGOK
    avatar 5671
    KARTO MENGGOK #Selasa, 10 Des 2013, 22:01 WIB
    saya sekolah di sman pleret, tp gak tahu kalau gunung kelir menyimpan misteri, saya tahu
    dari blok ini, mksh buat admin kpn2 kl pulang kmpung ingin k gn kelir mau mlht lht, kbtln
    ane senang sejarah yg kbtulan sejarah daerahku, thank
    Di Pleret masih banyak peninggalan sejarah lain lho yang belum terungkap.
  • HARY
    avatar 5786
    HARY #Minggu, 9 Feb 2014, 21:42 WIB
    ternyata di sekitar Banyak situs sejarah yg kita tidak tau...............................Pdhal Bangsa Yg Besar : Yg Mau Menghargai sejarah............
    Yang ini kayaknya orang nggak mau tahu karena ya... kesannya angker, kan isinya kuburan semua...
  • JONO
    avatar 6111
    JONO #Selasa, 27 Mei 2014, 07:56 WIB
    diutara gunung kelir ada gunung sejarah juga lho
    gunung sejarah apa e namanya?
  • ABI ADHI
    avatar 6180
    ABI ADHI #Minggu, 15 Jun 2014, 16:58 WIB
    wow,,, asli keren dan pengen kesana
    hati-hati ketemu kesebelasan pocong, hehehe
  • ANGKI
    avatar 6278
    ANGKI #Kamis, 24 Jul 2014, 12:28 WIB
    hiii serem juga ya mas...boleh nih di sambangi keren mas Wijna
    datengnya pas tengah malam Ngki, jos tenan
  • TEDY
    avatar 6674
    TEDY #Senin, 10 Nov 2014, 09:51 WIB
    Bagus ceritanya gan....
    Udah pernah ke sana blum Gan?
  • BIMA SAKTI
    avatar 7334
    BIMA SAKTI #Sabtu, 21 Mar 2015, 07:48 WIB
    bener gak poncong nya muncul
    Dicoba aja Kang pas malem2
  • SAID CHRISTIANTO
    avatar 7342
    SAID CHRISTIANTO #Senin, 23 Mar 2015, 09:38 WIB
    jadi ingat masa kecil ..ku suka mancing di sendang itu..ada ikan mujair nila sama anak ikan gabusnya..pernah ketiduran di samping sendang bangun2 dah larut malem..langsung ngaciirr ! he he...tapi sekarang tiap pulang kampung gunung kelir klo dah larut malem ku paling suka ziarah ke makam ortu setelah itu naik ke bukit ziarah ke makam kyai panjang mas serta kanjeng ratu malang...suasananya nikmat banget ! alkmdlh ga ada gangguan yg aneh2...
    Mungkin karena njenengan niatnya baik jadinya dibaik-baikin sama yang nunggu di sana ya Kang :D
  • NISFURATRI
    avatar 7660
    NISFURATRI #Sabtu, 23 Mei 2015, 11:47 WIB
    Rumah sy deket situ, nek pas sepedaan sering
    jg lewat situ jane pengen bgt silaturahmi.
    kesana , tp tp tp kebanyakan tapinya jadi
    pending terus 😄
    hahaha, takut mesti? Rame-rame aja ke sananya :D
  • MAS BANDI
    avatar 8087
    MAS BANDI #Selasa, 11 Ags 2015, 15:52 WIB
    Teringat masa kecil ku , rumpian paling seru
    ya yg mistis mestek gitu asik kan
    Hahaha, jelas Kang apalagi kalau uji nyali malem2 :D
  • OKTORA
    avatar 9115
    OKTORA #Rabu, 20 Jan 2016, 13:40 WIB
    Dulu waktu masih SD (sekitar 2002/2003) pernah
    sepedaan sampai situ :D
    Selain dolan sebagaimana anak-anak, juga cari
    tempat buat latihan ngerokok :p (biar ndak kepergok
    siapa-siapa)
    Pas nyampai, sepeda kutinggal bawah.
    Nah pas naik jalan kaki ngelewatin makam ini.
    Saya cuma mbatin, "uedaan, kok ono makam tua!?
    Kiro-kiro ket jaman kapan iki? Sing disareake
    sinten?"
    Cuma lewat sambil nengok aja sih, maklum anak-
    anak ndak ngerti apa-apa :D
    Pas udah gede, baru tau, konon anaknya Ki Panjang
    MasRatu Malang namanya Raden Notobroto yang
    menjadi cikal bakal nama Dusun dimana saya
    tinggal, Tobratan, yang kira-kira jaraknya 3km
    sebelah barat lokasi makam ini.
    Hehe..
    Just share :)
    hehehe, suwun infone mas Bro :D
  • SULISTIYANTO
    avatar 9237
    SULISTIYANTO #Senin, 15 Feb 2016, 17:35 WIB
    Semoga makam ini tetap di jaga agar tetap
    terjaga untuk situs prasejarah, saya kemarin
    habis kesitu, dan air d sana sejuk dan segar
  • TRAVELLOKE
    avatar 9533
    TRAVELLOKE #Sabtu, 9 Apr 2016, 16:08 WIB
    Tulisan yang menarik, Indonesia memiliki kekayaan wisata yg beragam.
  • RICO NANDRO
    avatar 9931
    RICO NANDRO #Sabtu, 23 Jul 2016, 05:48 WIB
    minta alamat lengkapnya boleh ?
  • JAKA TINGKIR
    avatar 9943
    JAKA TINGKIR #Kamis, 28 Jul 2016, 14:27 WIB
    menurut buku runtuhnya istana mataram raja amngkurat termasuk pemberani karena dia berani menemani sang pujaan hatinya walaupun sudah mati minta liang lahatnya tetep di buka sampai jenzahnya rusak hingga pada suatu malam raja amngkurat mimpi bahwa ratu malang rohnya bisa bersatu di alam barzah bersama suaminya. raja murka dan liang lahat di suruh menutupnya
    kuwi bukumu entuk seko ndi Mas Bro?
  • JAKA TINGKIR
    avatar 9944
    JAKA TINGKIR #Kamis, 28 Jul 2016, 14:31 WIB
    mas bro kalu bisa njenengan eksplor perjalanan panjang syekh among rogo dalam buku centini di kisahkan mereka adalah anak keturunan asli sunan giri yang menjadi target mati pasukan sultan agung.dalam pelarianya kok banyak menceritakan lokasi lokasi yang bagus untu di unggah ke medsos...salam para pecinta sejarah
    wokey Mas Bro, suwun infone, tak moco-moco sejarah sik neknu
  • HARMAWAN RT.9
    avatar 10021
    HARMAWAN RT.9 #Minggu, 21 Ags 2016, 10:25 WIB
    Numpang ttp pesan ya
    Admn...Asslkm...TrmsBuat sobat2 yg sdh
    berkunjung n mempromosikan Situs sejarah di
    kampung kami...Kami hnya mau
    pesan...mohon bg sobat2 yg hendak
    berkunjung 1.mohon lepas alas kaki sblm
    masuk makam itu.. 2.Bagi cewek yg lg
    (plg merah)mhn maaf lain kali aja y masuk area
    makam..3.Jaga kebersihan.....Suwun Admin....
    podo-podo Mas, semoga situs Gunung Kelir tetap terawat nggih, suwun
  • CAH ANGON
    avatar 10410
    CAH ANGON #Minggu, 27 Nov 2016, 04:26 WIB
    sayang sekarang di kasih gerbang ada tulisan hubungi no hp juru kunci judul nya duuuuit
  • ANGGARA W PRASETYA
    avatar 10464
    ANGGARA W PRASETYA #Selasa, 13 Des 2016, 11:46 WIB
    Mantab.. Menambah wawasan saya tentang Yogyakarta...
  • TANPA NAMA
    avatar 10563
    TANPA NAMA #Kamis, 19 Jan 2017, 14:41 WIB
    Istana Kematian Gunung Kelir.. tempat para Pangeran pendukung Pangerang Diponegoro di
    bunuh dan di penggal kepalanya lalu di tancapkan ditombak..
    Hi serem amat mbah!
  • BANGUN A
    avatar 10564
    BANGUN A #Kamis, 19 Jan 2017, 14:43 WIB
    Istana Kematian Gunung Kelir.. tempat para Pangeran pendukung Pangerang Diponegoro di
    bunuh dan di penggal kepalanya lalu di tancapkan ditombak..
  • DWI SETIAW
    avatar 11030
    DWI SETIAW #Jum'at, 25 Ags 2017, 15:59 WIB
    Baca artikel ini jd pengen kesana,, tp baca2 komentar katanya sekarang dikunci akses masuknya ya?
    Kalau boleh tau apakah sekarang ada biaya dan berapa biaya masuknya?
    Dengar-dengar sih katanya dikunci. Untuk biaya masuknya sepertinya hanya seikhlasnya. Aku belum pernah ke sana lagi sejak tahun 2011.