Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 7 April 2010, 11:14 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Bila mendengar kata pantai, yang terbayang pertama kali pastilah pasir dan air laut. Tak salah memang. Namun, bila menyebut ada pantai di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, apa itu suatu kesalahan?

 

Sleman adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi DI Yogyakarta. Letaknya di ujung utara, berbatasan dengan Gunung Merapi. Jadi mungkinkah ada pantai di sana?

 

Rasa penasaran itulah yang menggiringku dan sahabat SPSS untuk bersepeda ke Pantai Cemplon di hari Sabtu (27/3/2010).

 

Bersepeda ke Pantai Cemplon, Moyudan, Sleman, Yogyakarta
Para pesepeda yang penasaran dengan eksistensi Pantai Cemplon di Sleman.

 

Titik Awal:

Tugu Pal Putih Jogja

 

Titik Tujuan:

Pantai Cemplon, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

 

Jarak Tempuh (Waktu Tempuh):

20 km (1,5 jam)

 

Rute Perjalanan:

Pergi: Titik Awal – Ringroad  Jl. Wates – Patukan – [Blusukan] – Jl. Tempel-Klangon – Pantai Cemplon

 

Medan:

Jalan beraspal dengan kontur datar.

 

Akses jalan rusak ke Pantai Cemplon, Moyudan, Sleman, Yogyakarta
Akses jalan ke Pantai Cemplon lumayan sulit karena tak terawat.

 

Ternyata, apa yang dimaksud dengan Pantai Cemplon tidak lain adalah pesisir Kali Progo yang “dahulu” mirip pantai. Kenapa aku kasih tanda kutip pada kata dahulu? Itu sebab kemiripannya dengan pantai adalah sebelum tahun 2010.

 

Ihwal dinamai Pantai Cemplon adalah sebab di sana penuh dengan batu-batu kali yang menyerupai panganan cemplon. Pantai itu pun merupakan singkatan dari bahasa Jawa; papan santai alias tempat untuk bersantai. Penjelasan itu diperoleh dari seorang bapak warga yang kami temui di lokasi.

 

Warga desa Moyudan bercerita tentang sejarah Pantai Cemplon, Sleman di zaman dulu
Om Bayu ngobrol dengan seorang bapak, mencari tahu asal-usul Pantai Cemplon.

 

Kepada Om Bayu, Bapak itu pun bercerita kisah Pantai Cemplon ini.
 

Dulu tahun 2004  pernah diresmikan oleh Bupati Sleman.

Dulu kunjungan per hari bisa ratusan orang.

Dulu pesisir pantai masih luas.

Dulu banyak warga yang menjual Cemplon disini.

Dulu gubuk dan fasilitas umum masih terawat.

Dulu tiap akhir pekan ada pentas musik dangdut.

Dulu, dulu, dulu dan dulu...

 

Para pesepeda berpose bersama di Pantai Cemplon, Moyudan, Sleman, Yogyakarta
Berpose bareng di Pantai Cemplon yang... ah sudahlah.

 

Sekarang?

 

Pantai Cemplon tak ubahnya pinggir Kali Progo yang jauh dari kesan asri. Bahkan bisa dibilang angker. Tak ada pasangan kekasih wanita berbikini orang yang sudi bertandang ke sana. Entah apa penyebabnya. Mungkin tak ada pembinaan pengelolaan dari Dinas Pariwisata Sleman. Atau mungkinkah ini hanya pantai khalayan Bupati Ibnu yang kini terjerat kasus korupsi itu?

 

Prasasti pengukuhan Pantai Cemplon, di Sleman, Yogyakarta tahun 2010
Sudah diresmikan oleh Bupati Sleman, tapi kok keadaannya sekarang seperti ini???

 

Namun setahu aku, yang namanya sungai atau kali itu rawan banjir. Apalagi kalau musim hujan. Airnya jadi melimpah dan berwarna coklat. Mirip seperti yang ada di foto artikel ini. Tak cocoklah jadi lokasi bermain air sepanjang waktu.

 

Sebelum kami pulang, bapak warga itu pun mengucapkan terima kasih atas kesudian kami singgah di Pantai Cemplon. Aku tak bisa berkomentar apa-apa...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • INDOMIELEZAT
    avatar 2505
    INDOMIELEZAT #Rabu, 7 Apr 2010, 13:14 WIB
    pertamax...yes yes
    hiiHHH!!!!
  • EM
    avatar 2506
    EM #Rabu, 7 Apr 2010, 14:15 WIB
    Kalo sentra kerajinan sebelum pante cemplonya masih hidup ga Wij....

    Wkwkwk, judulnya menipu, takkiro dulu dah pernah ke sana, ternyata hanya berdasar informasi :(
    Sentra kerajinan? yang jelas pemukiman disana sepi, ndak ada tanda-tanda perajin macamnya di Kasongan itu...
  • YACOB.IVAN
    avatar 2507
    YACOB.IVAN #Rabu, 7 Apr 2010, 15:12 WIB
    Wah, pengen ke sana je...
    siapkan mental dulu :)
  • ANNOSMILE
    avatar 2508
    ANNOSMILE #Rabu, 7 Apr 2010, 18:03 WIB
    hmm..sayang ndak terawat.
    btw arusnya gedhe nggak? klo gede cocok digunakan untuk arung jeram tuh
    aku kesana pas lagi banjir, jadi arusnya besar
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 2509
    VICKY LAURENTINA #Rabu, 7 Apr 2010, 18:44 WIB
    Buat saya, Na, fotonya nggak nampak mirip di pantai. Tapi lebih mirip duduk di pinggir kali.
    Memang ini kali, bukan pantai, tertipu mba dokter? :)
  • SRI-D
    avatar 2510
    SRI-D #Rabu, 7 Apr 2010, 19:25 WIB
    khayalan bupati ibnu yang kini terjerat kasus korupsi itu.....Apa maksud kalimat ini? jangan hinakan, jangan bangunkan macan tidur
    Hohohoho
  • ZULHAQ
    avatar 2511
    ZULHAQ #Kamis, 8 Apr 2010, 06:30 WIB
    seet dah. perjalanan jauh, medan berat
    gw selalu iri dengan orang2 yang bersepda kek gini
    karena gw gak pernah dan gak mampu. *fisik telo*
    latihan lha Kang, mulai dari pulang-pergi pasar naek sepeda dulu aja :D
  • PEIN
    avatar 2513
    PEIN #Kamis, 8 Apr 2010, 07:04 WIB
    Hm,
    Saya juga mengucapkan Terima Kasih karena anda telah bersedia datang kesana dan memposting tulisan ini..........
    Hehhehehe............
    Padahal jebule kecele... :D
  • GARDINO @ LT13
    avatar 2514
    GARDINO @ LT13 #Kamis, 8 Apr 2010, 10:38 WIB
    Saya juga pernah nonton nih ditelevisi beberapa waktu lalu. Tapi
    memang sepertinya kondisinya juga gak seperti itu. Airnya tidak
    secoklat itu dan kondisinya ndak memprihatinkan begitu. Ide wisatanya
    bagus, sayang ndak diolah dengan baik yah.
    Ya memang kurang perhatian dari Pemerintah. Sudah diresmikan tapi kok malah pemerintah ndak ikut ngurusi.
  • KAFEIN
    avatar 2515
    KAFEIN #Kamis, 8 Apr 2010, 14:19 WIB
    pengen ke jogja :(
    yo wis numpak sepur lah kemari Den :D
  • VIZON
    avatar 2516
    VIZON #Jum'at, 9 Apr 2010, 09:09 WIB
    weks... tertepu aku mbaca judulnya... hehehe... :D
    ketika membaca di paragraf yang berisi tentang peresmian pantai itu, aku langsung berkata dalam hati: "pantas aja gak ada pengunjung lagi, soalnya yang meresmikannya adalah si bapak itu", ternyata wijna sudah mengungkapkannya di penghujung paragraf... :D
    Nah itu dia Uda, jadi sebenernya ini pantai khalayannya si Bapak yo? hehehe...
  • JEJAK ANANS
    avatar 2519
    JEJAK ANANS #Minggu, 11 Apr 2010, 08:35 WIB
    pemerintah kita kadang dableg, ogah memberi satu persen saja untuk memperhatikan alam dan lingkungannya. Padahal kalo mereka sudah ngamuk, gak tanggung-tanggu dari longsor sampe banjir. Muga-muga pantai itu tidak secepatnya demo
    Weleh, malah tiap tahun katanya pantainya makin luas, yaitu kuantitas air Kali Progonya berkurang. Ada apa ini?
  • SRIYONO DARI SEMARANG
    avatar 2520
    SRIYONO DARI SEMARANG #Minggu, 11 Apr 2010, 09:16 WIB
    Wahhhh coba dikelola dengan baek... pasti ramai... mungkin beliau beliau perlu disekolahkan pemasaran ya.... :D
    Ramainya cuma pas dekat-dekat waktu peresmian, hangat-hangat tahi ayam lah...
  • KOPLAK
    avatar 2533
    KOPLAK #Selasa, 13 Apr 2010, 15:51 WIB
    woalah... kecewa dong bos
    ya ndak juga, itung2 udah ngilangin rasa penasaran datang kemari :D
  • ARIF
    avatar 2867
    ARIF #Sabtu, 19 Jun 2010, 12:26 WIB
    ini pantai apo sungai seh???kok airnya kek gitu? :)
    ini Sungai Progo Kang, pas lagi banjir jadi warna airnya nggilani begitu.
  • RIFKA
    avatar 3094
    RIFKA #Jum'at, 6 Ags 2010, 06:45 WIB
    pantai cemplon emang angker.. tapi lumayan buat tempat wisata di sekitar gamplong
    kebetulan aku lagi kkn di sana
    kalau ada pagelaran acara disana kabari ya mba.
  • RITA
    avatar 4116
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 10:29 WIB
    kayanya seru di kali... :)
    asal jangan kalau airnya sedang coklat aja >.<
  • RITA
    avatar 4154
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 11:16 WIB
    iya, ntar'y di sangka mandi air bajigur
    hehe
    air bajigur sih enak, anget, hehehe :p
  • NATSU
    avatar 4289
    NATSU #Minggu, 23 Okt 2011, 12:37 WIB
    Wah,mnarik... tujuan slanjtnye daku ma prokonco.. b'hub kami jg udh ke candi abang,ijo,
    banyunibo, ma barong... ganti suasana euy>__
    wah wah wah gemar bertualang juga rupanya :D
  • FAUZI
    avatar 5187
    FAUZI #Rabu, 3 Apr 2013, 18:13 WIB
    Agustus 2005 masih bagus..........anak2 kampungq bersepeda kesitu buat ngisi libur sekolah................airny pas lagi bening.........batu2nya masih luass.......ura ciut.........syg foto2nya dirumah tetangga........jd gak punya bukti filenya dech.......
    sekarang terlupakan...
  • NOYA
    avatar 6164
    NOYA #Selasa, 10 Jun 2014, 07:55 WIB
    semoga setelah ke tempat kerajinan tenun bisa mampir papan santai cemplon :3
    Betul! Kan sama-sama di Moyudan
  • HAMA
    avatar 6646
    HAMA #Rabu, 5 Nov 2014, 09:28 WIB
    sekarang udah hilang pantai cemplon.. terkena erupsi merapi ..
    weh... saya malah belum ngecek ke sana lagi. Tapi tangganya masih ada kan?
  • ALIF
    avatar 8042
    ALIF #Minggu, 2 Ags 2015, 22:31 WIB
    tempatnya menarik dan saya jadikan bahan kajian.. thanks thanks..
    Sama-sama, semoga bermanfaat :D
  • PUNGKY SUDRAJAT
    avatar 8045
    PUNGKY SUDRAJAT #Senin, 3 Ags 2015, 13:56 WIB
    oalaah... pantai (papan santai)
    hahaha
    hehehe, sayangnya sekarang katanya dah lenyap Bro